Air Terjun Takapala, Kesempurnaan Kawasan Wisata Malino

Air Terjun Takapala seakan menjadi puzle pelengkap kesempurnaan kawasan wisata Malino, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Bagi anda yang belum tahu, kawasan Malino layaknya kawasan Puncak Bogor, yang didominasi oleh panorama alam berupa kebun teh, view pegunungan, dan sawah.

Dengan demikian, kunjungan wisata ke Air Terjun Takapala Malino sudah disajikan view alam yang indah meskipun belum sampai ke lokasi utamanya.

air terjun takapala
air terjun takapala. google maps. sumber: Norman Marantika

Simak: pesona lokasi wisata di Sekitar Makasar.

Selain itu, objek wisata Air Terjun Takapala merupakan air terjun yang cocok sebagai destinasi wisata keluarga di Gowa di akhir pekan.

Karena letak Air Terjun Takapala tidak jauh dari lokasi parkiran, juga tidak memerlukan tenaga ekstra, karena trekkingnya cukup dekat.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Takapala

Lokasi Air Terjun Takapala terletak di kawasan Malino. Adapun alamat Air Terjun Takapala berada di Desa Bontolerung, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Rute Menuju Air Terjun Takapala

Akses jalan menuju Air Terjun Takapala dari Makassar berjarak sekitar 5 kilometer, dengan kisaran waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Jalan menuju Air Terjun Takapala sudah bagus, serta bisa dilalui oleh kendaraan seperti motor, maupun mobil hingga ke lokasi parkiran Air Terjun Takapala.

sudah dapat terlihat dari area parkir
sudah dapat terlihat dari area parkir. google maps. sumber: Krisdianta Mahesa

Harga Tiket Masuk Air Terjun Takapala

  • Tiket masuk Air Terjun Takapala Rp. 5.000 per orang.
  • Biaya parkir mobil Rp. 10.000
  • Biaya parkir motor Rp. 5.000

Jam Buka Air Terjun Takapala Malino

  • Air Terjun Takapala buka selama 24 jam.
  • Air Terjun Takapala buka dari hari Senin – hari Minggu.

Sebagai catatan tambahan, biasanya sebuah objek wisata di masa pandemi selalu berubah-rubah jam operasionalnya, bahkan selalu terdapat pembatasan jam operasional.

Rata-rata jam operasional objek wisata di masa pandemi buka dari pukul 08.00 – 16.00. Oleh karena itu, para pengunjung harus selalu update informasi terkait tempat wisata yang akan dikunjungi.

spot foto favorit
spot foto favorit. google maps. sumber: LMN

Fasilitas Di Air Terjun Takapala

Fasilitas di objek wisata Air Terjun Takapala Malino sudah lengkap untuk menunjang kenyamanan wisata para pengunjung. Seperti:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Gazebo
  • Kantin

Penginapan Di Air Terjun Takapala

Bagi anda yang ingin mencari penginapan di dekat objek wisata Air Terjun Takapala, maka anda tidak akan kesulitan menemukannya.

Karena di dekat lokasi tersebut banyak penginapan, atau villa yang bisa disewa oleh para pengunjung. Hanya dengan waktu sekitar 10 menit dari objek wisata Air Terjun Takapala, anda sudah bisa mendapatkan penginapan, atau villa.

biasan pelangi yang tercipta
biasan pelangi yang tercipta. google maps. sumber: lpsme dut

Simak juga Air Terjun Blangsinga Bali.

Trekking Menuju Air Terjun Takapala

View Air Terjun Takapala sudah bisa terlihat saat kendaraan pengunjung belum sampai di area parkiran Air Terjun Takapala. Dan seperti biasa, ketika sudah sampai di area parkir, maka para pengunjung diharuskan melakukan trekking.

Salah-satu keungulan Air Terjun Takapala adalah trekkingnya yang tidak jauh, bahkan menjadi trekking yang nyaman. Karena melalui jalur yang sudah disemen, serta di sampingnya banyak ditumbuhi oleh tanaman-tanaman indah, sehingga membentuk sebuah taman indah di dekat Air Terjun Takapala.

Daya Tarik Air Terjun Takapala

1. Air Terjun Eksotis

Daya tarik yang pertama tentu saja kehadiran Air Terjun Takapala. Sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 109 meter, dengan debit air yang sangat besar sekali.

bermain aliran air terjun takapala
bermain aliran air terjun takapala. google maps. sumber: nurmila aswar

Simak juga: Air Terjun Sipiso piso Sumatera.

Airnya berasal dari sungai yang ada di atasnya, serta kondisi airnya jernih, dingin, namun menyegarkan. Kolam utama Air Terjun Takapala sangat besar, hanya saja karena arus di dasar kolam yang sangat besar, para pengunjung lebih disarankan bermain air di tepian kolam utama.

Masih banyak titik lain yang bisa dijadikan tempat untuk bermain air, karena air yang dari kolam utama mengalir melalui bebetuan di sekitarnya, kemudian di beberapa titik menjadi spot yang nyaman untuk bermain air.

Sejarah Air Terjun Takapala, atau sejarah terbentuknya Air Terjun Takapala Malino diduga akibat lava, dan magma yang dulunya bersumber dari Gunung Lompobattang.

Hal tersebut dipertegas dengan bentuk batuan yang ada di dinding, serta di dasar Air Terjun Takapala. Bonus panorama di kolam utama adalah saat pelangi terhampar jelas di atas kolam tersebut.

2. View Alam Sekitar Yang Memanjakan Mata

dikelilingi alam yang asri
dikelilingi alam yang asri. google maps. sumber: Nandito Monliev

Daya tarik selanjutnya dari Air Terjun Takapala adalah panorama alam sekitarnya yang sangat indah. View pertama yang disajikan adalah area taman, jalur trekking yang sudah tertata baik, serta dilengkapi dengan beberapa gazebo.

Pesona keindahannya tidak berhenti sampai di situ saja. Semakin mendekati area utama Air Terjun Takapala, mata para pengunjung akan semakin terkesima dengan view di sekitar Air Terjun Takapala.

Bebatuan besar yang ada di depan Air Terjun Takapala sering menjadi spot favorit pengunjung untuk melakukan selfie. Jelas, latarnya yang sangat keren yaitu Air Terjun Takapala yang menjadi daya pikatnya.

Di sisi Air Terjun Takapala terdapat bebatuan besar. Mata yang memandang akan takjub karena batuan tersebut sudah tertutup lumut hijau.

Adapun panorama alam di atasnya berupa sungai yang mengalir ke Air Terjun Takapala, area sawah yang luas, serta panorama pegunungan.


Tinggalkan komentar