Batang Dolphin Center, Lokasi Meet and Greet Murah Dengan Lumba-Lumba

Batang Dolphin Center merupakan lokasi wisata sekaligus tempat penangkaran serta konvervasi berbagai binatang. Jika dilihat dari namanya tentunya akan tersirat jika objek wisata ini mempunyai lumba-lumba di dalamnya. Namun meskipun namanya Dolphin namun ternyata binatang lainnya dapat pengunjung saksikan di lokasi ini.

Batang Dolphin Center tidak hanya menjadi tempat wisata, tapi juga penangkaran dan konservasi. Tidak hanya lumba-lumba, binatang lain pun juga ditangkarkan di sini. Seperti Llama, gnu, emmu, serta satwa langka lainnya.
Batang Dolphin Center. Image via: wartakota.tribunnews.com

Objek wisata ini menyediakan pertunjukan atraksi satwa. Pengunjung dapat menikmati pertunjukan tersebut tanpa dipungut biaya lagi. Pertunjukan lumba-lumba menjadi daya tarik utama. Pengunjung akan menyaksikan lumba-lumba unjuk ketangkasan.

Selama pertunjukan, pengunjung bisa beriteraksi dengan lumba-lumba yang ada sekaligus berfoto ria bersamanya. Tak hanya itu, di setiap sesinya pengunjung juga akan mendapatkan informasi mengenai satwa ini langsung dari pemandu.

Dengan luas area mencapai 15 hektar lokasi ini setidaknya menampung sekitar 42 ekor satwa mulai dari unggas reptil hingga mamalia. Dari sekian banyak hewan yang ada pengunjung bisa melihat beberapa hewan yang cukup familiar diantaranya gajah, beruang madu, macan tutul dan lainnya.

Meskipun menangkarkan banyak hewan, namun Batang Dolphin Center tidak seluas Taman Safari. Objek wisata ini hanya berdiri di atas lahan seluas 15 hektar. Dimana terdapat kurang lebih 42 ekor hewan, baik jenis unggas, reptil, serta mamalia.
Gajah. Image via: Image via: jateng.tribunnews.com

Simak juga: Pasir Putih Pantai Wates Rembang

Lokasi Batang Dolphin Center

Lokasi Batang Dolphin Center terletak di dalam kawasan Pantai Sigandu di Desa Sidomulyo, Kelurahan Klidang Lor, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Lokasi wisata ini berjarak kurang lebih 1 jam berkendara dari kota Semarang.

Rute Menuju Batang Dolphin Center

Bagi pengunjung yang datang dari arah barat yakni Pemalang, Tegal dan lainnya bisa mengambil titik keberangkatan dari trafic light alun-alun Batang kemudian belok kiri. Setelah itu pengunjung tinggal mengikuti jalan mengikuti papan penunjuk arah yang tersedia hingga menuju ke lokasi Dolphin Center.

Sedangkan bagi Bagi pengunjung yang datang dari arah timur yakni Senarang, Kendal dan lainnya bisa mengambil titik keberangkatan dari Gerbang selamat datang Kota Batang kemudian belok kanan hingga menemukan traficc light. Setelah itu, arahkan kendaraan ke kanan lalu ikti jalan hingga sampai ke lokasi Dolphin Center.

Setelah melewati pos penjagaan, di kiri dan kanan jalan terdapat banyak restoran masakan laut. Lurus saja dan sampai pertigaan belok kanan.
Gerbang masuk. Image via: marketplus.co.id

Jam Buka Batang Dolphin Center

Lokasi wisata menarik ini buka setiap hari sepanjang minggu. LOaksi di uka pada pagi hari ja 09.00 dan tutup sore hari pada jam 17.00.

memebri makan binatang jikak, merupakans alah satu atraksi yang disukai di Batang Dolphin center
Kenalan dengan Zebra. Image via: republika.co.id

Simak juga: Oase Pantura di Tirto Arum Kendal

Tiket Batang Dolphin Center

Untuk masuk ke dalam objek wisata Batang Dolphin Center, pengunjung diwajibkan membeli tiket masuk sebesar rp 40.000 per orang. Dan juga untuk yang membawa kendaraan bermotor, ada pungutan parkir. Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 3.000 untuk sepeda Motor.

Fasilitas Batang Dolphin Center

Fasilitas yang terdapat di objek wisata Batang Dolphin Center sudah tersedia dengan cukup lengkap. Begitu masuk ke area wisata ini pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di area parkir yang cukup luas. Kemudian fasilitas lainnya seperti musolla, toilet serta gazebo tersedia dengan kondisi yang nyaman.

Tak hanya itu, di Dolphin Center pun sudah tersedia pujasera yang menyajikan berbagai pilihan makanan dengan harga yang terjangkau. Di area sekitar tempat makan ini pun tersedia wahana permain anak-anak serta gazebo untuk duduk-duduk santai.

Daya Tarik Batang Dolphin Center

  1. Atraksi Lumba-Lumba di Batang Dolphin Center

pertunjukan lumba merupakan atraksi unggulan di Batang dolphin center
Panggung Atraksi lumba-Lumba. Image via: clickcomp4more

Sudah menjadi rahasia umum jika atraksi lumba-lumba lah yang menjadi alasan utama para wisatawan berkunjung ke Batang Dolphin Center. Atraksi ini bisa pengunjung saksikan setiap harinya mulai pukul 13,00. Selain itu, sambil menonton, pengunjung akan disuguhi aneka pengetahuan tentang lumba-lumba.

Usai pertunjukan, pengunjung, khususnya anak-anak, dapat menyentuh dan mengelus lumba-lumba. Sedangkan untuk meet and great , pengunjung harus membayar biaya terpisah. Harga awal yang disebutkan petugas adalah Rp 25.000 untuk setiap pengunjung.

Usai berfoto, pengunjung akan diberi kartu cokelat untuk mengambil hasil foto di toko cenderamata. Toko itu letaknya di bawah tempat atraksi lumba-lumba ini. Foto yang diberikan dilengkapi dengan pigura cantik.

Selain berfoto, kabarnya Batang Dolphin Center juga menyediakan kesempatan untuk berenang bersama lumba-lumba. Ini bukan paket rekreasi, tapi semacam terapi psikologis bagi anak anak dengan sydrom Autis. Tarif kegiatan ini Rp 250.000 per 30 menit.

berfoto dengan lumba lumba menjadi kesempatanlangka yang bsia diperolehs aat mengunjungi batang dolphin center
Foto degan lumba lumba. Image via: qupas.id

Simak juga: Konservasi berbuah keindahan di Mangrove Brebes

Di sisi lain pada saat memasuki area akan Dolphin Center pengunjung akan mendapati Palka Reptil Aquarium yang terdapat disebalah kanan. Pada area ini pengunjung bisa mngenal lebih dengat aneka jenis ikan serta reptil. Kemudian bila maju lebih jauh pengunjung bisa melihat kolam penyu sisik yang bentuknya memanjang.

  1. Mini Safari di Batang Dolphin Center

banteng afrika merupakans alah satu hewan tropis koleksi batang dolphin center
Banteng Afrika. Image via: murniiasih

Selain lumba-lumba, Batang Dolphin Center juga merupakan penangkaran bagi hewan lainnya. Terdapat kurang lebih 42 ekor hewan, baik jenis unggas, reptil, serta mamalia. Ada Llama (sejenis unta asal Amerika), Gnu (sejenis banteng), Emu (sejenis burung unta) dan satwa langka lainnya.

Hewan–hewan ini kebanyakan endemik di Indonesia dan Afrika yang tahan dengan iklim panas. Berhubung lingkungan Batang Dolphin Center yang bersuhu tinggi, yaitu di atas 30 derajat Celcius. Disediakan papan keterangan di setiap kandang tentang hewan yang ada di dalamnya.

Serunya lagi, pengunjung juga dapat memberi makan beberapa hewan jinak di sini dengan membayar biaya makanan untuk hewan ini sebesar Rp 5.000.

Ada juga kegiatan menunggang hewan. Pengunjung dewasa bisa menunggang Gajah dan unta. Sedangkan kuda hanya boleh ditunggangi oleh anak–anak. Hal itu karena kuda di sini jenis poni dan kuda Madura.

Pengunjungdapat merasakan sensasi menunggang unta dan berjalan-jalan di pinggir pantai. Tarif naik hewan di Batang Dolphin Center adalah: Gajah Rp 25.000, Unta Rp 20.000, dan Kuda Rp 10.000

  1. Atraksi Satwa

selain atraksi lumba-lumba, batang dolphin center juga punya Atraksi ANjing
Atraksi Anjing. Image via: viawisata

Simak juga: Mutiara di ujung timur Bali, Karangasem

Siapa sangka jika ternyata Batang Dolphin Center tidak hanya menghadirkan atraksi lumba-lumba saja, Kawasan wisata ini juga menampilkan atrasi dari satwa lainnya semacam burung, anjing dan lainnya. Pertunjukan satwa-satwa ini bisa pengunjung saksikan mulai pukul 11,00 setiap harinya.

Kemudian, ada juga pertunjukan hewan pemangsa yang bisa disaksikan pengunjung mulai dari pukul 14.00 setiap harinya. Dan hebatnya lagi untuk bisa menyaksikan semua atraksi tersebut pengunjung tidak dikenakan biaya tambahan lagi.

Terlebih di setiap sela-sela pertunjukan, pemandu akan memberikan informasi mengenai satwa-satwa yang sedang tampil tersebut sehingga dapat menambah wawasan pengunjung.

naik unta menyusuri pantai di batang dolphin center sungguh pnglaman yang patut dicoba
Naik Unta di Pantai. Image via: @batangdolphinscenter

Simak juga: Kintamani, Pesona dataran tinggi Bali

Objek Wisata Dekat Batang Dolphin Center

Tempat wisata lain yang dekat dengan Batang Dolphin Center adalah Pantai Sigandu. Hal yang membuat para wisatawan berdatangan ke lokasi pantai ini adalah panorama hamparan pasir putih yang memukau serta Fenomena sunrisenya yang memberikan kehangatan.

Selanjutnya, ada pantai yang identik dengan pepohonan cemaranya yaitu Pantai Cemoro Sewu. Pada saat berkunjung ke pantai ini pengunjung akan mendapati bayak sekali pohon cemara yang dulunya sengaja ditanam untuk mencegah abrasi.

Kini pepohonan tersebut menjadi daya tarik utama pantai ini yang memberikan susana sejuk kepada pengunjungnya. Selain itu di area pantai ini pengunjung bisa berkemah serta bermain outbond. Kemudian pengunjung juga bisa memancing di area karang maheso yang terkenal.

Batang Dolphin Center bisa menjadi alternatif tujuan wisata di akhir pekan bersama keluarga karena mudah untuk diakses.  Lokasi yang strategis juga berdekatan dengan destinasi wisata lainnya sehingga bisa sekalian mengunjungi.

Baca juga:

Leave a Comment