Bukit Sikendil, Eloknya Sunrise Dari Ketinggian 1.800 mdpl

Menghabiskan waktu di alam terbuka sangatlah mengasyikkan, apalagi dengan mendaki gunung yang akan menampakkan alam yang luar biasa.

Jika kamu ingin mendaki gunung namun ngga mau yang terlalu tinggi, Gunung Kendil lah tempat yang cocok untuk trekking para pemula. Karena ketinggian gunung ini hanya sekitar 1.800 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Meskipun jalur trekkingnya tak terlalu jauh, namun cukup menguras tenaga, dengan kesulitan yang hampir menyerupai gunung-gunung yang menjulang tinggi.

Selain itu tampak Gunung Sindoro dan Gunung Sigandul yang berdiri dengan gagahnya, mengapit Gunung Kendil. Gunung Kendil sendiri berada di Temanggung, Jawa Tengah.

Di sekitar Gunung Sindoro akan nampak semacam bekas aliran sungai raksasa yang hulunya berasal dari puncak gunung. Aliran sungai yang kering ini berliku-liku dan juga cukup besar.

Indahnya Langit Bukit Sikendil
Indahnya Langit Bukit Sikendil. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 11 Lokasi Wisata di Temanggung

Lokasi Bukit Sikendil

Lokasi Bukit Sikendil berada di Desa Sibajag, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Rute Menuju Bukit Sikendil

Rute menuju Bukit Sikendil arahkan kendaraanmu menuju Parakan, kamu akan menemukan sebuah minimarket. terus melaju lurus mengikuti jalan aspal yang ada.

Kemudian kamu akan tiba di Jl. Raya Tambi, dengan kondisi jalan yang mulai menanjak dan berkelok-kelok. Kanan dan kiri jalan tampak perkebunan milik warga, serta Gunung Sindoro yang berdiri tegak seakan mengawasi.

Jalurnya dapat dilalui oleh kendaraan motor, mobil, maupun truk. Selain itu juga mulus karena sudah beraspal, jadi aman dan nyaman untuk dilalui.

Nantinya kamu akan menemukan papan petunjuk menuju lokasi Bukit Sikendil via Sibajag. Dari sana kamu diharuskan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Jam Buka Bukit Sikendil

Untuk menuju Bukit Sikendil kamu bisa datang kapan saja, karena basecamp Bukit Sikendil ini buka selama 7 hari seminggu dan 24 jam sehari.

Suasana Malam Di Puncak Bukit Sikendil
Suasana Malam Di Puncak Bukit Sikendil. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Berburu foto di Sibajag Green Canyon

Tiket Bukit Sikendil

Tiket masuk dan parkir Bukit Sikendil sangat murah, yakni:

  • Tiket masuk untuk camping kamu hanya perlu membayar sebesar Rp. 10.000 per orang
  • Tiket parkir motor sebesar Rp. 5.000 per unit
  • Tiket parkir mobil sebesar Rp. 10.000 per unit

Untuk parkir kendaraan dijamin aman, karena disimpan ditempat yang tertutup dan dijaga selama 24 jam.

Fasilitas Bukit Sikendil

Fasilitas yang ada di area Bukit Sikendil tidak ada apa-apa. Fasilitas umum terdapat di sekitar basecamp Bukit Sikendil saja, yakni:

  • Area parkir
  • Warung makanan dan minuman
  • Kamar mandi

Kendaraan yang kamu bawa dijamin aman karena area parkirnya tertutup dan dijaga selama 24 jam.

Trekking Menuju Bukit Sikendil

Setelah memakirkan kendaraan kamu akan mulai menyusuri jalan perkampungan warga, kemudian kamu akan memasuki sebuah gapura sederhana yang menyambut kedatanganmu.

Kamu akan mulai menapaki jalan setapak yang hanya bisa dilalui oleh satu orang saja, dengan melewati perkebunan milik warga. Udara di sekitar sudah mulai terasa sejuk, terkadang keadaan di sekitar suka berkabut.

Selanjutnya kamu akan mulai memasuki jalur pendakian dengan sedikit menanjak diantara semak belukar yang cukup tinggi, ketika langkah kaki terus berjalan semak belukar sebelah kanan akan berubah menjadi jurang.

Jalur trekking selanjutnya cukup menguras tenaga, yakni kamu harus mendaki jalur yang cukup ekstrim untuk sampai ke puncak Bukit Sikendil.

Jalur Trekking Menuju Puncak Bukit Sikendil
Jalur Trekking Menuju Puncak Bukit Sikendil. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pengelola setempat sudah menyiapkan sebuah tali yang kuat untuk membantu kamu mendaki, jangan anggap remeh trekking Bukit Sikendil.

Selanjutnya kamu tinggal menapaki jalan menuju puncak dan mencari tempat untuk mendirikan tenda. Estimasi waktu untuk sampai tiba di puncak sekitar 1 jam, tergantung pada kecepatan dan ketangkasan kamu melangkah.

Daya Tarik Bukit Sikendil

Jalur Menuju Puncak Bukit
Jalur Menuju Puncak Bukit. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jika dilihat dari kejauhan Bukit Sikendil tampak begitu tinggi dan curam, namun ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Yakni:

1. Keindahan Alam Bukit Sikendil

Gunung Kendil memiliki ketinggian sekitar 1.800 mdpl, maka dari itu orang-orang sering menyebutnya Bukit Sikendil. Meskipun begitu ketika kamu berada di puncak Bukit Sikendil, panorama alam yang kamu saksikan luar biasa mengagumkan.

Kokohnya Gunung Sindoro dan Gunung Sigandul menambah epicnya pemandangan dari Bukit Sikendil ini. Sejauh mata memandang kamu dapat melihat area pemukiman warga, hamparan sawah, serta pepohonan hijau yang berada di sekitarnya.

Serasa Dekat Dengan Gunung Sindoro
Serasa Dekat Dengan Gunung Sindoro. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Kempung Berua, Kehidupan di Padang Karst

2. Camping Ground

Camping Di Puncak Bukit Sikendil
Camping Di Puncak Bukit Sikendil. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Bukit Sikendil selalu dijadikan area camping bagi para pecinta alam sejati, keindahan alam dan kemudahan jalur trekking menjadi alasan tersendiri.

Menghabiskan waktu pergantian hari bersama teman sambil menikmati suasana alam yang tenang dan indah, udara dingin yang mulai terasa tak menghalangimu untuk seru-seruan bersama.

Suasana di sekitar Bukit Sikendil kadang berkabut dan berangin cukup kencang, siapkanlah baju hangat untuk membuatmu tak terlau merasakan dinginnya udara.

3. Menikmati Indahnya Sunrise

Sunrise Di Puncak Bukit Sikendil
Sunrise Di Puncak Bukit Sikendil. Sumber: www.askara.co

Simak juga: Tanah Lot Kecil di Pantai Ujung Tiro

Yang menjadi daya tarik para pecinta alam ialah ingin menyaksikan indahnya matahari terbit yang datang dari sebelah timur. Konon sunrise di Bukit Sikendil sangat cantik sekali, dan sayang untuk dilewatkan.

Mereka yang bermalam di puncak Bukit Sikendil akan bangun sepagi mungkin untuk mencari spot terbaik dalam menikmati sunrise yang akan mengubah hari menjadi terang benderang.

Tips Wisata

Jika kamu berniat untuk mengunjungi Bukit Sikendil, berikut saya bagikan beberapa tips wisata yang diantaranya:

  • Kondisi yang terbaik mengunjungi Bukit Sikendil ialah ketika cerah, tidak sedang mendung apalagi turun hujan.
  • Gunakan alas kaki yang aman dan nyaman untuk mendaki.
  • Selalu waspada dan hati-hati ketika melalui jalur trekking menuju Bukit Sikendil.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman yang cukup untuk bekal kamu selama berada di atas puncak bukit.
  • Cek and ricek barang-barang yang akan kamu bawa.
  • Bawalah baju hangat serta obat-obatan yang biasa kamu gunakan.
  • Bawa kembali sampah yang kamu sisakan.
  • Jaga selalu alam dimanapun kamu berada.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan di sekitar Bukit Sikendil.

Penutup

Menikmati alam terbuka merupakan sebuah cara untuk kamu lebih mencintai Tuhan, karena ketika kamu melihat alam yang menakjubkan semakin bergetar hati kamu dan memuji-Nya.

Jagalah selalu alam yang telah Tuhan berikan, alam akan baik pada kita jika kita menjaganya dengan baik. Nikmatilah keindahan Bukit Sikendil dan lihatlah eloknya sunrise yang muncul di ufuk timur.

 


Tinggalkan komentar