Bukit Sanghyang Dora, Tempat Camping Paling Asyik Di Majalengka

Bukit Sanghyang Dora salah satu tempat nge-camp yang ada di Majalengka, Jawa Barat. Yang menawarkan pemandangan indah dari ketinggian.

Camping merupakan kegiatan yang paling diminati anak muda saat ini, dan dapat menjadi salah satu cara untuk mengembalikan jiwa dan raga yang sedang suntuk.

Kabupaten Majalengka terkenal akan keindahan alamnya yang indah, dan saat ini menjadi tujuan para pelancong yang ingin berwisata alam.

hunting foto kece
hunting foto kece. google maps. sumber: BUKIT SANGHYANG DORA RESMI (Base Camp)

simak juga: gunung ciremai via apuy

Berikut deskripsi dari Bukit Sanghyang Dora sebagai bahan referensi wisata kamu untuk berwisata di Majalengka.

Lokasi Bukit Sanghyang Dora

Lokasi Bukit Sanghyang Dora berada di alamat Desa Leuwikujang, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Rute Menuju Bukit Sanghyang Dora

Rute menuju Bukit Sanghyan Dora jika berangkar dari arah Kadipaten dengan menuju Terminal Rajagaluh, lalu belok kiri di Situ Baraya untuk menuju Desa Leuwikujang.

Selanjutnya belok ke kanan untuk melewati jembatan kecil dan beloklah ke arah kiri, teruskanlah perjalananmu hingga akhirnya tiba di Bukit Sanghyang Dora.

Akses jalan menuju Bukit Sanghyang Dora jalannya cukup kecil dan berkelok-kelok, jadi sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua.

basecamp bukit sanghyang dora
basecamp bukit sanghyang dora. google maps. sumber: Dicky Dermawanto

simak juga: curug ibun pelangi

Jam Buka Bukit Sanghyang Dora

Jam operasional Bukit Sanghyang Dora buka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

Harga Tiket Masuk Bukit Sanghyang Dora

  • Tiket masuk Bukit Sanghyang Dora cukup membayar sebesar Rp. 10.000,- saja per orangnya.
  • Ditambah Rp. 3.000,- untuk biaya parkir kendaraan.

Fasilitas Bukit Sanghyang Dora

Fasilitas yang ada di kawasan wisata Bukit Sanghyang Dora diantaranya:

  • Warung makanan dan minuman,
  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Camping ground,
seru seruan bersama
seru seruan bersama. google maps. sumber: Rozakfals fals

simak juga: bukit mercury sayang kaak

Trekking Menuju Bukit Sanghyang Dora

Setelah tiba di Basecamp Bukit Sanghyang Dora dan membayar biaya registrasi, kamu diharuskan melanjutkan perjalanan dengan menapaki jalur yang sudah tertata rapih.

Trekking awal dimulai dengan menapaki anak tangga alami yang berasal dari bebatuan dan tanah, untuk menuju Pos 1. Jalurnya akan sangat licin apabila setelah turun hujan.

Jadi pastikan kamu menggunakan alas kaki yang tidak licin dan juga nyaman untuk digunakan dalam trekking yang menanjak dan masih berupa tanah dan batuan.

Kira-kira 15 menit kemudian akhirnya kamu tiba di Pos 1, Bukit Kayas, yang berada di ketinggian sekitar 212 mdpl. Perjalanan belum berhenti sampai disitu, kamu masih harus melanjutkan perjalanan.

Jalanan yang berbatu dan cukup landai akan kamu lalui, sebelum melalui jalur yang berupa tanjakan yang lumayan curam dan cukup panjang yang diberi nama ‘tanjakan saklek’.

puncak pass sanghyang dora
puncak pass sanghyang dora. google maps. sumber: Said Noor

simak juga: lembah panyaweuyan

Beberapa saat kemudian, tibalah kamu di Pos 2, Pinus Karapyak, di area Pos 2 ini terdapat beberapa warung makanan dan minuman. Sehingga kamu dapat beristirahat sejenak di Pinus Karapyak ini.

Trekking menuju Bukit Sanghyang Dora masih berlangsung, dengan kondisi jalur yang masih sama. Tujuan selanjutnya ialah Pos 3, Panangisan.

Di Pos 3 pemandangan dari ketinggian sudah mulai nampak, tapi ini bukanlah akhir dari trekking kita. Tak jauh dari Pos 3 ada Pos 4, yang memiliki beberapa fasilitas seperti warung, toilet, dan juga mushola.

Akhirnya tibalah kamu di Puncak Pass Bukit Sanghyang Dora, lelah trekking terbayarkan secara kontan dengan pemandangan yang tersaji di depan mata.

Daya Tarik Bukit Sanghyang Dora

1. View Yang Indah

view yang indah
view yang indah. google maps. sumber: Farhan Fajar Imani

simak juga: puncak sawiyah

Bukit Sanghyang Dora berada di ketinggian sekitar 385 mdpl, dengan menyajikan pemandangan alam berupa jajaran bukit-bukit, pemukiman warga sekitar, serta Gunung Ciremai.

View tersebut dapat terlihat secara jelas apabila cuaca sedang cerah, dan di malam hari pemandangan tentu saja akan berbeda dan semakin syahdu dengan hadirnya kerlap kerlip lampu kota.

2. Tempat Camping Paling Asyik di Majalengka

Bukit Sanghyang Dora sering dimanfaatkan untuk mereka yang ingin nge-camp, dan bermalam bersama alam yang indah dengan hanya ditemani nyanyian alam yang syahdu.

Paling asyik camping bersama kawan, menghabiskan waktu dengan bersama sambil menciptakan momen yang tak terlupakan.

tempat camping paling asyik
tempat camping paling asyik. google maps. sumber: Tani Buah

simak juga: taman gunung batu karang

3. Spot Foto Keren

Alam dapat menjadi spot foto yang paling indah, hamparan alam yang tersaji dari atas Bukit Sanghyang Dora merupakan latar yang sempurna dalam sebuah foto maupun video.

Penutup

Bukit Sanghyang Dora dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang membutuhkan healing, pesona keindahan alamnya dapat mengalihkan semua kegalauanmu.


shopee