Ayanaz Gedongsongo, Tampil Menawan Dengan 35 Spot Foto Kekinian

Ayanaz Gedongsongo memberikan warna berbeda kepada kompleks Candi Gedongsongo. Selain menikmati wisata Sejarah dan pemandangan pegunungan dan hijaunya pepohonan di lereng Gunung Ungaran, Ayanaz memberikan warna “masa kini” pada area “masa Lalu” ini.

Ayanaz Gedongsongo memberikan warna berbeda kepada kompleks Candi Gedongsongo. Selain menikmati wisata Sejarah dan pemandangan pegunungan dan hijaunya pepohonan di lereng Gunung Ungaran, Ayanaz memberikan warna “masa kini” pada area “masa Lalu” ini.
Ayanaz Gedongsongo. Image via: wisatabagus.com

Ayanaz Gedongsongo terletak di dataran tinggi yang penuh hamparan rerumputan hijau. Rerumputan hijau itu nampak Instagramable dengan berbagai ornamen. Mulai dari balon udara warna-warni, ruang gelembung, kursi-kursi elegan, hingga tempat nongkrong yang sayang untuk dilewatkan.

Setidaknya terdapat sekitar 35 spot foto yang bisa dikunjungi oleh pengunjung. Para pengunjung bebas berfoto dimana pun, namun untuk sebagian spot ada yang dikenakan biaya tambahan seperti balon udara dan bubble tent. Selain menghadirkan spot-spot unik untuk berfoto di Ayanaz Gedongsongo, pengunjung juga dapat menikmati keindahan pegunungan yang hijau.

Tak hanya menyuguhkan spot foto kekinian dan Instagramable, Ayanaz Gedongsongo ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah sekali.

Pemandangan indah. Image via: travelspromo.comSimak juga: 10 Spot wisata di Area Bandungan

Lokasi Ayanaz Gedongsongo

Ayanaz Gedongsongo itu berada di Candi Gedongsongo, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Dari pusat kota Semarang, Ayanaz Gedongsongo dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 45 menit.

Rute Ayanaz Gedongsongo

Lokasi Ayanaz Gedong Songo berada di kawasan Candi Gedong Songo. Jadi untuk menuju ke lokasi Ayanaz Gedong Songo sama seperti jika hendak ke Candi Gedong Songo.

Jika datang dari arah Grobogan, maka rute perjalanannya adalah Godong – Gubug, Kedungjati – Tuntang – Bawen – Bandungan – Gedongsongo.

Jika datang dari Salatiga, Boyolali dan Solo, maka ikuti jalur dari jalan raya Semarang – Solo hingga menemukan papan arah menuju Bendungan.

Jika dari Jakarta dan Pekalongan, maka bisa melalui jalan pertigaan Kaliwungu Kendal – Sumowono – pertigaan lampu merah Boja Kendal ambil kiri – perempatan sebelum jembatan ambil kanan – Sumowono – Pasar Sumowono – hingga ada pertigaan lurus saja sampai ke POM bensin Palibapang maka ikuti petunjuk di atas.

kubah kubah setengah bola berbahan bening, memebrikan kesan futuristik pada spot foto di Ayanaz Gedongsongo
Kubah bening. Image via: dowes29.com

Jam Buka Ayanaz Gedongsongo

Ayanaz Gedogsongo Semarang nuka setiap hari. Pengunjung yang tertarik ingin berfoto-foto di sini, bisa mengunjunginya mulai pukul 08.00 hingga 16.00.

Adapun waktu terbaik untuk mengunjungi Ayanaz Gedongsongo adalah pukul 08.00 dan 15.00 agar mendapatkan jepretan langit cerah atau senja.

Tiket Ayanaz Gedongsongo

Untuk tiket masuk ke area Ayanaz Gedongsongo bervariasi sesuai usia. Pengunjung dewasa dikenai harga Rp.25.000, sedangkan anak-anak di bawah 2 tahun membayar Rp 10.000. Harga tiket masuk di hari libur nasional senilai Rp 25.000.

Namun, karena Ayanaz Gedongsongo ini berada di dalam kawasan kompleks Candi Gedongsongo, maka pengunjung terlebih dahulu harus membeli tiket masuk ke kawasan Candi Gedongsongo. TIketnya seharga Rp 10.000.

Tiduran di tengah padang rumput berlindung kubah kaca di Ayanaz Gedongsongo
Bobok-bobokan. Image via: wisata.mbatang.com

Simak juga: Sengkaling Waterpark, melegenda sejak 1950

Fasilitas Ayanaz Gedongsongo

Dari segi fasilitas, Ayanaz Gedong Songo Bandungan Semarang sudah memiliki fasilitas yang memadahi. Diantaranya area parkir yang luas, mushola, toilet dan kamar mandi. Bahkan terdapat juga gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai.

Apabila lapar, disini terdapat banyak warung makan. Bahkan di warung makan di sekitar lokasi, pengunjung bisa menemukan makanan khas Semarang.

Daya Tarik Wahana Ayanaz Gedongsongo

  1. Ruang Santai Tengah Kolam

Salah satu fasilitas yang disediakan oleh pengelola Ayanaz Gedong Songo adalah ruang santai tengah kolam. Pengunjung akan ditemani suara gemerincik air sambil menikamti keindahan pemandangan pegunungan di tengah-tengah sofa.

pihak pengelola dari Ayanaz Gedong Songo juga menyediakan Ruang Santai Tengah Kolam

Ruang Santai Tengah Kolam. Image via: jetranirezadias.com

  1. Bantal – bantal

Terdapat bantal-bantal empuk bergambarkan karakter kartun disney yang berada didalam kurungan raksasa putih dengan alas karpet hijau.

  1. Bubble tent

Selanjutnya ada tenda gelembung atau bubble tent. Pengunjung dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 5.000 untuk dapat berswafoto didalamnya. Didalamnya terdapat berbagai boneka lucu hingga bantal warna warni yang membuat spot ini sanagt menarik.

  1. Balon Udara

Dengan menaiki balon udara ini pengunjung dapat menikmati pemandangan indah nan hijau ala hutan dan pegunungan.

Selain untuk berfoto, Anda akan disuguhi pemandangan indah dari hamparan hijau hutan dan juga pegunungan.
Balon Gas. Image via: idnjurnal.com

Simak juga: Belajar Bertani dengan gembira di Kebun Wisata Pasir Mukti

  1. Tempat duduk unik

Di kawasan widata ini juga terdapat tempat duduk unik. Pengunjung dapat berfoto disini dengan latar belakang pemandangan indah dari pegunungan hijau.

  1. Bunga – Bunga

Kawasan wisata ini juga dilengkapai dengan bunga-bunga yang cantik. Pengunjung dapat berfoto-foto di tempat duduk yang menghadap ke pegunungan nan hijau.

  1. Kursi Santai

Kursi santai ini memiliki bentuk yang sangat unik, bila pengunjung berfoto disini tentunya hasilnya akan unik juga. Selain keunikannya pemandangan yang hijau juga akan semakin membuat pengunjung betah untuk berlama-lama disini.

Bentuknya yang unik, instagenic dan warnanya membuat mata segar. Ditambah dengan pemandangan alam serta udara sejuk dari pegunungan, mampu menghipnotis untuk betah berlama – lama di Ayanaz Gedongsongo.

Santai. Image via: dakatour.com

  1. Hammock

Di sini pengelola juga menyediakan hammock yang ditempatkan diatas kolam. Hammock ini dapat digunakan pengunjung untuk bersantai sambil selfie. 

  1. Lukisan Instagenic

Satu hal penting yang janagn sampai terlwatkean adalah berfoto di lukisan-lukisan bernuansa   tropis. Hasil jepretan denagn latar belakang warna-warni seperti ini sangatlah sempurna untuk diunggah ke sosial media.

Tips Wisata Ayanaz Gedongsongo

  • Datanglah ketika pagi hari, sebab suasananya masih sangat asri. Dan ketika di sore hari, biasanya kawasan ini akan diselimuti oleh kabut.
  • Pastikan kendaraan yang Kamu gunakan normal ya. Sebab meski jalannya aspal halus, jalanya cukup berkelok-kelok.
  • Disarankan menggunakan kendaraan pribadi terutama sepeda motor. Karena jalannya sempit.
Foto yang dengan latar belakang berwarna – warni ini akan menambah kecantikan hasil potret Anda ketika di unggah ke media sosial
Lukisan instagenic. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: Wisata Edukasi di Cinangneng

Objek Wisata Dekat Ayanaz Gedongsongo

Lokasi wisata yang paling dekat dengan Ayanaz, tentu saja adalah Candi Gedong Songo. Candi ini menjadi begitu istimewa karena, memiliki 9 kompleks candi yang berada di satu kawasan. Di kawasan ini pula ada sebuah pemandian air hangat yang mengandung belerang yang bisa pengunjung manfaatkan.

Masih di kawasan Bandungan, terdapat objek wisata Air terjun 7 bidadari. Air terjun yang terbentuk secara alami ini memiliki tiga tingkatan dengan tujuh curug dan tujuh kolam.

Secara keseluruhan bisa disimpulkan, Ayanaz Gedongsongo adalah sebuah kawasan wisata ideal untuk berburu foto instagramable. Pastikan untuk membawa kamera agar tidak kecewa dengan berbagai titik spot menarik yang tersedia untuk mengambil foto dan gambar.

Jadi, kapan mau kesini?

Baca juga:

Leave a Comment