Canting Mas Puncak Dipowono, Tampil Menawand negan 5 spot Foto Instagramable

Hal menarik dari Canting Mas Puncak Dipowono adalah berbagai macam spot foto yang ada disana. Terdapat setidaknya 5 Spot, mulai dari bentuk kapal kapalan, hingga ada yang berbentuk gardu pandang di atas pohon pinus. Yang paling baru dan paling populer ada Teras Kaca yang bikin jantung berdebar.

Hal menarik dari Canting Mas Puncak Dipowono adalah berbagai macam spot foto yang ada disana. Terdapat setidaknya 5 Spot, mulai dari bentuk kapal kapalan, hingga ada yang berbentuk gardu pandang di atas pohon pinus
Canting Mas Puncak Dipowono. Image via: @trisnoarybudi

Spot foto tersebut memang sengaja dibuat oleh pengelola Puncak Dipowo yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis). Tujuannya agar wisatawan dapat berfoto di lokasi terbaik di Puncak Dipowono.

Wisatawan yang berfoto di spot foto yang telah disediakan akan mendapatkan foto dengan background perbukitan dengan waduk sermo yang indah. Sekilas memang Puncak Dipowono ini mirip dengan obyek wisata Kalibiru.

Memang wisata jogja baru ini memiliki konsep yang sama dengan wisata Kalibiru. Lokasinya pun berdekatan. Hanya saja Puncak Dipowono ini lokasinya ada di atas Kalibiru.

Jika Anda ingin berkunjung kesana, usahakan untuk membawa sandal atau sepatu yang anti selip. Hal itu karena jalanan di Puncak Dipowono biasanya licin pada waktu musim hujan. Namun jika Anda kesana pada waktu musim kemarau, mungkin itu tak begitu masalah.

Selain itu, bawalah pakaian yang hangat agar tidak kedinginan jika kesana pada waktu pagi hari.

Wisatawan yang berfoto di spot foto yang telah disediakan akan mendapatkan foto dengan background perbukitan dengan waduk sermo yang indah. Sekilas memang Puncak Dipowono ini mirip dengan obyek wisata Kalibiru.
Aku padamu seluas cakrawala. Image via: trover.com

Simak juga: 66 lokasi wisata seputaran Jogja

Lokasi Canting Mas Puncak Dipowono

Canting Mas Puncak Dipowono berada di Jalan Clereng Tamanan KM. 6, Dusun Clapar 2, Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasi ini sekitar 1,8 km dari Kalibiru.

Untuk menuju lokasi, jaraknya sekitar 33 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 14 menit dari pusat kota Jogja.

Rute Menuju Canting Mas Puncak Dipowono

Rute menuju Puncak Dipowo cukup menantang. Sepanjang perjalanan menuju kesana pengunjung akan melewati jalanan yang menanjak dan menurun yang cukup curam. Butuh skill mengendarai yang mumpuni. Namun santai saja, karena jalan disana sudah bagus dan beraspal.

Jalanan juga cukup lengang dan aman. Apalagi di sepanjang perjalann menuju kesana, melewati pemandangan pedesaan, persawahan, hingga perbukitan Menoreh yang memanjakan mata. Perjalanan panjang pun jadi tidak begitu terasa.

wisata jogja baru ini memiliki konsep yang sama dengan wisata Kalibiru. Lokasinya pun berdekatan. Hanya saja Puncak Dipowono ini lokasinya ada di atas Kalibiru.
Di atas Pohon. Image via: wisatamantap.com

Untuk bisa sampai di Puncak Dipowono, pengunjung bisa mengikuti rute  Jogja – Jalan Wates – Stasiun Sentolo / Pasar Sentolo (jalan alternatif ke Wates) – Celereng – Pasar Clereng – Arah Kalibiru (liat papan petunjuk setelah pasar clereng) – Taman Wisata Watoe Gembel, ambil kanan (liat papan petunjuk) – Puncak Dipowono Canting Mas.

Jam Buka Canting Mas Puncak Dipowono

Mengenai Jam Buka Canting Mas Puncak Dipowono Jogja mulai pukul 9.30 – 22.00 WIB pada setiap harinya.

Tiket Canting Mas Puncak Dipowono

Buat pengunjung yang ingin foto-foto ala anak hits di Canting Mas Puncak Dipowono, biaya tiket masuk yang harus kamu keluarkan senilai Rp 12.000/orang.

Biaya parkir Puncak Dipowono Rp 2.000 / motor dan untuk mobil Rp 5.000.

memebuat foto kenangan di canting mas puncak dipowono ini memang sangat tepat
Kita dan Kita. Image via: mandrapahlawa

Simak juga: Pantai Boom Bnayuwangi yang sedang bersolek

Fasilitas Canting Mas Puncak Dipowono

Meskipun ini adalah wisata yang dikelola secara swadaya masyarakat dengan dana yang terbatas, namun fasilitasnya cukup lengkap. Berbagai macam fasilitas yang ada di Puncak Dipowono yaitu mulai dari parkir yang cukup luas, spot foto, mushola, kamar mandi.

Selain spot foto, di objek wisata ini juga dibangun beberapa tempat dilengkapi kursi dan meja. Wisatawan dapat menggunakan fasilitas tersebut untuk menghabiskan waktunya.  Dengan suguhan pemandangan alam sembari menikmati minuman, dan makanan kecil yang dijual oleh salah satu warga.

Daya Tarik Canting Mas Puncak Dipowono

  1. Panorama Dataran Tinggi

Puncak Dipowono berada di ketinggian sekitar 700 mdpl. Dari ketinggian di atas puncak ini pengunjung bisa melihat indahnya alam pegunungan. Hamparan perbukitan yang hijau nampak jelas, dan sangat memanjakan mata.
Perahu Langit. Image via: tuguwisata.com

Kawasan Puncak Dipowono ini kondisinya sangatlah bagus, pemandangan alam yang tersaji di sana benar-benar indah dan mempesona. Maka tentu tepat sekali bila kawasan tersebut menjadi tempat wisata yang asyik.

Puncak Dipowono berada di ketinggian sekitar 700 mdpl. Dari ketinggian di atas puncak ini pengunjung bisa melihat indahnya alam pegunungan. Hamparan perbukitan yang hijau nampak jelas, dan sangat memanjakan mata.

Belum lagi suhu udara yang sejuk berpadu dengan hembusan angin sepoi, membuat kawasan tersebut terasa semakin nyaman. Oleh karena itu, wisata Canting Mas Puncak Dipowono ini menjadi tempat yang pas banget untuk dikunjungi melepaskan penat dari kesibukan sehari hari.

Pemandangan alam di wisata Canting Mas Puncak Dipowono ini semakin lengkap dengan adanya view Waduk Sermo. Nampak juga hutan yang mengelilingi kawasan waduk tersebut sehingga menjadi panorama alam yang menawan.

Dengan memandang lebih jauh ke selatan, maka nampak juga kawasan laut Selatan yang sangat mempesona. Kesimpulannya, pesona alam di wisata ini benar-benar menawan hati.

  1. Waktu kunjungan

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Puncak Dipowono adalah pada waktu pagi hari atau sore hari. Pada waktu pagi hari, Anda bisa melihat keindahan sunrise yang mempesona muncul dari balik perbukitan.
Fajar. Image via: wedangkopiprambanan.com

Simak juga: Negeri awan Toraja, di To Tombi

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Puncak Dipowono adalah pada waktu pagi hari atau sore hari. Pada waktu pagi hari, Anda bisa melihat keindahan sunrise yang mempesona.

Namun jangan khawatir jika tidak bisa mengejar sunrise, pergi kesana pada pagi hari akan disuguhi dengan pemandangan kabut tipis. Namun jika waktu sudah cukup siang, kabut itu akan hilang dan pemandangan jadi kurang mengagumkan.

Ketika sore hari tiba, pengunjung bisa melihat nuansa langit yang kemerahan yang menjadi background spot foto di Puncak Dipowono. Meskipun tidak bisa melihat sunset dari Puncak Dipowono, namun semburat langit kemerahan tetap membuat pemandangan jadi lebih indah.

Tempat wisata ini cocok dikunjungi oleh anak muda, keluarga muda maupun rombongan. Karena ini adalah tempat wisata yang kurang populer di Joga.

Maka kunjungan paling ramai hanya pada weekend dan liburan saja. Pemandangan indah yang Anda dapatkan rasanya akan menjadi memori indah yang tak akan terlupakan.

  1. Spot Foto

spot foto, yang plaing populer tentu adalah Teras Kaca, yang mulai dioperasikan Desember 2019
Teras Kaca. Image via: visitingjogja.com

Bagi pengunjung yang gemar berburu spot-spot menarik dan instagramable bisa berkunjung ke Canting Mas Puncang Dipowono. Dengan adanya fasilitas-fasilitas yang disediakan ini, membuat kawasan satu ini menjadi loksai wisata yang cukup populer.

Pengunjung dapat berfoto ria di lima spot yang tersedia yaitu spot foto kaca, Spot perahu, Spot Y, dan sisanya berupa spot di pohon pinus. Spot foto kaca atau teras kaca mungkin merupakan spot yang paling diminati oleh para pengunjung. Hal ini dikarenakan instalasi ini menghadap langsung ke pemandangan daerah Kulon Progo, disamping bentuknya yang menarik dan unik.

Tersedia lima macam spot di Obyek Wisata Canting Mas Dipowono ini. Lima spot itu berupa Spot foto kaca, Spot perahu, Spot Y, dan sisanya berupa spot di pohon pinus.
Anjungan. Image via: @berandajogja

Simak juga: Belajar Soal Elang Jawa di Loji Bogor

  1. Mitos Harta Karun Canting Mas

Siapa sangka ternyata  penamaan Canting Mas, mempunyai kisah tersendiri serta menarik untuk disimak. Para pengelola wisata Canting Mas menjelaskan, bahwa Canting mas memiliki arti pependean, atau dalam Bahasa Indonesia memiliki arti berjemur. Lalu apa benar Canting mas merupakan lokasi untuk berjemur?

Tapi tentu saja Cantingmas bukan tempat untuk berjemur. Pengelola menjelaskan, zaman dulu orang-orang berdatangan ke Canting Mas untuk mencari ilmu kanuragan dengan cara bertapa. konon ada beberapa tahapan yang harus di lalui untuk mendapatkan ilmu tersebut. di awali dengan bertapa, kemudian orang itu dimandikan oleh pawang dan lalu dijemur.

Di Canting Mas, ada sekitar tiga lokasi yang menjadi sasaran para pengunjung, yaitu tempat meditasi, pededean dan gua landak.

Namun kenapa lokasi ini d beri nama Canting Mas, karena beberapa tahun yang lalu sekitar tahun 1985-1986 banyak sekali orang berdatangan bermaksud untuk mencari harta karun berupa emas. Dan katanya salah satu harta karun tersebut adalah canting mas.

kabarnya hingga saat ini masih saja ada orang yang berdatangan dan berusaha untuk mendapatkan Canting mas ini. Walaupun nyatanya belum ada satupun dari mereka yang berhasil mendapatkan.

panorama indah di canting mas puncak dipowono snagat cocok untuk membuat foto instagramable
Ngopi dulu yuk!. Image via: @tiaraaameliaaa

Simak juga: Bersantai di Hutan Air Terjun Tarzan

Objek Wisata Dekat Canting Mas Puncak Dipowono

Kulonprogo memang terkenal dengan wisata dataran tingginya. Yang lebih dahulu populer tentu saja adalah Kalibiru. Perbukitan di Kalibiru memang sangat mempesona, beragam aktifitas bisa dilakukan di kawasan ini. Mulai dari menara pandang hingga flaying Fox.

Wisata dataran tinggi lainnya di Kulonprogo adalah Pule Payung. Perpaduan bukit hijau, danau dan langit biru membentuk sebuah panorama alam nan eksotis. Cocok untuk mencari tempat melepas penat usai bekerja seminggu. Bagi pemburu foto Instagramable, Pule Payung Yogyakarta adalah tempat yang tepat untuk mengabadikan momen liburan.

Bagi pengunjung yang suka selfie dan foto, pengunjung wajib mengunjungi Canting Mas Puncak Dipowono. Pengunjung akan mendapat foto sangat keren. jadi, tunggu apa lagi, ayo ajak teman-teman, keluarga atau kekasih liburan ke lokasi indah ini.

Baca juga:

Leave a Comment