Cara Membuat Travel Blog Dan Mendapatkan Uang

0

Ingin jadi travel blogger, tapi ngga tahu cara membuat blog? Ngga masalah. Disini saya akan share cara membuat travel blog untuk pemula. Ga cuma itu sih, saya share juga beberapa insight agar nanti blog wisata yang anda buat, bisa menghasilkan uang juga. Silahkan simak aja ya..

Keuntungan punya travel blog atau blog wisata sendiri apa aja sih?

  • Jadi sarana berbagi cerita perjalanan dan pengalaman
  • Sarana buat membangun komunitas wisata sendiri
  • Bisa mendapatkan uang tambahan, atau bahkan jadi sumber penghasilan.
  • dan lain-lain

Isi dari artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman sendiri membangun blog ini (nativeindonesia.com), dan juga banyak blog lainnya di berbagai niche (topik). Saya coba sajikan semudah mungkin agar mudah dipraktekan.

Btw artikel ini lumayan panjang, silahkan disimak panduan membuat blog ini pelan-pelan aja. Jika ada yang kurang jelas, atau pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar ya.

cara membuat travel blog

 

Membuat Blog Travel Itu Susah?

Ngga. Tidak seperti dulu, sekarang membuat blog atau website bisa dilakukan dengan mudah. Kita ngga perlu belajar coding atau banyak hal teknis lagi. Untuk membuat blog wisata atau blog apapun, dengan beberapa kali klik aja website atau blog sudah jadi.

Dengan menggunakan cms wordpress self hosted, membuat blog jadi mudah banget sekarang.

Pakai Blog Gratisan atau Berbayar?

Blog gratisan disini maksudnya menggunakan jasa penyedia blog gratis seperti blogger.com atau wordpress.com. Kita bisa bikin blog dengan gratis disana, nanti akan mendapatkan alamat blog seperti ini; namablogtravel.blogspot.com atau namablogtravel.wordpress.com.

Berbayar disini adalah menggunakan domain dan hosting sendiri, seperti blog nativeindonesia ini misalnya.

Lalu mending pilih mana?

Untuk saya pribadi, lebih memilih berbayar. Alasannya? Full control. Kita bisa bebas mengatur tampilan website, install plugin atau fungsi tertentu di blog, berjualan, dan lain sebagainya.

Selain itu, sekarang harga domain dan hosting sudah terjangkau banget kok.

Catatan: tutorial ini ditujukan untuk cara membuat travel blog dengan domain dan hosting sendiri.

Terus apa aja yang diperlukan untuk membuat blog?

Silahkan baca lebih lanjut dibawah ini ya.

Hal Yang di Perlukan Untuk Membuat Blog

Secara garis besarnya, ada beberapa hal utama yang diperlukan untuk membuat blog sendiri;

  1. Hosting
  2. Domain
  3. Topik blog (optional aja)

Hosting; secara kasarnya adalah tempat penyimpanan blog kita agar bisa di akses di internet. Istilahnya sih, jadi rumah dari website kita.

Domain; nama dari website kita. Domain adalah nama website yang digunakan untuk mengakses blog kita di internet. Misalnya saja nama domain blog ini; nativeindonesia.com.

Biaya Yang Diperlukan

Terjangkau banget sekarang mah. Anda bisa beli domain seharga Rp 120-150 ribu untuk satu tahun. Untuk hosting, mulai dari Rp 20.000 perbulan juga sudah ada. Jadi dengan total 250-500 ribu (tergantung penyedia hosting yang dipilih), anda udah bisa bikin travel blog sendiri.

Tips: ada baiknya membeli domain dan hosting di satu tempat yang sama, biar ngga ribet manage-nya nanti. Selain itu, suka ada promo beli hosting gratis domain. Lumayan buat berhemat.

cara bikin blog

OK langsung saja kita masuk ke tutorial cara membuat travel blog ini.

Langkah 1 : Pilih Hosting Dan Domain

Hal pertama yang kita perlukan adalah hosting dan domain. Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, sekarang harga hosting dan domain sudah terjangkau kok. Sebaiknya beli domain dan hosting di tempat yang sama.

Memilih Nama Domain

Silahkan brainstorming aja. Pilih nama domain yang menurut anda bagus, mudah di ingat, dan nyaman untuk anda aja. Nama domain bisa pakai nama sendiri, istilah, atau hal lainnya.

Beberapa tips yang bisa dipertimbangkan saat memilih nama domain;

  • Hindari penggunaan tanda sambung dalam domain (misal domain-saya.com).
  • Jangan terlalu panjang.
  • Hindari menggunakan angka dalam domain kalau ngga perlu-perlu amat mah.

Untuk tahap awal ini, ekstensi domain, usahakan pilih .com. Ekstensi lain seperti .net, .info, .org baru diambil kalau dirasa perlu aja. Alasan menggunakan .com? karena lebih familiar aja sih.

Memilih Hosting

Berikut rekomendasi beberapa tempat untuk membeli hosting dan domain, dengan pelayanan dan kualitas bagus di Indonesia;

Saat memilih hosting, pilih penyedia hosting dengan support yang bagus. Ini akan mempermudah kita saat nanti mengalami kesulitan atau error di blog.

Beberapa tips yang bisa anda gunakan;

  • Usahakan pilih paket hosting dengan space minimal 1 giga. Blog travel biasanya punya banyak foto. Space 1 giga paling ngga cukup untuk menampung foto-foto di blog ntar.
  • Cek halaman promo di masing-masing penyedia hosting di atas. Biasanya suka ada promo ataupun diskon untuk client baru.

Jika sudah ada pilihan domain dan hosting, sekarang tinggal lanjut ke langkah berikutnya..

Langkah 2: Beli Hosting dan Domain

Sebetulnya langkah membeli hosting dan domain cukup mudah kok. Disini saya tulis saja satu contohnya, untuk mempermudah.

Catatan: proses pembelian di setiap penyedia bisa sedikit berbeda menunya, tapi intinya sama aja.

Untuk contoh, disini saya pilih Niagahoster, salah satu penyedia hosting dan domain terkemuka di Indonesia. Selain itu, di Niagahoster terdapat tutorial cara install wordpress juga. Jadi bisa lebih membantu.

Buka website Niagahoster disini. Selanjutnya pilih menu hosting. Silahkan baca-baca isinya, lalu scroll ke bawah untuk melihat daftar paket hosting yang tersedia.

cara beli hosting domain 1

Disini saya pilih paket hosting Pelajar, harga Rp 38.900 ribu/bulan,dengan minimal pembelian 6 bulan. Ada bonus gratis domain kalau anda beli langsung untuk 1 tahun.

Klik pada tombol Pilih Sekarang, lalu akan dibawah ke halaman ini:

cara beli hosting domain 2

Ceklis saja pilihan Gratis Auto Install Website WordPress. Lalu klik tombol Selanjutnya.

cara beli hosting domain 3

Isi dengan nama domain pilihan anda di kolom yang tersedia, lalu klik tombol check. Akan muncul keterangan nama domain tersedia atau tidak. Silahkan pilih nama domain lain kalau tidak tersedia.

Setelah selesai, klik tombol Selanjutnya. Di halaman berikutnya, silahkan cek kembali order pembelian anda. Lihat juga pilihan dibawahnya.

Di rekomendasi website builder, skip saja. Whois protection bisa anda beli juga kalau perlu. Ngga juga tidak masalah.

Setelah selesai, klik tombol Selanjutnya.

cara beli hosting domain 4

Klik tombol daftar akun, untuk mendaftarkan diri ke niagahoster agar pembelian anda di proses. Di halaman selanjutnya tinggal isi data pribadi, pilih metode pembayaran, dan klik tombol Checkout.

Selanjutnya tinggal ikuti aja instruksi yang ada. Cek juga email yang anda gunakan untuk daftar.

Selesai, anda sudah punya domain dan hosting sendiri sekarang. Langkah pembelian domain dan hosting sedikti berbeda-beda di setiap penyedia hosting. Tapi pada intinya mah sama, dan mudah di ikuti kok. Jika ada kesulitan, customer services setiap penyedia hosting selalu siap membantu.

Selanjutnya tinggal ke langkah berikutnya..

Langkah 3: Install Blog di Hosting

Setelah beli hosting dan domain, selanjutnya tinggal install wordpress di blog kita.

Kenapa menggunakan CMS wordpress?

  • Mudah di install dan digunakan (user friendly)
  • 50% lebih cms blog dunia menggunakan wordpress, dan sekitar 27% website seluruh dunia menggunakan wordpress (Sumber). Jadi kualitasnya sudah ok banget dan populer.
  • Mudah di modifikasi dengan theme dan plugin, tanpa harus coding sendiri.
  • Banyak tersedia theme dan plugin gratis, bisa langsung di akses dari dalam blog yang menggunakan wordpress.

OK langsung aja, cara install wordpress di hosting anda.

  1. Cek email data pembelian hosting anda. Di beberapa email yang dikirim, akan ada email berisi data login cpanel. Catat dan backup di tempat aman.
  2. Buka halaman cpanel. Bisa melalui halaman namadomainanda.com/cpanel.
  3. Scroll down ke bagian bawah, cari menu install wordpress lalu klik.cara install wordpress
  4. Di halaman selanjutnya, klik tombol Install now cara install wordpress 2
  5. Silahkan isi kolom yang tersedia. Anda juga bisa langsung pilih theme tampilan blog pada kolom bagian bawah. Ngga juga ga masalah, bisa pilih theme nanti. Setelah selesai, klik tombol install.cara install wordpress 3
  6. Tunggu beberapa saat. Blog anda sudah aktif, dan bisa di akses. Alamat URL untuk akses juga akan diberikan.
  7. Silahkan akses dashboard admin blog anda melalui url namadomaintravel.com/wp-admin. Lalu login dengan username dan password yang dipakai saat install tadi.
  8. Selesai.

Sekarang, anda sudah punya domain, hosting, dan blog juga sudah aktif. Selanjutnya tinggal memulai setting dan isi artikel.

Langkah 4: Setting WordPress

Untuk langkah setting wordpress, kalau saya tuliskan di artikel ini akan panjang banget. Untuk sementara silahkan googling aja dulu ya, atau search cara setting wordpress di Youtube.

Saya berikan point-pointnya saja apa yang anda cari;

  • cara setting wordpress
  • cara install theme wordpress
  • cara install plugin wordpress
  • cara posting di wordpress
  • cara membuat menu
  • cara setting widget sidebar
  • cara optimasi wordpress

Langkah-langkah di atas simpel sebetulnya, cukup dengan ceklik-ceklik mouse aja, ngga perlu coding. Tapi jika dituliskan di artikel ini akan panjang banget.

Untuk sementara kita skip aja ya, lanjut ke bab berikutnya…

Cara Menghasilkan Uang Dari Travel Blog

Mungkin anda berpikir, gimana cara menghasilkan uang dari travel blog?

Jawabannya: Banyak banget!

Tergantung kita juga sih, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari travel blog. Di bawah ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dari blog wisata.

1. Google Adsense

Ini salah satu yang banyak dilakukan oleh blogger, termasuk saya juga. Dengan google adsense, web kita akan terpasang iklan dari google secara otomatis.

Pembayaran berdasarkan banyaknya klik iklan, dan banyaknya penayangan iklan. Nilai setiap klik berbeda-beda, menyesuaikan dengan sistem dari Google secara otomatis.

Berapa hasil yang didapatkan? tergantung banyaknya visitor ke blog wisata kita, dan banyaknya klik iklan dari visitor. Biasanya, blog wisata dengan 1000 -10.000 visitor/hari bisa mendapatkan penghasilan antara Rp 1-1,5 juta sampai dengan 4-7 Juta per bulan.

2. Affiliate Hotel

Ini salah satu yang sering digunakan oleh blogger juga; memasang affiliate hotel di blog wisata. Cara kerjanya kira-kira seperti ini; Kita daftar ke affiliate hotel seperti Agoda, booking.com, dll, lalu nanti akan mendapatkan link affiliate khusus yang bisa disesuaikan dengan konten blog.

Anda akan mendapatkan komisi dari setiap orang yang booking hotel menggunakan link yang ada di blog anda. Besarnya komisi berbeda-beda untuk setiap hotel.

Ngga cuma affiliate hotel aja sih, kita juga bisa pasang affiliate lain yang nyambung dengan tema blog travel kita.

3. Jadi Broker

Disini kita bisa bekerja sama dengan jasa tour dan travel, rental mobil, rental motor, penginapan, dan lain sebagainya. Butuh usaha tambahan, karena harus mencari jasa-jasa di atas dan melakukan deal. Biasanya mereka memberikan komisi sekian % untuk setiap order yang kita berikan ke mereka.

Contoh aplikasinya kira-kira seperti ini;

Misalkan anda tinggal di kota tertentu, misalnya saja di Malang. Lalu anda bikin blog wisata khusus seputar Malang selengkap mungkin. Mulai dari tempat wisata, rute jalan, info hotel dan penginapan, spot kuliner, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, bikin penawaran di blog anda berupa rental mobil untuk keliling Malang, tempat menginap, jasa guide, dan lain-lain. Jelaskan juga keuntungan yang bisa diterima oleh wisatawan yang menggunakan jasa anda.

4. Guest Posting/Sponsorship

Jika blog kita udah memiliki cukup banyak visitor, biasanya akan ada yang menawarkan guest post atau artikel sponsorship. Artikel sudah disediakan, kita tinggal posting saja.

Fee yang kita terima tergantung dari blog kita juga. Biasanya mulai dari Rp 200.000 s/d Rp 1 juta rupiah untuk satu artikel.

5. Menjual Buku/PDF

Jika anda sudah memiliki banyak pengalaman traveling, bisa juga menuliskannya secara detail disertai dengan tips dan trik dalam bentuk PDF, lalu dijual ke visitor blog anda. Banyak travel blogger yang menggunakan cara ini sebagai salah satu sumber penghasilan dari blognya.

Alternatif selain PDF, anda juga bisa menjualnya dalam bentuk buku. Kalau ngga mau ribet cetak buku, manfaatin saja layanan print on demand seperti nulisbuku.com.

6. Menjual Barang lain

Misalnya saja anda suka mendaki gunung dan traveling, lalu membuat blog tentang pengalaman anda. Bisa saja sekalian jual perlengkapan traveling, dan juga perlengkapan naik gunung.

Jika modal terbatas, bisa memanfaatkan skema dropship dari penjual di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, dan lain-lain.

Masih banyak cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan uang tambahan dari travel blog. Be creative!

Lihat juga: cara pasang iklan di Google

Semoga info tentang cara membuat travel blog dan juga cara mendapatkan uang dari blog wisata di artikel ini berguna untuk anda ya. Artikel ini akan saya update dan tambahkan lebih lengkap lagi secara bertahap.

Happy Blogging!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.