Bukit Bintang Jogja, Titik Dinner Romantis Di Ketinggian Yogya

Bukit Bintang Jogja- Jogja memang tak ada habis-habisnya jika membicarakan objek wisata. Mulai dari deretan pantai-pantai yang luar biasa di area Gunungkidul, hingga area hutan pinus yang sejuk di dataran tinggi, hingga objek wisata sejarah Candi yang penuh dengan keagungan masa silam.


Namun ada satu tempat rekreasi lain yang unik di Jogja. Kota ini punya tempat  nongkrong spesial. Jika pergi nongkrong dengan pergi ke mall, lihat barang-barang bagus adalah tujuannya. Jika pergi nongkrong ke alun-alun, lihat orang lalu lalang yang jadi sasarannya. Sedangkan jika nongkrong di Bukit Bintang Jogja menikmati romantisme adalah hasilnya.

Bukit Bintang Jogja berada di tepi jalan yang menghubungkan Jogja dengan Wono Sari tepatnya di km 15, di bukit Patuk Kabupaten Gunung Kidul. Bukit ini aslinya bernama bukit Hargo Dumilah, namun karena sensasi melihat bintang yang dirasakan para pengunjung, maka nama Bukit Bintang Jogja jadi melekat pada bukit ini.

Sunset
Romantisnya Bukit Bintang. Image via: www.alodiatour.com/bukit-bintang-jogja

Simak juga: daftar tempat wisata di Jogja yang populer

Iya benar, menikmati romantisme!!. Itulah sensasi yang diperoleh dari pesona Bukit Bintang Jogja. Suasana senja dengan memandang ke arah Barat Kota, laksana memandang langit yang penuh bintang gemerlap. Padahal sesungguhnya kita sedang memandang landscape kota Jogja dengan gemerlap lampu lampunya. Sungguh sebuah suasana yang menawan hati.

Lokasi ini benar benar tiada tandingannya, sebagai tempat untuk mengamati kota jogja dari ketinggian. Posisi Bukit Bintang Jogja yang sangat strategis berada di tepi pegunungan yang menghadap langsung ke barat, ke arah kota Jogja yang ada di sebelah baratnya. Kawasan ini apabila diakses dari kota relatif tidak jauh dan tidak membuat anda capek di perjalanan.

Rute dan Cara Menuju Ke Bukit Bintang Jogja

Rute yang dilalui untuk menuju Bukit Bintang tidak terlalu sulit. Hal ini karena Bukit berada di tepi jalan raya utama yang menghubungkan Jogja dengan Wono Sari. Untuk mencapai lokasi Bukit Bintang Jogja bisa menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Namun akan lebih menyenangkan jika menggunakan kendaraan pribadi, karena kita bebas menentukan Kapan waktu kita meninggalkan lokasi,  tanpa harus bergantung kepada jadwal keberangkatan kendaraan umum.

Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi dari kota Jogja ambil jalan menuju Jalan Jogja Wono Sari, kemudian di pasar Piyungan lurus jalan agak mendaki sampai di tikungan bokong Semar. akhirnya sampailan di Hargo Dumilah. Jarak Jogja dengan bukit ini kira-kira 20 KM yang dapat ditempuh dalam waktu 40 menit perjalanan.

Jika menggunakan transportasi umum, baik Berangkat dari Jogja maupun Solo kita Turun di perempatan Ringroad Jalan Wono Sari. Kemudian berganti kendaraan di perempatan itu dengan menaiki bus besar atau bus kecil. Biayanya sekitar Rp5.000. Kita akan dihantarkan hingga sampai ke lokasi dalam waktu sekitar 30 menit.

Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, harus sedikit berhati-hati terutama setelah pertigaan Piyungan. Di area ini Jalan mulai menanjak dan berkelok-kelok, bahkan tikungannya relatif tajam dan curam. Yang penting harus diingat adalah hindari berkendara di belakang truk truk besar dengan muatan penuh, karena kadang-kadang mereka mogok di tengah jalan bahkan bisa mundur ketika remnya blong.

Jalanan di Bukit Bintang.
Jalanan di Bukit Bintang. Image via: google street

Baca juga: liburan keluarga? ke Sindu Kusuma Edupark aja!

Jam Buka

Dikarenakan area Bukit Bintang ini sebenarnya adalah lokasi Rest Area, maka tidak ada jam buka tutup di lokasi ini. Jadi lokasi ini bisa dikunjungi 24 jam.

Tiket Masuk Bukit Bintang Jogja

Tidak seperti tempat wisata lain yang memungut tiket masuk untuk memasuki kawasan, harga tiket Bukit Bintang Jogja adalah gratis. Pengunjung sama sekali tidak dikenakan tarif untuk memasuki kawasan ini. Jadi jika kita ingin melihat pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggin, dapat dinikmati sepenuhnya dengan gratis, tanpa mengeluarkan biaya masuk sepeserpun.

Namun demikian seperti lazimnya orang membawa kendaraan, kendaraan kita tetap dikenakan biaya parkir. Untuk mobil dikenakan tarif 5 ribu dan sepeda motor 2 ribu rupiah.

Fasilitas Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang Jogja telah bertranformasi menjadi sangat baik setelah sebelumnya kurang diperhatikan oleh masyarakat maupun Pemerintah Daerah. Setelah pemerintah daerah membuat fasilitas rest area, kini tempat ini telah tercukupi fasilitasnya.

Taman rest area
Taman rest area. Image via: google maps

Beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan pengunjung di Bukit bintang Jogja diantaranya:

  • Parkir Mobil dan Motor yang memadai.
  • Mushola
  • Toilet
  • Dudukan memanjang untuk menikmati pemandangan tanpa perlu ke warung makan.
  • Tempat makan bukit bintang jogja, berupa Warung Makan Kaki lima harga terjangkau. Menjual makanan dan minuman ringan seperti Mie, Jagung Bakar, Roti Bakar, Kopi Jahe, Kopi, Susu, dan minuman hangat lain.
  • Restoran menengah dengan menu beragam makanan Indonesia seperti Nasi Goreng maupun Ikan Bakar.
Secangkir Kopi
Secangkir Kopi. Image via: instagram.com/doni_dewandaru

Pada saat cuaca cerah, Bukit Bintang  sejak sore hari dipadati pengunjung yang kebanyakan muda-mudi. Biasanya mereka ini baru pulang dari jalan-jalan di objek pantai-pantai Gunungkidul atau memang hanya mengkhususkan untuk datang ke Bukit Bintang.

Dari tempat peristirahatan ini, kita bisa menikmati landskap Gunung Merapi Merbabu dan bahkan pesawat yang landing maupun take off di Bandara Adisucipto. Saat cuaca benar benar cerah tanpa awan, pengunjung akan memperoleh keberuntungan berupa menikmati sunset yang indah dengan warna langit yang keemasan.

Sunset di Bukit Bintang Jogja.
Sunset di Bukit Bintang Jogja. Image via: www.instagram.com/widyawdewi

Saat langit telah gelap dan angin laut selatan makin kencang, tiba saatnya untuk beralih menikmati secangkir teh atau kopi jahe guna menghangatkan diri.

Dinner Romantis di Bukit Bintang Jogja

Ada banyak pilihan warung sederhana di kawasan Bukit Bintang ini, yang menyajikan makanan ringan dan minumam dengan harga terjangkau. Meski rata-rata bangunannya semi permanen, tapi pemandangan yang disajikan amazing. Sambil menikmati minuman hangat dan obrolan canda ria bersama teman perjalanan, pengunjung bisa menyaksikan landskap Jogja di malam hari yang mempesona.

Satu hal yang istimewa dari Bukit Bintang Jogja adalah kesempatan untuk menyelenggarakan dinner romatis bersama orang terkasih. Jika adegan di film holywood menyajikan scane diner romantis di lantai 35 hotel dengan latar landscape malam kota New York, maka diner di bukit bintang tak kalah sensasinya. Dengan ketinggian 150 meter di atas permukaan laut, ini setara dengan diner romantis di hotel lantai 35 dengan latar landscape malam kota Jogja.

Diner Romantis
Diner romantis. Image via: instagram.com/rvanmy

Harga Makanan Di Bukit Bintang Jogja

Untuk harga makanan di Bukit Bintang Jogja semuanya serba terjangau oleh kantong. Kita tidak usah kawatir soal itu. Harganya sama seperti harga normal di tengah kota jogja.  Berikut kisaran daftar harga makanan di Bukit Bintang Jogja.

  • Teh manis Rp.7.000,-
  • Roti Bakar Rp.8.000,-Rp.15.000,-
  • Jagung bakar Rp.10.000,-
  • Seafood udang Rp.15.000,- sedangkan untuk kepiting dan cumi-cumi dapat mencapai Rp.50.000 rupiah per porsinya.
  • Nasi merah biasa Rp.22.000,-
  • Nasi merah ayam Rp.30.000,-
  • Nasi merah empal Rp.40.000,-

Bukit Bintang Di Siang Hari

Bintang Jogja di siang hari walau tidak seindah di malam hari, tetap dapat memberikan suasana berbeda. Pada siang hari biasanya yang berkunjung ke tempat ini, adalah orang-orang yang mengambil waktu istirahat dalam perjalanannya menuju atau dari objek-objek pantai di Gunungkidul. Di tempat ini mereka bisa meregangkan otot sejenak dengan tambahan bonus menikmati pemandangan Jogja dari ketinggian.

Foto keluarga
Foto Keluarga Luar Biasa. Image via: www.instagram.com/riri_setiowati/

Membuat foto selfie untuk dipajang di acc media sosial juga dapat dilakukan dengan luar biasa di sini. Selain memanfaatkan latar berupa pemandangan kota dan laut di arah barat, beberapa instalasi seni yang dibangun di taman rest area juga bagus untuk digunakan spot selfie.

Spot foto instramable. Image via: www.instagram.com/riri_setiowati
Spot foto instramable. Image via: www.instagram.com/riri_setiowati

Jika memutuskan untuk makan siang dengan fasilitas in door namun suasana out door, restoran-restoran yang ada di Bukit Bintang Jogja juga pilihan yang sempurna.

Daya Tarik Lokasi Wisata Dekat Bukit Bintang Jogja.

Mengingat area ini adalah rest area untuk perjalanan menuju pantai pantai di area gunung kidul, maka menjadikan tempat ini sebagai “meeting point”untuk pemantapan rencana perjalanan lanjutan ke kompleks pantai gunung kidul adalah pilihan tepat.

Dari titik ini, pelancong bisa meneruskan perjalanan ke Pantai Sadranan, Pantai Siung, Pantai baron, Pantai Krakal dan pantai pantai legendaris lain.

Itulah review singkat tentang objek wisata Bukit Bintang Jogja. Panorama dengan penuh kesejukan alam dan romantisme yang akan memanjakan siapapun yang mengunjunginya. Ngak bakalan ada sesal karena merasa rugi singgah di tempat nan menawan ini.

Happy Travelling!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment