Bukit Kukusan, Setiap Sudutnya Adalah Spot Foto Instagramable

Siapa sangka ternyata objek wisata Bukit Kukusan kini menjadi tujuan wisata yang cukup ramai bahkan pengunjungnya pun ada yang datang dari luar kota. Hal ini dikarenakan lokasi wisata yang satu ini memiliki panorama yang sangat indah. Bahkan di lokasi wisata ini pengunjung bisa menikmatinya dengan jangkauan pandang mencapai 360 derajat.

Bukit Kukusan nan hijau dan asri menjadi lokasi wisata yang sedang digemari dan digandrungi para pengunjung dari berbagai daerah. Keunggulan bukit ini selain menjanjikan panorama alam yang eksotik juga menjangkau 360 Derajat Views dari puncak bukit.
Bukit Kukusan. Image via: dakatour.com

Kemudian, komdisi alam yang ada pun masih sangat asri karena memang area ini berada di lereng gunung Slamet yang terkenal akan keasrian suasana pedesaannya. Dengan ketinggian sekitar 900 mdpl, membuat lokasi ini sangat pas dijadikan sebagi spot untuk menyaksikan panorama sekitar dengan jelas.

Dan tentu saja lokasi ini pun memberikan hidangan berupa udara sejuk serta segar kepada para pengunjungnya. Tak ketinggalan berbagai fasilitas penunjung pun siap membuat para pengunjung merasa betah berlama-lama berada di sini.

Dan yang paling menarik adalah, tempat ini menjadi pos pengamatan Gunung Slamet. Pengunjung dapat melihat langsung bagaimana gagah dan megah nya gunung yang memiliki ketinggian 3.428 mdpl. Pemandangan ini akan terlihat lebih jelas jika datang berkunjung di saat pagi atau sore hari.

Bukit kukusan memang punya segalanya untuk dijadikan spot berfoto. Latar berupa pemandangan yang hijau nan elok tentunya dapat menyempurnakan hasil jeperetan nanti. Tak hanya itu saja, ternyata area bukit ini pun memiliki suasana malam yang sangat mengagumkan dengan gemerlapnya cahaya lampu perkotaan yang nampak begitu mewah dari atas bukit ini.

bercengerama bersama kawan di dalam keindahan bukit kukusan sungguh bermakna spesial
Bersama kawan. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: 11 lokasi wisata di Pemalang

Lokasi Bukit Kukusan

Untuk tiba ke objek wisata Bukit Kukusan ini pengunjung harus melakukan perjalanan dengan tujuan ke Jalan Raya Karangsari – Guci No. 6020, Desa Gambuhan , Kecamatan Polosari, Pemalang, Jawa Tengah.

Belokasi tepat berada di kaki Gunung Slamet membuat suasana di bukit ini terasa sangat nyaman.

Rute Menuju Bukit Kukusan

Untuk mencapai lokasi wisata populer jawa tengah ini perjalannya sendiri tidak terlalu rumit. Dari stasiun Pemalang tempat ini bisa ditempuh selama 1 s/d 2 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 48 km.

Bagi pengunjung  yang melakukan perjalanan dari pusat Kota Pemalang bisa langsung melakukan perjalanan dengan melewati Randudongkai – Moga – Guci. Dari sana pengunjung akan menemukan sebuah tanjakan, dan tidak lama kemudian kamu sudah sampai di Bukit Kukusan ini.

Jalan ke Bukit kukusan yang asri dan hijau.
Jalan ke Bukit. Image via: @sarwoedy/

Jam Buka Bukit Kukusan

Bukit kukusan buka setiap hari dari Senin sampai minggu. Bukit indah ini dibuka mulai jam 07.00 di pagi hari, dan di tutup pada sore hari jam 17.00

Tiket Bukit Kukusan

Sebelum menikmati pemandangan super indah di bukit kukusan ini, pengunjung diminta membayar biaya retribusi sebesar Rp. 3.000,-/ orang.

Untuk pengunjung yang datang membawa kendaraan, juga akan dikenakan biaya tambahan berupa parkir sebesar Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat pribadi. Kendaraan rombongan seperti Bus dan Elf diatur dengan harga terpisah.

Ayunan Tresno salah satu spot andalan bukit kukusan
Ayunan tresno. Image via: @sarwoedy

Simak juga: Menyalami lumba-lumba di Batang dolphin center

Fasilitas Bukit Kukusan

Objek wisata bukit kukusan memiliki fasilitas yang memadai, pengunjung yang datang bisa memarkirkan kendaraannya di area yang yang cukup luas. Area parkir ini dapat menampung hingga puluhan kendaraan.

Selain itu, di lokasi ini juga sudah tersedia tempat ibadah atau musholla yang nyaman serta sudah dilengkapi dengan perlengkapan sholatnya. Kemudian, fasilitas toiletnya pun selalu dirawat dengan baik sehingga terjaga kebersihannya.

Di sisi lain, kursi-kursi yang terbuat dari kayu juga bisa dimanfaatkan pengunjung untuk duduk-duduk santai sambil menikmati panorama bukit kukusan. Kamudian, kantin yang tersedia pun selalu siap sedia mengisi perut pengunjung yang lapar.

Spot Foto Bukit Kukusan

  1. Spot Alami

bergoto di buitkukusan dengan latar sawah yang alami
Berlatar sawah. Image via: jejakpiknik.com

Objek wisata bukit Kukusan memang menghadirkan begitu banyak spot yang menarik untuk berfoto. Bahkan pada saat baru masuk pun pengunjung bisa langsung berfoto di gapura yang bertuliskan “Welcome to 360 view”. Gerbang ini sekaligus berfungsi sebagai loket tiket. Setelah bayar, pengunjung bisa memulai pendakian.

Setelah masuk melewati gerbang akan nampak kedai-kedai yang menjajakan berbagai makanan. Di area ini pengunjung bisa bersantai dulu sebelum mengeksplorasi bukit kukusan dengan ngopi-ngopi dan ngemeal makanan ringan.

Setelah itu, pengunjung bisa melanjutkan foto-fotonya dengan mengambil latar persawahan yang ada di bawah bukit. Pengunjung bisa sekreatif mungkin mencari sudut foto yang pas sehingga hasil jepretan pun semakin ciamik lagi.

  1. Spot Buatan

SAlah satu spot buatanyang didesain artistikoleh pengelola BUkit kukusan
Jendela angkasa. Image via: lulukhodijah.com

Simak juga: Pasir Puth Pantai Wates rembang

Spot-spot yang dihadirkan lokasi wisata bukit kukusan memang didesain dari bahan kayu sehingga membuat suasannya terasa alami. Jembatan buntu merupakan spot pertama yang bisa di coba oleh pengunjung. Jembatan ini terbuat dari bambu dimana pengunjung bisa naik keatas area di atas pohon untuk mendapat spot yang lebih tinggi.

Kemudian, yang kedua adalah tempat duduk yang dipasang  diantara dua pohon pinus. Pemandangan sawah akan didapati pada saat berfoto di area ini. Selain itu alangkah lebih baiknya jika berfoto disini berpasangan atau bersama keluarga.

Selanjutnya pengunjung isa naik sedikit keatas untuk berfoto di spot yang ketiga yakni jembatan bambu yang memilki panorama persawahan di bawahnya. Namun untuk berfoto disini pengunjung harus sangat hati-hati karena spot ini tidak dilengkapi dengan pegangannya.

Rumah kuusan bukit kukusan adalah spot ke empat, berupa rumah-rumahan dari kayu dan beratap jerami.
Rumah kukusan. Image via: ngetripyuk.id

Selanjutnya di spot ketiga ada semacam bangunan rumah-rumahan dari kayu yang atapnya dari jerami. Spot ini juga meruooakan jalur menuju spot kelima yang berupa ayunan yang diikatkan diantara dua pohon pinus yang tinggi. Selain berfoto, pengunjung juga bisa bersang-senang di ayunan ini, namun tetap berhati-hati ya.

Di spot kelima pengunjung bisa menjumpai rumah kayu lainnya yang posisinya berada di ketinggian. Dengan posisi sudut yang pas pengunjung bisa mendapati hasil foto rumah seolah sedang melayang di awan.

Dan yang terakhir adalah jembatan kayu yang panjang yang berada di puncak bukit. Jembatan ini memiliki daya tampung yang lumayan banyak, namun berhati-hatilah pada saat hendak ke area ini karena lokasinya yang paling tinggi diantara spot lainnya.

rumah pohon tinggi di bukit kukusan
Warung pohon. Image via: piknikasik.com

Simak juga: Tirto ArumKendal, Oase di teriknya jalur pnatura

Objek Wisata Dekat Bukit Kukusan

Selain bukit Kukusan di dataran tinggi Pemalang ada juga Air terjun Sibedil. Air terjun ini memiliki pemandangan yang unik dengan air yang mengalir begitu kernih sehingga membuat siapa pun yang berada di area ini ingin berenang. Dulu, terdapat batu beasr yang myerupai senapan (bedil), maka dari itu air terjun ini dinamai warga dengan nama sibedil.

Tempat wisata di Pemalang lainnya adalah Pantai Widuri, yang memadukan keindahan alam dengan wahan permainan yang menyenangkan. Salah satunya Waterboom yang terdapat di pinggir pantai yang menghadirkan permainan yang seru bagi pengunjung.

Demikian sedikit cerita soal jalan jalan di keindahan bukit kuskusan, yang membuat pengunjung selalu terpesona. Ayo segera rencanakan perjalanan mu ke lokasi eksotis ini.

Baca juga:

Leave a Comment