Air Terjun Tirto Galuh Blitar, Keindahan Alam Yang Sayang Untuk Ditinggalkan

Ketika kamu mengunjungi Kabupaten Blitar di Jawa Timur, jangan lupa untuk mampir mengunjungi ke sebuah desa yang bernama Sidomulyo yang berada tak jauh dari Monumen Trisula.

Di Desa Sidomulyo tersebut terdapat sebuah tempat wisata air yang memiliki keindahan dan keunikan air terjun yang lain dari biasanya.

Nama tempat wisata air tersebut ialah Air Terjun Tirto Galuh, lokasinya mudah dijangkau oleh kendaraan apapun. Berikut ulasan lebih jauh tentang Air Terjun Tirto Galuh, check this out!

Trekking Menuju Air Terjun Tirto Galuh

Setiap perjalanan menuju sebuah air terjun selalu berbeda, begitupun dengan perjalanan atau trekking menuju Air Terjun Tirto Galuh.

Trekking yang akan kamu lalui bisa dibilang cukup mudah, karena lokasi Air Terjun Tirto Galuh ini tidak terlalu tersembunyi.

Loket tiket masuknya berada disamping jalan raya, dan area parkir berada disebrangnya. Jalan raya tersebut dapat dilalui oleh kendaraan roda empat maupun roda dua.

Setelah membayar tiket masuk, kamu teruskan perjalanan dengan berjalan kaki. Atau bisa juga dilalui dengan bersepeda, mengingat saat ini trend bersepeda mulai booming.

Jalurnya bagus karena jalannya sudah di paving, kamu akan berjalan diantara hamparan sawah dan perkebunan. Setelah itu kamu akan melalui jalan yang terus menurun.

Trekking Menuju Air Terjun Tirto Galuh
Trekking Menuju Air Terjun Tirto Galuh. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Untuk menghindari licinnya jalan, pengelola membuat jalan menjadi seperti sebuah tangga namun tak terlalu landay. Untuk kamu yang menggunakan sepeda tenang aja karena kamu bisa melalui jalur yang berada di tengahnya.

Kamu hanya perlu berjalan sekitar 300 meter jauhnya, setelah itu kamu dapat menikmati keindahan Air Terjun Tirto Galuh.

Pesona Keindahan Air Terjun Tirto Galuh

Air Terjun Tirto Galuh sendiri ditemukan secara tidak sengaja oleh beberapa anggota tim SAR yang sedang mencari warga yang hilang terbawa oleh arus sungai.

Setelah sekian lama menyusuri sungai akhirnya mereka menemukan sebuah air terjun yang kemudian kita kenal dengan nama Air Terjun Tirto Galuh. Tirto berarti air sedangkan Galuh artinya perempuan.

Merasakan Keindahan Alam
Merasakan Keindahan Alam. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jadi jika diartikan pemberian nama tersebut artinya air terjun perempuan. Entah cerita apa yang melatarbelakangi pemberian nama tersebut. Air terjun tersebut juga dikenal dengan nama Kedung Malang.

Kedung berarti kolam, sedangkan penyematan kata malang karena konon katanya pernah ada yang tenggelam dan berasal dari Malang.

Peristiwa mana yang sebenarnya telah terjadi sebagai asal muasal Air Terjun Tirto Galuh ini, namun yang pasti air terjun yang memiliki tinggi sekitar 3 sampai 5 meter ini mempunyai keindahan alam yang luar biasa.

Air Terjun Tirto Galuh
Air Terjun Tirto Galuh. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kamu tidak hanya akan mendapatkan satu aliran air terjun saja, akan tetapi kamu akan mendapatkan beberapa aliran air terjun dengan tipe yang berbeda-beda.

Bahkan kamu dapat melihat aliran air yang masuk kedalam sebuah batu kemudian keluar lagi melalui batu tersebut layaknya sebuah seluncuran.

Banyak sekali hamparan batuan kapur disekitar Air Terjun Tirto Galuh, air yang mengalir sungguh jernih dan bersih.

Kejernihan Air Terjun Tirto Galuh
Kejernihan Air Terjun Tirto Galuh. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kamu dapat melihat pipa PDAM disamping, karena memang airnya digunakan oleh PDAM untuk dialirkan ke warga. Saat ini Air Terjun Tirto Galuh memang dikelola oleh pemerintah Kabupaten setempat.

Hamparan keindahan yang luar biasa, dimana kamu dapat melihat secara langsung air terjun yang beda dari yang lain. Diiringi dengan sejuknya udara serta hijaunya kolam penampungan airnya.

Kolam Penampungan Alami
Kolam Penampungan Alami. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Namun sayangnya, belakangan ini Air Terjun Tirto Galuh sepi pengunjung. Padahal dahulu selalu ramai didatangi pengunjung dari berbagai daerah.

Padahal hamparan keindahan alamnya sungguh luar biasa menakjubkan, sayang sekali untuk kamu lewatkan. Kapan lagi kamu bisa menikmati sebuah air terjun dengan beberapa aliran air terjunnya serta dihiasi bebatuan kapur yang dapat kamu lalui.

Kisah Pilu Yang Terjadi Di Air Terjun Tirto Galuh

Kisah pilu yang pernah terjadi di Air Terjun Tirto Galuh yakni pada bulan Desember tahun 2016 lalu. Dimana ada seorang korban tenggelam yang masih berusia 13 tahun.

Korban datang bersama dengan 6 orang temannya, namun selama 1 jam lamanya korban terpisah dari rombongan. Karena merasa khawatir akhirnya mereka melaporkan kepada penjaga yang ada. Akhirnya korban pun ditemukan setelah melakukan pencarian yang cukup lama.

Semoga peristiwa tersebut dapat dijadikan pelajaran yang paling berharga untuk kita ketika mengunjungi Air Terjun Tirto Galuh. Tidak ada salahnya jika kita mengikuti petunjuk atau aturan yang telah ditetapkan.

Ragam wisata Air Terjun Tirto Galuh

Ketika berada di Air Terjun Tirto Galuh kamu tidak diperkenankan untuk berenang, karena kedalaman kolamnya tidak diketahui seberapa dalam. Jadi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu mengikuti anjuran dari pihak pengelola.

Lantas apa yang bisa kamu lakukan ketika mengunjungi Air Terjun Tirto Galuh? Tenang kamu masih bisa melakukan ragam wisata berikut, yakni:

1. Menyusuri Keindahan Air Terjun Dari Atas

Untuk menikmati keindahan air terjun dari atas kamu sebelumnya harus menapaki jalan setapak yang berada disamping air terjun.

View Air Terjun Tirto Galuh Dari Atas
View Air Terjun Tirto Galuh. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Karena jalurnya lumayan licin, jadi kamu harus berhati-hati. Setelah beberapa lama berjalan akhirnya kamu berada diatas aliran Air Terjun Tirto Galuh.

Kamu dapat meneruskan perjalanan hingga sampai ke tengah, namun sekali lagi kamu harus berhati-hati karena jalannya yang licin.

2. Bermain Air

Bermain Air Terjun Tirto Galuh dapat dilakukan diatas air terjunnya ataupun ketika berada dibawah. Merasakan kesegaran airnya merupakan salah satu cara untuk menikmati wana wisata ini.

Menikmati Keindahan Air Terjun Tirto Galuh
Menikmati Keindahan Air Terjun Tirto Galuh. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Airnya yang sangat jernih dan bersih memberikan kesegaran dan kesejukan dalam jiwa. Rasanya sayang sekali  jika keindahan alam ini disia-siakan begitu saja.

3. Spot Foto

Kamu harus mengabadikan keindahan dan keunikan aliran Air Terjun Tirto Galuh ini, lalu mempostingnya diberbagai media sosial yang kamu punya kemudian biarkan orang lain ikut merasakannya.

Berfoto Di Area Atas
Berfoto Di Area Atas. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Tirto Galuh

Lokasi dan alamat Air Terjun Tirto Galuh terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur

Rute Menuju Air Terjun Tirto Galuh

Untuk menuju lokasi Air Terjun Tirto Galuh rutenya sangat mudah, dan dekat dengan Monumen Trisula. Jadi ketika kamu sudah menemukan monumen Trisula lalu kamu akan menemukan sebuah pertigaan. Dari sana akan ada petunjuk yang mengarahkanmu menuju Air Terjun Tirto Galuh.

Tiket Masuk Air Terjun Tirto Galuh

Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Tirto Galuh tidak dikenakan biaya tiket masuk, kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebesar:

  • Kendaraan Roda Dua      : Rp. 2.000,-
  • Kendaraan Roda Empat  : Rp. 5.000,-

Jam Operasional Air Terjun Tirto Galuh

Jam operasional Air Terjun Tirto Galuh dibuka selama 7 hari seminggu mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00.

Fasilitas Air Terjun Tirto Galuh

Sebenarnya fasilitas yang tersedia di Air Terjun Tirto Galuh sudah sangat memadai, namun karena sudah jarang dikunjungi para wisatawan mengakibatkan agak sedikit kurang terawat. Fasilitas yang ada seperti :

  • Area parkir
  • Warung makanan
  • Toilet
  • Mushola
  • Area Flying fox
  • Saung sederhana

Tips Wisata

Berikut saya hadirkan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Air Terjun Tirto Galuh, diantaranya:

  • Hindari datang ketika hujan tiba, karena dikhawatirkan terjadi air bah dari atas air terjunnya.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman dari rumah, untuk dimakan bersama di area air terjunnya.
  • Jika membawa serta anak-anak, selalu jaga dan awasi.
  • Berhati-hatilah saat menapaki bebatuan disekitar Air Terjun Tirto Galuh.
  • Selalu jaga kebersihan dan kealamian lokasi Air Terjun Tirto Galuh.
  • Hindari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Ikuti aturan yang disampaikan oleh pihak pengelola.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan dan keunikan Air Terjun Tirto Galuh.

Penutup

Apapun yang sudah terjadi biarlah menjadi pengalaman yang paling berharga. Setiap tempat pasti selalu menyimpan ceritanya sendiri.

Air Terjun Tirto Galuh menyimpan keindahan dan keunikan yang layak untuk kita nikmati dan syukuri keberadaanya. Dan merupakan sebuah tempat wisata air yang harus kamu kunjungi ketika berada di Blitar.

Jangan lupa untuk menyiapkan foto terbaikmu ketika berada di Air Terjun Tirto Galuh, ya!

Baca juga:

Leave a Comment