Batang Dolphin Center, Mengunjungi Taman Safari 4

Lumba-lumba terkenal sebagai hewan mamalia yang cerdas, ternyata bukan hanya itu saja yang menjadi kelebihan dari hewan yang menggemaskan ini.

Ternyata banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba, misalnya saja pada pembuatan baju renang. Inspirasi itu datang dari kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga dapat berenang dengan sedikit hambatan.

Selain itu setiap ada acara pertunjukkan lumba-lumba pasti selalu dipenuhi oleh pengunjung. Karena mamalia yang satu ini memang selalu menyenangkan untuk dilihat.

Terdapat sebuah wahana pertunjukkan lumba-lumba yang bernama Batang Dolphin Center, yang terletak di Desa Sidomulyo, Batang. Bukan hanya sebagai lokasi pertunjukkan saja, tempat wisata ini juga digunakan sebagai tempat penangkaran serta konservasi binatang lainnya.

Ya, disini kamu dapat menyaksikan berbagai hewan lainnya seperti gajah, beruang madu, macan tutul, dan lain sebagainya.

Batang Dolphin Center disebut juga Taman Safari Indonesia 4 selain beberapa taman safari yang ada. Selain itu, objek wisata yang satu ini bekerja sama dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam, dan ditetapkan sebagai tempat penangkaran lumba-lumba.

burung cantik penghuni batang dolphin center
burung cantik penghuni batang dolphin center. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Pasir Putih Pantai Wates Rembang

Berikut ulasan lengkap mengenai Batang Dolphin Center:

Lokasi Batang Dolphin Center

Lokasi Batang Dolphin Center berada di kawasan Pantai Sigandu tepatnya di Desa Sidumulyo, Kelurahan Klidang Lor, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

berfoto bersama lumba lumba
berfoto bersama lumba lumba. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Rute Menuju Batang Dolphin Center

Rute menuju Batang Dolphin Center jika dari Kota Semarang akan memerlukan waktu sekitar 1 jam lamanya, dengan menuu Batang kemudian belok kanan hingga berada di lampu merah Alun-Alun Batang. Untuk selanjutnya mengambil jalan ke sebelah kanan terus lurus hingga tiba di lokasi Dolphin Center.

Sedangkan untuk kamu yang berangkat dari Pemalang, ketika berada di lampu merah Alun-Alun Batang belok ke kiri untuk kemudian terus melaju hingga tiba di Dolphin Center.

Jam Buka Batang Dolphin Center

Jam operasional Batang Dolphin Center dibuka setiap hari mulai jam 09.00 hingga pukul 17.00, namun loket tiket akan tutup 1 jam sebelum waktu yang telah ditetapkan.

Simak juga: Oase Pantura di Tirto Arum Kendal

spot foto lucu
spot foto lucu. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tiket Batang Dolphin Center

  • Tiket masuk Batang Dolphin Center sebesar Rp. 40.000 per orang
  • Tiket parkir mobil sebesar Rp. 5.000 per unit
  • Tiket parkir motor sebesar Rp. 3.000 per unit

Fasilitas Batang Dolphin Center

Fasilitas umum yang ada di Batang Dolphin Center diantaranya:

  • Area parkir yang dapat menampung mobil serta motor
  • Mushola
  • Toilet
  • Gazebo
  • Wahana permainan anak
  • Pujasera
  • Toko souvenir

Daya Tarik Batang Dolphin Center

Meskipun sempat ditutup selama beberapa bulan karena pandemi Covid-19, sesaat setelah dibuka kembali tempat ini selalu ramai dikunjungi. Tentu saja dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Daya tarik yang dimiliki Batang Dolphin Center diantaranya:

1. Mini Safari

koleksi binatang yang ada di batang dolphin center
koleksi binatang yang ada di batang dolphin center. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sebelum menikmati atraksi lumba-lumba kamu akan terlebih dahulu menyaksikan Mini Safari yang letaknya di awal area. Meskipun areanya tak semegah Taman Safari yang ada di Cisarua, Bogor, namun koleksi hewannya banyak loh.

Kamu dapat melihat hewan Gajah Sumatera, Buaya Muara, Bison, Jerapah, berbagai jenis unggas, serta hewan-hewan lainnya yang ikut meramaikan Batang Dolphin Center.

Di Mini Safari ini terdapat Kampung Afrika dan Kampung Asia yang berisikan hewan-hewan khas dari keduanya. Selain itu terdapat area untuk melihat Reptil dan Aquarium yang berisikan berbagai jenis ikan koleksi Batang Dolphin Center.

Simak juga: Kintamani, Pesona dataran tinggi Bali

2. Atraksi Lumba-Lumba

melihat atraksi lumba lumba
melihat atraksi lumba lumba. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Setelah puas berkeliling area Mini Safari di Batang Dolphin Center, saatnya untuk menyaksikan atraksi lumba-lumba. Catat baik-baik jadwalnya berikut ini:

  • Pertunjukkan yang pertama dimulai pukul 11.00
  • Kemudian pukul 13.00
  • Dan yang terakhir pukul 15.00

Saat pandemi seperti sekarang ini pengunjung yang ingin menyaksikan atraksi Lumba-Lumba jumlahnya dibatasi dan hanya boleh menempati tempat duduk yang tidak diberi tanda.

Jika dihari-hari biasa selalu ada sesi foto dengan hewan menggemaskan yang satu ini, untuk saat ini kegiatan tersebut ditiadakan.

3. Atraksi Hewan Lainnya

Simak juga: Mutiara di ujung timur Bali, Karangasem

Setelah selesai menyaksikan atraksi Lumba-Lumba lanjutkan menuju area luar untuk menyaksikan atraksi berbagai hewan lucu lainnya. Untuk dapat menyaksikan atraksi tersebut yakni sekitar pukul 11.45 dan pukul 15.45.

4. Wahana Permainan Anak

salah satu wahana yang ada
salah satu wahana yang ada. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tak jauh dari lokasi melihat pertunjukkan hewan-hewan lucu, terdapat area wahana permainan anak. Dimana anak-anak dapat mencoba permainan yang disediakan. Ketika pandemi seperti ini, wahana-wahana yang ada tak bisa digunakan.

5. Menyusuri Pantai Sigandu

pantai sigandu
pantai sigandu. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Konservasi berbuah keindahan di Mangrove Brebes

Lokasi Batang Dolphin Center berada di kawasan Pantai Sigandu, jadi setelah kamu mengeksplor hewan-hewan yang ada lanjutkan liburanmu dengan menikmati keindahan Pantai Sigandu. Untuk menuju Pantai Sigandu kamu harus membayar tiket sebesar Rp. 5.000 saja per orang.

Pantai Sigandu memiliki ombak yang tak terlalu besar, sehingga kamu bisa berenang atau bermain-main air di pinggir pantainya. Pantai ini cukup luas, dihiasai dengan deretan pohon cemara yang menyejukkan.

Penutup

Menyaksikan atraksi Lumba-Lumba memang selalu menyenangkan. Kita selalu dibuat takjub akan tingkah polah yang mereka lakukan, senyuman pun tak terasa mengembang di wajah.

Batang Dolphin Center merupakan lokasi wisata yang cocok untuk menghabiskan waktu libur bersama seluruh anggota keluarga. Anak-anak khususnya akan belajar mengenai berbagai jenis hewan yang ada di muka bumi ini.


Tinggalkan komentar