Jelajah Keindahan Alam Di Wisata Bukit Serelo Lahat

Masih teringat di benak saya kemeriahan Asian Games 2018 yang dilaksanakan di Palembang dan Jakarta. Sosialisasi untuk menyambut Asian Games sudah dirasakan sejak tahun 2016.

Ada sebuah momen dimana saya diperlihatkan sebuah video oleh teman, aktivitas pengibaran bendera untuk menyambut acara tersebut di sebuah puncak yang sangat eksotis.

Bendera Asian Games Di Puncak Bukit Serelo
Bendera Asian Games Di Puncak Bukit Serelo. Sumber : koransn.com

Ya, bukit tersebut bernama Bukit Serelo yang berada di Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan. Bagi anda yang belum tahu tentang indahnya bukit kebanggan masyarakat Lahat tersebut, inilah reviewnya :

Nama Lokasi Wisata

Bukit Serelo biasa orang menyebutnya. Namun ada nama lain dari Bukit Serelo, yaitu :

  • Bukit Jempol, karena bentuk puncaknya menyerupai jempol
  • Bukit Telunjuk, di sudut lain puncak Bukit Serelo hampir menyerupai telunjuk yang menghadap ke langit. Luar biasa! Seolah mengingatkan manusia untuk selalu ingat kepada penguasa langit dan bumi, Tuhan Yang Maha Esa.
Bukit Serelo Atau Bukit Jempol
Bukit Serelo Atau Bukit Jempol. Sumber : ksmtour.com

Ketinggian Bukit Serelo Lahat

Ketinggian Bukit Serelo Lahat adalah 900 mdpl, dan bagian dari gugusan Bukit Barisan. Sebagaimana diketahui bersama bahwa Bukit Barisan adalah barisan bukit terpanjang yang ada di pulau Sumatera.

Jarak dari kota Palembang ke Bukit Serelo sekitar 214 kilometer dengan jarak tempuh sekitar 4-5 jam perjalanan. Adapun jarak dari Lahat Ke Bukit Serelo adalah sekitar 58 kilometer dengan total waktu tempuh 2 jam perjalanan.

Ketinggian Bukit Serelo
Ketinggian Bukit Serelo. Sumber : www.travellink-indonesia.com

Jalur Pendakian Bukit Serelo Lahat

Jalur pendakian Bukit Serelo dari pertama sampai puncaknya berbeda-beda level kesulitannya. Namun begitulah keseruan wisata ke puncak bukit atau gunung. Total waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan jika santai.

Bagi orang yang tidak suka naik gunung, tentu tidak akan memahami rasa atau kenikmatannya. Ngapain susah paya? Kan kita mau bergembira? Biasanya itu pertanyaan yang keluar dari orang yang belum pernah naik gunung.

Mendaki gunung layaknya sebuah perjalanan kehidupan, berakit-rakit ke hulu, berenang ke tepian. Bersusah payah terlebih dahulu, senang kemudian.

Bayangkan perasaan saat anda menggapai sebuah tujuan, namun sebelumnya anda bersusah payah dulu. Itulah kegembiraan, keseruan, dan kenikmatan naik gunung atau bukit.

Jalur Pendakian Secara Keseluruhan
Jalur Pendakian Secara Keseluruhan. Sumber : www.rutewisata.com

Begitupun pendakian atau penjelajahan menuju Bukit Serelo. Level pertama saat mulai memasuki gapura utama, kemudian memasuki perkebunan hingga sampai di pos pertama belumlah terlalu menantang.

Di pos pertama, para pendaki akan melihat sumber mata air yang masih jernih yang mengalir melalui bebatuan. Dan sebuah tulisan pengingat “Sampahmu adalah Dosamu “,

Kita lanjut, jalur pendakian selanjutnya memerlukan tenaga yang lumayan, karena jalurnya masih berbentuk tanah dan bebatuan.

Bagi para pendaki harus selalu berhati-hati, karena semak-semak di pinggir jalur tersebut tinggi. Jangan sampai salah jalur hanya karena tertutupi semak.

Semakin dekat ke puncak, maka tenaga yang dikeluarkan harus semakin ekstra. Karena kemiringannya yang lumayan tajam.

Bentuk batu besar yang puncaknya menyerupai jempol semakin terlihat jelas dan mempesona. Sehingga pesona tersebut adalah kekuatan ekstra untuk segera sampai di lokasi.

Saat akhir dari jalur yang berupa tanah, kerikil dan rerumputan di puncak bukit, maka anda akan melihat pemandangan yang sangat sulit digambarkan keindahanya.

Akhir Pendakian
Akhir Pendakian. Sumber : klikanggaran.com

Sungai yang mengelilingi area Bukit Serelo, wajah perkotaan dari atas bukit, kesegaran udara khas pegunungan, menjadi upah atas pendakian.

Pemandangan Dari Puncak Bukit
Pemandangan Dari Puncak Bukit. Sumber : id.pinterest.com

Jangan kaget, karena puncak Bukit Serelo adalah bebatuan besar. Jika anda bukanlah ahli panjat tebing jangan sampai memaksakan diri untuk naik ke atasnya.

Itulah puncak bukit yang pernah mengibarkan bendera untuk menyambut acara Asian Games 2018. Dan selamat anda telah naik di bukit simbol Kabupaten Lahat, Bukit Serelo.

Puncak Yang Berbentuk Batu
Puncak Yang Berbentuk Batu. Sumber : www.indonesiakaya.com

Jika anda sudah puas, silahkan untuk turun kembali, karena di puncak tersebut tidak ada lokasi untuk ngecamp.

Jika anda beruntung, saat turun anda akan menemukan panorama masyarakat sekitar yang memanen buah Durian. Dan anda bisa membeli dan memakannya di situ langsung. Kesegaran buah Durian menjadi kesempurnaan penjelajahan ke wisata Bukit Serelo Lahat.

Ragam Wisata, Di Bukit Serelo Lahat

Selain naik ke Bukit Serelo, ada beberapa ragam wisata lain yang lokasinya masih di kawasan Bukit Serelo. Diantaranya :

  • Taman Pusat Pelatihan Gajah
  • Pesona Keindahan Sungai Lematang
  • Flora Dan Fauna
Pesona Sungai Mengitari Bukit
Pesona Sungai Mengitari Bukit. Sumber : srivijaya.id

Lokasi Dan Alamat Wisata Bukit Serelo Lahat

Lokasi dan alamat Bukit Serelo berada di Desa Perangai Kecamatan Merapi Selatan Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan.

Rute Menuju Wisata Bukit Serelo Lahat

Rute menuju wisata Bukit Serelo adalah sebagai berikut :

Jika pemberangkatan pertama anda dari Pagar Alam, maka anda tinggal naik bus umum yang menuju ke arah Lahat. Adapun biaya atau ongkosnya berkisar antara Rp. 60.000 per orang.

Setelah sampai di terminal Lahat, maka anda tinggal naik angkutan pedesaan yang menuju ke desa dimana lokasi Bukit Serelo berada.

Waktu tempuh dari Pagar Alam menuju terminal Lahat sekitar 90 menit perjalanan. Adapun jarak dari terminal Lahat ke Bukit Serelo sekitar 50 menit perjalanan. Karena jarak terminal Lahat menuju lokasi Bukit Serelo sekitar 27 kilometer.

Sebelum masuk ke area Bukit Serelo Lahat, para pengunjung harus melapor terlebih dahulu atau koordinasi dengan pemerintah desa setempat.

Harga Tiket Masuk Bukit Serelo Lahat

Harga tiket masuk Bukit Serelo gratis alias tidak dipungut bayaran. Namun jika anda hendak menggunakan jasa penunjuk jalan atau orang yang membantu membawa logistik / perbekalan, anda bisa menghubungi karang taruna setempat. Dan harga jasanya tergantung kesepakatan antara pengunjung dengan pihak karang taruna.

Penginapan Di Wisata Bukit Serelo Lahat

Tidak ada penginapan di wisata Bukit Serelo Lahat. Tetapi bagi anda yang mencari penginapan bisa anda dapatkan di sekitar Lahat dengan ragam fasilitas yang ditawarkan berbeda-beda.

Bagi anda yang sudah mendaki, kemudian ingin membuat tubuh menjadi segar kembai dan terasa ringan, maka di Lahat terdapat hotel yang menyajikan fasilitas spa bagi pengunjungnya.

Urusan harga tentu saja sesuai dengan fasilitas serta jenis penginapan / hotelnya ya…

Tips Wisata Menuju Bukit Serelo

Ada beberapa tips bagi kalian yang hendak liburan ke wisata Bukit Selero Lahat sebagai referensi dasar. Diantaranya :

  • Karena wisata ke Bukit Serelo berupa pendakian, maka pastikan tubuh anda dalam keadaan fit dan sehat
  • Selalu berpijak kepada prinsip kemanan dan kenyamanan dalam berwisata. Baik selama di perjalanan maupun ketika di lokasi wisata Bukit Serelo Lahat
  • Saat akan mendaki Bukit Serelo Lahat, maka ada baiknya anda berkoordinasi atau melapor ke pemerintah desa setempat
  • Jika anda beserta rombongan memerlukan jasa penunjuk jalan atau yang membantu membawa perbekalan, maka anda bisa menghubungi karang taruna setempat
  • Perlu diingat bahwa di puncak Bukit Serelo tidak bisa melakukan aktivitas camping. Karena puncak bukit berupa bebatuan. Jangan sampai ke puncak anda membawa ransel atau perlengkapan camping.
  • Bagi anda yang belum ahli panjat tebing dan tidak membawa kelengkapan, jangan mencoba untuk memanjat ke atas puncak Bukit Serelo
  • Jangan merusak alam sekitar, apalagi membuang sampah sembarangan
  • Hati-hati selama melakukan pendakian. Karena track nya masih berupa tanah dan kerikil.
  • Jika lelah di tengah perjalanan, ada baiknya istirahat di setiap pos yang dilewati. Kemudian lanjutkan perjalanan setelah tenaga anda pulih

Penutup

Teringat sebuah kata-kata bijak yang tertera di salah-satu pos yang ada di Bukit Serelo: “Sampahmu, Dosamu”.

Kalimat sederhana, namun menyimpan sebuah pesan yang sangat mendalam. Intinya bagi semua pihak, tanpa terkecuali pengunjung jangan sampai merusak alam dan membuang sampah sembarangan.

Karena sampah adalah musuh terbesar sebuah objek wisata. Selamat mendaki…

Baca juga:

Leave a Comment