Bukit Kukusan, Update Terbaru Wisata Pemalang Di Masa Pandemi

Bukit Kukusan merupakan wisata Pemalang yang lahir dari semangat melestarikan alam dalam balutan nilai seni yang kekinian, yang dimotori oleh pemuda setempat.

Wisata Bukit Kukusan adalah objek wisata yang sempat menarik hati banyak wisatawan lokal pada khususnya. Namun saat pandemi menjalar, Bukit Kukusan adalah satu dari sekian banyak wisata yang terdampakoleh Covid-19.

Bukit Kukusan memiliki ketinggian sekitar 956 mdpl, serta spot terbaik untuk menikmati keindahan alam sekitarnya dari ketinggian.

Bukit Kukusan Pemalang
Bukit Kukusan Pemalang. GoogleMaps: Sumber: lh5.googleusercontent.com

Di saat pandemi, beberapa titik di Bukit Kukusan nampak tidak terawat, terutama ilalang yang mulai tumbuh subur.

Namun, sebagaian besar spotnya masih layak untuk dinikmati. Dan Bukit Kukusan tetap memiliki pesona untuk mendatangkan para pengunjung, terutama di akhir pekan.

Simak juga: 11 lokasi wisata di Pemalang

Sejarah Bukit Kukusan Pemalang

Menaiki Beberapa Anak Tangga
Menaiki Beberapa Anak Tangga. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pada mulanya, Bukit Kukusan merupakan area  camping tanpa spot yang instagramable seperti saat ini. Namun, lokasi Bukit Kukusan berada di ketinggian yang mampu menyajikan view alam yang sangat menawan.

Sadar akan keunggulan yang dimiliki oleh Bukit Kukusan, maka para pemuda setempat terketuk hati untuk mengembangkan kawasan Bukit Kukusan menjadi sebuah objek wisata.

Wisata Bukit Kukusan dibuka untuk umum sejak tahun 2017. Hal tersebut semakin mempertegas bahwa saat itu, adalah zaman kebutuhan eksistensi di media sosial mulai menjadi trend.

Maka kehadiran spot instagramable di setiap sudut Bukit Kukusan Pemalang menjadi sebuah keniscayaan yang membuahkan hasil manis.

Dan kini, objek wisata Bukit Kukusan Pemalang pengelolaannya di bawah Bumdes, dan tetap melibatkan para pemuda setempat.

Trekking Menuju Puncak Bukit Kukusan

Trekking Menuju Bukit Kukusan
Trekking Menuju Bukit Kukusan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Bukit Kukusan terletak di jalan alternatif Moga – Guci, sebuah jalan yang sudah tertata baik, dan dipenuhi pemandangan alam khas pedesaan.

Setelah sampai di area parkir wisata Bukit Kukusan, maka para pengunjung harus melakukan pendakian, atau trekking di jalur yang telah disediakan.

Jarak dari loket pembayaran meuju puncak Bukit Kukusan sekitar 200 meter, dengan kondidi jalur yang sudah berbentuk lapisan tangga tembok.

Hampir setiap sudut sepanjang perjalanan menuju Bukit Kukusan dipenuhi dengan beragam spot yang sangat instagramable, dengan latar alam yang menawan.

Daya Tarik Bukit Kukusan Pemalang, Jawa Tengah

Ada 2 hal utama yang menjadi daya tarik dari objek wisata Bukit Kukusan Pemalang, Jawa Tengah, yang mampu memikat para pengunjung. Yaitu:

1. Panorama Alam

Panorama Alam Yang Menyejukkan
Panorama Alam Yang Menyejukkan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Daya tarik yang pertama dari Bukit Kukusan adalah panorama alam yang tampak elok, saat pengunjung berada di tengah, sampai ke puncak Bukit Kukusan.

Gunung Slamet, sebagai gunung tertinggi yang ada di Jawa Tengah nampak begitu megah saat berada di puncak Bukit Kukusan.

Panorama pedesaan yang ada di bawah bukit, area sawah yang luas, yang terbelah oleh jalan alternatif yang sudah berbentuk aspal, adalah view yang dapa disaksikan oleh pengunjung.

2. Spot Instagramable

Banyak Spot Foto Yang Kece Banget
Banyak Spot Foto Yang Kece Banget. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Banyaknya ragam spot selfie yang ada di Bukit Kukusan, tentu saja menjadi daya tarik bagi para pengunjung, terutama bagi mereka yang haus eksistensi di media sosial.

Semua spot selfie, atau spot instagramable tersebut terletak hampir di setiap sudut keindahan Bukit Kukusan, beragam bentuk, dan beragam sensasi.

Lokasi Dan Alamat Bukit Kukusan Pemalang

Lokasi Bukit Kukusan terletak di jalur, atau jalan alternatif Guci – Moga. Adapun alamat Bukit Kukusan berada di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Bukit Kukusan

Rute menuju Bukit Kukusan dapat melalui jalan Guci – Moga, yang dapat dilalui oleh kendaraan jenis roda empat, maupun roda dua.

Adapun jarak dari alun-alun Pemalang menuju Bukit Kukusan berjarak sekitar 8 kilometer, dengan total waktu tempuh 1 jam 30 menit.

Perpaduan Yang Pas Banget
Perpaduan Yang Pas Banget. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Harga Tiket Masuk Bukit Kukusan

Harga tiket masuk Bukit Kukusan adalah:

  • Tiket Masuk Rp. 5.000 per orang
  • Tiket Parkir Motor Rp. 2.000
  • Tiket Parkir Mobil Rp. 5.000

Jam Buka Bukit Kukusan

  • Jam buka Bukit Kukusan dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00.
  • Objek wisata Bukit Kukusan buka setiap hari

Fasilitas Di Bukit Kukusan

Fasilitas di wisata Bukit Kukusan sudah sangat memadai, seperti:

  • Toilet
  • Mushola
  • Rumah Makan
  • Area Parkir
Sebuah Bukit Yang Sudah Berhias
Sebuah Bukit Yang Sudah Berhias. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Penginapan Di Bukit Kukusan

Bagi para pengunjung yang ingin menginap dekat Bukit Kukusan, maka penginapan terdekat hanya berjarak 4 kilometer saja dari lokasi utama.

Penutup

Demikian info lengkap Bukit Kukusan Pemalang, tetap patuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pihak pengelola, dan pemerintah.


Leave a Comment