Air Terjun Waimarang Di Sumba Timur, Review Lengkap Keindahan Alam Yang Terlindungi

Pulau Sumba merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di daerah Sumba Timur banyak sekali tempat wisata yang indah namun jarang disentuh oleh para wisatawan karena aksesnya yang susah.

Salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Sumba Timur ialah Air terjun Waimarang, yang berada di Kecamatan Umalulu, Sumba Timur.

Air Terjun Waimarang
Air Terjun Waimarang. Sumber: indonesiatraveler.id

Keindahan air terjun dan kolamnya sudah terkenal di dunia maya, banyak para wisatawan yang mengabadikannya di media sosial mereka.

Berikut merupakan ulasan lengkap mengenai Air terjun Waimarang, check this out!

Trekking Menuju Air Terjun Waimarang

Saat kamu keluar dan menginjakkan kaki di area parkir Air Terjun Waimarang, kamu sudah dapat merasakan indahnya pemandangan alam di sekitar.

Berada di sebuah sabana yang luas, ditemani birunya langit dan angin yang cukup kencang. Kamu awali trekking dengan menuruni sebuah jalan setapak. Karena lokasi Air Terjun Waimarang ini berada di bawah area parkir.

Jalanan menurun tersebut cukup licin, kamu harus sangat hati-hati karena disebelah kanan jalan terdapat sebuah jurang yang cukup dalam dan juga tidak ada pembatas atau sebuah pegangan sepanjang jalan.

Setelah melalui jalan setapak itu kamu akan memasuki sebuah hutan yang sudah kering, yang cukup teduh dan dengan jalur yang datar. Terus lanjutkan perjalananmu sampai kamu menemukan sebuah tangga yang cukup curam.

Trekking Menuju Air Terjun Waimarang
Trekking Menuju Air Terjun Waimarang. Sumber: www.femina.co.id

Tangga tersebut akan membawamu semakin dekat menuju Air Terjun Waimarang, namun kamu harus hati-hati dan waspada. Tangganya curam dan licin karena masih terbuat dari batu dan tanah. Disamping tangga terdapat bambu yang bisa kamu gunakan untuk tumpuan tangan.

Perjalanan yang cukup melelahkan tersebut, kurang lebih sejauh 1 km itu akhirnya terbayarkan sudah ketika kamu bertemu sebuah kolam yang jernih dengan warna biru kehijauan. Eits,,sabar itu Air Terjun Waimarang yang kamu cari.

Kolam Yang Pertama Menyambut
Kolam Yang Pertama Menyambut. Sumber: tehsusu.com

Kamu harus menyebrangi kolam tersebut kemudian menapaki jalan diatas tebing, sampailah kamu pada Air Terjun Waimarang yang kamu nantikan sedari tadi.

Pesona Keindahan Air Terjun Waimarang

Keindahan Air Terjun Waimarang sudah wari-wiri di jagat maya. Keindahan kolam dan air terjunnya menjadi daya tarik tersendiri.

Air Terjun Waimarang berada diantara tebing yang tinggi, sehingga seperti kolam alami pribadi. Warna kolamnya berwana biru kehijauan menambah indahnya suasana.

Keindahan Air Terjun Waimarang
Keindahan Air Terjun Waimarang. Sumber: www.thejakartapost.com

Sebenarnya Air Terjun Waimarang ini memiliki 3 tingkatan, namun yang sering dikunjungi oleh para wisatawan ialah tingkatan yang ketiga.

Untuk mencapai Air Terjun Waimarang tingkat kedua, kamu harus menuju ke arah turunnya air terjun yang ketiga dengan menaiki tebingnya. Kamu harus berhati-hati karena akan sangat licin.

Kolam penampungan Air Terjun Waimarang di tingkat kedua memiliki warna yang sama dengan yang berada di bawahnya namun luasnya kecil dan lebih bersih. Hal itu mungkin karena jarangnya dijamah oleh para wisatawan.

Untuk sampai menuju Air Terjun Waimarang tingkat pertama caranya hampir sama seperti menuju tingkat kedua.

Untuk kamu yang ngga mau repot, nikmatilah keindahan Air Terjun Waimarang di tingkat ketiga saja. Tinggi air terjunnya sekitar 2 meter, dan mengalir diatas sebuah tebing batu yang sangat indah.

Ragam wisata di Air Terjun Waimarang

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di Area Air Terjun Waimarang ini diantaranya:

1. Berenang

Kolam Air Terjun Waimarang sungguh sangat cantik, sehingga menggoda kamu untuk segera terjun berenang dan menikmati segarnya air di kolam tersebut.

Berenang di Indahnya Kolam
Berenang di Indahnya Kolam. Sumber: phinemo.com

Kedalaman kolamnya beragam, mulai dari seperut kamu sampai setinggi leher. Airnya sangat jernih dan berwarna biru kehijauan sungguh cantik sekali.

Kedalaman Kolamnya Aman Untuk Berenang
Kedalaman Kolamnya Aman Untuk Berenang. Sumber: www.superadventure.co.id

Rasanya segar sekali setelah melakukan trekking yang cukup melelahkan tadi. Dibayar dengan kontan saat berenang diantara tebing-tebing yang tinggi.

2. Bermain Air

Kamu ngga bisa berenang? Tapi ingin tetap menikmati kesegaran Air Terjun Waimarang? Tenang,,,,ada kolam yang ngga terlalu dalam ko’. Kamu bisa duduk-duduk disana sembari memainkan airnya.

Bermain Air Di Kolam Alami
Bermain Air Di Kolam Alami. Sumber: explorewisata.com

3. Body Jumping

Air Terjun Waimarang dikelilingi oleh tebing batu yang sangat cantik, kamu bisa menaiki tebing-tebing tersebut kemudian melompatlah dari sana.

Ketinggiannya pun beragam, ada yang rendah sampai sangat tinggi. Kamu juga bisa menaiki tebing menuju aliran Air Terjun Waimarang kemudian melompatlah dari sana.

Body Jumping di Air terjun Waimarang
Body Jumping di Air terjun Waimarang. Sumber: storymaps.arcgis.com

Namun, ingat untuk melakukan hal tersebut kamu harus mawas diri dan tahu akan kemampuan dirimu sendiri. Selalu hati-hati dan waspada.

4. Berfoto Cantik

Keindahan yang diberikan oleh alam Air terjun Waimarang ngga boleh kamu biarkan begitu saja. Keindahannya harus diabadikan dalam sebuah foto atau video.

Berfoto Bersama Keindahan Air terjun Waimarang
Berfoto Bersama Keindahan Air terjun Waimarang. Sumber: blog.misteraladin.com

Kamu bisa berpose saat sedang berenang menikmati indahnya kolam, atau mungkin pose-pose cantik ditebingnya.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Waimarang

Lokasi Air Terjun Waimarang berada di Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tepatnya berada di alamat Desa Waimarang, Melolo, Kelurahan Watu Hadang, Kecamatan Umalulu.

Rute Menuju Air Terjun Waimarang

Rute menuju Air Terjun Waimarang jika kamu bergerak dari Kota Waingapu, kamu akan melakukan perjalanan sekitar 2 jam lamanya. Dengan melewati jalanan yang relatif bagus,  sampai melewati sabana.

Rutenya ialah terus lurus berada di jalan raya sejauh 60 km, setelah itu sampailah kamu di daerah Melolo. Dari Terminal Melolo kamu harus belok kanan, kemudian belok kiri.

Kamu mulai memasuki jalan yang berupa tanah dan akan melintasi dua perkampungan tradisional Sumba Timur. Setelah itu kamu akan melalui sabana dimana jalannya mulai kering dan berdebu.

Tiket Masuk Air terjun Waimarang

Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Waimarang kamu tidak dikenakan tarif sepeser pun alias gratis.

Namun kamu harus membayar biaya parkir kendaraanmu sebesar Rp. 10.000,- untuk mobil dan Rp. 5.000,- untuk motor.

Jam Operasional Air Terjun Waimarang

Jam operasional Air Terjun Waimarang dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WITA.

Waktu yang paling tepat ialah siang hari saat matahari memasuki celah-celah tebing di sekitar kolam Air terjun Waimarang.

Fasilitas Air Terjun Waimarang

Di sekitar area Air terjun Waimarang tidak ada fasilitas apapun. Air Terjun Waimarang hanya memiliki fasilitas hanya berupa area parkir yang luas serta warung makanan dan minuman di area parkir tersebut.

Tips Wisata

Untuk kamu yang akan mengunjungi Air Terjun Waimarang, ada beberapa tips wisata yang dapat menjadi referensi kamu. Diantaranya:

  • Hindari mengunjungi Air Terjun Waimarang saat hujan tiba, karena jalur trekking pasti akan sangat licin dan berbahaya.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman yang cukup, untuk bekal kamu saat berada di area Air Terjun Waimarang.
  • Berhati-hatilah saat menapaki jalur trekkingnya.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan aman dipakai jalur yang licin dan berupa tanah.
  • Selalu waspada dan hati-hati saat melakukan ragam wisata di area Air Terjun Waimarang.
  • Jika kamu seorang pendatang dan tidak tahu jalan, lebih baik menyewa supir untuk membawamu ke Air Terjun Waimarang.
  • Selalu jaga kebersihan dan keindahan area Air terjun Waimarang.
  • Siapkan gadget kamu untuk menyimpan memori indah di Air Terjun Waimarang.

Penutup

Keindahan alam yang luar biasa selalu tersimpan dengan baik, dan didapati dengan cara yang tidak mudah. Jalur trekking yang dilalui untuk dapat sampai menuju Air Terjun Waimarang memang tidak mudah.

Namun hal itu merupakan sebuah kewajaran jika keindahan yang ditampilkan sangat luar biasa. Kita seperti berada di sebuah nirwana dengan segala keindahannya.

Air Terjun Waimarang memang sangat layak untuk dikunjungi. Siapkan foto terbaikmu saat berada di Air Terjun Waimarang, ya!

Baca juga:

Leave a Comment