Alun-Alun Subang, Tempat Berlibur yang Cocok Bersama Keluarga

|

Alun-alun Subang saat ini tengah menjadi sorotan berbagai pihak, pasalnya Pemerintah Kabupaten Subang saat ini tengah melakukan renovasi alun-alun Kabupaten Subang.

Alun-Alun Subang ini direncanakan menjadi ikon kebanggaan masyarakat Subang, sehingga para wisatawan dari luar Kabupaten Subang dapat berkunjung untuk menikmati ornamen khasnya suasana Subang.

Secara geografis, Kabupaten Subang ini berbatasan dengan Kabupaten Bandung Barat disebelah Selatan, Kabupaten Purwakarta dan Karawang disebelah Barat, Laut Jawa disebelah Utara, serta berbatasan dengan Kabupaten Indramayu disebelah Timur.

alun alun subang
alun alun subang. google maps. sumber: lare nggunung chanel

simak juga: ciater highland resort

Selain identik dengan Masjid Agungnya yang ikonik, Pemerintah Kabupaten Subang juga saat ini tengah mengupayakan konsep baru yaitu dengan pembangunan tata ruang yang ramah lingkungan.

Konsep tersebut dapat dilihat dari pembangunan taman serta rindangnya pohon disekitar Alun-Alun Subang. Selain itu, kawasan wisata Alun-Alun Subang juga dibuat supaya menjadi tempat yang nyaman untuk wisata keluarga.

Lokasi Wisata Alun-Alun Subang

Alamat atau lokasi dari Alun-Alun Subang ini berada di Jalan RA. Wangsa Ghofrana No.2, Karanganyar, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Wisata Alun-alun Sumedang juga sangat strategis karena berdekatan dengan Kantor Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kabupaten Subang, Masjid Agung Subang, Kantor DPRD Kabupaten Sumedang, serta kantor pemerintahan lainnya.

suasana di malam hari
suasana di malam hari. google maps. sumber: R Dwi

simak juga: kolam renang ciheuleut

Rute Menuju Wisata Alun-Alun Subang

Rute menuju tempat Wisata Alun-Alun Subang sangatlah mudah. Apabila pengunjung berangkat dari Terminal Tipe A Subang maka Anda harus mengikuti Jalan Darmowiharjo. Selanjutnya belok kiri ke jalan K.S Tubun.

Selanjutnya Anda akan menemukan perempatan, untuk sampai ke Alun-Alun Subang Anda harus lurus mengikuti Jalan D. Kartawigenda Gg. Palabuan. Selanjutnya Anda belok kanan ke Jalan Letjen Suprapto, kemudian mengikuti jalan Dr. Satiman.

Dalam jarak 350 meter Anda belok kiri ke Jalan Pasar Baru. Setelah menemukan pertigaan, selanjutnya Anda belok kiri ke Jalan Jend. Ahmad Yani sekitar 63 meter.

Selanjutnya Anda mengikuti Jalan Karanganyar, belok kanan menuju Jalan RA. Wangsa Ghofrana dan Anda akan sampai di Alun-Alun Kabupaten Subang.

Fasilitas Wisata

hunting foto kece
hunting foto kece. google maps. sumber: Mellymg_

simak juga: the ranch ciater

Adapun fasilitas wisata yang ada di Alun-Alun Subang diantaranya:

  • Kuliner disekitar alun-alun Subang
  • Wisata bermain anak
  • Pernak-pernik dan aksesoris Khas Subang
  • Tugu Benteng Pancasila
  • Lapangan Bintang Subang

Jam Buka Wisata Alun-Alun Subang

Alun-Alun Subang dapat Anda akses selama 24 jam. Akan tetapi ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemerintah setempat, mengingat saat ini Pemkab Subang tengah melakukan renovasi.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan terkait penyebaran Covid-19 di Subang karena itu dapat memengaruhi jam buka Alun-Alun Subang.

Harga Tiket Masuk Alun-Alun Subang

Anda tidak perlu memikirkan biaya masuk ke Alun-Alun Kabupaten Subang ini karena pemerintah setempat tidak menetapkan tarif masuk alias gratis.

Alun-Alun Subang ini merupakan fasilitas publik yang diperuntukan bagi semua orang, termasuk Anda. Jadi, tunggu apalagi? Ayo berkunjung ke Alun-Alun Subang dan nikmati ketentraman suasana Subang.

penuh dengan pepohonan rindang
penuh dengan pepohonan rindang. google maps. sumber: Herwidi Andini

simak juga: florawisata d’castello

Daya Tarik Alun-Alun Subang

Seperti halnya tempat wisata keluarga lainnya, Alun-Alun Subang juga memiliki daya tariknya tersendiri, diantaranya:

1. Kuliner disekitar alun-alun Subang

Setelah lelah berjalan-jalan mengelilingi Alun-Alun Subang, anda dapat menikmati kuliner khas Sumedang yang tersaji disekitar Alun-Alun Subang.

Harga kuliner yang dijajakan pun sangat terjangkau bagi para wisatawan yang datang. Jadi Anda tidak perlu lagi kebingungan untuk mencari kuliner ketika hendak mengisi perut.

tersedia wahana permainan anak
tersedia wahana permainan anak. google maps. sumber: Fauzi Akbar

simak juga: tempat wisata di subang

2. Wisata bermain anak

Wisata Alun-Alun Subang sangat ramah anak, karena Anda dapat mengajak sang buah hati untuk bermain sekaligus belajar. Anda dapat mengajak sang buah hati untuk belajar menggambar atau mewarnai, mini motor trail, becak mini, dan wahana bermain lainnya.

3. Oleh-oleh Khas Subang

Buah tangan atau oleh-oleh selalu menjadi sesuatu yang paling dinanti oleh sanak saudara ketika kita berpergian kesuatu tempat.

Di sekitar Alun-Alun Subang banyak sekali para pedagang yang menjajakan kerajinan khas Subang yang dapat Anda pilih untuk dijadikan buah tangan.

Ketika kita mendengar kata Subang, pasti kita teringat pada nanas sebagai ikon atau identitas dari Kabupaten Subang ini. Saat ini pengelolaan dan penyajian nanas pun semakin variatif, mulai dari kripik, hingga variasi nanas lainnya.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat membeli kerajian khas lainnya untuk dijadikan oleh-oleh setelah berkujung ke Alun-Alun Subang, seperti kerajinan serabut kelapa, kayu lame, dan kerajinan ukiran tangan lainnya.

tugu benteng pancasila
tugu benteng pancasila. google maps. sumber: Lucky Adam

simak juga: bukit pamoyanan

4. Tugu Benteng Pancasila

Tugu Benteng Pancasila hingga saat ini menjadi spot foto yang paling banyak diminati oleh para pengunjung yang datang ke Alun-Alun Subang. Selain karena ornamennya yang unik juga memiliki nilai sejarah yang kuat bagi masyrakat Subang.

Tugu ikonik Alun-Alun Subang ini telah diresmikan sejak tahun 1978 oleh Bupati Subang Atju Samsuddin. Tugu Benteng Pancasila ini sebagai simbol bahwa masyarakat Subang sangat mencintai Pancasila sebagi dasar negara.

Dilihat dari aspek historis juga bahwa Subang kala itu tengah dirongrong oleh paham Komunis, namun berkat komitmen dan rasa nasionalisme masyarakat Subang yang tinggi membuat Komunis tidak mampu menggoyahkan keteguhannya terhadap Pancasila.

5. Lapangan Bintang Subang

Selain Tugu Benteng Pancasila, Lapangan Bintang Subang juga menjadi spot yang paling diminati oleh para pengunjung yang datang. Selain dimanjakan oleh hamparan rumput yang hijau, area Lapangan Bintang Subang juga dilengkapi lintasan lari.

Jadi tidak aneh apabila setiap pagi atau sore lintasan lari ini sering dimanfaatkan oleh pengunjung untuk melepas kepenatan setelah bekerja dengan berolahraga.

Untuk dapat memberikan kenyamanan bagi para pengunjung, Pemkab Subang juga menyediakan lapangan khusus untuk senam yang dilakukan rutin setiap hari Minggu pagi.

lapangan yang cukup luas
lapangan yang cukup luas. google maps. sumber: ad_ Kurnia

simak juga: wisata alam capolaga

6. Spot Foto Instagramable

Alun-Alun Subang juga tidak hanya ramah bagi anak-anak dan orang tua saja, tetapi juga ramah bagi anak muda yang aktif di sosial media.

Apabila Anda berkujung ke Alun-Alun Subang Anda dapat menjadikan taman, pepohonan yang rindang, Tugu Benteng Pancasila, Lapangan Bintang Subang dan lainnya sebagai spot-spot foto yang instagramable, apalagi dimalam hari.

Demikian review dari Alun-Alun Subang untuk dapat Anda dijadikan referensi tempat berlibur bersama keluarga tercinta. Tetap patuhi protokol kesehatan dan selamat berlibur.