Bukit Panguk Kediwung, Wisata Murah Negeri Di Atas Awan

Bukit Panguk Kediwung akhir-akhir ini viral dikalangan mereka penikmat fotografi, alam yang disajikannya sungguh sangat menggumkan.

Hamparan bukit-bukit yang berwarna hijau serta sungai Oya yang mengalir diantara perbukitan yang ada, apalagi jika pagi hari akan nampak kabut lembut yang menutupi kawasan perbukitan tersebut.

Kamu seakan berada di atas awan dengan udara yang cukup sejuk. Letaknya yang berada di ketinggian menawarkan spot untuk menikmati indahnya sunrise dan cantiknya sunset.

negeri di atas awan
negeri di atas awan. google maps. sumber: Wisata Jogja

Lihat juga: daftar tempat wisata Jogja yang populer

Meskipun baru dibuka sekitar bulan Mei tahun 2016 lalu, tempat wisata alam yang satu ini cukup ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam.

Lokasinya dekat dengan Kebun Buah Mangunan, dan dapat menjadi tujuan berwisata kamu ketika berada di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keadaan Indonesia memang belum sepenuhnya pulih dari pandemi covid-19, namun beberapa tempat wisata saat ini sudah mulai dibuka kembali.

Begitu halnya dengan Bukit Panguk Kediwung, Dlingo, yang sudah mulai dapat dikunjungi. Tentunya dengan menerapkan prokes yang sesuai aturan pemerintah.

Lokasi dan Alamat Bukit Panguk Kediwung

Lokasi Bukit Panguk Kediwung tak begitu jauh dari Kebun Buah Mangunan, yakni hanya sekitar 2 km saja. Alamat Bukit Panguk Kediwung tepatnya berada di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

gardu pandang tempat menikmati alam
gardu pandang tempat menikmati alam. google maps. sumber: Juli anto

Rute Menuju Bukit Panguk Kediwung

Untuk menuju Bukit Panguk Kediwung sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada akses angkutan umum yang akan membawamu menuju lokasi.

Jalurnya dapat dilalui kendaraan roda dua ataupun roda empat, lebih baik menggunakan motor karena mendekati area Bukit Panguk Kediwung jalannya cukup sempit.

Namun bukan berarti tidak dapat dilalui kendaraan mobil, hanya saja kamu harus melakukan tindakan ekstra jika berpapasan dengan mobil lain dari arah yang berlawanan.

Jalannya sudah bagus dan beraspal, sehingga nyaman untuk dilalui. Rute yang dapat dituju dari arah pusat kota Jogja, yakni dengan mengarahkan kendaraan menuju Terminal Giwangan terlebih dahulu.

Kemudian dilanjutkan ke arah selatan, ketika tiba di lampu lalu lintas Giwangan, arahkan menuju Pasar Imogiri. Lalu beloklah ke kiri menuju makam raja-raja, sebelum lokasi makam akan ada pertigaan jalan.

Ikutilah arah menuju Kebun Buah Mangunan, sebelum tiba di kebun buah akan ada petunjuk arah yang akan mengarahkanmu menuju Bukit Panguk Kediwung. Jarak yang akan kamu tempuh sekitar 24 km, jika berangkat dari pusat kota Jogja.

bukit panguk kediwung
bukit panguk kediwung. google maps. sumber: Theresa Tonanga

Simak juga: Puncak Becici

Jam Buka Bukit Panguk Kediwung

  • Jam operasional Bukit Panguk Kediwung dibuka mulai hari Senin hingga Minggu.
  • Bukit Panguk Kediwung dibuka mulai pukul 05.00 hingga pukul 18.00 waktu setempat.
  • Jika hendak menikmati sensasi negeri di atas awan, lebih baik datang di pagi hari.

Harga Tiket Bukit Panguk Kediwung

Tiket masuk Bukit Panguk Kediwung sangat murah, yakni hanya Rp. 11.000,- saja per orangnya, dan kamu dapat berfoto sepuasnya di berbagai spot foto yang tersedia. Tiket masuk tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan yang kamu gunakan.

spot perahu
spot perahu. google maps. sumber: Itok Kristianto

Simak: review Hutan Pinus Pengger

Fasilitas Bukit Panguk Kediwung

Fasilitas yang ada di Bukit Panguk Kediwung sudah sangat memadai, yakni dengan tersedianya:

  • Area parkir yang cukup luas,
  • Mushola,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Toilet umum,
  • Gazebo, dan
  • Spot foto yang kece.

Daya Tarik Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung memiliki daya tarik yang tak dapat diragukan lagi, yakni:

1. Panorama Alam Yang Indah

menikmati keindahan bukit panguk kediwung
menikmati keindahan bukit panguk kediwung. google maps. sumber: Igar Andromeda

Baca juga: pesona Bukit Bintang di Jogja

Alam yang disajikan sungguh sangat mengagumkan, Bukit Panguk Kediwung bukan hanya sebagai lokasi untuk berfoto saja. Kamu dapat duduk-duduk dan bersantai di beberapa gazebo atau tempat duduk yang telah disediakan, menikmati pemandangan.

Alamnya sungguh menenangkan ditambah dengan udara yang dirasa sangat sejuk juga bersih, untuk kamu yang sedang suntuk sebaiknya datang ke Bukit Panguk Kediwung untuk melepaskan semua penat yang ada. Alam pasti mempunyai cara untuk menenangkanmu.

Keindahan Bukit Panguk Kediwung semakin menggoda tatkala hadirnya kabut lembut yang menutupi bukit-bukit yang ada, sehingga yang tampak hanyalah gumpalan awan berwarna putih yang membuatmu merasakan sensasi seperti berada di atas awan.

Tak berhenti hanya sampai disitu, keindahan Bukit Panguk Kediwung semakin terpancar ketika sunset maupun sunrise mulai hadir. Sehingga banyak pengunjung yang mengabadikan momen tersebut.

2. Spot Foto Gratis

kuda terbang
kuda terbang. google maps. sumber: Fandi Bima

Jika biasanya spot-spot foto yang ada di kawasan wisata selalu berbayar, berbeda dengan Bukit Panguk Kediwung yang dapat kamu eksplor sepuasnya tanpa membayar sepeserpun.

Namun harus ingat waktu juga ya,,, supaya dapat bergantian dengan pengunjung lain yang ingin mencoba berfoto di spot yang sama.

Spot foto di Bukit Panguk Kediwung sangat beragam dengan bentuk yang Instagramable banget, dan tampilan latar yang sangat indah.

Berikut beberapa spot foto yang ada di Bukit Panguk Kediwung:

  • Kolam yang berbentuk love,
  • Kereta kuda,
  • Gardu pandang,
  • Gardu pandang yang dilengkapi jendela,
  • Spot dengan lantai kayu yang dibuat menyerupai kupu-kupu,
  • Spot dengan bentuk perahu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tinggalkan komentar