Bukit Besar Lahat, Wisata Lahat Yang Trend Di Kalangan Millenial

Entah sejak kapan sebetulnya menjelajah ke puncak gunung atau bukit, kemudian camping menjadi trending di kalangan millenial.

Mungkin saja sejak jamannya Soe Hok Gie, atau bahkan sebelum era Gie. Entahlah… yang jelas menjelajah ke puncak bukit atau gunung menjadi sebuah penjelajahan yang keseruannya sangat sulit digambarkan.

Bukit Besar atau Bukit Besak adalah sebuah objek wisata perbukitan yang ada di Lahat dan kini sedang trend di kalangan millenial.

Bukit Besar Atau Bukit Besak
Bukit Besar Atau Bukit Besak. Sumber : www.youtube.com

Bahkan saat liburan tiba, jumlah wisatawan yang ngecamp di lokasi Bukit Besar bisa mencapai 1000 orang. Dan hasil pendapatan dari tiketnya diperuntukan kemanfaatan desa dan karangtaruna.

Menuju puncak bukit itu melelahkan, namun kenapa sebagian besar orang menjadi ketagihan dengan wisata ke gunung? Artinya ada sebuah sensasi kenikmatan tersendiri, yang berbeda rasa dengan wisata lain di luar gunung.

Ramai Kunjungan Ke Bukit Besar
Ramai Kunjungan Ke Bukit Besar. Sumber : twitter.com

Pesona Keindahan Bukit Besar

Bagi yang belum pernah naik gunung, keseruan berwisata ke puncak gunung atau bukit dimulai sejak perjalanan atau pendakian pertama sampai kepada titik lokasi yang dituju. Jadi bukan hanya bertumpu pada lokasi puncaknya saja.

Keseruan Pendakian
Keseruan Pendakian. Sumber : www.kompasiana.com

Bukit Besar tidaklah terlalu tinggi, hanya 1700 mdpl dengan total waktu menempuh jalur pendakian dari bawah sampai ke puncak sekitar 3 jam.

Dulu, cuaca di Bukit Besar sangatlah sejuk. Tapi sekarang karena sudah banyak buah tangan manusia yang “kurang” mempertimbangkan kelestarian alam, cuaca di sana menjadi agak panas.

Tetapi cuaca malam saat berkemah akan terasa sejuk, dan ketika mulai mendekati subuh sangat terasa dingin. Jadi kalian wajib membawa jaket ya…

Perjalanan pendakian dimulai dengan pemandangan hamparan hijau peswahan milik warga setempat. Setelah itu keseruan berlanjut saat melewati jembatan gantung yang menghubungkan area pesawahan dengan perkebunan.

Jembatan Gantung
Jembatan Gantung. Sumber : sumsel.tribunnews.com

Oh iya, jalan dari pendakian pertama sampai shelter 1 kondisnya masih bagus karena sudah berbentuk coran. Namun jangan sampai lengah juga, karena terkadang coran juga bisa menjadi sangat licin.

Sesampainya di shelter 1, terdapat sebuah warung atau pos yang menyajikan keperluan bagi para penjelajah dari mulai kebutuhan makanan hingga perlengkapan mandi.

Setelah itu mulailah perjalanan level dua menuju shelter 2. Kenapa saya menyebutnya level 2? Karena track nya lebih menegangkan dibandingkan dengan pendakian sebelumnya.

Melewati hutan, bebatuan, serta jalur-jalur yang mengharuskan penjelajah untuk selalu berhati-hati sampai di shelter atau pos 2.

Dari pos 2, perjalanan semakin dekat ke puncak bukit. Dan rasakan sendiri sensasinya setelah sampai di puncak Bukit Besar.

Keindahan Puncak Bukit Besar
Keindahan Puncak Bukit Besar. Sumber : twitter.com

Hamparan pemandangan yang berada di bawah bukit begitu sangat memanjakan mata. Rerumputan yang hijau dengan udara khas pegunungan, apalagi saat malam tiba. Kelap-kelip lampu kota menjadi keindahan tersendiri.

Kata-kata takan sanggup merangkai keindahan Bukit Besar, mending kalian langsung buktikan sendiri ya…

Pemandangan Lampu Kota Di Bukit Besar
Pemandangan Lampu Kota Di Bukit Besar. Sumber : www.kompasiana.com

Sejarah Di Bukit Besar Atau Bukit Besak

Biasanya di satu lokasi wisata hanya ada satu sejarah saja atau legenda. Jarang sekali sebuah sejarah dan legenda atau mitologi berada dalam satu lokasi.

Berbeda dengan Bukit Besar, di lokasi wisata ini aspek sejarah dan legenda atau mitologi hadir daam satu kawasan, sehingga lokasi ini layak menjadi wisata sejarah bagi semua kalangan.

1. Sejarah

Terdapat sebuah Gua atau Goa di kawasan Bukit Besak yang pernah digunakan oleh masyarakat untuk bersembunyi dan berindung dari penjajah Belanda. Nama gua atau goa tersebut adalah Gua Putri.

Goa tersebut sangat sulit dimasuki oleh para penjelajah, karena kondisinya sangat gelap dan sudah dipenuhi dengan sarang kelelawar. Sehingga bau kotorannya begitu menyesakan pernafasan.

Di dalam goa tersebut juga terdapat ruangan-ruangan yang terhubung satu sama lain. Tetapi ruangan tersebut bukan karena bentukan tangan manusia, namun terjadi akibat proses alam saja. Luar biasa!

2. Legenda / Mitos

Terdapat sebuah batu yang bertumpuk (maaf) seperti posisi bersenggama. Dari legenda atau mitos yang berkembang dari mulut ke mulut masyarakat Merapi Selatan, bahwa batu tersebut adalah seekor anjing dan seorang putri yang dikutuk menjadi batu.

Diceritakan bahwa ada seorang putri yang sedang duduk termenung dan bersedih ditemani anjingnya yang setia. Namun tiba-tiba anjing tersebut (maaf) menggagahi putri tersebut.

Karena kejadian tersebut, akhirnya mereka dikutuk menjadi batu, yang kini disebut sebagai Batu Puteri.

Batu Puteri Besak
Batu Puteri Besak. Sumber : http: www.panoramicoflahat.com

Tentu saja sebuah legenda atau mitologi sangat erat dengan pesan moral dan sebuah hikmah yang sangat dalam. Dan legenda ataupun mitos adalah bagian dari khazanah masyarakat yang ada di nusantara.

Lokasi Dan Alamat Bukit Besar Atau Bukit Besak

Lokasi dan alamat Gunung Besar atau Gunung Besak berada di Desa Lubuk Pedaro Merapi Selatan, Kecamatan Merapi Selatan Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan – 31471

Rute Menuju Bukit Besar Atau Bukit Besak

Rute menuju Bukit Besar atau Bukit Besak bisa ditempuh dengan 3 cara jika pemberangkatan pertama anda dari Palembang. Diantaranya

  • Cara yang pertama adalah dengan naik kereta api / kereta pagi dari Stasiun Kertapati – Lahat. Adapun biaya tiket per orangnya sebesar Rp. 35.000. Kemudian lanjutkan dengan menaiki angkutan umun / angkutan pedesaan. Tarif yang ditawarkan dengan harga pembuka Rp. 20.000 per orang.
  • Cara yang ke dua dengan naik bus umum dari terminal Kertajaya menuju Lahat. Adapun biaya ongkosnya adalah sebesar Rp. 50.000 per orang. Kemudian lanjutkan dengan menaiki angkutan umun / angkutan pedesaan. Tarif yang ditawarkan dengan harga pembuka Rp. 20.000 per orang.
  • Cara yang ke tiga adalah dengan naik travel. Harganya memang sedikit mahal, tetapi urusan kenyamanan dan kecepatan, travel pilihannya. Biaya untuk travel biasanya berkisar dari Rp. 70.000 sampai dengan Rp. 90.000 per orangnya.

Jarak tempuh dari Palembang menuju Lahat bisa menghabiskan waktu sampai dengan 5 jam perjalanan. Karena jarak Palembang menuju lahat sekitar 223 kilometer.

Harga Tiket Masuk Bukit Besar 2020

Harga tiket masuk Bukit Besar tahun 2020 adalah Rp. 5.000 per orang. Harga tiket tersebut sama saja baik ketika libur atau hari-hari biasa.

Jam Operasional Bukit Besar

Bukit Besar atau Bukit Besak buka selama 24 jam dari mulai hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Bukit Besar

Bagi anda yang tidak berencana camping di Bukit Besar, maka anda bisa menginap di lokasi terdekat dengan Bukit Besar.

Jaraknya tidak lebih dari 5 kilometer antara penginapan dengan Bukit Besar. Dan harga yang ditawarkan sangat bersahabat sekali, rata – rata di bawah Rp. 200.000. Murah bukan?

Tips Wisata Ke Bukit Besar

Mayoritas kunjungan ke Bukit Besar adalah berkemah. Jarang sekali pengunjung yang tidak berkemah saat ke bukit tersebut, salah-satu pertibangannya tentu saja di waktu pendakian yang lumayan menyita waktu.

Berdasarkan hal tersebut, maka inilah tips untuk anda yang hendak nerwisata ke Bukit Besar :

  • Selalu pastikan cuaca saat anda akan berwisata sangat mendukung
  • Selama di perjalanan, jangan sungkan untuk menawar harga khususnya biaya transportasi yang dinggap kemahalan.
  • Pastikan kondisi fisik anda sehat dan fit, karena anda akan melakukan pendakian ke atas bukit
  • Pastikan juga anda membawa jaket serta selimut saat hendak berkemah di Bukit Besar
  • Cek semua perlengkapan dan logistik jangan sampai ada yang ketinggalan, termasuk obat-obatan yang diperlukan
  • Jangan sampai merusak alam sekitar dan jangan membuang sampah sembarangan
  • Selalu utamakan keselamatan dan kenyamanan  dalam berwisata

Penutup

Berwisata ke alam apalagi ngecamp di sana walaupun hanya satu malam ternyata dapat merefresh dari segala macam bentuk kepenatan hidup dunia perkotaan.

Wisata Bukit Besar atau Bukit Besak menghadirkan suasana dan keindahan yang sangat recommended bagi kalian yang sudah merasa mumet dengan hiruk pikuk pekerjaan dan dunia kota.

Nikmati, dan rasakan sensasi keindahannya. Selamat beribur, dan tetap bersyukur…

Baca juga:

Leave a Comment