Banyu Panas Palimanan, Berendam di Air Berkhasiat Obat

Banyu Panas Palimanan di Cirebon mempunyai kekhasan sendiri, yakni sumber mata air yang berpindah-pindah.


Telaga biru Banyu Panas Palimanan. sumber utama air panas dari hasil pengeboran PT indocement
Banyu Panas Palimanan. Image via: aboutcirebon.id

Selain mempunyai ciri khas mata air yang berpindah-pindah, Tempat Wisata Banyu Panas Palimanan ini dipercaya bisa mengobati berbagai jenis penyakit, khususnya yang berhubungan dengan kulit dan tulang.  Hal ini karena air di kolam ini memiliki kandungan zat belerang yang cukup tinggi.

Sebagian penyakit yang dipercaya bisa sembuh di tempat ini yaitu penyakit kulit, rematik, jerawat, perawatan pasca keseleo, dan bahkan ketombe. Sebagian pengunjung yang pernah datang dengan tujuan kesehatan, memberikan kesaksian jika tempat ini memang berpengaruh baik pada kondisi peyakit mereka.

Tempat Wisata yang di bangun di atas tanah seluas 4 hektare ini mempunyai sebagian sarana. Selain  kolam berendam yang memiliki ukuran 10x15m, tempat ini dapat mempunyai tempat basuh serta kamar mandi yang komplit. Juga terdapat  joging track serta gazebo dengan design taman yang indah.

Kolam air panas. uang air mengepul dari kolam di banyu panas palimanan efek dari suhu air yang 60 celcius
Kolam air panas. Image via: ini Aku

Simak juga: Berbagai tempat wisata di Cirebon.

Sejarah Bayu Panas Palimanan

Sejarah terbentuknya pemandian air panas banyu panas Palimanan adalah sebuah kisah yang unik. Kisah yang diwarnai dengan kebetulan. Umumnya pemandian air panas lain dibangun di tempat mata air panas alami, yang sudah ada sejak ribuan tahun akibat proses geologi. Namun hal berbeda di banyu panas Palimanan. Mata air panas di sini timbul bukan alami, tapi akibat dibuat manusia.

Air panas ini dihasilkan akibat dari pengeboran yang dilakukan oleh PT Indocement di tahun 2008. Saat itu Indocement melakukan pengeboran untuk mendapatkan air air bersih. Selesai proses pengeboran yang dihasilkan justru mata air panas yang bersuhu 60 derajat Celcius dan juga airnya berwarna biru. Warna biru inilah asal dari nama telaga biru pada mata air ini.

Semburan air panas di banyu panas palimanan
Semburan air panas. Image via: bukuwisata.com

Sumber air panas ini tentu tidak bisa dimanfaatkan sebagai sumber air bersih. Saat tidak bisa dimanfaatkan sebagai sumber air bersih, PT Indocement menyadari potensi yang dimiliki oleh mata air baru ini. Kemudian Indocement memutuskan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Cirebon untuk mengelola mata air baru ini menjadi tempat pariwisata Pemandian air Panas.

Lokasi Banyu Panas Palimanan

Lokasi Obyek Wisata Banyu Panas Palimanan di Cirebon Jawa Barat terletak di desa palimanan, Kecamatan cirebon, Kabupaten cirebon, Provinsi jawa barat.

Rute Menuju Banyu Panas Palimanan

Saat akan berkunjung ke Banyu Panas Palimanan pengunjung dapat menggunakan transportasi umum seperti menggunakan kereta api, mobil bus.

Wisata banyu panas palimanan berada pada jarak 29 km dari kota Cirebon. Bagi pengguna mobil pribadi, Jalur paling mudah untuk mencapai banyu panas adalah melalui jalan tol Kanci Palimanan.

anak kecilpun bsia menikmati kesegarana ir hangat di kolam berendam banyu panas palimanan
Menikmati kehangatan. Image via: ophiziadah.com

Simak juga: Gua Sunyaragi.

Dari Kota Cirebon perjalanan diawali di Jalan Kesambi sampai mencapai perempatan Brigjen Darsono. Ambil arah lurus ke arah jalan Kraksan. Lanjutkan perjalanan hingga melewati bandara Cakrabuana dan masuk ke masuk ke jalan tol Kanci Palimanan.

Ambil arah kanan di jalan tol. Keluar di exit Jalan Setiabudi. Lanjutkan perjalanan hingga sampai di pertigaan Jalan Raya Cirebon Bandung, ambil arah kanan hingga menemukan pertigaan menuju arah PT Indocement. Ikuti jalan itu tidak lebih dari 2 Km kemudian pengunjung sampai di kawasan wisata

Jam Buka Banyu Panas Palimanan

Objek wisata pemandian air panas Banyu Panas Palimanan buka pada jam 06.00-18.00

Tiket Banyu Panas Palimanan

Untuk masuk tempat Wisata Banyu Panas Palimanan ini tidaklah mahal, cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,-/orang dan biaya tambahan bagi pengunjung yang ingin berendam Rp 6.000,-/orang.

pengambilan foto yang cantik di titian batu sungai air panas banyu panas palimanan
Mirror. Image via:  Rahmat Aji

Fasilitas Banyu Panas Palimanan

Fasilitas yang terdapat di tempat wisata ini sudah cukup memadai. Seperti terdapat ruang parkir kendaraan, mushola, toilet, ruang P3K, dan taman bermain anak.

Selain itu Banyu Panas Palimanan ini menyediakan tempat penginapan khusus bagi para pengunjung yang ingin menginap dan harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

Daya Tarik Banyu Panas Palimanan

Melihat tingginya angka kunjungan wisatawan ke lokasi ini, tentu ada daya tarik tinggi yang membuat hal itu. Mungkin jawaban atas hal itu adalah Keindahan lokasi banyu panas palimanan ini.

  1. Keindahan lokasi

Keindahan wisata memang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, terutama wisata alam. Wisata alam dapat membuat pengunjung merasakan keindahan alam yang luar biasa. Demikian juga dengan lokasi wisata banyu panas palimanan yang terletak di gempol, palimanan kabupaten cirebon.

Sungai air biru, buangan dari sumber  banyu panas palimanan
Sungai air biru. Image via: Murita Aizen

Di sini pengunjung dapat menikmati udara yang sejuk. Karena objek wisata ini dikelilingi oleh pepohonan yang lebat. Wisata ini terbilang cukup unik. Para wisatawan dapat melihat air panas yang disemburkan dari dalam tanah ke permukaan. Semburan air panas ini bsia mencapai 3 meter.

  1. Lokasi di dataran rendah

Keunikan lain dari lokasi wisata Banyu Panas Palimanan adalah tempat wisata ini terletak di kaki gunung kromong. Ini berbeda dengan pemandiana ir panas lain yang baisnaya berada di dataran tinggi. Keberadaan di dataran rendah membuat lokasi ini lebih mudah dicapai. Tentu saja hal ini menambah daya tarik lokasi wisata ini.

  1. Efek Penyembuhan

Air panas banyu panas palimanan memiliki kandungan belerang cukup tinggi. Itu terdeteksi dari warna dan bau air di lokasi ini. Kondisi ini membuat banyak orang beranggapan bahwa air mandi dan berendam di lokasi ini bisa sebagai pengobatan. Atau minimal mengurangi rasa sakit akibat serangan gatal-gatal dan beberapa penyakit lain.

mengambil foto di loaksi spot indah di pemandian banyu panas palimanan
Numpang jemur gigi. Image via: nyero.id

Simak juga: keindahan Situ Patenggang.

Selain penyakit yang berhubungan dengan kulit, warga juga meyakini air ini berefek pada pegal pegal.

Ada pengunjung yang mengaku sengaja mengajak keluarga, tujuannya ingin mandi di tempat air panas tersebut. Sesuai dengan keyakinannya, air mengandung belerang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Ada beberapa pengunjung yang datang hampir setiap minggu ke sini. Mereka menceritakan setelah berendam di air panas banyu panas palimanan, badan menjadi lebih ringan, pegal-pegal hilang dan juga gatal-gatal.

  1. Kebersihan lingkungan

Dalam suatu tempat wisata kebersihan juga merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh pada ketertarikan pengunjung pada objek itu. Karena jika tempat bersih, pengunjung akan merasa nyaman berkunjung di sana. Kebersihan di objek wisata banyu panas ini sangat terjaga dan terawat, tidak ada sampah berserakan, toilet pun bersih dan harum.

kolam dan lingkungan banyu panas palimanan selalu terjaga kondisinya yang bersih
Kolam yang bersih. Image via: ihategreenjello.com

Selain keindahan dan kebersihan. Para pengunjung dapat menikmati taman rekreasi untuk beristirahat, atau merendam kaki ke dalam air sungai agar kaki menjadi relaks.

  1. Lokasi berfoto

Sesuai dengan zaman dimana setiap tempat wisata wajib terlihat cantik di foto, lokasi ini memenuhi syarat untuk hal itu. Tempat wisata ini juga memiliki beberapa spot foto yang bagus. Pengujung memanfaatkan keindahan lokasi banyu panas palimanan tersebut untuk wisata selfie.

Beberapa spot yang sering dipakai spot foto adalah, sekitar kolam lingkar banyu biru, sekitar kolam semburan air panas, dan titian batu di sungai air panas.

berpose mengambil gambar kenangan di telaga biru banyu panas palimanan
Berpose. Image via: toyacirebononline.com

Simak juga: Curug Bidadari Bogor.

Objek Wisata Dekat Banyu Panas Palimanan

Bagi pengunjung yang sangat menyukai wisata bermain air, tidak usah khawatir kehabisan objek ketika berwisata di banyu panas palimanan ini, Ada banyak lokasi main air yang berlokasi tidak terlalu jauh dari pemandian air panas ini.

Satu yang masih di wilayah Cirebon adalah Situ sedong. Situ indah ini berjarak  37 km. Dengan latar pemandangan gunung ciremay, situ sedong pantas untuk dimasukkan dalam daftar lokasi wisata air.

DI luar kabupaten Cirebon, tepatnya Kuningan ada Telaga remis. Walau beda kabupaten, justru lokasi ini lebih dekat dari pada situ sedong. Jarak ke telaga remis dari banyu panas hanya  13 km saja. Air telaga yang bening sangat sesuai untuk lokasi berburu foto-foto indah.

Masih di wilayah kuningan, terdapat Telaga nilam. Lokasi ini juga hanya berjarak  12 km dari banyu panas palimanan. Di telaga ini pengunjung bisa berenang merasakan kesejukan air di kedalaman berbeda. Meski dasar telaga dipenuhi bebatuan serta kerikil, tapi hal tersebut nggak akan mengganggu kenikmatan ketika berenang.

Itulah beberapa informasi soal pemandian banyu panas palimanan yang bisa kami bagikan. Karena itu segera rencanakan untuk menghabiskan waktu liburan di Cirebon. Apalagi Cirebon bukan hanya pemandian ini saja, ada banyak lagi ojek lain yang bisa dikunjungi di Cirebon.

 

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment