Bukit Sewu Sambang, Wisata Banyuwangi Untuk Menikmati Pesona Selat Bali

Bukit Sewu Sambang, merupakan bukit yang berada di kawasan KPH Banyuwangi Utara, dan memiliki ketinggian 200 mdpl.Ketinggian menjadi sebuah tempat yang sangat nyaman untuk menikmati keindahan Selat Bali, yang tampak indah saat dilihat dari atas Bukit Sewu Sambang.

Bukit Sewu Sambang Banyuwangi
Bukit Sewu Sambang Banyuwangi. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Selat Bali adalah selat yang memisahkan antara dua pulau, yaitu Pulau Jawa, dan Pulau Bali. dan selat ini, memang terkenal memiliki keindahan alam, meskipun pernah terjadi beberapa kali tragedi kapal tenggelam.

Akses jalan menuju Bukit Sewu Sambang sangat mudah, meskipun hanya bisa dilalui oleh kendaraan jenis motor saja. Namun, setidaknya sampai ke area parkir, yang lokasinya tidak jauh menuju puncak Bukit Sewu Sambang.

Simak juga: 14 lokasi indah di Banyuwangi

Sejarah Bukit Sewu Sambang

Pada mulanya Bukit Sewu Sambang hanyalah sebuah area untuk mencari rumput saja, khususnya bagi masyarakat sekitar.

Namun, karena jelinya para pemuda Kalipuro untuk melihat peluang wisata, maka pada tahun 2017 bukit tersebut menjelma menjadi sebuah objek wisata yang selalu ramai dikunjungi, terutama oleh generasi muda.

Sejarah Bukit Sewu Sambang Banyuwangi
Sejarah Bukit Sewu Sambang Banyuwangi. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Awalnya Bukit Sewu Sambang bernama keseran. Setalah mewujud menjadi tempat wisata, maka namapun berubah menjadi Bukit Sewu Sambang, yang bermakna pemandangan bukit yang banyak, serta diharapkan mampu mendatangkan banyak pengunjung.

Akses Jalan Atau Rute Menuju Bukit Sewu Sambang

Sebelum menjelaskan pesona keindahan apa saja di Bukit Sewu Sambang Banyuwangi, traveler disarankan menggunakan kendaraan jenis motor untuk sampai ke Bukit Sewu Sambang.

Karena jalan menuju area parkiran tidak terlalu lebar, kondisi jalan yang plesteran hanya sebagian saja. Di beberapa lokasi masih berupa tanah, dan bebatuan.

Rute Menuju Bukit Sewu Sambang
Rute Menuju Bukit Sewu Sambang. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Setelah sampai di area parkiran. Maka pengunjung harus melanjutkan trekking untuk menuju puncak Bukit Sewu Sambang.

Tidak usah khawatir, hanya beberapa menit saja. Dan yang pasti, banyak sekali pemandangan indah selama di perjalanan.

Kunjungan terbaik ke Bukit Sewu Sambang asalkan tidak di puncak musim penghujan. Karena jalanannya akan menjadi licin, serta beberapa view sedikit terhalang.

Setelah sampai di lokasi utama, maka para pengunjung akan melihat pesona alam yang terhampar indah. Oleh karena itu, jangan lupakan kamera anda, dan abadikan momen terindah saat di sana.

Lokasi Utama Bukit Sewu Sambang
Lokasi Utama Bukit Sewu Sambang. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Daya Tarik Bukit Sewu Sambang Banyuwangi

Pesona keindahan Bukit Sewu Sambang merupakan wisata Banyuwangi yang recommended sebagai destinasi wisata akhir pekan.

Karena di Bukit Sewu Sambang terdapat beberapa daya tarik yang mampu memanjakan setiap pengunjung yang datang. Di antaranya:

1. Panorama Selat Bali

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa Bukit Sewu Sambang merupakan lokasi terbaik untuk menikmati keindahan Selat Bali.

View Selat Bali Di Bukit Sewu Sambang
View Selat Bali Di Bukit Sewu Sambang. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Meskipun di beberapa sisi, view Selat Bali terhalang oleh beberapa gunung, namun secara tidak langsung menjadikan sebuah kolaborasi keindahan.

Momen terindah di Bukit Sewu Sambang, adalah saat menikmati kopi lokal, berselimutkan udara yang sejuk, sambil menikmati keindahan Selat Bali.

2. Spot Selfie

Bukit Sewu Sambang Banyuwangi terlahir dari sebuah kejelian para pemuda yang melihat peluang wisata, yang bisa dijual ke publik.

Pada akhirnya, ragam spot selfie yang menghiasi puncak Bukit Sewu Sambang menjadi sebuah penegasan  tentang peran generasi milenial.

Spot selfie yang ada memiliki latar pemandangan alam yang indah. Dan bagi pengunjung, harus tetap mengutamakan keselamatan saat berada di spot yang dekat dengan tepian jurang ya…

Spot Selfie Khas Bukit Sewu Sambang
Spot Selfie Khas Bukit Sewu Sambang. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

3. Camping Ground

Inilah aktivitas wisata yang sangat digemari oleh generasi muda, yaitu camping. Di Bukit Sewu Sambang Banyuwangi, merupakan lokasi yang nyaman untuk melakukan aktivitas tersebut.

Bahkan, bagi anda  yang melakukan aktivitas camping, maka ada bonus wisata berupa fenomena sunrise, atau matahari terbit.

Pihak pengelola, juga sudah menyediakan fasilitas penyewaan tenda, serta menjual kayu bakar sebgai persiapan saat malam tiba.

Camping Ground Di Bukit Sewu Sambang
Camping Ground Di Bukit Sewu Sambang. Google Maps. Sumber:lh5.googleusercontent.com

Lokasi Bukit Sewu Sambang

Bukit Sewu Sambang berlokasi di Lingkungan Papring, Wangkal, Kalipuro, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam Buka Bukit Sewu Sambang

Wisata Bukit Sewu Sambang buka setiap hari Senin-Minggu, dan buka selama 24 jam bagi yang hendak camping.

Simak juga: KOlam alami Wana Wisata Wendit

Tiket Masuk Bukit Sewu Sambang

Harga tiket masuk Bukit Sewu Sambang sangat murah. Hanya Rp. 5.000 saja per motor. Dan Rp. 10.000 bagi tiket camping.

Adapun harga kayu bakar, Rp. 5.000 per ikat.

Fasilitas Bukit Sewu Sambang

Para wisatawan akan menjumpai berbagai fasilitas penunjang yang cukup lengkap bila berkunjung ke kawasan wisata ini. Terdapt tempat duduk, kedai penjual makanan, gazebo, penunjuk arah serta spot-spot foto yang instagramable.


Tinggalkan komentar