Bukit Panguk Kediwung, Tempat Berburu Sunrise Di Atas Awan

| | ,

Menikmati sunrise dengan udara segar tentu pengalaman yang sangat menyenangkan dan menarik untuk dicoba. Di Yogyakarta, salah satu daerah yang banyak menawarkan tempat wisata sunrise di dataran tinggi, adalah area perbukitan Kecamatan Dlingo yang berada di Kabupaten Bantul.

Ada banyak destinasi menarik di Kecamatan Dlingo, salah satu diantaranya Bukit Panguk Kediwung. Objek ini memang relatif baru, jadi munkgin masih rada asing di telinga masyarakat di luar Jogya. Bukit Panguk Kediwung ini lokasinya tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan yang telah lebih dahulu populer sebagai objek wisata di Bantul.

Sunrise
Langit pagi dari atas awan. Image via: www.instagram.com/dimaaas.23

Bukit Panguk Kediwung mulai dibuka untuk umum pada bulan mei 2016. Oleh karena itu, Bukit Panguk Kediwung belum sepopuler destinasi lain di sekitarnya, misalnya Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus Mangunan, dan Puncak Becici.

Menu andalan di Bukti Panguk Kediwung adalah menikmati keindahan sunrise di atas awan. Sunrise ini bisa terlihat jelas, karena Bukit Panguk Kediwung yang menghadap ke timur.

Waktu terbaik untuk bisa menikmati sunrise di Bukit Panguk Kediwung adalah pada jam 05.00 pagi. Untuk bulannya, bulan terbaik untuk mengunjunginya adalah pada bulan bulan musim kemarau. Jika terpaksa harus berkunjung bertepatan dengan bulan musim hujan, paling tidak pilihlah hari dimana sehari sebelumnya tidak ada hujan.

Lihat juga: daftar tempat wisata Jogja yang populer

sunrise
Sunrise menawan. Image via: www.instagram.com/kelly_ramadhan

Lokasi Bukit Panguk Kediwung

Lokasi Bukit Panguk kediwung berada di dusun Kediwung, Kelurahan Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bukit Panguk Kediwung tidak seberapa jauh dari Kebun Buah Mangunan. Untuk sampai di Bukit Panguk Kediwung tidaklah sulit, karena sudah terdapat papan petunjuk yang sangat jelas. Beberapa waktu lalu, Jalan menuju Bukit Panguk Kediwung juga sudah di aspal. Jadi saat ini kondisinya bagus tanpa lobang.

Jalan
Kondisi jalan yang relatif kecil dan tikungan tajam. Image via: www.ikutilangkahkaki.com

Baca juga: pesona Bukit Bintang di Jogja

Rute Menuju Bukit Penguk Kediwung

Sampai saat ini, untuk mengunjungi Bukit Panguk Kediwung baru hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi saja. Baik itu berupa mobil ataupun sepeda motor. Kendaraan besar seperti bus belum dapat mengakses Bukit Panguk Kediwung.

Untuk mempermudah perjalanan, dari pusat kota Jogja sebaiknya menuju ke terminal Giwangan dahulu. Selanjutnya menuju arah selatan mengikuti jalur Imogiri timur, mengikuti jalan yang menuju jalur kompleks makam raja-raja Imogiri. Sebelum tiba di makam raja-raja, ada pertigaan yang memiliki petunjuk arah ke Kebun Buah Mangunan atau hutan Pinus. Ikuti tanda petunjuk jalan itu.

Selain itu, bisa juga menuju pasar Imogiri. Kemudian ambil belok kiri untuk menuju ke Mangunan. Di sepanjang jalan itu, banyak sekali petunjuk arah ke Kebun Buah Mangunan, sehingga cukup mengikuti saja agar tidak salah alamat. Setiba di Kebun Buah Mangunan, maka Bukit Panguk sudah dekat. Jaraknya hanya sekitar 2 km dari Kebun buah Mangunan ini.

Rute
Rute menuju lokasi, mulai dari pusat kota jogja. Image via: Google maps.

Sebagai catatan, kewaspadaan berkendara perlu ditingkatkan ketika menuju ke Bukit Penguk Bantul ini. Akses jalan menuju Bukit Panguk Kadiwung Bantul, kurang bersahabat. Jalan relatif sempit. Hal ini ditambah dengan kontur jalanan yang naik turun disertai beberapa tikungan tajam.

Jam Buka Bukit Penguk Kediwung Bantul

Untuk waktu penerimaan pengunjung, Bukit Penguk dibuka mulai jam 05.00 pagi dan tutup jam 06.00 sore.

Jam buka yang sangat pagi ini, karena mencari puncak keindahan. Puncak keindahan panorama alam di bukit ini diperoleh saat dekat waktu subuh. Saat kabut belum menghilang naik menjadi awan.


Sunrise
Alasan kenapa harus buka jam 5 pagi. Image via: phinemo.com

Simak: review Hutan Pinus Pengger

Harga Tiket dan Parkir Bukit Panguk Kediwung

Harga tiket Bukit Panguk Kediwung ini cukup murah dan terjangkau bagi semua kalangan. Harga tiket Bukit Panguk Kediwung sebesar Rp 2.500,00 per orang.

Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil dikenai biaya parkir sebesar Rp 5.000,00 sedangkan untuk sepeda motor Rp 2.000,00.

Harga tiket ini tidak termasuk pungutan untuk mengguankan fasilitas spot foto. Untuk beberapa spot foto dikenakan tarif Rp 3.000,00 per spot per orang. Untuk setiap spot foto dapat digunakan maksimal oleh 3 orang secara bersamaan.

Fasilitas Bukit Panguk Bantul

Fasilitas yang ada di lokasi sudah cukup memadai. Area parkir yang tersedia cukup luas bisa memuat banyak mobil dan sepeda motor. Fasilitas toilet pun sudah tersedia. Mushola juga tersedia di tempat ini. Yang terpenting terdapat warung penjaja makanan minuman yang siap memadamkan rasa lapar karena yang datang pagi-pagi buta saat belum sarapan.

warung makan
Warung makan di Bukit Panguk. Image via: www.ikutilangkahkaki.com

Namun karena wisata ini masuk katagori wisata blusukan, jalan yang ditempuh ketika memasuki kawasan desanya ada beberapa kerusakan kecil di beberapa bagian.

Jalannya tidak lebar, sehingga bis besar sangat sulit unutk bisa masuk ke objek wisata ini.

Sunrise Di Bukit Panguk Kediwung

Panorama Bukit Panguk Kediwung saat matahari terbit dan berpadu dengan gumpalan kabut yang seperti awan. Perpaduan sempurna dua fenomena alam itu membuat wisatawan menganggap saat sunrise di Bukit Panguk Kediwung serasa berada di negeri di atas awan.

sunrise
Sunrise sempurna dari atas awan. Image via: www.instagram.com/dimaaas.23

Selain sunrise dan lautan kabut yang menyerupai negeri di atas awan, pengunjung juga bisa berfoto di beberapa spot yang disediakan oleh pengelola di Bukit Panguk Kediwung. Ada lebih dari lima spot foto yang dapat dipergunakan oleh pengunjung.

istana langit
Spot foto Istana langit. Image via: www.instagram.com/sofya_rahmy/

Pengelola tempat wisata ini menyediakan beberapa gardu pandang yang terbuat dari kayu dan bambu berbentuk jembatan yang menjorok dari bibir tebing agar pengunjung bisa lebih puas menikmati pemandangan alam. Dari gardu pandang, pengunjung bisa melihat semua bukit dengan pepohonan hijau serta sungai Oya yang meliuk-liuk mengitari lereng bukit.

Spot gardu pandang terbagi dalam dua kelompok lokasi, ada yang terletak di sebelah timur dan selatan. Gardu pandang di sebelah timur merupakan primadona di sini, karena bisa dipergunakan melihat sunrise dengan sempurna dan juga kabut tebal yang menyelimuti kawasan bukit.

perahu langit
Perahu langit. Image via: Google map.

Semua gardu pandang di sini berbentuk unik, ada yang berbentuk sayap kupu-kupu yang menghadap sungai Oya, ada yang berbentuk bintang, perahu origami, juga kereta kuda terbang dan gardu kayu biasa.

kreta langit
Ada yang mau temani ke negeri awan?. Image via: Google Maps

Untuk gardu yang menghadap timur, pengunjung perlu membayar Rp.3000 dengan durasi selama 3 menit. Setiap gardu pandang ini maksimal diisi untuk 3 orang saja agar tidak terlalu berdesak-desakan. Untuk spot di sebelah selatan pengunjung tidak kenakan biaya. Gardu ini ada yang berbentuk jembatan bambu yang luas dan bisa diisi lebih dari 5 orang.

Pengunjung biasanya memanfaatkan gardu pandang untuk selfie dan berpose dengan latar belakang jajaran perbukitan yang indah. Menjadi sebuah kepuasan tersendiri saat bisa berfoto di atas bukit hijau dengan hamparan pemandangan luas sebagai latar belakang foto.

Foto berlatar hijau perbukitan
Foto berlatar perbukitan hijau. Image via: www.instagram.com/upillkecil/

Tips Berkunjung ke Bukit Panguk Kediwung

Setiap tempat wisata tentu memeiliki karakteristik tersendiri, dan karenanya memerlukan persiapan yang tersendiri pula. Untuk Bukit Panguk Bantul ini, ada beberapa hal yang perlu kita catat ketika merencanakan berwisata ke sana.

  • Sebaiknya datang pada pagi hari, dan pastikan cuaca sedang cerah. Jika ramalan cuaca mengatakan akan hujan, sebaiknya batalkan kunjungan ke sini.
  • Persiapkan kamera dan powerbank, karena akan ada sangat banyak kesempatan mengambil foto-foto indah di Bukit Panguk Kediwung.
  • Kenakan pakaian yang membuat kamu nyaman, dan alas kaki yang memadai. Dan terpenting siapkan pakaian yang menjaga tubuh tetap hangat.
  • Jangan menggunakan sepatu hak tinggi maupun celana pendek, karena suhu udara di tempat ini benar-benar dingin.
  • Jangan buang sampah sembarangan, maupun merusak lokasi sekitar. Jadilah wisatawan terpelajar yang menghormati alam.

Tempat Wisata Lainnya

Setelah menikmati sunrise di pagi pagi bhuta di Bukit Penguk, untuk mengisi siang sekalian makan siang bisa melanjutkan wisata ke Kebun Buah Mangunan, yang hanya berjarak sekitar 2 km dari lokasi ini. Lalu menjelang sore kita bisa pindah lokasi lagi ke Puncak Becici atau hutan pinus Mangunan, untuk memburu sunset.

Perjalanan kita akan jadi perjalanan paket lengkap seharian penuh. Sunrise di pagi hari, wisata outbond di siang hari dan sunset di senja hari. Dan luar biasanya, semuanya bisa diperoleh dalam satu area berdekatan dan suasana kesejukan dataran tinggi.

Demikian cerita cerita soal berwisata di bukit Penguk Kediwung Bantul. Semoga bisa jadi tambahan pertimbangan untuk bisa merencanakan liburan yang lebih menyenangkan. Selamat berlibur dan ingat untuk selalu Jadi traveler yang cerdas, ambil fotonya jaga alamnya!

Bukit Panguk Kediwung, Tempat Berburu Sunrise Di Atas Awan
4.6 (92%) 5 vote[s]

Share artikel ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

19 Tempat Wisata di Malang Yang Populer

Teras Kaca Pantai Nguluran, Menguji Nyali Menggapai Keindahan

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment