Air Terjun Tiu Teja, Update Terbaru Pasca Gempa Lombok

2018, merupakan tahun yang memilukan khususnya bagi masyarakat yang tinggal di Lombok. Terjadi fenomena alam berupa gempa.

Tidak hanya sekali, namun berkali – kali, dari bulan Juli sampai dengan bulan Agustus. Gempa tersebut memberi dampak kerusakan di semua sektor. Tanpa terkecuali dengan sektor pariwisata.

Air Terjun Tiu Teja adalah sebuah objek wisata yang terdampak oleh gempa tersebut. Karena lokasi Air Terjun Tiu Teja berada di Lombok Utara, sebagai salah-satu lokasi terparah dari gempa tersebut.

Air Terjun Tiu Teja
Air Terjun Tiu Teja. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Sebelum gempa, Air Terjun Tiu Teja selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Namun pasca gempa, disambung dengan pandemi covid – 19, kunjungan wisatawan semakin berkurang.

Namun persoalan tersebut bukan bearti mengurangi pesona keindahan Air Terjun Tiu Teja. Pesonanya tetap meancar, berpadu dengan keindahan alam sekitar.

Dan inilah update terbaru kondisi Air Terjun Tiu Teja pasca gempa Lombok.

Sejarah Nama Air Terjun Tiu Teja

Sejarah nama Air Terjun Tiu Teja terkait dengan pesona keindahan yang ada di lokasi utama Air Terjun Tiu Teja. Kata Tiu bermakna air terjun, sedangkan kata Teja bermakna pelangi. Pada faktanya, panorama keindahan pelangi selalu hadir di waktu – waktu tertentu di lokasi utama Air Terjun Tiu Teja.

Kehadiran pelangi, menjadi sebuah kolaborasi alam yang mampu membuat kagum setiap orang yang memandangnya.

Pesona Pelangi Air Terjun Tiu Teja
Pesona Pelangi Air Terjun Tiu Teja. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Trekking Menuju Air Terjun Tiu Teja

Dari manapun awal perjalanan kalian, terutama yang menggunakan kendaraan jenis mobil. Maka, kendaraan tersebut diparkir di sebuah area yang sudah ditentukan dekat pemukiman warga sekitar.

Setelah itu, opsinya bisa dengan cara trekking, atau dengan menggunakan jasa ojek yang sudah biasa disediakan oleh masyarakat sekitar.

Kendaraan roda dua akan menyusuri sebuah jalur yang masih berbentuk tanah, melewati sepanjang perkebunan atau hutan, dan di samping kanan merupakan tepian jurang.

Akhir dari kendaraan roda dua di sebuah area parkir, dengan beberapa gazebo yang mempunyai latar pemandangan yang sangat indah. Karena lokasi tersebut berada di sebuah ketinggian.

Apakah sudah sampai di lokasi utama? Belum, karena para pengunjung harus melakukan trekking menurun menyusuri sekitar 250 anak tangga.

Trekking Menuju Air Terjun Tiu Teja
Trekking Menuju Air Terjun Tiu Teja. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Tangga tersebut sudah berbentuk lapisan tembok, dan dilengkapi dengan pagar pembatas di sampingnya, yang terbuat dari besi.

Turunan anak tangga tersebut cukup miring, sehingga para pengunjung harus tetap berhati – hati selama di perjalanan.

Dampak dari gempa Lombok bisa dilihat di beberapa titik jalur trekking. Bahkan di jalur yang sudah dekat dengan lokasi utama Air Terjun Tiu Teja sangat parah.

Terdapat retakan yang sangat parah, sehingga para pengunjung yang melintas harus ekstra waspada. Terutama gunakan alas kaki yang tepat, dan tidak licin.

View alam sekitar selama perjalanan sangat menawan. Pegunungan, hutan, serta kesejukan udara sekitar menjadi suguhan pertama sebelum sampai lokasi utama Air Terjun Tiu Teja.

View Alam Sekitar
View Alam Sekitar. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Ditambah lagi, karena Air Terjun Tiu Teja sebagai bagian dari KPH Rinjani Barat, maka saat trekking, para pengunjung akan melihat kawanan monyet, dan lutung. Terkadang mereka ada di samping jalur perjalanan.

Hebatnya, pagar pembatas akan terus tersambung hingga sampai di akhir trekking, atau tepatnya di depan kolam utama Air Terjun Tiu Teja.

Keberadaan Monyet Dan Lutung Di Jalur Trekking
Keberadaan Monyet Dan Lutung Di Jalur Trekking. Sumber : pesonabawahlautindonesia2016.blogspot.com

Pesona Keindahan Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja memiliki ketinggian sekitar 40 – 50 meter. arus air yang turun cukup deras, airnya jernih, dan menyegarkan.

Meskipun air yang turun cukup deras, namun tidak berdampak terhadap kedalaman kolamnya. Dengan demikian, para pengunjung bisa bebas mandi, dan bermain air di kolam utama.

Tetapi, saat musim hujan debit airnya akan tinggi. Dan para pengunjung harus tetap berhati-hati saat bermain air, atau berada di bebatuan dekat kolam utama.

Pesona Keindahan Air Terjun Tiu Teja
Pesona Keindahan Air Terjun Tiu Teja. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Pesona alam sekitar Air Terjun Tiu Teja sangat menawan. View tebing batu, yang terbungkus oleh hijaunya lumut, serta pepohonan besar kian menambah keteduhan di sekitar lokasi Air Terjun Tiu Teja.

Perlu diketahui bahwa Air Terjun Tiu Teja berada di KPH Rinjani, dengan demikian kelestarian alamnya sangat dijaga.

Maka tidak heran jika kehadiran monyet, dan lutung menjadi penegasan bahwa lingkungan alam sekitar masih terawat. Info KPH Rinjani dan Air Terjun Tiu Teja bisa dilihat di link berikut : www.youtube.com 

Ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Tiu Teja

Ragam aktivitas wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjung saat berada di objek wisata Air Terjun Tiu Teja, adalah sebagai berikut :

1. Mandi Atau Bermain Air

Tentu saja, tak lengkap rasanya jika berkunjung ke objek wisata air terjun tanpa melakukan aktivitas basah – basahan, seperti mandi, atau bermain air.

Dan di objek wisata Air Terjun Tiu Teja, para pengunjung dapat melakukan aktivitas tersebut sepuasnya. Apalagi kondisi airnya yang jernih, dan menyegarkan, semakin menambah rasa betah di lokasi utama.

2. Hunting Foto

Aktivitas wisata selanjutnya yaitu berburu foto, atau konten bagi kebutuhan media sosial para pengunjung. Pada faktanya, hal tersebut menjadi sebuah trend kekinian.

Air Terjun Tiu Teja, memiliki pesona alam yang sangay elok, dan mampu menjadi latar foto atau video anda dengan hasil yang sangat indah.

Hunting Foto
Hunting Foto. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Spot foto favorit pengunjung tentu saja Air Terjun Tiu Teja. Namun, para pengunjung harus selalu mengedepankan aspek kelselamatan dalam berwisata.

3. Mengunjungi Objek Wisata Telapak Kaki Raksasa

tidak jauh dari tempat Air Terjun Tiu Teja berada.  ternyata terdapat lokasi wisata lainnya yang masih belum banyak diketahui para wisatawan.

Objek wisata tersebut berupa batu besar yang dipercaya sebagai telapak kaki seorang Datu Keling. Hal tersebut menjadi sebuah nilai mistis, atau legenda sebuah objek wisata, selain dari pesona keindahannya.

Lokasinya berbeda dengan lokasi Air Terjun Tiu Teja. Jarak dari Air Terjun Tiu Teja hanya sekitar 30 menit perjalanan.

Telapak Kaki Raksasa
Telapak Kaki Raksasa. Sumber : kayangan-lombokutara.desa.id

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Tiu Teja

Lokasi Air Terjun Tiu Teja berada di kawasan KPH Rinjani Barat. Alamat Air Terjun Tiu Teja berada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Rute Menuju Air Terjun Tiu Teja

Rute menuju Air Terjun Tiu Teja dari Mataram hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan.

Terdapat dua pilihan akses jalan. Diantaranya :

  • Melalui Puncak Pusuk. Kelebihan melalui jalan tersebut, para pengunjung akan disajikan dengan pesona alam pegunungan yang sangat indah.
  • Melalui Senggigi. Kelebihan melalui jalur tersebut adalah panorama keindahan pantai di sepanjang perjalanan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tiu Teja

Harga tiket masuk Air Terjun Tiu Teja Rp. 5.000 per orang, dan Rp. 2.000 untuk biaya parkir.

Jam Operasional Air Terjun Tiu Teja

  • Jam operasional Air Terjun Tiu Teja buka dari jam 07.00 – 16.00
  • Air Terjun Tiu Teja buka dari hari Senin – Minggu.

Penginapan

Tidak ada penginapan di objek wisata Air Terjun Tiu Teja.

Penutup

Demikian info tentang Air Terjun Tiu Teja. Patuhi protokol kesehatan, dan selalu utamakan keselamatan.

Yang paling penting lagi, jangan membuang sampah sembarangan, karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Tinggalkan komentar