Canting Mas Puncak Dipowono, Berburu Sunrise Di Atas Spot Selfie

Saat ini, hampir setiap objek wisata berlomba menampilkan sajian spot yang bersifatk kekinian, keren, unik, atau sering juga disebut dengan spot instagramable.

Bisa dibuktikan, bahwa spot-spot tersebut mampu menjadi daya tarik tambahan bagi sebuah objek wisata. Apalgi jika spot selfie tersebut menjadi konten utamanya.

Canting Mas Puncak Dipowono
Canting Mas Puncak Dipowono. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Seperti yang ada di Canting Mas Puncak Dipowono. Sebuah objek wisata alam yang menyajikan berbagai macam spot selfie keren, yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Canting Mas Puncak Dipowono merupakan salah-satu lokasi yang paling tinggi yang ada di Kulon Progo. Hal tersebut mampu dimanfaatkan untuk menjadi sebuah area wisata yang menawarkan view keindahan alam dari ketinggian.

Pesona Alam Di Atas Ketinggian
Pesona Alam Di Atas Ketinggian. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sejarah Canting Mas Puncak Dipowono

Objek wisata Canting Mas Puncak Dipowono merupakan objek wisata yang sudah ada cukup lama. Hanya saja, spot selfie yang koni ada di lokasi tersebut baru dibangun beberapa tahun ke belakang.

Pada awalnya, Canting Mas Puncak Dipowono merupakan kawasan camping yang menjadi favorit anak muda di Kulon Progo.

Seiring perkembangan jaman, serta kreativitas pihak pengelola, menangkap sebuah peluang keindahan lainnya. Maka ragam spot selfie menjadi bumbu kesempurnaan wisata di Canting Mas Puncak Dipowono.

View Alam Di Atas Ketinggian
View Alam Di Atas Ketinggian. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Mitos Canting Mas Puncak Dipowono

Setidaknya terdapat 2 versi mitos di objek wisata Canting Mas Puncak Dipowono Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Yaitu:

1. Versi Pertama

Mitos yang berkembang di objek wisata Canting Mas Puncak Dipowono terkait dengan sejarah penamaan objek wisata tersebut. Khususnya kata “Canting Mas”.

Kata Canting Mas memiliki arti pependean, atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai berjemur. Apa kaitannya lokasi itu dengan aktivitas berjemur?

Dahulu, lokasi Canting Mas Puncak Dipowono merupakan lokasi yang dituju oleh orang-orang yang memiliki tujuan memiliki, dan meningkatkan ilmu kanuragan.

Tahap untuk memiliki ilmu kanuragan tersebut adalahmelalui proses pertapaan, semedi, dan proses akhirnya “sang guru” memandikan orang tersebut, kemudian berjemur.

Nilai Sejarah Dan Mitos Di Canting Mas Puncak Dipowono
Nilai Sejarah Dan Mitos Di Canting Mas Puncak Dipowono. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Versi Ke Dua

Mitos dan sejarah penamaan Canting Mas, dikarenakan sekitar tahun 80’an lokasi Canting Mas Puncak Dipowono sering dijadikan tempat untuk mencari harta karun.

Harta karun yang paling diburu berupa Canting Mas. Tetapi bagi penulis, bahwa harta karun yang sesungguhnya di Canting Mas Puncak Dipowono adalah panorama alam dari ketinggian yang mampu memanjakan mata.

Daya Tarik Canting Mas Puncak Dipowono Kulon Progo

Daya tarik dari Canting Mas Puncak Dipowono terletak pada suguhan tema wisata dan ragam spot wisatanya. Yaitu :

1. Destinasi Wisata Alam

Seperti yang sudah disinggung pada paragraf sebelumnya, bahwa Canting Mas Puncak Dipowono merupakan salah-satu lokasi tertinggi yang ada di Kulon Progo.

Panorama alam yang bisa dilihat indah saat di objek wisata tersebut adalah Waduk Sermo. Waduk tersebut merupakan bagian dari wisata populer jogja.

Panorama Waduk Sermo Di Canting Mas Dipowono
Panorama Waduk Sermo Di Canting Mas Dipowono. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Selain itu, bagi para pemburu keindahan alam khususnya fenomena sunrise, maka Canting Mas Puncak Dipowono merupakan lokasi terbaik untuk menikmati keindahan itu.

Udara pagi yang begitu menyejukan, berpadu dengan goresan kabut tipis, menjadi sebuah kolaborasi alam yang sangat memanjakan mata.

Berburu Sunrise Di Canting Mas Puncak Dipowono
Berburu Sunrise Di Canting Mas Puncak Dipowono. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Mengehala nafas sejenak dari hiruk pikuk kesibukan kerja di Canting Mas Puncak Dipowono, adalah pilihan tepat. Di sana, suasananya cukup tenang dan asri.

2. Spot Selfie Yang Keren

Kehadiran spot selfie di sebuah objek wisata menjadi sebuah elemen primer saat ini. Hal tersebut sudah disadari oleh segenap pengelola objek wisata Canting Mas Puncak Dipowono.

Spot Selfie Di Canting Mas Dipowono
Spot Selfie Di Canting Mas Dipowono. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Terdapat banyak sekali spot selfie keren di Canting Mas Puncak Dipowono, diantaranya :

  • Lantai Kaca
  • Perahu
  • Meja dan Kursi

Semua spot yang tersebut berada di tepian jurang. Tanpa bermaksud mengabaikan aspek keamanan, spot selfie tersebut sudah sangat kuat untuk dijajal.

Spot Selfie Favorit Canting Mas Dipowono
Spot Selfie Favorit Canting Mas Dipowono. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Canting Mas Puncak Dipowono

Canting Mas Puncak Dipowono berada di Jalan Clereng Tamanan KM. 6, Dusun Clapar 2, Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasi ini sekitar 1,8 km dari Kalibiru.

Untuk menuju lokasi, jaraknya sekitar 33 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 14 menit dari pusat kota Jogja.

Rute Menuju Canting Mas Puncak Dipowono

Rute untuk bisa sampai di Puncak Dipowono, pengunjung bisa mengikuti rute  Jogja – Jalan Wates – Stasiun Sentolo / Pasar Sentolo (jalan alternatif ke Wates) – Celereng – Pasar Clereng – Arah Kalibiru (liat papan petunjuk setelah pasar clereng) – Taman Wisata Watoe Gembel, ambil kanan (liat papan petunjuk) – Puncak Dipowono Canting Mas.

Jam Buka Canting Mas Puncak Dipowono

Mengenai Jam Buka Canting Mas Puncak Dipowono Jogja mulai pukul 9.30 – 22.00 WIB pada setiap harinya.

Tiket Canting Mas Puncak Dipowono

Buat pengunjung yang ingin foto-foto ala anak hits di Canting Mas Puncak Dipowono, biaya tiket masuk yang harus kamu keluarkan senilai Rp 12.000/orang.

Biaya parkir Puncak Dipowono Rp 2.000 / motor dan untuk mobil Rp 5.000.

Fasilitas Canting Mas Puncak Dipowono

Fasilitas yang ada di Puncak Dipowono yaitu mulai dari:

  • parkir yang cukup luas,
  • spot foto,
  • mushola,
  • kamar mandi.

Leave a Comment