Belawa Cirebon, Wisata Kura-Kura Yang Lekat Akan Legenda

|

Belawa Cirebon  atau nama tempat wisatanya Cikuya merupakan destinasi wisata dan edukasi keluarga di Cirebon yang menyuguhkan keunikan hewan kura-kura khas Belawa.

Belawa adalah nama daerah yang ada di Kabupaten Cirebon. Dan Belawa adalah jenis kura kura dimana tempurungnya mirip punggung manusia dan spesies ini hanya ada di kabupaten Cirebon.

tempat wisata cikuya belawa
tempat wisata cikuya belawa. google maps. sumber: hanii k

simak juga: masjid agung sang cipta rasa

Wisata Cikuya yang berada di Desa Belawa ini, disamping tempat wisata yang menyuguhkan ciri khas kura kura yang unik ternyata memiliki sejarah atau legenda dari kura kura Belawa tersebut.

Legenda dan Sejarah Desa Belawa Cirebon

Dulu ada seorang pemuda yang bernama Jaka Saliwah, pemuda ini mempunyai fisik kulit sebelah hitam dan sebelahnya lagi putih, yang membuatnya merasa terasing akan keunikan yang dimilikinya.

Dikarenakan sering dibuli, dia akhirnya pergi mendatangi seorang syekh yang bernama Syekh Datuk Putih dan berguru padanya. Selama bertahun-tahun Jaka Saliwah belajar ngaji, dengan tujuan supaya warna kulitnya dapat berubah normal seperti yang lainnya.

Namun ternyata warna kulitnya tidak berubah sama sekali, yang akhirnya membuat dia marah dan emosi sehingga merobek Al-Qur’an yang selalu digunakan olehnya.

wisata cikuya belawa
wisata cikuya belawa. google maps. sumber: Joko Santoso

simak juga: tempat wisata di cirebon

Tak berhenti sampai disitu, Jaka Saliwah melemparkan sobekan Qur’an tersebut ke telaga kecil. Suatu keanehan pun muncul, dimana sobekan kertas Al-Qur’an yang dilemparkannya menghilang tanpa jejak.

Lalu muncullah sebuah hewan kecil yang dia beri nama kura-kura atau kuya, seketika itu pula wajah dari Jaka Saliwah berubah menjadi normal. Oleh sebab itu, daerah tersebut kemudian diberi nama Cikuya, Desa Belawa.

Lokasi dan Alamat Belawa Cirebon

Lokasi Belawa atau Wisata Cikuya beralamat di Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Jam Buka Wisata Kura-Kura Belawa

Jam operasional dari Wista Cikuya buka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 hingga 17.00 waktu setempat.

wisata edukasi yang selalu ramai dikunjungi
wisata edukasi yang selalu ramai dikunjungi. google maps. sumber: bian ramadhan

simak juga: masjid merah cirebon

Harga Tiket Masuk Cikuya Belawa

Tiket masuk Cikuya Belawa, yakni:

  • Anak-anak membayar sebesar Rp. 3.000,-
  • Dewasa membayar Rp. 5.000,-

Rute Menuju Belawa Cirebon

Tidak sedikit orang yang bingung ketika mau berkunjung ke lokasi Belawa Cirebon ini, kamu tak perlu khawatir dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat karena keduanya dapat digunakan.

Rute perjalanan menuju belawa Cirebon ini mudah untuk kamu tuju, jika berangkat dari Terminal Harjamukti melaju ke arah timur di Jl. Ahmad Yani/Jl. Raya Pantura menuju Jl. Angkasa Raya.

Belok sedikit ke kiri menuju Jl. Ahmad Yani/Jl. Raya Pantura, Belok kanan ke Jl. Ahmad Yani/Jl. Raya Pantura,  Lanjutkan untuk mengikuti Jl. Raya Pantura, belok sedikit ke kanan menuju Jl. Kanci – Sindanglaut/Jl. Kh. Wahid Hasyim.

wahana lainnya
wahana lainnya. google maps. sumber: Wildan Mochollad

simak juga: apita waterboom

Teruslah melaju hingga tiba di Jl. Belawa – Wangkelang, hingga akhirnya menemukan tempat wisata kura-kura Belawa Cirebon.

Fasilitas di Cikuya Belawa Cirebon

Fasilitas yang ada di sekitar tempat wisata kura-kura Belawa Cirebon, diantaranya:

  • Lahan parkir kendaraan
  • Jajanan khas sekitar
  • Toilet
  • Kolam kura kura Belawa
  • Tempat penangkaran kura kura Belawa
  • Gazebo
kura kura belawa
kura kura belawa. google maps. sumber: Halimah Nur

simak juga: kawasan batik trusmi

Daya Tarik Tempat Wisata Cikuya Belawa Cirebon

1. Kura-kura Belawa

Kura-kura Belawa yang merupakan hewan unik yang hanya dimiliki oleh kabupaten yang berjuluk kota udang ini. Ciri khasnya ialah dimana kura kura jenis ini memiliki ciri khas di bagian punggung atau tempurungnya.

Dimana tempurungnya menyerupai punggung manusia sehingga ketika sedang berenang, kura-kura tersebut akan nampak seperti punggung manusia yang sedang berenang.

Selain itu, ukuran badannya cekung dan menonjol serta berwarna hitam pekat. Umur dari kura-kura Bewala mencapai 150 tahun, dengan berat badan hingga 80 kg dan ukuran badannya hampir 1 meter.

kolam penangkaran
kolam penangkaran. google maps. sumber: hasti hasti

simak juga: batu lawang cirebon

Kura-kura Belawa biasanya diberi makan berupa ikan rucah, daging ayam, serta singkong. Dan saat ini keberadaan dari Kura-kura endemik sudah mulai berkurang dikarenakan kondisi air yang semakin buruk.

2. Tempat penangkaran kura kura Belawa

Sebagai hewan endemik yang hanya ada di Kabupaten Cirebon, di Cikuya Belawa ini juga menjadi tempat penangkaran dari Kura-kura Belawa. Dimana saat ini yang tersisa hanya sekitar 400 ekor saja.

Terdapat sebuah kolam khusus pemeliharaan kura-kura dewasa, yang berukuran sekitar 630 meter persegi. Selain itu ada pula ruang penetasan telur, serta kolam pemeliharaan tukik.

Kamu dapat belajar mengenal kehidupan kura-kura Belawa ketika berkunjung ke tempat wisata Belawa tersebut.