Air Terjun Simonang-Monang, Sensasi Naik Perahu Karet Di Kolam Air Terjun

Setidaknya terdapat 18 destinasi wisata yang sangat terkenal di Kabupaten Asahan. Uniknya, dari jumlah tersebut, 16 lokasi wisatanya bertemakan destinasi wisata alam.

Dengan demikian, bisa sedikit disimpulkan bahwa Kabupaten Asahan memiliki potensi alam yang sangat besar sekali, serta mampu dikembangkan menjadi objek wisata populer.

Seperti objek wisata Air Terjun Simonang-Monang. Sebuah air terjun yang mampu menyajikan ragam wisata yang sangat berbeda dengan wisata alam air terjun lainnya.

Air Terjun Simonang-Monang Asahan
Air Terjun Simonang-Monang Asahan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Apa yang membedakannya? Inilah informasi lengkap Air Terjun Simonang-Monang Asahan Sumatera Utara.

Trekking Menuju Air Terjun Simonang-Monang

Informasi pertama yang disajikan tentang trekking menuju lokasi Air Terjun Simonang-Monang. Untuk saat ini trekking menuju lokasi Air Terjun Simonang-Monang sudah mengalami perbaikan, sehingga cukup enak untuk dilalui.

Sebelum sampai di area parkiran objek wisata Air Terjun Simonang-Monang, kendaraan pengunjung akan melewati jalanan diantara pohon-pohon sawit. Kondisi jalannya memang belum optimal, namun view alam sekitarnya cukup bagus.

Kondisi Jalan Utama
Kondisi Jalan Utama. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Setalah sampai di area parkiran, maka untu menuju lokasi utama Air Terjun Simonang-Monang harus ditempuh dengan cara berjalan kaki atau trekking menuju jalur yang sudah disediakan.

Lokasi utama Air Terjun Simonang-Monang tidak terlalu jauh dari area parkiran. Dan jalur trekkingnya juga sudah tertata baik. Sehingga orang yang berjalan serasa di taman sawit yang indah.

Trekking menuju Air Terjun Simonang-Monang akan melalui jalur yang terbuat dari semen atau cor-coran. Kondisinya cukup lebar, sehingga cukup leluasa bagi pejalan kaki.

Trekking Menuju Air Terjun Simonang-Monang
Trekking Menuju Air Terjun Simonang-Monang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Trekkingnya tidak ekstrim, bahkan cocok juga sebagai destinasi wisata keluarga. Hanya saja sebagai catatan penting, kolam utamanya kurang cocok bagi anak kecil yang ingin berenang.

Ulasan terkait kolam utama akan di jelaskan di sub judul selanjutnya. Sekarang mari kita lanjutkan dulu trekkingnya menuju lokasi utama Air Terjun Simonang-Monang.

Selain tidak jauh dari lokasi parkiran, kondisi jalurnya juga tidak terlalu curam. Terdapat anak tangga yang sudah terbuat dari lapisan cor-coran, serta view mayoritas di awal perjalanan adalah pohon sawit.

View Di Jalur Trekking
View Di Jalur Trekking. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Namun view selanjutnya adalah pepohonan khas yang sering tumbuh di hutan, serta pepohonan tersebut mampu memberikan keteduhan saat di perjalanan.

Tidak lama berselang, anda akan sampai pada sebuah kolam besar, dengan panorama air terjun yang elok. Itulah tujuan utama anda, Air Terjun Simonang-Monang.

Sejarah Singkat Air Terjun Simonang-Monang

Memang betul jika jumlah pengunjung ke Air Terjun Simonang-Monang masih belum sebanyak kunjungan wisata ke objek wisata air terjun lainnya yang ada di Kabupaten Asahan.

Namun yang perlu traveler ketahui bahwa Air Terjun Simonang-Monang memiliki sejarah kejayaan sebagai destinasi populer di Asahan Sumatera Utara.

Tepatnya di tahun 1990 an objek wisata Air Terjun Simonang-Monang sangat populer, dan selalu menjadi list utama tujuan wisata keluarga saat liburan tiba.

Namun karena akses jalan  yang bisa dilalui oleh kendaraan kurang begitu baik, maka secara perlahan jumlah kunjunganpun semakin berkurang.

Ditambah lagi, saat itu kondisi jalur trekkingnya belum optimal tertata. Dan ragam wisata yang disajikan belum mampu memikat hati kaum milenial khususnya.

Kondisi Jalur Trekking Sebelum Ditata
Kondisi Jalur Trekking Sebelum Ditata. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Ditambah lagi faktor fasiitas pendukung yang masih sangat kurang, dan masalah klasik namun akut di  dunia wisata, yaitu masalah sampah.

Namun, kini objek wisata Air Terjun Simonang-Monang mulai berbenah mecoba menggapai kebangkitan wisata yang pernah dicapai. Berkat sokongan bantuan dari beberapa pihak, dimulailah penataan jalur trekking menuju lokasi utama air terjun.

Ternyata perbaikan, serta penataan jalur pejalan kaki tersebut memunculkan animo yang cukup bagus di kalangan wisatawan, ditambah ragam wisata yang sangat unik.

Semoga saja di tahun – tahun berikutnya, penataan objek wisata Air Terjun Simonang-Monang bisa semakin menyeluruh, serta memberikan nilai aman dan nyaman bagi para wisatawan.

Pesona Keindahan Air Terjun Simonang-Monang Asahan

Sekarang kita masuk ke pembahasan magnet utamanya, yaitu Air Terjun Simonang-Monang. Ciri khas dari Air Terjun Simonang-Monang yaitu air terjun kembar dengan kolam yang cukup lebar.

Pesona keindahan Air Terjun Simonang-Monang karena terdapat 2 air terjun yang saling berdampingan. Dan ke dua – duanya memiliki pesona keindahan yang sama.

Arus air yang turun cukup deras, meskipun ketinggian Air Terjun Simonang-Monang hanya berkisar 12 meter. dan memang seperti itulah jika bukan air terjun berundak, maka arus air yang turun ke kolam akan cukup deras.

Pesona Keindahan Air Terjun Simonang-Monang
Pesona Keindahan Air Terjun Simonang-Monang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Airnya berwarna kecoklat-coklatan, namun jika di puncak musim penghujan akan sedikit keruh. Air Terjun Simonang-Monang berada di atas tebing bebatuan yang sangat lebar.

Meskipun memiliki kolam yang cukup lebar, namun para pengunjung tidak bisa leluasa berenang di semua titik kolam. Hal ini disebabkan karena kolam utamanya sangat dalam.

Kolam Air Terjun Simonang-Monang
Kolam Air Terjun Simonang-Monang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Pesona keindahan selanjutnya yaitu pada view alam sekitar yang menyajikan view alam yang masih asri, serta udara sekitar yang cukup sejuk. Kenikmatan terindah, saat berada di tepian kolam sambil menikmati secangir kopi panas.

Ragam Aktivitas Di Air Terjun Simonang-Monang

Ragam aktivitas di objek wisata Air Terjun Simonang-Monang yang bisa dinikmati oleh para pengunjung adalah sebagai berikut :

1. Naik Perahu Karet

Inilah ragam aktivitas wisata yang menjadi pembeda dengan objek wisata lainnya. Naik perahu karet di aliran sungai itu biasa, naik perahu karet di pantai itu juga sudah lumrah.

Namun apa jadinya jika naik perahu karet di kolam utama air terjun? Itulah sensasi yang ditawarkan oleh Air Terjun Simonang-Monang. Menyajikan sebuah sensasi yang luar biasa.

Naik Perahu Karet Di Kolam Air Terjun Simonang-Monang
Naik Perahu Karet Di Kolam Air Terjun Simonang-Monang. Sumber : www.travelingmedan.com

Para pengunjung bisa naik perahu karet di sekitar kolam utama. Keseruan semakin bertambah saat perahu tersebut menuju ke lokasi guyuran air terjun.

Jangan khawatir, para pengunjung akan dilengkapi dengan pengaman, didampingi oleh savety crew yang ikut naik ke perahu tersebut. Namun durasinya dibatasi ya, hanya 15 menit saja. Karena banyak pengunung lain yang mau menjajal juga.

2. Berenang Atau Bermain Air

Bagi yang ingin berenang atau bermain air cukup di tepaian kolam saja ya… Dan di sana juga terdapat penyewaan ban pelampung bagi mereka yang ingin aman bermain air.

Ragam Aktivitas Wisata
Ragam Aktivitas Wisata. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

3. Hunting Foto

Aktivitas lainnya hunting foto. Spot favorit pengunjung salah-satunya jalur trekking, serta bebatuan dengan latar Air Terjun Simonang-Monang.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Simonang-Monang

Lokasi Air Terjun Simonang-Monang terletak di Perkebunan Padang Pulau. Dan alamat Air Terjun Simonang-Monang berada di Desa Padang Pulau, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara.

Rute Menuju Air Terjun Simonang-Monang

Rute menuju Air Terjun Simonang-Monang dari Ahasan berjarak sekitar 68 kilometer. Setelah melewati Jalan Imam Bonjol, belok kiri ke arah Lintas Sumatera.

Kemudian ikuti arah menuju Air Terjun Sigura  Gura, dan berhentilah di lokasi Perkebunan Padang Pulau.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Simonang-Monang

Harga tiket masuk Air Terjun Simonang-Monang adalah sebagai berikut :

  • Rp. 10.000 per orang
  • Rp. 5.000 per motor
  • Rp. 5.000 tiket naik perahu karet

Jam Operasional Air Terjun Simonang-Monang

Jam operasional Air Terjun Simonang-Monang buka dari jam 09.00-17.00. dari hari Senin-Minggu.

Penginapan Di Air Terjun Simonang-Monang

Tidak ada penginapan di lokasi Air Terjun Simonang-Monang

Penutup

Itulah deskripsi lengkap tentang Air Terjun Simonang-Monang. Patuhi protokol keamanan, dan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola dan pemerintah.

Dan ingatlah angan membuang sampah sebarangan, karena “sampahmu, adalah dosamu”.

Baca juga:

Leave a Comment