Air Terjun Tanggedu, Alam Sumba Yang Mirip Grand Canyon Amerika

Banyak yang bilang Indonesia itu surganya dunia, karena begitu banyaknya keindahan alam yang dimiliki bangsa kita ini. Maka tak heran jika Indonesia menjadi lokasi wisata alam yang paling sering dikunjungi.

Salah satu wilayah yang memiliki keindahan alam menakjubkan berada di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Kabupaten tersebut memiliki potensi wisata alam yang luar biasa.

Sumba Timur memiliki perbukitan yang akan membuatmu terpana, selain itu wisata airnya pun jangan kamu ragukan. Salah satu wisata air yang wajib dikunjungi ketika berada di Sumba Timur ialah Air Terjun Tanggedu.

Air Terjun Tanggedu digadang-gadang sebagai Grand Canyonnya Sumba Timur, karena lokasi air terjunnya yang berada diantara tebing-tebing yang sangat cantik.

air terjun tanggedu
air terjun tanggedu. google maps. sumber: Bhekti Lestari

Simak juga: 11 lokasi wisata Sumba

Air terjun yang satu ini memiliki air yang berwarna kebiru-biruan dan juga jernih, lokasinya yang cukup jauh membuatnya terjaga dari tangan jahil manusia.

Panorama alamnya sangat asri dan menenangkan, tempat yang tepat untuk santai sejenak menikmati alam dan pergi menjauh dari kebisingan kota.

Namun lokasi Air Terjun Tanggedu tidak cocok untuk membawa serta anak-anak atau orang tua, karena kamu harus melakukan trekking yang cukup jauh dan terjal.

Lokasi Air Terjun Tanggedu

Lokasi Air Terjun Tanggedu berada di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Air Terjun Tanggedu

Rute menuju Air Terjun Tanggedu jika bergerak dari pusat Waingapu akan memakan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan. Namun kondisi jalannya mulus dan mudah untuk dilalui, serta kamu akan menyaksikan bunga sakura bermekaran di sepanjang jalan.

Bunga sakura itu akan tumbuh dengan indahnya sekitar bulan September hingga November. Jadi perjalanan yang akan dilalui tidak terlalu membosankan.

Di beberapa rute kamu akan melalui jalan dengan kondisi tanjakan dan turunan serta kanan kiri jalan yang berupa jurang.

Trekking Air Terjun Tanggedu

Setelah tiba di Desa Tanggedu, kamu masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang tak begitu mudah.

Maka sebelum melanjutkan perjalanan sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu, untuk menghindari cedera. Trekking yang kamu lakukan cukup panjang yakni sejauh 2,5 km.

Dimana kamu akan melewati Mondu dan Kampung Adat Painatang, menyebrangi sungai kecil, menyusuri padang savana, serta membelah bukit.

Meskipun begitu, perjalanan akan menyenangkan dengan hamparan keindahan alam Sumba yang masih sangat alami.

gerbang masuk air terjun tanggedu
gerbang masuk air terjun tanggedu. google maps. sumber: Aris Purwanto

Ketika menemukan papan nama Air Terjun Tanggedu lokasi yang akan kamu tuju tak jauh lagi, tinggal menyusuri jalan menurun, tak berselang lama tibalah kamu di Air Terjun Tanggedu yang membiru.

Jam Buka Air Terjun Tanggedu

Jam operasional Air Terjun Tanggedu dibuka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 08 pagi hingga pukul 05 sore.

Tiket Air Terjun Tanggedu

Tiket masuk Air Terjun Tanggedu sangat murah sekali, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 2.000 saja per orangnya.

Simak juga: Benteng Tepi danau Otanaha

Fasilitas Air Terjun Tanggedu

Fasilitas umum yang ada di sekitar Air Terun Tanggedu hanya ada:

  • Warung-warung makan dan minum sederhana
  • Kamar mandi

Daya Tarik Air Terjun Tanggedu

Meskipun untuk menuju lokasi Air Terjun Tanggedu mengharuskan kamu berjuang menyusuri jalan setapak yang tidak mudah, namun destinasi wisata yang satu ini selalu saja dikunjungi wisatawan. Karena memiliki daya tarik tersendiri, yakni:

1. Air Terjun Cantik

derasnya air terjun tanggedu
derasnya air terjun tanggedu. google maps. sumber: Koen Vanhollebekke

Air Terjun Tanggedu terdiri dari beberapa tingkatan dengan ketinggian yang berbeda-beda. Serta berada di antara tebing-tebing tinggi yang kokoh, sehingga air terjun ini dikenal juga dengan nama Twin Canyon.

Terdapat beberapa aliran air yang menghiasi lokasi wisata air yang satu ini, air yang dialirkannya pun cukup deras dan bersih. Terdapat beberapa kolam alami dengan berbagai ukuran dan kedalaman yang berbeda.

Di sekitarnya terdapat bebatuan yang dapat kamu gunakan untuk bersantai menikmati alam, atau hanya sekedar berfoto mengabadikan alam Sumba.

Air Terjun Tanggedu memiliki dua sumber mata air yang berbeda, itulah yang menyebabkan warna kolamnya ada yang berbeda.

2. Dikelilingi Panorama Alam Yang Asri

dikelilingi alam yang masih asri
dikelilingi alam yang masih asri. google maps. sumber: Deyyan Rohi

Simak juga: Indahnya CAndi lumbung

Telah disebutkan di awal bahwa air terjun ini diapit oleh dua buah tebing yang cukup tinggi, seolah memberi ruang untuk mengalirkan airnya.

Hal tersebut membuatnya tampak sangat cantik, dengan perpaduan tebing yang ditumbuhi pepohonan rindang dengan birunya air. Suasananya sangat asri dan nyaman sekali, terlihat sekali bahwa lokasi wisata air ini masih terjaga dengan baik.

Keadaan alam yang seperti itu membuat siapa saja betah untuk berlama-lama menikmati indahnya panorama alam yang tersaji. Hanya ada suara deburan air dan nyanyian alam yang sangat menenangkan jiwa.

3. Grand Canyon dari Sumba

Grand Canyon Sumba, itulah sebutan yang kerap tersemat pada Air Terjun Tanggedu, karena keberadaan tebing-tebing tadi membentuk relief yang indah seperti yang ada di Grand Canyon, Amerika Serikat.

grand canyon sumba
grand canyon sumba. google maps. sumber: Anchu Mansyur

Air Terjun Tanggedu memang tak terlalu tinggi, ketinggiannya hanya sekitar 8 meter saja. Namun aliran air yang mengalir cukup deras, dan berwarna putih bersih.

4. Kolam Alam Yang Menggoda

Ketika pertama kali menginjakkan kaki di lokasi Air Terjun Tanggedu, kamu akan menyaksikan banyaknya bebatuan yang mengitari kolam alami di sekitarnya.

Air Terjun Tanggedu memiliki beberapa kolam alami dengan ukuran yang berbeda-beda. Kolamnya sangat cantik dengan berisi air yang berwarna biru serta bebatuan yang berwarna cokelat.

birunya kolam air terjun tanggedu
birunya kolam air terjun tanggedu. google maps. sumber: DIkdik Rahadiansyah

Simak juga: Keagungan Candi Prambanan

Banyak ragam wisata seru yang dapat kamu lakukan di Air Terjun Tanggedu, diantaranya yakni:

  • Berenang

Pergi mengunjungi wisata air seperti ini jangan sampai terlewatkan menikmati segarnya air alami, meskipun airnya dingin namun menyegarkan.

Hilanglah semua penat trekking yang sudah dilakukan, terbayarkan sudah dengan apa yang alam berikan. Kolam alaminya memiliki kedalaman yang cukup dalam, sehingga jika kamu tak terlalu pandai berenang sebaiknya berhati-hati.

  • Bermain Air

Kamu juga bisa hanya sekedar bermain-main air dengan duduk-duduk manis di atas bebatuan yang ada di sekitar kolam. Masukkan kakimu menuju air kolam, dan rasakan kesegarannya menyentuh kakimu.

  • Body Jumping atau Melompat

Ini yang ngga boleh kamu lewatkan ketika bermain air di Air Terjun Tanggedu, yakni melompat dari bebatuan yang ada. Kamu dapat memilih mau melompat dengan ketinggian yang diinginkan.

Atau kamu dapat melompat dari atas Air Terjun Tanggedu, dimana ketinggiannya mencapai 8 meter. Wah seru banget pastinya, karena dapat menguji adrenalin kamu tentunya.

salah satu lokasi melompat
salah satu lokasi melompat. google maps. sumber: Umbu Kris

Penutup

Nah bagaimana? Apakah anda penasaran dengan keindahan yang ada di Air Terjun Tanggedu ini? Apakah air terjun ini sudah masuk ke dalam daftar perjalanan dan petualangan?

Kalau iya, langsung saja nih kamu siapkan hari libur, siapkan juga budget secukupnya, berkemas dan langsung saja berangkat!


Tinggalkan komentar