Batu Night Spectacular, Wisata Malam yang Indah di Malang

Ketika mendengar kata wisata malam, pikiran biasanya akan terbawa ke dunia gemerlap yang penuh hura hura, minuman keras, clubing, dan musik yang memekakkan telinga. Sama sekali tidak ada bayangan soal wisata keluarga, saat berbicara soal wisata malam. Namun hal yang berbeda ada di Batu Malang.


Lokasi wisata Batu Night Spektakuler atau biasa disingkat dengan BNS adalah objek wisata di malam hari yang ditujukan untuk wisata keluarga. Dan tentu saja sangat jauh dari hura-hura apalagi minuman keras. Cocok sekali untuk tujuan wisata keluarga di Malang.

Wahana wisata keluarga terbaru dari Batu kini hadir dengan peluncuran wisata Batu Night Spectacular dan biasa di singkat dengan singkatan BNS sekaligus menjadi wisata paling spektakuler di Malang Raya.

Sajian aneka wahana yang sangat beragam membuat para pengunjung bisa dengan puas menikmati permainan sederhana bahkan sampai permainan yang memicu adrenalin.

batu-night-spectacular
Batu Night Spectacular . Image via: tribunnews.com

Simak: wisata Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3

Wahana yang telah disiapkan untuk menghibur para pengunjung Batu Night Spectacular adalah slalom tes, galeri hantu, sepeda udara yang paling tinggi, trampoline, lampion garden dan masih banyak lagi. Wahana lain yang sangat memicu dan menantang adrenalin adalah seperti ouse coaster, drag race, dan lainnya. Ada juga wahana yang secara khusus disediakan untuk anak-anak yaitu kids zone dengan jumlahnya sekitar 25 macam.

Di samping wahana yang menarik, Batu Night Spectacular juga memiliki letak yang strategis dan mudah dijangkau oleh para calon pengunjung. Pemandangan yang indah dan suasana yang asyik pun dapat dirasakan di tempat wisata ini.

Batu NIght Spectacular
Indahnya Cinta. Image via: vidio.com

Lokasi dan Akses ke Batu Night Spectakuler

Alamat Batu Night Spectacular di Alamat : Jl. Hayam Wuruk no 1, Oro-oro Ombo – Kota Wisata Batu. Jalan menuju lokasi sangat baik karena sudah beraspal dan terawat.

Simak juga: review wisata Malang Night Paradise

Transportasi Menuju Batu Night Spectakuler

Akses menuju Batu Night Spectacular membutuhkan waktu hanya sekitar 45 menit saja dari pusat kota. Bagi yang ingin menggunakan angkutan umum menuju Batu Night Spectacular bisa menggunakan rute dari kota Malang ke arah Terminal Landungsari.

Dari Terminal Landungsari, pengunjung mengganti angkutan umum ke Terminal Batu. Dari Terminal Batu, barulah pengunjung menggunakan angkot BJL berwana kuning muda yang melalui kawasan wisata ini.

Sea World
Ini kita lagi diving ya?. Image via: hiveminer.com

Tiket Masuk Batu Night Spectakuler

Harga tiket Weekday Rp. 30.000,- dan Weekend Rp. 40.000,- Anda bisa menikmati lebih dari 25 wahana yang berada di dalamnya.

Untuk bisa menikmati semua wahana, sebaiknya membeli tiket terusan.Tiket terusan dijual denan harga Rp. 99.000,- di hari biasa dan Rp. 120.000 di akhir pekan.

Jam Buka Batu Night Spectakuler

Batu Night Spectacular buka setiap hari dari pukul 15.00-24.00 WIB.

Lihat juga: wisata alam di Coban Rondo

8 Wahana Seru Batu Night Spectacular

1. Air Mancur

Kalau biasanya hewan atau manusia yang bergoyang ketika mendengar alunan suara musik. Tapi di Batu Night Spectakuler ini yang bergoyang adalah air mancur. Suara alunan lagu yang mendayu syahdu bisa membuat pancuran air menari-nari lho.

Keindahan Air Mancur enak dinikmati sambil bersantai-santai selepas bermain di wahana lainnya yang ada di Batu Night Spectacular.

Tarian air mancur diiringi permainan lampu warna-warni itu mampu memaksa mata pengunjung tertuju ke liukan air. Air mancur itu terlihat cukup lihai menari mengikuti lantunan lagu. Dari lagu instrumental, pop rock, hingga dangdut koplo.

2. Lampion Garden

lampion
Taman Lampion. Image via: hiveminer.com

Menikmati malam sambil dihiasi dengan lampu-lampu berwarna-warni pasti sangat berbeda. Apalagi kalau suasana malam yang dingin, akan menjadi sedikit lebih hangat ketika ditemani lampu-lampu berbentuk unik.

Sesuai namanya, Lampion Garden adalah sebuah taman yang dipenuhi banyak lampion. Ada berbagai macam warna dan bentuk lampion di BNS. Mulai dari lampion yang berbentuk bunga, karakter kartun, istana, kereta kuda, balon udara bahkan sampai Menara Eiffel di Paris.

Sebuah lampion besar bertuliskan ‘LOVE’ menyambut setiap wisatawan yang datang. Tak ayal, nuansa romantis langsung terasa kencang.

Yang paling menarik perhatian adalah kereta kencana yang juga terbuat dari lampion. Bak kereta sungguhan dari negeri dongeng, kereta ini bersinar lengkap dengan kudanya.

Simak: liburan ke Eco Green Park

3. Sepeda Udara

Speda udara
Goes di udara. Iamge via: hargatiket.net

Seperti namanya, inti permainan ini adalah menaiki sepeda seperti biasa namun menariknya dilakukan di udara. Cara mengayuh sepeda udara ini sangatlah mudah. Pengunjung akan diajak menaiki sebuah sepeda dengan kapasitas dua penumpang di dalam sebuah rel. Selanjutnya pengunjung tinggal mengayuh sepeda tersebut untuk menelusuri rel yang sudah tersedia di kawasan wisata.

Di sepeda udara ini pengunjung mengayuh sepeda dengan sensasi melayang di udara. Dengan lintasan yang panjang dan mengelilingi Batu Night Spectacular, pengunjung bisa menikmati pemandangan Batu Night Spectacular dari atas. Bahkan pengunjung juga bisa melihat indahnya pemandangan kota Malang dari ketinggian.

Sepeda udara ini juga bisa diputar horizontal 360° agar bisa benar-benar menikmati pemandangan dan berfoto-foto.

4. Flying Swinger

flying swinger
Melayang dan berputar. Image via: tripadvisor.com

Pada wahana ini keseruan malam jadi semakin sempurna, karena wahana ini memicu adrenalin. Di sini pengunjung akan menikmati sensasi ketika melayang di udara dengan diputar-putar dan di ayun –ayun.

Pengunjung bsia merasakan sensasi adrenalin ini dengan menaiki wahana Flying Swinger yang berputar dan berayun di ketinggian dengan sensasi seperti melayang. Selain diputar-putar dan diayun-ayun, pengunjungjuga bisa menikmati malam dengan menikmati pemandangan lampu Kota Wisata Batu dan Malang dari ketinggian.

Simak: wisata keluarga di Museum Angkut

5. Gravitron

Mudah sekali untuk menemukan wahana satu ini. Dari pintu masuk BNS, sudah bisa terlihat penampakan Gravitron dari kejauhan. Tinggal berjalan beberapa langkah saja sudah menemukan penampakan benda semacam UFO alias piring terbang yang kondang sebagai kendaraan para alien.

Sekeliling UFO raksasa tersebut dihiasi oleh kerlap-kerlip lampu berwarna-warni nan menyilaukan mata. Pada sebuah sisi, ada tangga yang terhubung dengan pintu masuknya.

Masuk ke dalam UFO berbada tambun tersebut, akan disuguhi interior bak di pesawat luar angkasa. Ada beberapa lampu dan panel di dindingnya. Sementara di bagian tengahnya terdapat semacam pagar pembatas seperti pegangan tangan yang sebenarnya tidak difungsikan demikian. Di bagian tengah itu juga ada deretan lampu neon yang memanjang ke atap yang berwarna biru, sejalan dengan bentuk UFO yang melingkar.

Saat berjalan, pengunjung diminta berdiri menempel di dinding. Kemudian wahana ini akan berputar dengan sangat cepat. Kecepatan putaran menimbulkan gaya “sentripetal” ke arah dinding luar. Akibatnya pengunjung akan merasakan berat badannya tidak lagi mengarah ke bawah, namun berubah ke arah dinding. Sensasi seperti inilah yang dimaksud dengan sensasi melawan gravitasi.

6. Gokart

Gokart
Balapan malam. Image via: jtp.id

Gokart BNS menjadi salah satu wahana yang menarik untuk dicoba. Dengan lapangan gokart yang dikelilingi ban dan memiliki standar keamanan internasional, Anda dapat memacu kecepatan gokart untuk sejenak merasakan sensasi menjadi seorang pembalap.

Sebelum melaju dengan gokart, Anda akan dilengkapi dengan pakaian balap lengkap dengan helm sebagai perlengkapan keselamatan wahana ini. Seru sekali merasakan melaju dengan kecepatan tinggi di atas gokart yang lincah ini.

Ada dua jenis Go Kart yang disediakan, yaitu Go kart biasa dengan 2 lap yang dikenai biaya sebesar Rp. 50.000 serta Go Kart Tandem dengan harga fantastis sebesar Rp.75.000.

Lihat juga: info seputar Coban Talun

7. Megamix

Megamix “sesuai namanya” merupakan wahana mega besar berbentuk tempat duduk melingkar yang akan mnegaduk aduk pengunjung. Pengunjung duduk dan memakai pengaman agar tidak terjatuh. Wahana Megamix siap untuk memutar badan pengunjung dari tiga arah yang berbeda, berputar miring dan kemudian dibolak-balikkan yg membuat kepala berada di bawah dan kaki di atas melawan gravitasi.

Teriakkan-teriakkan yang seru atau suara tertawa untuk mengusir rasa takut pasti akan terdengar kencang dari wahana Megamix ini. Salah satu wahana yang wajib dijajal jika berkunjung ke Batu Night Spectacular.

8. Night Market

Permainan-Pasar-Malam
Stand di pasar malam. Image via: jalanjajanhemat

Night Market terletak di area paling ujung dari objek wisata keluarga ini. Artinya, untuk mencapai pasar malam ini pengunjung harus melewati semua wahana permainan yang ada di Batu Night Spectacular. Ketika keluar area wahana, pengunjung akan disambut oleh pintu masuk ke Night Market dengan ikon kepala badut raksasa. Letaknya di dekat area pintu keluar ini sangat strategis secara marketing.

Disini ada deretan toko yang menjual aneka souvenir dan pernak pernik di Night Market Batu Night Spectacular. Ada oleh-oleh khas Kota Batu dan Kota Malang, mulai dari asesoris, kaos kata-kata, sandal, hingga cemilan, buah apel, dan lain-lain. Selain itu, terdapat barang-barang kebutuhan lainnya yang juga dijajakan di sini, baik untuk dewasa maupun anak-anak. Pengunjung bisa membawa pulang bermacam oleh-oleh ini ke daerah asal begitu keluar dari kawasan BNS.

Tepat di ujung Night Market juga ada deretan meja dan kursi di area food court. Deretan kuliner tradisional dan modern siap menggoyang lidah. Lapar dan dahaga usai menghabiskan waktu di berbagai wahana bakal terobati dengan aneka pilihan menu makanan dan minuman di tempat ini.

Batu-Night-Spectacular-1
Kereta cahaya. Iamge via: hiveminer.com

Objek Wisata Dekat

Bagi pengunjung dari luar kota, mengunjungi batu night spectaculer tentulah harus menginap di kota Malang. Jika sudah terlanjur menginap, tentu akan mubazir jika hanya mengunjungi satu objek wisata saja. Keesokan hari waktu bisa di manfaatkan untuk mengunjungi tempat wisata di Malang lainnya, yang letaknya berdekatan dengan Batu Night Spektakuler. Ada banyak pilihan lokasi wisata yang bisa dikunjungi di hari selanjutnya.

Untuk yang tetap menginginkan rekreasi memacu adrenalin, namun dengan level yang lebih tinggi, bisa melanjutkan wisata ke wahana Rafting atau Paragliding. Di dekat area itu terdapat:  Rafting Sahabat Air yang jaraknya 4,1 km, Paragliding Batu yang jaraknya 5,5 Km, dan Kaliwatu Rafting yang hanya berjarak 3.6 km.

Sedangkan yang ingin suasana bersantai dan wisata keluarga, bisa melanjutkan jalan jalan ke Masjid agung Jami kota malang yang jaraknya 14,2 km, Taman Selecta yang jaraknya 8,7 km, atau Oemah Budaya Selamet yang jaraknya hanya 3 km.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment