66 Tempat Wisata di Jogja Populer dan Hits 2024

Siapa yang tidak mengenal Jogja? Jogja atau Yogyakarta merupakan tujuan wisata utama di Indonesia setelah Bali. Kota ini selalu dipadati turis saat liburan.

Yogyakarta memiliki banyak objek wisata menarik. Wisata Jogja terkenal dengan wisata alam, budaya, wisata belanja, juga wisata kuliner. Anda akan butuh waktu cukup lama untuk explore Jogja. Ga bakal cukup hanya dengan satu atau dua hari saja.

Berikut adalah tempat wisata di Jogja yang wajib Anda kunjungi.

Candi Prambanan

tempat wisata di jogja
tempat wisata di jogja – candi prambanan

Terletak sekitar 17 Km dari pusat kota Yogyakarta, Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini memiliki relief yang menceritakan kisah mengenai Ramayana dan Krishnayana.

Di Candi ini pula pertunjukan Rama Shinta digelar. Hari-hari biasa pertunjukan ini digelar di dalam ruangan. Namun pada malam purnama pertunjukan hampir selalu digelar di ruang terbuka. Dengan Candi Prambanan berperan sebagai latar belakang, memberikan pemandangan yang indah.

Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, maka tidaklah sulit untuk mencapai candi ini. Transportasi umum pun tersedia menuju tempat ini bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi. Tempat ini tidak pernah kalah menarik dari tempat wisata baru di Jogja lainnya yang terus bermunculan.

Lihat juga: daftar tempat wisata di Bandung yang populer

Candi Ratu Boko

candi ratu boko
Foto: yudi fitrianto

Salah satu candi di Jogja yang terkenal dengan pemandangan sunsetnya yang indah. Candi ini masih satu pengelolaan dengan candi Prambanan, jadi anda bisa aja menggunakan tiket terusan dari sana. Menjadi salah satu tempat romantis di Jogja untuk berfoto, tempat ini banyak didatangi wisatawan.

Simak info lengkapnya di artikel pesona Candi Ratu Boko.

Candi Borobudur

candi borobudur
Foto : Jerin C Saji

Candi Borobudur sudah sangat terkenal di dunia. Candi ini masuk kedalam daftar Warisan Dunia UNESCO. Candi ini merupakan Candi Budha terbesar dan terlengkap di dunia. Dilihat dari atas, bentuk Candi Borobudur menyerupai bunga teratai. Terlihat sangat indah bila dilihat pada saat matahari terbit atau terbenam.

Candi Borobudur sebetulnya masuk dalam wilayah Magelang, Jawa Tengah. Tapi, wisatawan yang liburan ke Jogja sering memasukan candi Borobudur tempat yang akan dikunjungi. Itu sebabnya kami masukan juga ke dalam list tempat wisata di Jogja.

Borobudur Terletak sekitar 40Km barat laut dari Yogyakarta. Candi ini menjadi salah satu tujuan liburan utama, baik domestik maupun mancanegara.

Pantai Indrayanti

pantai indrayanti
Foto: Smekys Multimedia

Pantai Indrayanti adalah salah satu destinasi wisata pantai di Jogja yang sekarang cukup populer. Dengan bentang pasir yang putih bersih khas pantai selatan, pemandangan yang indah, dan fasilitas yang cukup lengkap, pantai ini banyak menjadi tujuan wisatawan.

Selain itu, lokasinya tidak berjauhan dengan pantai-pantai lain yang juga populer. Misalnya saja pantai krakal, pantai sundak, ataupun pantai pok tunggal.

Jadi, anda bisa sekaligus mengunjungi berbagai tempat wisata lain yang tidak berjauhan tempatnya.

Pantai Nglambor

pantai nglambor
Foto: Riski Note3

Di Yogya juga terdapat pantai yang bisa untuk snorkeling asyik lho, tempatnya di pantai nglambor. Tidak seperti pantai selatan lainnya, disini terdapat laguna dengan air yang cukup tenang. Kekayaan alam disini bisa kita nikmati sambil snorkeling.

Selain itu, terdapat juga berbagai spot unik dan asyik untuk berfoto. Anda juga bisa menyeberang ke pulau kecil menggunakan jembatan tali, sambil uji nyali! Destinasi wisata Jogja yang satu ini wajib anda kunjungi.

Pantai Pok Tunggal

pantai pok tunggal
Foto: Chandra Prayoga

Satu lagi pantai yang perlu anda kunjungi di Jogja, pantai pok tunggal. Keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai lainnya di Yogyakarta.

Fasilitasnya memang belum selengkap tempat lain, tapi sepadan dengan pemandangan yang bisa anda dapatkan.

Jalan Malioboro

jalan malioboro
Foto: Reysal Official

Jalan paling terkenal di Yogyakarta adalah Jalan Malioboro. Di sepanjang jalan ini terdapat toko-toko dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam barang, dari pakaian, kerajinan tangan sampai makanan. Salah satu hal yang khas mengenai Malioboro adalah penjual makanan lesehan.

Penjual makanan lesehan ini akan menggelar lesehannya setelah jam 5 sore. Jalan Malioboro akan lebih ramai pada malam hari karena di beberapa tempat akan ada beberapa group pemusik jalanan yang akan menghibur pengunjung dengan lagu-lagu mereka.

Selain itu pada malam hari Anda juga dapat melihat beberapa orang mengenakan berbagai macam kostum yang akan bersedia difoto tanpa bayaran. Jalan Malioboro memang selalu menarik untuk dikunjungi. Suasana jalan ini memang unik, anda yang mencari wisata jogja malam hari juga bisa berjalan-jalan santai disini.

Jalan Malioboro bisa dikatakan salah satu tempat instagramable di Jogja yang wajib. Rasanya ga lengkap berlibur jika ngga berfoto disini.

Pasar Beringharjo

pasar beringharjo
Foto: Efendy A

Pasar Beringharjo terletak di Jalan Malioboro. Pasar tertua di Yogyakarta ini terkenal sebagai tempat turis membeli souvenir dengan harga murah. Berbagai macam barang tersedia di pasar ini, dari batik, makanan tradisional, uang kuno, bahan dasar jamu tradisional hingga barang antik.

Belum lengkap rasanya bila ke Yogyakarta tapi belum mengunjungi pasar Beringharjo yang merupakan salah satu tempat legendaris di Yogyakarta.

Benteng Vredeburg

benteng vredeburg
Foto: Benteng Vredeburg

Satu lagi tempat wisata di Jogja dekat Malioboro. Benteng Vredeburg juga terletak di Jalan Malioboro, tepatnya di depan Gedung Agung. Benteng yang kini telah menjadi museum yang berisi diorama mengenai sejarah Indonesia itu sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin menambah wawasan tentang sejarah Indonesia.

Pada waktu-waktu tertentu benteng ini juga dijadikan tempat penyelenggaran beberapa festival kebudayaan. Apabila Anda hanya ingin sekedar bersantai sambil menikmati suasana di benteng Belanda ini maka kunjungilah café yang menyajikan makanan khas Belanda yang berada di dalam benteng,yang bernama Indische Koffie.

Simak juga: rekomendasi tempat wisata di Bali yang populer

Museum Ullen Sentalu

museum ullen sentalu
Foto: Restu Widi Wijayanti

Museum Ullen Sentalu terletak di Jalan Boyong Km 25 Kaliurang Barat, Sleman,Yogyakarta. Tempat wisata Sleman ini dibangun diatas area seluas 1,2 hektar dengan suhu udara sekitar berkisar antara 15-20 derajat celcius. Arsitektur museum ini sangat unik, jalan masuk ke dalam museum sendiri terdiri dari undakan, kelokan dan labirin yang menuju ke salah satu ruang pameran yang berada di bawah tanah.

Museum Ullen Sentalu berisi koleksi mengenai sejarah dan budaya Kerajaan Mataram yang merupakan cikal bakal dari Kerajaan Yogyakarta dan Solo. Berkunjung ke Ullen Sentalu akan menambah wawasan Anda mengenai sejarah kebudayaan Jawa. Pemandu di museum ini akan memberikan penjelasan dengan detil mengenai semua benda seni di dalam museum ini. Museum Ullen Sentalu memiliki aturan yang sangat ketat.

Pengunjung tidak diperkenankan mengambil foto dari semua benda yang dipamerkan dalam museum ini selama tur berlangsung. Sangat disayangkan memang, tetapi satu nilai lebih dari aturan ini adalah Anda akan benar-benar fokus mendengarkan penjelasan pemandu, menikmati dan menghargai benda-benda seni yang berada di museum ini. Museum Ullen Sentalu sangat pantas untuk dikujunungi sebagai tempat wisata pendidikan dan budaya.

Keraton Yogyakarta

keraton jogja
Foto: Viorel Ionescu

Salah satu tempat wisata budaya lainnya di Yogyakarta adalah Keraton Yogyakarta. Keraton ini adalah salah satu bangunan bersejarah kesultanan Yogyakarta yang ditempati oleh Sultan dan keluarga Sultan. Di keraton ini juga terdapat museum yang memamerkan barang-barang kesultanan Yogyakarta dari barang rumah tangga sampai barang-barang unik yang sebagian merupakan hadiah dari raja Eropa.

Waktu terbaik untuk mengunjungi keraton adalah dipagi hari karena tempat ini hanya dibuka sampai jam 2 siang. Bila Anda berminat, Anda juga bisa menyewa pemandu yang telah disediakan keraton untuk menjelaskan mengenai arsitektur dan sejarah keraton dengan harga yang tidak begitu mahal.

Taman Sari Jogja

taman sari jogja
Foto: Octavian Graceas

Jaman dulu Taman Sari Jogja merupakan tempat rekreasi dan meditasi keluarga kerajaan Yogyakarta. Pesona Istana Taman Sari terletak pada keindahan arsitekturnya yang kuno dan pemandangan yang indah.

Istana ini dibangun untuk menghargai jasa para istri Sultan yang telah membantu semasa perang. Istana ini dikelilingi dengan taman bunga yang memberikan wangi semerbak ke sekitarnya.

Baca juga: daftar tempat wisata di Bogor yang populer

Museum Gunung Merapi

museum gunung merapi
Foto: Desy Scout

Salah satu tempat wisata di Kaliurang yang wajib ada kunjungi nih. Museum Gunung Merapi ini diresmikan pada tahun 2009, dan terletak sekitar 5 Km dari Kaliurang.

Museum ini merupakan sarana pendidikan dan informasi mengenai kegunungapian dan bencana geologi lainnya. Di tempat ini juga di pamerkan karya seni yang melukiskan dongeng asal muasal Merapi

Pantai Parangtritis

pantai parangtritis
Foto: Izdyan Purnama putra

Pantai Parangtritis merupakan pantai paling terkenal di Yogyakarta, itulah sebabnya mengapa pantai ini selalu ramai pengunjung. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan kuat. Di tempat ini Anda juga dapat mencoba bermain paralayang di Bukit Parangdong. Pantai Parangtritis terletak 25 Km dari pusat kota Yogyakarta.

Tempat ini tetap saja menjadi salah satu favorit pengunjung, ngga kalah dari berbagai tempat wisata Jogja terbaru yang sekarang terus bermunculan.

Goa Jomblang

goa jomblang
Foto: Monica Hung

Wisata alam Jogja beragam sekali, salah satunya Goa Pindul. Goa wisata ini terletak di Gunung Kidul Yogyakarta. Goa Jomblang merupakan goa vertikal dengan hutan purba didalamnya. Tempat yang pernah digunakan oleh acara TV Amerika The Amazing Race ini memiliki satu keunikan, yaitu cahaya yang menembus lubang goa,disebut dengan nama Cahaya Surga, yang dapat Anda lihat dari jam 10 pagi hingga jam 12 siang.

Melihat cahaya ini dari dalam goa meninggalkan kesan yang kuat bagi siapa saja yang menyaksikannya.

Simak: info tempat wisata di Lembang lengkap

Goa Pindul

goa pindul
Foto: Trisno Hartono

Goa Pindul merupakan goa yang terkenal dengan kegiatan cave tubing-nya. Goa ini memiliki panjang 350 meter, lebarnya skitar 5 meter dan kedalaman air anata 5 sampai 12 meter. Goa ini terdiri dari 3 zona yaitu zona terang, zona remang dan zona gelap.

Anda akan disuguhi dengan pemandangan stalaktit dan stalagmite yang indah. Cave tubing di goa yang terletak di Desa Bejiharjo Gunung Kidul ini berlangsung selama 45 menit dengan menggunakan ban pelampung.

Kebun Buah Mangunan

kebun buah mangunan
Foto: Utami Widodo

Kebun Buah Mangunan menawarkan pemandangan alam yang indah sekali. Menjadi salah satu tempat hits di Jogja, pengunjung pun berdatangan kesini karena daya tariknya. Salah satu ciri khasnya; view kabut yang indah, mengular membungkus dataran. Dan semuanya bisa anda nikmati dari ketinggian.

Rekomendasi untuk dikunjungi di pagi hari, agar masih bisa menikmati pemandangan kabut yang jadi ciri khas kebun buah Mangunan.

Pantai Depok

pantai depok
Foto: Imanta

Salah satu alternatif tempat wisata di Jogja : Pantai Depok. Di pantai ini kita bisa menikmati berbagai kuliner yang enak. Selain itu, terdapat juga berbagai spot indah yang bisa anda nikmati.

Pantai Sundak

pantai sundak
Foto: Asavita Michel Gabriella

Masih di kawasan Gunung Kidul, terdapat Pantai Sundak. Tempat menarik di Yogyakarta ini seolah melengkapi kekayaan dan keindahan alam di kawasan Gunung Kidul Jogjakarta.

Anda bisa sekalian memasukan pantai Sundak sebagai salah satu tempat wisata pantai di Jogja yang akan dikunjungi saat liburan nanti.

Hutan Mangrove Kulon Progo

Mangrove Kulon Progo Aerial View
Image via: www.instagram.com/denny_prasetyo_s

Hutan Mangrove Kulon Progo menjadi salah satu kawasan wisata yang lumayan populer. Masih dalam cakupan wilayah provinsi DIY Yogyakarta, tempat ini tak hanya jadi konservasi alam tapi juga ditata menjadi destinasi wisata.

Jika anda mencari tempat alternatif untuk liburan, bisa cek juga tempat ini.

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

jogja bay
Foto: Kholik Marzuki

Mau bermain air? kunjungi saja Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark. Tempat ini merupakan salah satu wahana permainan di Jogja, dan termasuk salah satu yang terbesar di Indonesia lho.

Terdapat banyak wahana permainan air yang bisa anda nikmati bersama keluarga. So, Jogja Bay bisa anda jadikan salah satu tujuan wisata keluarga di Yogyakarta.

Air Terjun Kedung Pedut

air terjun kedung pedut
Foto: Kedung pedut

Air terjun Kedung Pedut lumayan jauh dari pusat kota Yogyakarta, tapi masih di dalam wilayah DIY Yogya. Berada di Kulon Progo, tempat ini bisa jadi destinasi wisata bagi anda penyuka wisata alam alternatif di Jogja.

Tebing Breksi

tebing breksi
Foto: Vera Dwi

Berawal dari bekas tambang kapur, sekarang Tebing Breksi menjelma menjadi salah satu tujuan wisata di Jogja yang cukup populer. Disini terdapat banyak spot yang unik dan indah untuk berfoto. Rekomendasi mengunjungi tempat ini di pagi atau sore hari, agar suasananya lebih indah.

Kalibiru

kalibiru
Foto: resti tuta

Salah satu tempat wisata yang sudah terkenal banget di kawasan Jogjakarta; Kalibiru. Tempatnya berada di Kulon Progo, masih di dalam wilayah DIY Jogjakarta. Tempat ini banyak dikunjungi karena pemandangan alamnya yang indah, dengan berbagai spot foto yang unik.

Pantai Sepanjang

pantai sepanjang
Foto: Ega Rijal

Area gunung kidul memang surganya pantai indah. Salah satu pantai indah disini adalah pantai Sepanjang. Dengan bentang pantai yang luas, anda bisa bermain, menyusuri, dan menikmati suasana pantai dengan lebih puas!

Pantai Goa Cemara

pantai goa cemara
Foto: Bang Ozib

masih seputar pantai di Jogja, jangan lewatkan pantai goa cemara ya. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri, dengan rimbunnya pohon cemara di sekitar pantai. Selain itu, terdapat juga objek menarik lainnya, seperti Mercu Suar yang bisa anda naiki.

Pantai Glagah

pantai glagah
Foto: asri

Pantai Glagah memiliki keunikan tersendiri; gugusan tetrapod dan pasir besi hitam yang menghiasi pantainya. Tetrapod disini berfungsi sebagai pemecah ombak untuk mencegah abrasi. Selain itu, terdapat banyak spot unik unutk berfoto disini. Indah banget!

Pantai Krakal

pantai krakal
Foto: Manggiardi Tirta

Salah satu tempat wisata di Gunung Kidul, dengan batu karangnya yang iconik banget. Anda bisa menyusuri pantai, menikmati sunset yang indah, dengan banyak spot foto indah di pantai Krakal. Anda bisa snorkeling juga untuk melihat keindahan bawah laut yang mempesona disini.

Pantai Siung

pantai siung
Foto: Febrian Fadila Rizky

Pantai siung adalah pantai di Yogyakarta dengan ciri khas gugusan karang yang membentang luas. Sepanjang pantai ini, anda bisa temukan bebatuan karanng dengan bentuk eksotis dan khas. Di saat sunset, bebatuan karang ini memberikan suasana yang keren banget lho. Layak banget untuk anda nikmati.

Puncak Becici

puncak becici
Foto: desi purnama

Puncak Becici adalah bukit dengan panorama indah yang banyak dikunjungi wisatawan. Wisata alam di Jogja ini berjarak kurang lebih 30 KM dari pusat kota.

Konon, bukit ini adalah salah satu tempat favorit Mantan presiden Amerika, Obama, di Jogjakarta.

Pantai Sadranan

pantai sadranan
Foto: Bayu Arkiara

Area Gunung Kidul memang ngga ada habisnya. Banyak sekali pantai indah yang bisa ditelusuri, salah satunya adalah Pantai Sadranan. Pantai ini memiliki pemandangan khas karang pantai selatan, dengan hamparan pasir yang lembut.

Sindu Kusuma Edupark

Speda Mabur 2

Mau liburan bersama keluarga? ke Sindu Kusuma Edupark saja. Disini terdapat berbagai wahana permainan yang asyik banget. Tentunya bakal seru dimainkan bersama keluarga, ataupun bersama kawan.

Bukit Bintang Jogja

Sunset di Bukit Bintang Jogja.
Sunset di Bukit Bintang Jogja. Image via: www.instagram.com/widyawdewi

Salah satu tempat romantis dengan view Jogja dari ketinggian, bisa anda temukan di Bukit Bintang Jogja. Tempatnya tidak begitu jauh dari pusat kota. Disini terdapat banyak spot untuk makan dan ngobrol bersama teman.

Hutan Pinus Pengger

jelajah hutan

Selain pantai yang beragam, di Jogja juga banyak terdapat hutan pinus yang dikelola menjadi tempat wisata. Salah satunya adalah Hutan Pinus Pengger. Terletak di pinggiran kota area Jogja, anda bisa menikmati keindahan hutan pinus dengan udaranya yang segar.

Bukit Panguk Kediwung

bukit panguk kediwung
image via phinemo.com

Tempat ini belum begitu banyak dikenal. Tapi meski demikian, Bukit Panguk Kediwung memiliki panorama yang indah lho. Tempat ini jadi salah satu tempat berburu sunrise di Jogja yang recommended. Di sini, anda bisa menikmati lautan awan yang indah di saat matahari terbit.

Pantai Nguluran

Foto Praweding di Teras Kaca Pantai Nguluran.
Foto Praweding di Teras Kaca Pantai Nguluran. Image via: www.instagram.com/gabriellawidyastuti/

Pantai Nguluran adalah salah satu spot wisata selfie di pinggir pantai. Spot selfie di Jogja ini cukup populer, dan dikenal dengan ikon jembatan kaca Pantai Nguluran yang unik. Ini salah satu tempat wisata jogja murah meriah yan bisa anda jadikan tujuan liburan.

Pantai Samas

Sunset Pantai Samas Jogja
Suasana senja di Pantai Samas. Image via: Tempatwisatakeluarga.com

Pantai Samas bisa anda jadikan tujuan wisata di Jogja juga nih. Pantainya memiliki keindahan tersendiri. Hanya saja tidak disarankan berenang disini karena arusnya cukup berbahaya. Selain itu, disini juga terdapat tempat perlindungan penyu lho.

Pantai Drini

Snorkeling
snorkeling di pantai drini. Image via: www.instagram.com/pantai_drini/

Mencari tempat snorkeling di Jogja? pantai Drini bisa anda coba nih. Salah satu keunikan dari pantai drini adalah aktivitas snorkeling yang tersedia disana. Selain itu, pantai ini juga sudah memiliki fasilitas cukup lengkap, dengan pemandangan yang indah pula.

Pantai Timang

gondola-pantai-timang
Gandola. Image via: toptier.id

Pantai Timang berbeda dengan pantai di Jogja lainnya. Disini daya tariknya bukan berupa pasir pantai, tapi lebih ke pengalaman memacu adrenalin. Daya tarik utama pantai Timang adalah gondola penyeberangan melewati laut pantai selatan yang ekstrem.

Pantai Kukup

Penginapan pantai kukup.
Penginapan pantai kukup. Image via: instajogja.com

Gunung Kidul memang ga ada habisnya. Satu lagi pantai di Gunung Kidul yang bisa anda kunjungi nih, Pantai Kukup. Pantai ini berada dalam satu area dengan pantai lain di Gunung kidul. Jadi anda bisa berkunjung sekaligus ke beberapa tempat.

Pantai Ngobaran

pantai ngobaran
Pantai Ngobaran. Image via: blog.traveloka.com

Terletak tidak jauh dari Baron, Pantai Ngobaran bisa sekalian anda kunjungi juga. Ngga cuma wisata. di Pantai Ngobaran anda bisa temukan perpaduan budaya yang menyatu disini.

Merapi Park

eivel
Menara eivel. Image via: www.travelisto.co.id/2018/06/merapi-park-world-landmarks/

Satu lagi tempat wisata unik di Jogja; Merapi Park. Merapi Park sering juga disebut sebagai The World Landmarks. Wajar aja sih, di tempat ini terdapat banyak sekali miniatur tempat-tempat terkenal di seluruh dunia. Menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Air Terjun Sri Gethuk

papan nama
papan nama. Image via: www.tripadvisor.co.uk/LocationPhotoDirectLink-g3597554-d10491630-i214265106-Sri_Gethuk_Waterfall-Wonosari_Yogyakarta_Region_Java.html

Air terjun Sri Gethuk terletak di wilayah Gunung kidul. Air terjun ini termasuk salah satu tujuan favorit wisatawan. Air terjunnya sendiri tidak begitu besar, tapi sudah cukup tertata.

Candi Sewu

candi sewu 1

Terletak tidak jauh dari kompleks candi Prambanan, Candi Sewu bisa sekalian anda kunjungi. Di Candi Sewu, anda bisa melihat kemegahan budaya masa lampau Indonesia, keindahan berbagai relief di dinding candi, dan lain sebagainya.

Pantai Wediombo

pantai wediombo

Pantai Wediombo terletak di perbatasan DIY Jogja dengan Jawa Tengah. Pantai ini cukup terkenal memiliki keindahan yang memukau. Anda bisa menikmati pasir putih, dan juga bermain air di beberapa kolam alami yang ada disini.

Taman Pintar

taman pintar jogja

Ingin mengunjungi tempat wisata edukasi di Jogja untuk anak? Datang saja ke Taman Pintar Yogyakarta. Di tempat ini, anda tidak hanya berwisata bersama keluarga, tapi juga bisa sekaligus menambah pengetahuan.

Pantai Jogan

sunset
Sunset di pantai jogan. Image via: www.instagram.com/riosmemories

Lokasi pantai Jogan tidak jauh dari pantai Nglambor dan pantai Siung. Jadi anda bisa sekalian mengunjungi ketiga pantai ini sekaligus. Pantai Jogan memiliki satu ciri khas yang beda dengan pantai di Gunung Kidul lainnya; terdapat air tejun di bibir pantai. Anda bisa menikmati keindahan seputar air terjun yang berada di pinggir pantai langsung.

Pantai Ngrenehan

pantai ngrenehan

Salah satu pantai di Jogja yang unik. Pantai Ngrenehan terbilang kecil, di apit oleh dua bukit karang yang cukup tinggi dan membentuk teluk yang indah.

Pantai Jungwok

pantai jungwok

Pantai Jungwok adalah salah satu pantai di Yogya yang terletak tidak jauh dari pantai Wediombo. Pantai ini memiliki paduan apsir pantai, batu karang, dan juga bentuk pantai dengan lengkungan yang indah.

Pantai Greweng

pantai greweng

Pantai Greweng dikenal dengan nuansa alam indah, dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau. Selain itu, pantai ini juga konon pernah menjadi tempat pertapaan presiden Soekarno dahulu. Entah benar atau tidaknya cerita ini, tapi cukup membawa warna tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Pantai Wohkudu

pantai wohkudu

Satu pagi pantai kecil dan cantik di Yogyakarta, pantai Wohkudu. Terletak di antara tebing karang, pantai kecil ini cukup sering menjadi tujuan camping di Jogja.

Pantai Sedahan

pantai sedahan

Awalnya, pantai Sedahan lebih sering jadi lokasi memancing. Tapi sekarang pantai Sedahan juga jadi alternatif favorit untuk wisata dan camping di Yogyakarta. Suasananya masih terbilang sepi jika dibandingkan dengan pantai lain.

Pantai Watu Kodok

pantai watu kodok

Pantai ini dikenal dengan nama pantai Watu Kodok dikarenakan adanya batu karang yang sepintas terlihat seperti kodok. Pantai cantik ini bisa anda jadikan alternatif untuk liburan ataupun camping.

Pantai Kesirat

pantai kesirat

Mencari alternatif menikmati sunset pantai di Jogja? bisa dicoba ke pantai Kesirat. Keunikan pantai ini adalah bentukan pantainya yang terdiri dari jajaran tebing yang menjulang tinggi. Cocok sekali untuk menikmati sunset yang indah.

Pantai Ngandong

pantai ngandong

Pantai Ngandong hanya dipisahkan oleh satu bukit dengan pantai Sundak. Selain keindahan alamnya, pantai ini juga menjadi salah satu pelabuhan nelayan yang cukup ramai.

Taman Pelangi Jogja

taman pelangi jogja

Ingin membawa si kecil bermain? bisa kunjungi Taman Pelangi Jogja saja. Di sini anak anda bisa bermain di berbagai wahana yang tersedia. Taman Pelangi cocoknya dikunjungi sore menjelang malam, karena memang daya tarik utamanya ada di hiasan lampu yang indah berwarna-warni.

The Lost World Castle

the lost world castle jogja

Nah, ini merupakan salah satu tempat wisata keluarga di Jogja yang cocok untuk anda kunjungi nih. The Lost World Castle menyediakan banyak spot berfoto dan wahana yang unik. Anak anda pasti suka.

Galaxy Waterpark

galaxy waterpark jogja

Ingin bermain air bersama keluarga? bisa kunjungi Galaxy Waterpark Jogja. Galaxy Waterpark berada dalam area yang cukup luas. Disini terdapat banyak wahana permainan air yang seru dan bisa dinikmati bersama keluarga.

Desa Wisata Pulesari

desa wisata pulesari

Desa Wisata Pulesari merupakan salah satu desa wisata di Jogja yang cukup menarik untuk dikunjungi. Berawal darui Ide kreatif masyarakat, banyak aktifitas yang bisa anda ikuti disini. Mulai dari trekking, outbond, dan lain sebagainya.

Desa Wisata Tembi

desa wisata Tembi

Satu lagi desa wisata di Yogya yang menarik dikunjungi; Desa Wisata Tembi. Berada di kawasan Bantul, di desa Tembi anda bisa menikmati keindahan khas pedesaan yang segar, hijaunya area pesawahan, dan budaya lokal yang masih kental terjaga. Selain itu, terdapat juga banyak aktifitas yang bisa anda ikuti. Misalnya saja wisata kuliner keliling desa, wisata bertani, membatik, dan lain sebagainya.

Wisata Kaliurang

wisata kaliurang jogja

Area Kaliurang berada di dataran tinggi tidak jauh dai pusat kota Jogja. Dengan udara yang dingin, berada di kaki gunung Merapi, dan keindahan khas pegunungan, wajar saja jika wisata Kaliurang jadi salah satu favorit di Yogyakarta.

Heha Sky View

heha sky view

Heha Sky View merupakan salah satu tempat makan yang lagi hits di Jogja saat ini. Ngga cuma sekedar tempat makan aja sih, area tempat ini di desain untuk memanjakan para pecinta foto. Banyak spot foto unik dan indah yang bisa dicoba di Heha Sky View.

Berada di dataran tinggi, Heha Sky View merupakan wisata Jogja malam hari yang jadi favorit traveler.

Taman Sungai Mudal

taman sungai mudal

Taman Sungai Mudal merupakan kawasan ekowisata di Jogja yang masih terbilang alami. Daya tariknya berupa aliran sungai dan air terjun yang berasal dari Mudal, mata air yang berasal dari Gua. Disini anda bisa hiking, berenang di kolam alami, dan aktifita outdoor lainnya.

Watu Payung Turunan

watu payung turunan

Mencari tempat keren untuk menikmati sunrise dan sunset di Jogja? ke Watu Payung Turunan saja. Geoforest Watu Payung Turunan merupakan area bukit wisata dengan pemandangan yang indah. Anda bisa menikmati sunrise dan sunset yang indah berhiaskan kabut disini. Ngga kalah dengan tempat lainnya yang sudah ngetrend di Jogja.

Pantai Sanglen

pantai sanglen

Pantai Sanglen ikut menambah pilihan tempat wisata di Jogya yang beragam banget. Pantai ini terbilang masih alami, ngga banyak warung dan fasilitas disini. Jika ingin camping, anda harus bawa perbekalan sendiri.

Pantai Congot

pantai congot

Nama pantai Congot cukup dikenal dikalangan pemancing mania. Pantai ini juga jadi salah satu pelabuhan nelayan, jadi untuk anda penyuka makanan laut yang masih segar, ngga ada salahnya berwisata alam dan kuliner disini.


Desa Wisata Jogja

Selain tempat-tempat liburan di atas, terdapat juga berbagai desa wisata di Jogja yang menarik pula untuk dikunjungi. Desa wisata Jogja biasanya menawarkan suasana dan keunikan yang khas, berbeda dengan destinasi wisata biasa.

Beberapa desa wisata di Jogja antara lain:

  1. Desa wisata Kasongan, terkenal dengan berbagai produk dan industri gerabah.
  2. Desa wisata Tembi, menawarkan suasana khas pedesaan di Jogja dengan ragam budayanya.
  3. Desa wisata Manding, pusat kerajinan kulit di Yogya yang sudah terkenal.
  4. Desa wisata Krebet, salah satu desa yang dikenal luas dengan kualitas pahatan kayunya.
  5. Desa wisata Ketingan, merupakan tempat pelestarian habitat burung blekok dan burung kuntul.
  6. Desa wisata Trumpon, sentra buah salak pondoh di Jogja.
  7. Desa wisata Sendari, sentra produksi berbagai kerajinan dan produk berbahan baku bambu.
  8. dan lain-lain.

Bioskop di Jogja

Jika anda ingin mengisi waktu dengan hiburan lainnya, bisa juga menonton film terbaru di berbagi biokop di Jogja. Beberapa bioskop yang bisa anda kunjungi antara lain:

  • Empire XXI
  • Cinemaxx Lippo Plaza
  • Ambarrukmo XXI
  • Jogja City XXI Cinema
  • The Premier Jogja City Mall
  • CGV Jwalk Mall

Tempat Menginap di Jogja

Sebagai tujuan wisata populer, banyak sekali pilihan tempat menginap di Jogja yang anda pilih. Anda bisa menginap di hotel dengan harga dan fasilitas beragam, penginapan, bahkan sewa kost harian.

Salah satu alternatif lainnya adalah dengan menginap di homestay. Ini cocok banget jika anda berlibur bersama keluarga atau rombongan, dan ingin hemat budget menginap. 

Mudah-mudahan rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta ini bisa berguna untuk anda. Selamat berlibur!