Bukit Kukusan, Setiap Sudutnya Adalah Spot Foto Instagramable

Bukit Kukusan yang hijau dan asri menjadi lokasi wisata yang  sedang digemari dan digandrungi para pengunjung dari berbagai daerah. Bahkan banyak diantara para wisatawan datang dari luar kota. Keunggulan bukit ini selain menjanjikan panorama alam yang eksotik juga menjangkau 360 Derajat Views dari puncak bukit.

Bukit Kukusan nan hijau dan asri menjadi lokasi wisata yang  sedang digemari dan digandrungi para pengunjung dari berbagai daerah. Keunggulan bukit ini selain menjanjikan panorama alam yang eksotik juga menjangkau 360 Derajat Views dari puncak bukit.
Bukit Kukusan. Image via: dakatour.com

Bukit Kukusan memiliki ketinggian sekitar 900 meter dari permukaan laut. Berada di tepi jalan utama Desa Gambuhan sehingga lebih mudah dijangkau. Desa Gambuhan sendiri berada dilereng Gunung Slamet, dengan suasana pedesaan yang masih sangat asri.

Suasana udaranya juga sejuk, dengan pepohonan pinus yang terlihat asri dan memberikan keindahan yang membuat betah berlama-lama di bukit. Perjalanan ke puncak bisa dilalui dengan menyenangkan. Apalagi banyak fasilitas yang tersedia sepanjang perjalanan ke atas puncak.

Dan yang paling menarik adalah, tempat ini menjadi pos pengamatan Gunung Slamet. Pengunjung dapat melihat langsung bagaimana gagah dan megah nya gunung yang memiliki ketinggian 3.428 mdpl. Pemandangan ini akan terlihat lebih jelas jika datang berkunjung di saat pagi atau sore hari.

Suasana malam hari di bukit Kukusan lebih indah. Cahaya lampu perkotaan sangat jelas terlihat dari atas bukit. Bukit Kukusan menyajikan pemandangan hijau yang terbentang luas sangat cocok untuk dijadikan latar belakang berfoto.

bercengerama bersama kawan di dalam keindahan bukit kukusan sungguh bermakna spesial
Bersama kawan. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: 11 lokasi wisata di Pemalang

Lokasi Bukit Kukusan

Untuk tiba ke objek wisata Bukit Kukusan ini pengunjung harus melakukan perjalanan dengan tujuan ke Jalan Raya Karangsari – Guci No. 6020, Desa Gambuhan , Kecamatan Polosari, Pemalang, Jawa Tengah.

Belokasi tepat berada di kaki Gunung Slamet membuat suasana di bukit ini terasa sangat nyaman.

Rute Menuju Bukit Kukusan

Untuk mencapai lokasi wisata populer jawa tengah ini perjalannya sendiri tidak terlalu rumit. Dari stasiun Pemalang tempat ini bisa ditempuh selama 1 s/d 2 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 48 km.

Bagi pengunjung  yang melakukan perjalanan dari pusat Kota Pemalang bisa langsung melakukan perjalanan dengan melewati Randudongkai – Moga – Guci. Dari sana pengunjung akan menemukan sebuah tanjakan, dan tidak lama kemudian kamu sudah sampai di Bukit Kukusan ini.

Jalan ke Bukit kukusan yang asri dan hijau.
Jalan ke Bukit. Image via: @sarwoedy/

Kondisi jalan yang dilewati untuk mencapai lokasi sudah dalam keadaan beraspal dan halus namun karena berada di daerah pegunungan pasti akan ada tanjakan yang harus dilalui.

Jam Buka Bukit Kukusan

Bukit kukusan buka setiap hari dari Senin sampai minggu. Bukit indah ini dibuka mulai jam 07.00 di pagi hari, dan di tutup pada sore hari jam 17.00

Tiket Bukit Kukusan

Sebelum menikmati pemandangan super indah di bukit kukusan ini, pengunjung diminta membayar biaya retribusi sebesar Rp. 3.000,-/ orang.

Untuk pengunjung yang datang membawa kendaraan, juga akan dikenakan biaya tambahan berupa parkir sebesar Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat pribadi. Kendaraan rombongan seperti Bus dan Elf diatur dengan harga terpisah.

Jika ingin berfoto terdapat tempat khusus dengan latar belakang yang bagus cukup membayar biaya tambahan sebanyak Rp 2000,- untuk tiap spot.

Ayunan Tresno salah satu spot andalan bukit kukusan
Ayunan tresno. Image via: @sarwoedy

Simak juga: Menyalami lumba-lumba di Batang dolphin center

Fasilitas Bukit Kukusan

Fasilitas umum yang dimiliki oleh Bukit Kukusan ini standar objek wisata pada umumnya. Disini tersedia toilet, area parkir dan juga mushola. Area parkir lumayan luas, setidaknya mampu menampung puluhan kendaraan.

Untuk pengunjung yang kelupaan membawa perlengkapan shalat nggak usah khawatir karena mushola disini cukup memadai. Selain menyediakan tempat ibadah yang layak, mereka juga menyiapkan perlengkapan shalat juga.

Sedangkan untuk toilet, kondisi nya selalu terawat dan bersih, sehingga para pengunjung bisa menggunakannya dengan nyaman. Buat yang ingin duduk santai disini juga disediakan seperti bangku dari kayu.

Selain itu buat pengunjung yang merasa haus atau lapar, disini juga tersedia semacam kantin atau rumah makan. Dimana pengunjung bisa menyantap aneka makanan berat, cemilan ringan dan juga minuman disini dengan harga terjangkau.

Spot Foto Bukit Kukusan

  1. Spot Alami

bergoto di buitkukusan dengan latar sawah yang alami
Berlatar sawah. Image via: jejakpiknik.com

Dari area parkir pengunjung kita masuk ke gapura kecil bertuliskan “Welcome to 360 view”. Di sini pengunjung sudah bisa numpang narsis berfoto ria. Gerbang ini sekaligus berfungsi sebagai loket tiket. Setelah bayar, pengunjung bisa memulai pendakian.

Setelah dari gapura dan naik sebentar pengunjung akan melewati beberapa kios yang dikelola oleh warga sekitar. Di sini pengunjung bisa ngopi-ngopi, makan-makan atau bersantai. Ada beberapa kios yang memang ditempatkan berdekatan dan lokasi nya di bagian bawah.

Di lokasi ini pengunjung sudah bisa mulai foto-foto dengan latar belakang area sawah dan jalan yang ada di bawah bukit. Ambillah posisi yang pas biar foto akan terlihat menarik. Jadi, spot-spot yang ada di sini memiliki ketinggian dan desain yang berbeda beda.

  1. Spot Buatan

SAlah satu spot buatanyang didesain artistikoleh pengelola BUkit kukusan
Jendela angkasa. Image via: lulukhodijah.com

Simak juga: Pasir Puth Pantai Wates rembang

Semua spot yang ditawarkan untuk berfoto ria semuanya didesain dengan kayu-kayu. Di spot pertama pengunjung bisa berfoto di atas jembatan buntu. Jembatan terbuat dari bambu dan di atasnya ada area di atas pohon yang masih bisa dinaiki untuk mendapatkan foto yang lebih menarik, tapi ingat yah untuk lebih berhati-hati agar tidak jatuh.

Spot berikutnya adalah sebuah area duduk santai yang dipasang diantara dua pohon pinus. Di sini pengunjung bisa foto berempat dengan keluarga atau rekan pengunjung dengan duduk santai. Hasil foto akan terlihat keren karena dilatarbelakangi dengan pemandangan sawah yang indah.

Naik ke atas tidak jauh dari spot untuk duduk santai tadi ada spot berupa jembatan dari bambu. Di sini pengunjung bisa mengambil foto keren dengan pose berdiri di atas jembatan yang letaknya di atas sawah-sawah. Nah di sini, pengunjung harus ekstra hati-hati karena tidak ada pegangan.

Rumah kuusan bukit kukusan adalah spot ke empat, berupa rumah-rumahan dari kayu dan beratap jerami.
Rumah kukusan. Image via: ngetripyuk.id

Beranjak dari spot ketiga, kita akan melewati spot ke empat dimana ini merupakan jalur untuk menuju spot foto berikutnya. Di spot ke empat ini berupa rumah-rumahan dari kayu dan beratap jerami.

Spot ke empat berupa ayunan kayu dengan tali yang diikat di antara dua pohon pinus. Dengan posisi yang pas, pengunjung akan mendapatkan foto yang keren.

Selanjutnya menuju spot keenam dimana bentuknya rumah kayu. Jika pengunjung ambil posisi yang bagus, pengunjung dapat mengambil foto seakan-akan berada di rumah di atas ketinggian.

Spot terakhir berupa jembatan kayu yang lumayan panjang. Kapasitasnya juga lumayan banyak. Tapi ingat, wajib hati-hati. Lokasinya sendiri berada di puncak bukit.

rumah pohon tinggi di bukit kukusan
Warung pohon. Image via: piknikasik.com

Simak juga: Tirto ArumKendal, Oase di teriknya jalur pnatura

Objek Wisata Dekat Bukit Kukusan

Selain bukit Kukusan di dataran tinggi Pemalang ada juga Air terjun Sibedil. Dengan pemandangan yang unik dan airnya yang bersih membuat orang ingin berenang menyusuri air di bawah curug tersebut, masyarakat menamai air terjun tersebut dengan sebutan Sibedil karena dulunya ada sebuah batu di sekitar air terjun tersebut yang mirip dengan senapan, yang dalam bahasa jawa disebut  bedil.

Tempat wisata di Pemalang lainnya adalah Pantai Widuri. Dengan perpaduan pantai dan wahana permainan yang dibuat oleh pemerintah setempat membuat tempat ini semakin asik untuk dikunjungi. Ada berbagai spot wisata yang unik mulai dengan water boom di pinggir pantai dengan segala permainan.

Demikian sedikit cerita soal jalan jalan di keindahan bukit kuskusan, yang membuat pengunjung selalu terpesona. Ayo segera rencanakan perjalanan mu ke lokasi eksotis ini.

Baca juga:

Leave a Comment