Ayam Tangkap, Sajian Menu Ayam Yang Menggugah Selera

Ayam Tangkap adalah masakan khas Aceh, yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas. Saat disajikan Ayam ini tampak unik, karena banyak Daun pandan yang ikut tergoreng dan disajikan di piring.

Sehingga saat mau makan, seakan harus mencari-cari ayam yang sembunyi diantara tumpukan daun pandan. Dedaunan ini selain sebagai daya tarik hidangan, sekaligus bisa dijadikan sebagai lalapan kering.

Jika masih dalam keadaan hangat, dedaunan ini bercita rasa kering seperti kerupuk. Sementara itu di beberapa tempat makanan ini disebut dengan ayam tsunami.

Ayam Tangkap disajikan dengan daun-daunan seperti daun temurui dan daun pandan yang dirajang kasar serta digoreng renyah. Mencicipi daun renyah mungkin akan terasa aneh, namun apabila dipadukan dengan ayam goreng, menghasilkan cita rasa yang khas dan nikmat.

Rasa yang khas itulah yang menjadi keistimewaan dari menu Ayam ini. Bagi yang baru pertama kali menikmati masakan Ayam Tangkap ini, biasanya akan merasakan sensasi rasa yang berbeda dengan masakan ayam lainnya.

Rasa daging ayam yang gurih dipadukan dengan daun temurui dan daun pandan yang renyah tentu memberikan cita rasa yang khas pada makanan tradisional satu ini.

Menikmati menu Ayam yang satu ini sangat cocok disajikan saat masih hangat dipadukan dengan nasi hangat juga. Wah sungguh nikmat sekali.

sajian menu ayam tangkap
sajian menu ayam tangkap. Google Maps. Sumber: grandis syahrulli

Simak juga: Uniknya Ayam Betutu Bali

Pembuatan Ayam Tangkap

Pembuatan ayam tangkap terbilang mudah. Sebelum dimasak, ayam diberi bumbu terlebih dahulu yakni bawang putih, lada, garam, kemiri dan jahe.

Setelah ayam dibumbui secara merata barulah ayam digoreng selama 5 sampai 10 menit. Kemudian jangan lupa masukan pula dedaunan yang akan disajikan bersama ayam sehingga rasa rempah dedaunan turut meresap ke dalam daging ayam.

Dedaunan yang dipakai tersebut diantaranya daun kari, potongan daun pandan, dan salam koja. Setelah itu, tinggal tunggu saja ayam hingga matang secara merata.

Setelah ayam matang, sajikan di piring bersamaan dengan dedaunan tadi dan jadilah ayam tangkap yang nikmat dan menggugah selera makan.

ayam tangkap
ayam tangkap. Google Maps. Sumber: Eugenia Mulian Lim

Sejarah Ayam Tangkap

Asal usul Ayam Tangkap ini masih belum bisa diketahui secara pasti. Namun menurut beberapa sumber, menu ayam ini merupakan jenis makanan yang sudah ada sejak dahulu.

Konon nama Ayam Tangkap ini diambil dari kebiasaan masyarakat Aceh saat memasak daging ayam. Yakni sebelum memasaknya, mereka harus menangkap ayam tersebut terlebih dahulu di pekarangan mereka.

Sehingga banyak yang menyebutnya Ayam Tangkap. Perlu diketahui juga, dari sekian banyak penjual menu Ayam Tangkap di Aceh, hampir semuanya menggunakan ayam kampung.

Hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan cita rasa dari menu Ayam Tangkap agar tetap otentik.

Rekomendasi Tempat Makan Ayam Tangkap

JIka kebetulan berkunjung ke Bumi Serambi Mekah, Aceh, pengunjung bisa menikmati menu Ayam Tangkap di beberapa tempat yang paling hits sebagai berikut:

1. Warung Nasi Hasan

warung nasi hasan
warung nasi hasan. Google Maps. Sumber: dhoni muhamad

Simak juga: Otentik rasa Sejarah, dalam Kerak telor Jakarta

Rumah Makan Hasan merupakan salah satu tempat makan ayam tangkap paling enak di Aceh. Kelezatan ayam tangkap yang dihidangkan di tempat ini bisa dibuktikan dari eksistensinya yang sudah ada sejak tahun 1989 silam.

Bahkan, Rumah Makan Hasan pun kini cukup populer dengan memiliki tiga cabang di Aceh. Hal ini  menunjukkan resep dari tempat makan ini sangat diterima oleh masyarakat.

Warung Nasi Hasan 2 berada di Jl. Mr. T. Muhammad Hasan, Batoh, Lampeuneurut, Gampong. Sedangkan Warung Nasi Hasan 3 beralamat di Jalan Profesor Ali Hasyimi, Pango Raya, Ulee Kareng, Banda Aceh yang buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai 9 malam.

warung nasi hasan 2
warung nasi hasan 2. Google Maps. Sumber: franklin abdullah

2. Rumah Makan Spesifik Aceh

Pemilik rumah makan ini merupakan orang asli Aceh sehingga membuatnya mampu menyuguhkan kuliner ayam tangkap paling enak di Aceh dan tentunya dengan rasa yang original.

Maka dari itu pada saat mampir ke Aceh, jangan lupa mampir ke tempat makan ini. Warung makan yang buka setiap hari ini hampir selalu ramai pengunjung.

Meski demikian jangan khawatir akan berdesak-desakan karena karena lokasi tempat makannya mampu menampung banyak orang.

Alamat rumah makan yang memiliki menu kuliner ayam tangkap luar biasa ini berada di Jalan Hasan Dek nomor 14-16, Banda Aceh.

3. RM. Aditya Jaya (Ayam Pramugari)

rm. aditya jaya
rm. aditya jaya. Google Maps. Sumber: Budiman Mahbub

Simak juga: Gudeg, warisan Kuliner Abad 15

Bila diperhatikan sekilas rumah makan ini banyak yang mengira jika pemiliknya adalah seorang pramugari. Namun ternyata nama tersebut didasari banyaknya pramugari yang membeli ayam tangkap di tempat ini, karena memang lokasinya yang berdekatan dengan bandara.

Selain itu nama ini pun cukup unik sehingga mampu membuat para pembeli penasaran untk mencicipinya. Namun, yang lebih penting selain namanya yang unik cita rasa dari ayam tangkapnya pun tak diragukan lagi kelezatannya.

Tak hanya itu saja, para pengunjung juga bisa mencoba menu lainnya yang ada di tempat ini yakni gulai ayam dan gulai kambing yang tak kalah lezat.

Kuliner ayam jenis ini paling enak di Aceh ini bisa dinikmati dengan mengunjungi rumah makan yang terletak di Jl. BlangBintang Lama, Bueng Bakjok, Kuta Baro, Aceh Besar.

Jam operasional dari RM. Aditya Jaya ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga pukul 18.00 sore.

4. Rumah Makan Ayam Tangkap Cut Dek

Rumah Makan Ayam Tangkap Cut Dek merupakan satu di antrara sekian banyak rumah makan yang menyajikan ayam tangkap paling enak di Aceh. Bahkan rumah makan yang berdiri sejak 1996 ini hampir selalu ramai pembeli.

Yang menjadi andalan rumah makan ini adalah bumbu rempah pilihan yang membuat rasa ayam goreng begitu khas serta penyajiannya yang selalu disajikan dalam kondisi masih hangat.

Bagi yang penasaran dengan citarasa ayam tangkap di sini cukup siapkan budget antara 50-100 ribu rupiah  saja. Rumah Makan Cut Dek berada di Jl. Lambaro, Banda Aceh dan buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai dengan 10 malam

5. Bu Sie Itek Bireuen Ustadz Heri

warung nasi bu si itek bireuen
warung nasi bu si itek bireuen. Google Maps. Sumber: grandis syahrulli

Rumah makan Bu Sie Itek Bireun merupakan salah satu rumah makan yang populer di kalangan para pelancong luar kota. ayam tangkap yang disajikan tempat ini begitu spesial karena dilengkapi dengan cabai hijau, daun temurui dan pandan.

Selain itu, rumah makan yang selalu ramai ini juga menyediakan menu menarik lainnya yakni gulai bebek. Bagi yang penasaran dengan ciata rasa ayam tangkap di tempat makan ini.

Langsung saja datang ke tempat Bu Sie Itek Bireun yang beralamat di Geuceu Kaye Jato, Kec. Banda Raya, Banda Aceh, di sebelah masjid Masjid Meukeutop yag terkenal itu.

Warung makan yang satu ini buka mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 21.00 malam.

6. Rumah Makan Lem Bakri

warung nasi kambing lem bakrie
warung nasi kambing lem bakrie. Google Maps. Sumber: Taqrim Ibadi

Rumah Makan Lem Bakri memiliki menu ayam tangkap paling enak di Aceh. Tak hanya itu saja rumah makan ini juga menyajikan kuliner khas Aceh lainnya seperti kari kambing atau yang lebih sering disebut kuah beulangong,

Tempat makan satu ini bisa Pengunjung kunjungi di Jalan Professor Ali Hasyimi, Lamteeh, Ulee Kareng, Banda Aceh. Beroperasi setiap hari mulai pukul 11.00 hingga pukul 15.00 sore.

7. RM. Millenium Ujong Batee

Simak juga: Lokasi kuliner instagramable di Medan

Rumah Makan Ujong Batee merupakan salah satu tempat yang pas untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Para pengunjung dapat menikmati hidangan ayam tangkap yang lezat dengan harga yang cukup terjangkau.

Rumah makam ini berlokasi di Jalan Teuku Muhamad Hasan, Kuta Alam, Banda Aceh. Dan buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai dengan 5 sore.

Jadi, bagi yang penasaran akan rasanya sebaiknya bergegas memesan karena kalau tidak, bisa bisa kamu kehabisan!

8. Rumah Makan Rayeuk

Cita rasa ayam tangkap di Aceh memang telah terkenal bahkan sampai almarhum Bondan Winarno pun pernah mengunjungi rumah makan yang satu ini. Soal harganya pun, ayam tangkap di sini sangat bersahabat.

Datang saja ke Rumah Makan Rayeuk yang buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai 10 malam untuk menikmati ayam tangkap paling enak di Aceh.

Rumah Makan Aceh Rayeuk berlokasi di Jalan Leung Bata, Banda Aceh.

9. RM. Delima Baru

ayam tangkap rm. delima baru
ayam tangkap rm. delima baru. Google Maps. Sumber: Satria Negara D

Simak juga: Lokasi kuliner populer di Malang

Rumah makan ini berada di Jalan Banda Aceh-Medan. Menu andalan yang dimiliki tentunya adalah ayam tangkap yang memiliki citarasa yang mantap.

Selain itu, rumah makan Delima Baru juga menyediakan menu khas Aceh lainnya yakni daging goreng yang terkenal gurih dan renyah.

Penutup

Itulah sembilan daftar rumah makan ayam tangkap yang memiliki cita rasa paling enak di Aceh. Kami harap ulasan tersebut bisa bermanfaat sebagi referensi saat berkunjung ke bumi serambi Mekah.


Tinggalkan komentar