Keindahan Bukit Campuhan Ubud Bali ini Wajib Anda Kunjungi

0

Mungkin bagi sebagian wisatawan belum terlalu kenal dengan bukit campuhan ini. Tempat ini adalah salah satu tempat wisata di Bali, dengan daya tarik alam yang indah; menampilkan hamparan bukit yang hijau, lembah, dan padang ilalang. Sangat berbeda jika dibandingkan dengan objek wisata lainnya di Bali yang menampilkan pemandangan laut hingga wisata bersama satwa langka.

Bukit Campuhan ini tidak terpisah dari salah satu pura di Ubud, yaitu Pura Gunung Lebah. Gunung lebah itu sendiri memiliki makna bukit kecil yang berada di lembah. Selain itu Bukit Campuhan ini berada diantara dua aliran sungai di Ubud Bali, yaitu sungai Oos dan sungai Cerik. Nah, itulah yang menjadi salah satu alasan Bukit Campuhan begitu digemari oleh wisatawan.

dago dream park info
dago dream park

Apa aja sih alasannya, penasaran? Simak selengkapnya.

bukit campuhan ubud bali
bukit campuhan ubud bali, foto: instagram.com/marthiasid

Alamat dan Rute Jalan Ke Bukit Campuhan

Sebelum mengunjungi bukit campuhan, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu alamat tempat bukit campuhan berada. Bukit campuhan ini berada di Jalan Bangkiang Sidem, Kelusa, Payangan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571.

Untuk sampai ke bukit campuhan, kamu dapat berangkat dari pusat kota Kuta Bali yang akan menempuh 1 jam perjalanan. Dengan menuju ke arah barat, kamu akan menemukan hotel di Ubud yang bernama hotel Ibas sebelum jembatan sungai Campuhan. Setelah itu belok kiri menuju jalanan yang sedikit menurun untuk bisa sampai ke lokasi Bukit Campuhan.

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, atau dengan menggunakan jasa penyewaan kendaraan. Dan yang paling menarik bahwa kamu bisa berangkat menuju ke Bukit Campuhan ini sambil bersepeda. Dan tariff yang dikenakan cukup terjangkau, cukup dengan membayar Rp. 15.000 per hari, dan kamu dapat menggunakan sepeda itu sepuasnya.

tiket masuk bukit campuhan ubud
foto: instagram.com/yogipremani

Harga Tiket Masuk Dan Jam Operasional

Yang paling menarik adalah, untuk bisa masuk ke Bukit Campuhan kamu tidak akan dikenakan biaya apapun atau gratis. Kamu hanya perlu membayar biaya penginapan atau mungkin biaya saat makan di restaurant di sekitar Bukit Campuhan.

Baca Juga :  Gili Trawangan, Review Lengkap Surga Wisata Terbaik di Lombok

Dan juga Bukit Campuhan ini terbuka selama 24 jam setiap hari, jadi kamu dapat berkunjung kapan saja saat hari mu senggang. Menarik, bukan?
Lalu, apa yang akan kita lakukan di Bukit Campuhan ini? berikut ini penjelasannya,

Aktivitas menarik di Bukit Campuhan

Jangan khawatir, walau tidak dikenakan biaya, kamu dapat menikmati Bukit Campuhan ini sepuasnya. Selain itu, kamu dapat melakukan aktitas apa saja, termasuk aktivitas dibawah ini.

Jogging dan Trekking

Kamu dapat jogging ataupun treckking sambil menikmati pemandangan alam yang hijau di Bukit Campuhan ini. Hal ini akan cocok buat kamu untuk menguji adrenaline di alam terbuka dengan kontur jalanan yang menantang.

Rute yang dapat kamu lewati juga tersedia dengan baik, dengan kondisi jalan cukup bagus dan panjang sekitar 2 kilometer.

Bukit Campuhan Ridge Walk

Salah satu rute trekking yang terkenal disini adalah bukit campuhan ridge walk. Jalur ini terkenal karena keindahan alam dan suasana khas Bali yang kental.

bukit campuhan ridge walk ubud bali
foto: baliteen-adventure.blogspot.com

Ngga heran jika foto-foto di campuhan ridge walk banyak bertebaran di mana-mana, baik di luar negeri ataupun di negara kita sendiri. Wajah aja sih, instagrammable banget!

Walau tidak disebutkan, kamu dapat melakukan kegiatan apa saja yang kamu inginkan di alam terbuka diatas bukit yang hijau ini. Kamu dapat melukis, menari atau apapun yang dapat mengisi hari libur kamu.

Daya Tarik Bukit Campuhan

Apa sih yang membuat tempat ini begitu banyak dikunjungi? Selain harganya yang gratis, kamu dapat menikmati daya tarik yang dimiliki bukit Campuhan ini. Bukit Campuhan ini pernah menjadi salah satu lagu band Slank yang berjudul ‘Tepi Campuhan’ yang menggambarkan keindahan bukit ini. Kamu akan melihat pemandangan hijau diatas bukit, pepohonan rindang, lembah, persawahan dan ladang ilalang. Menarik, kan?

Baca Juga :  Treasure Bay Bintan ; Kolam Renang Terbesar Se-Asia Tenggara

Kamu dapat melakukan berbagai aktivitas di alam yang hijau ini untuk mengembalikan energi mu. Tempat ini juga menjadi pilihan yang terbaik untuk kamu yang ingin beristirahat sejenak dari keramaian kota di Bali.

Selain itu, Bukit Campuhan ini begitu di sukai karena berada di kawasan Pura Gunung Lebah. Kawasan suci dan sangat disakralkan oleh masyarakat beragama hindu di Bali.

Hotel/Penginapan di Sekitar Bukit Campuhan Ubud

Untuk kamu yang tidak ingin berjalan jauh agar bisa sampai ke Bukit Campuhan, kamu bisa memilih untuk menginap di sekitar bukit campuhan ini. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi penginapan yang dapat kamu pilih.

  • Argasoka Bungalows – penginapan ini sekelas dengan hotel bintang 2 di Ubud Bali. Penginapan ini berada di Jalan Wanara Wana, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Hotel ini memasang harga sewa mulai dari Rp. 370.000 per malam. Untuk info pemesanan kamu dapat menghubungi (0361) 970912.
  • Friendly House Bali – tempat ini merupakan guest house yang sangat direkomendasikan di Bali. Dengan harga sewa sebesar Rp. 260.000 per malam nya. Untuk menemukan Friendly House Bali, tempat ini berada di Jalan Cok Rai Pudak, Peliatan, Gianyar, Bali.
  • Made Arsa Homestay – hotel ini merupakan hotel yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingi mengunjungi Bukit Campuhan. Hotel ini berada di Jalan Cok Gede Rai, Banjar Tengah, Peliatan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Harga sewa pada hotel ini berkisar dari Rp. 210.000 per malam. Untuk informasi pemesanan kamu dapat mengunjungi website resmi hotel ini, ya.
Baca Juga :  Mudahkan Liburan Akhir Tahunmu, Percayakan Pada Traveloka Hotel

Nah, selain itu ada beberapa tips untuk mengunjungi Bukit Campuhan yang perlu kamu perhatikan. Sebagai berikut.

  • Membawa makanan dan minuman – hal ini untuk persediaan ketika Anda kesulitan untuk menemukan warung kecil di sekitar Bukit Campuhan. Karena lokasinya yang cukup jauh.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung di Bukit Campuhan – waktu terbaik adalah saat ingin menikmati matahari terbenam dan atau matahari terbit. Kamu dapat melihat pemandangan tersebut tanpa terhalang apapun. Kamu dapat melakukan hal ini sambil jogging ataupun trekking. Bagaimana? Tertarik, kan?
  • Menghormati kawasan suci Pura – untuk menghormati kawasan yang disucikan ini, maka kamu perlu memperhatikan etika ataupun perilaku kamu yang dapat menyinggung maysarakat lokal. Tidak merokok ataupun menggunakan narkoba, serta kamu perlu menjaga kebersihan kawasan bukit campuhan ini sebagai wujud penghormatan setelah beraktivitas. Bagi pengunjung yang melanggar akan dikenakan sangsi berupa pagaskara danda atau upacara, arta danda atau denda serta akan dikenakan Jiwa Danda.
  • Membawa kamera favorit kamu – ini tentu saja merupakan hal yang tidak boleh terlupakan untuk mengabadikan beberapa moment berharga kamu. Namun, tetap perhatikan hal-hal apa saja yang dapat kamu abadikan ya.

Itulah, beberapa hal penting yang dapat kamu ketahui. Nah, setelah mengetahui hal menarik apa saja sih yang terdapat di Bukit Campuhan ini, tentunya kamu ingin segera mengunjungi lokasi itu bukan? Sebelum berkunjung, jangan lupa memperhatikan hal-hal diatas agar liburan kamu semakin menyenangkan.

Tempat ini juga sangat cocok untuk kunjungan bersama keluarga, kerabat ataupun pasangan untuk menikmati pemandangan alam terbuka baik di hari libur maupun saat akhir pekan. Tetap jaga sopan santun, ya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menikmati hari libur kamu.

80%
Awesome
  • Keindahan
  • Harga Tiket Masuk
  • Lokasi
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.