Bukit Sikendil, Menyaksikan Sunrise Berhiaskan 4 Gunung

Gunung Kendil atau dikenal juga Bukit Sikendil merupakan kawasan kegemaran bagi para pendaki khususnya pendaki pemula. Hal ini disebabkan karena area ini memiliki ketinggian yang relatif rendah serta jalur pendakiannya tidak terlalu sulit.

Gunung Kendil atau Bukit Sikendil menjadi salah satu tujuan yang tepat bagi pendaki pemula. Itu karena ketinggian Gunung Kednil yang hanya sekitar 1.800 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan jalur pendakiannya relatif mudah.
Bukit Sikendil. Image via: travel.kompas.com

Meskipun kawasan ini terkesan sebagai kawasan pendakian bagi pemula, namun di sisi lain pemandangan yang tersaji tak kalah mengagumkan. Meskipun gunung ketinggian gunung ini tak sampai 2,000 mdpl, namun siapa sangka kawasan ini memiliki keindahan yang dapat membuat pengunjuk betah-betah berada di sini.

Dari ketinggian sekitar 1.800 mdpl, Gunung Sindoro tampak berdiri begitu gagah. Selain menjulang tinggi ke langit, punggungan dan lembah Gunung Sindoro juga menambah panorama yang terlihat saat mendaki Gunung Kendil.

Satu pemandangan yang paling mencolok dari Gunung Sindoro adalah semacam bekas aliran sungai raksasa yang hulunya berasal dari puncak. Aliran sungai kering ini tampak berliku dan begitu besar. Pemukiman penduduk sekitarnya terlihat sangat kecil.

Dari atas bukit akan tampak deretan gunung-gunung yang berjejer. Di sana, pengunjung dapat melihat Gunung Sindoro-Sumbing di sisi selatan dan Gunung Sigandul-Sibutak di sisi utara.

Dari atas bukit akan tampak deretan gunung-gunung yang berjejer. Di sana, pengunjung dapat melihat Gunung Sindoro-Sumbing di sisi selatan dan Gunung Sigandul-Sibutak di sisi utara.
Dari ketinggian. Image via: picbabun.com

Simak juga: 11 Lokasi Wisata di Temanggung

Lokasi Bukit Sikendil

Bukit SiKendil dapat dijangkau dari Basecamp Pendakian Sikendil via Sibajag yang berada di Desa Sibajag, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Rute Menuju Bukit Sikendil

bagi pengunjung yang berangkat dari Kota Wonosobo dapat melalui rute ke Basecamp pendakian gunung Kendil via Sibajag yang serah dengan kawasan wisata sataran tinggi Dieng. Namun rute yang dilalui tidak sampak ke lokasi Dieng.

Untuk samapi ke tujuan pengunjung diharuskan menempuh perjalanan sekitar 19 km dengan waktu tempuh sekitar 35 menit. Kemudian, pengunjung juga dapat menggunakan jasa transportasi umum yakni bus kecil dari terminal Mendolo hingga pertigaan Rejosari lalu dilanjutkan dengan naik ojek.

Bukit sikendil relatif mudah di daki sehingga bsia dijadikan tujuan untuk sleuruh anggota keluarga
Wisata Keluarga Petualang. Image via: @Batas_Sepiku

Jam Buka Bukit Sikendil

Basecamp Pendakian Gunung Kendil via Sibajag buka selama 24 jam. Namun, bagi pendaki yang datang pada saat malam harus membangunkan penjaga terlebih dahulu.

Meski ketinggiannya tak sampai 2.000 mdpl, bukan berarti hal itu mengurangi keindahan yang tersaji di sana. Pendaki tetap akan disajikan dengan pesona keindahan di atas ketinggian begitu sampai Puncak Sikendil.
Tingginya 1800 mdpl. Image via: @finaarny https://www.instagram.com/p/B2XQN8pFWDa/

Simak juga: Berburu foto di Sibajag Green Canyon

Tiket Bukit Sikendil

Harga tiket masuk ke area pendakian Gunung Kendil sebesar Rp 10.000 per orang.

Kemudian untuk tempat parkir dan penitipan kendaraan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 15.000 untuk mobil.

Fasilitas Bukit Sikendil

Kawasan Bukit Sikendil memili fasilitas yang cukup lengkap. Pengunjung dapat dengan mudah menemui toilet, mushola pendipo dan tempat parkir ketika mnegunjungi tempat ini.  Bahkan kedepannya pengelola akan menyediakan fasilitas tambahan lainnya seperti rumah makan, camping ground dan homestay.

Daya Tarik Bukit Sikendil

  1. Sesuai untuk Pendaki Pemula

Bukit SiKendil yang pas untuk pemula Gunung Kendil bisa dijadikan tujuan pendakian untuk para pendaki pemula. Jarak tempuh ke puncak relatif tak terlalu jauh
Eyang pun Bisa Ikut. Image via: @finaaryn_ 

Gunung Kendil mereupakan kawasan yang pas bagi para pendaki pemula. Hal ini karena gunung Kendil memiliki jarak tempuh yang tak terlalu jauh sehingga ppara pendaki tak akan mengalami kesulitan yang berarti. Untuk mencapai puncaknya akan memakan pendakian sekitar 30 menit dari basecamp Sibajag.

Selain itu gunung ini memiliki jalur pendakian yang lebar sehingga para pendaki tak perlu merasa khawatir tersesesat. Bagi para pendaki yang berangkat setelah subuh akan sampai ke puncaknya sebelum mataharai terbit sehingga dapat menyaksikan fenomena matahari terbit.

Kemudian tersedia pula papan petunjuk arah yang akan memudahkan pendaki dalam perjalannya. Bahkan tersedia juga tali yang dapat digunakan pendaki untuk berpegangan kala mendaki tanjakan yang sedikit terjal.

  1. Sunrise

Sunrise Bukit Sikendil.
Sunrise Bukit Sikendil. Image via: @catatabflashpacjer

Simak juga: Tanah Lot Kecil di Pantai Ujung Tiro

Menikmati fenomena sunrise merupakan salah satu tujuan utama para pendaki mengunjungi kawasan ini. Dengan kondisi alam bagian sisi timur yang merupakan alam bentang terbuka memungkinkan pengunjung dapat melihat fenomena terbitnya matahari dengan jelas .

Maka dari itu pada saat pagi lah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pengunjung yang berada di kawasan ini. Selain itu panorama sisi timur yang dihiasi deretan pegunungan semakin mempercantik suasan terbitnya matahari ini.

Selanjutnya hal yang sangat menakjubkan dari momen ini adalah proses terbitnya matahari dan pemandangan pegunungan yang tampak tersebut berada di atas hamparan awan putih. Sehingga bagi pengunjung yang hendak menjadi saksi terbitnya matahari di kawasan ini agar datang sepagi mungkin atau dapat berkemah sehari sebelumnya.

  1. Berkemah

Gunung kendil merupakan tempat yang cocok bagi pengunjung yang ingin menyaksikan pemdangan yang indah dari atas ketinggian. Bila di ras pendakian saja tak cukup untuk merasakan indahnya alam yang ada, pengunjung dapat berkemah di area yang tersedia.

Dengan berkemah di kawasan ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah ini dengan lebih lama lagi. Selain itu dengan berkemah, pengunjung dapat leluasa menentukan waktu dan sudut yang pas pada saat ingin menyaksikan panorama terbitnya matahari.

di bukit sidendild apat didirikan kemah, untuk menikmati emandangan malam maupun menanti fajar sedini mungkin
Tenda di Puncak Kendil. Image via: @warung_degan

Simak juga: Kempung Berua, Kehidupan di Padang Karst

Tips Mengunjungi Bukit Sikendil

Untuk dapat menikmati fenomena matahari terbit lebih lama lagi, pengunjung dapat berkemah satu hari sebelumnya di area jalur Bukit Sikendil dan Gunung Buthak. Kemudian hindarilah berkunjung ketika musim penghujan karena akan memudahkan perjalan menuju puncak.

Ngopi smebari menikmati gagahnya sinduro dari bukit sikendil

Waktunya ngopi. Image via: @wonosobohitz

Objek Wisata Dekat Bukit Sikendil

Hanya berjarak beberapa ratus meter dari Bukit Sikendil, ada objek wisata Sibajag Green Canyon. Wisata ini menyuguhkan lanscap alam yang indah, berada di bawah Gunung Sindoro yang gagah menjulang. Sibajag Green Canyon mengusung konsep desain yang kekinian, Elegant Eco Village dan Ecoventure Canyon.

Temanggung juga memiliki Posong Temanggung, menyuguhkan keindahan khas alam pegunungan yang begitu memanjakan mata. Pengunjung dapat melihat samudra awan pada paginya dan siangnya mendapatkan pemandangan 7 Puncak gunung sekaligus yaitu Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Ungaran, Muria, Sumbing dan Sindoro.

Semoga artikel dari kami ini bermanfaat dan selamat menikmati hari libur yang menyenangkan.

Baca juga:

Leave a Comment