Air Terjun Tanggedu, Grand Canyon dari Sumba Timur

Air Terjun Tanggedu tampil mempesona dengan tebing-tebing curam yang berada di samping kanan kirinya. Air Terjun Tanggedu berdiri anggundi balik tebing-tebing terjal tersebut.  Air terjun ini memiliki karakteristik tersendiri, dengan air yang bening kebiru-biruan membuat air terjun ini indah luar biasa.

Air Terjun Tanggedu tampil mempesona dengan tebing-tebing curam yang berada di samping kanan kirinya
Air Terjun Tanggedu. Image via: betantt.com

Kepopuleran Keberadaan Air Terjun Tanggedu, air terjun yang lokasinya tersembunyi dari hiruk pikuk kota ini juga dipengaruhi oleh penyebaran informasi yang sangat cepat di sosial media. Keindahan Air Terjun ini cepat sekali terkenal melalui Instagram.

Kecepatan penyebaran ini tidka terlepas dari kecantikan spot petualangan ini luar biasa. Keindahan alamnya yang memukau dan masih asri dan terjaga karena terhindari dari jangkauan tangan-tangan jahil, membuat Air Terjun Tanggedu ini awet keindahannya.

Debit air yang cukup deras menggoda sekali untuk melakukan body rafting atau tubing di sini. Terlebih, air sungai di sini tidak terlalu dalam, sehingga cukup apik untuk melakukan aksi seru tersebut.

untuk encapai air terjun tanggedu, pengunjung harus beralanmelintasi padang savana Sumba
Selamat datang. Image via: kupang.tribunnews.com

Simak juga: 11 lokasi wisata Sumba

Lokasi Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu adalah sebuah air terjun yang terletak di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Jaraknya hanya sekitar 46 km atau 1,5 jam berkendara dari pusat kota Waingapu. Terletak di Desa Tanggedu, pengunjung harus trekking selama 30-45 menit melintasi medan menantang untuk mencapai surga tersembunyi itu.

Rute Menuju Air Terjun Tanggedu

Untuk mencapai Air Terjun Tanggedu, membutuhkan perjuangan yang cukup panjang untuk bisa tiba di sini. Diawali dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dari pusat kota Waingapu. Terlebih jalanan yang dilewati cukup memacu adrenalin, harus naik turun semacam bukit dengan kanan kiri adalah jurang.

Trekking menuju air terjun Tanggedu melalui padang savana
Trekking menuju air terjun. Image via: hipwee.com

Pada musim penghujan, pada beberapa titik terkadang pengunjung harus turund ari mobil. Karena ada beberapa jalan yang longsor. Sesampainya di desa terakhir, desa Tanggedu, pengunjung masih masih harus berjuang.

Dari desa tanggedu, perjalanan sepanjang 2,5 km pun dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui Mondu dan Kampung Adat Painatang. Perjalanan ini menyeberangi kali kecil, membelah padang savana, menyelusuri padang luas, dan naik turun bukit-bukit.

Perjuangan panjang pun berakhir kebahagiaan, saat tiba di air terjun.

Jam Buka Air Terjun Tanggedu

Air terjun Tenggedu terbuka 24 jam sehari, untuk menerima kujungan wisatawan.

Tiket Air Terjun Tanggedu

Untuk masuk ke dalam lingkungan air terjun Tanggedu yang indah ini, pengunjung cukup membayar tiket seharga Rp 2.000.

serunya berasama kawan ramae-ramae membut foto kenangan diuniknya air terjun tanggedu
Serunya bersama kawan. Image via: satutenda.com

Simak juga: Benteng Tepi danau Otanaha

Fasilitas Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu ini masih dikelola oleh masyarakat sekitar. Sepertinya, pemerintah setempat belum tertarik dengan keindahan yang luar biasa di Air Terjun Tanggedu. Padahal spot petualangan ini adalah sebuah potensi yang baik dan bagus.

Hal tersebut bisa dilihat dari fasilitas yang ada di sana. Memang, sekedar warung makan dan kamar mandi sudah ada. Namun, untuk yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini, harus menginap di luar daerah, atau meminta rumah masyarakat di sana untuk menjadi guesthouse.

Daya Tarik Air Terjun Tanggedu

  1. Air terjun yang mempesona

Pesona air terjun Tanggedu dengan air terjun kecil kecilnya dan warna air yang biru bening
Pesona Tanggedu. Image via: yudiumburawambaku

Berada di balik bukit di antara tebing-tebing, Air Terjun Tanggedu seperti harta karun yang menunggu untuk ditemukan. Selain airnya yang sejuk menyegarkan, lingkungan Air Terjun yang masih asri dan terdiri atas bebatuan menyerupai relief, menjadikan Air Terjun Tanggedu ini unik dan menarik.

Siapa pun yang mendatangi lokasi ini, pasti menyempatkan diri untuk berfoto.

Air Terjun Tanggedu dikenal juga dengan nama twin canyon. Hal ini disebabkan oleh batuan yang menghiasi tempat ini beserta aliran airnya yang memukau. Air Terjun ini memiliki dua sumber air yang berbeda, hal ini pula yang menyebabkan warna air berbeda.

  1. Dikelilingi Tebing dan bukit hijau

Alam seakan memeahatd engan indah tebing yang mengapir air terjun tanggedu
Pahatan Alam. Image via: blog.airyrooms.com

Simak juga: Indahnya CAndi lumbung

Hal menarik lain dari Tanggedu adalah posisinya diapit tebing tinggi. Kehadiran bentang alam ini seolah memberi ruang dan celah sebagai tempat mengalirnya air. Spot unik ini sering dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto. Hasilnya tentu saja sangat keren dan layak untuk memperindah feed Instagram.

Destinasi ini bisa dibilang sajikan keindahan alam unik dan asri. Bagaimana tidak, kawasan sekitarnya dikelilingi pepohonan hijau dan perbukitan. Hal ini tentu saja membuat suasana sekitar terasa makin adem dan asri.

Pengunjung bisa santai berlama-lama mengagumi air terjun sembari dimanja belaian lembut udara sejuk.

  1. Grand Canyon dari Sumba

air terjun tanggedu pantas disebut sebagai grand Canyon dari sumba
Grand Canyon dari Sumba. Image via: @hendisyahputra

Air Terjun Tanggedu kerap disebut sebagai Grand Canyon dari Sumba Timur. Sebab tebing-tebing di sekitarnya membentuk relief indah seperti di Grand Canyon, Amerika Serikat.

Berbeda dengan air terjun kebanyakan, Tanggedu mengalir dari ketinggian rendah. Hanya sekitar 8 meter. Namun, kucurannya cukup deras. Kecantikannya tentu kerap menjadi spot foto yang ciamik bagi pengunjung.

  1. Kolam pemandian alam

KOlam alam yang terbentuk diantara guyurana ir terjun tanggedu nyaman untuk berendam
Kolam alam/ Image via: @where.is.gio

Simak juga: Keagungan Candi Prambanan

Berkunjung ke Air Terjun Tanggedu, pengunjung akan menemukan banyak bebatuan. Semuanya terlihat memiliki warna unik dan secara alami membentuk ruang untuk mengalirnya air. Permukaannya terlihat jernih dan bersih. Air mengalir di atas bebatuan dan membentuk kolam pemandian alami yang indah.

Jangan lupa untuk membawa baju ganti karena pengunjung tidak akan tahan untuk tidak bermain air di Air Terjun Tanggedu. Air Terjun Tanggedu mengalir turun ke kolam alami yang seakan mengundang pengunjung untuk berenang di sana. Karena air terjun ini tak terlalu tinggi, pengunjung bahkan bisa melompat dari atasnya.

Tanggedu memiliki air bersih dan jernih. Pengunjung bisa berendam sepuasnya sambil nikmati suasana tenang dan asri di sekitarnya. Tak hanya itu, pesona alam di sekitarnya juga masih terjaga. Pesona unik air terjun ini bahkan kerap disamakan dengan Grand Canyon, taman nasional pertama di Amerika Serikat.

melompat dari bebatuan air terjun tenggedu bsa menjadi alternatif wisata bagi pencinta adrenalin
Lompat tebing. Image via: betantt.com

Objek Wisata Dekat Air Terjun Tanggedu

Selain air terjun ini, sumba  timur menyimpan banyak keindahana lam lain yang atut dijelajah. Jadi agar perjalanan jauh ke pulau sumba tidak mubasir, ada baiknya sekaligus mengunjungi beberapa objek di kabupaten sumba timur.

Yang cukup populer ada Bukit Warinding. Ada dua aktivitas menarik yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di Bukit Warinding yaitu, momen matahari terbit, dan momen matahari tenggelam. Bisa dibayangkan seperti apa indahanya sinar matahari yang terlihat kemerahan, kemudian tenggelam di hamparan padang rumput dan gugusan bukit yang berdiri megah.

Untuk objek pantai, yang populer di sumba timur adalah Pantai Walakiri. Dua hal yang unik di Pantai tempat wisata Sumba ini adalah pasir dan pohon menari. Ada dua jenis tekstur pesisir di pantai tempat wisata Sumba ini. Yakni antara pasir di tepi pantai dan pasir di area bekas laut yang surut.

Nah bagaimana? Apakah anda penasaran dengan keindahan yang ada di Air Terjun Tanggedu ini? Apakah air terjun ini sudah masuk ke dalam daftar perjalanan dan petualangan?

Kalau iya, langsung saja nih lo siapkan hari libur, siapkan juga budget secukupnya, berkemas dan langsung saja berangkat!

Baca juga:

Leave a Comment