Coban Kodok, Pesona Alami Air Terjun di Pujon, Malang

Wilayah Kabupaten Malang sebagian besar wilayahnya merupakan kawasan dataran tinggi dan juga pegunungan secara otomatis udara yang disajikan pun sangat sejuk dan segar, khas dari udara pegunungan.

Bagian barat dan barat lautnya merupakan pegunungan dengan puncaknya ialah Gunung Arjuno yang memiliki ketinggian 3.339 m selain itu ada juga Gunung Kawi dengan ketinggian 2.651 m. Di kawasan pegunungan ini terdapat pula Sungai Brantas yang termasuk kedalam sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa dan merupakan sungai terpanjang di Provinsi Jawa Timur.

Gunung Arjuno Malang
Gunung Arjuno Malang. Sumber: jatimnow.com

Maka tak heran jika di Malang banyak terdapat Coban atau air terjun. Karena memang biasanya Coban atau air terjun terletak di kawasan dataran tinggi, dan berada di tengah perbukitan atau pegunungan.

Untuk kamu yang berencana mendatangi Malang, kamu harus coba mengunjungi salah satu Coban atau air terjun yang masih sangat asri dan alami. Yaitu Coban Kodok yang berada di Dusun Gumul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Coban Kodok
Coban Kodok. Sumber: travelingyuk.com

Coban ini memang belum terkenal seperti Coban-Coban lain yang berada di Malang, namun belakangan banyak pengunjung yang datang untuk mencari Coban Kodok ini, dikarenakan keindahan dan kealamian alamnya.

Simak yuk, ulasan mengenai Coban Kodok berikut ini! Check this out!

Pesona Keindahan Coban Kodok

Untuk sampai menuju lokasi Coban Kodok ini, kamu harus melakukan treking selama kurang lebih 20 menit lamanya. Dengan menapaki jalan setapak, yang masih dihiasi dengan tanah dan didampingi pepohonan yang masih rindang.

Jalur Treking Menuju Coban Kodok
Jalur Treking Menuju Coban Kodok. Sumber: travelingyuk.com

Setelah kamu melakukan perjalanan sejauh 400 meter dari jalan besar, kamu akan menemukan persimpangan. Persimpangan tersebut ditandai dengan adanya bangunan seperti gazebo sederhana, tempat para petani beristirahat.

Di persimpangan tersebut kamu dapat memilih mau menuju Coban Kodok 1 atau Coban Kodok 2. Coban Kodok 2 berada sejauh 300 meter dari persimpangan. Karena berada di sebelah timur, maka Coban 2 biasa juga disebut Coban Wetan.

Coban Kodok 1

Coban 1 memang lebih banyak dikunjungi oleh para pengunjung jika dibandingkan dengan Coban 2 atau Coban Wetan. Coban Kodok 1 memiliki ketinggian sekitar 70 meter. Airnya mengalir melewati bebatuan hitam yang berundak-undak, disamping itu kondisi airnya pun sangat jernih dan bersih.

Coban Kodok 1
Coban Kodok 1. Sumber: soboalam.blogspot.com

Namun jika musim kemarau tiba debit airnya akan berkurang. Coban Kodok 1 dihiasi pemandangan yang masih sangat asri. Dibawahnya terdapat sebuah kolam yang tidak terlalu lebar, namun masih dapat menampung curahan air terjun yang jatuh dari Coban Kodok 1.

Coban Kodok 2

Coban Kodok 2 keadaanya masih terlihat sangat alami. Dengan berada diantara rimbunan pepohonan yang rindang. Coban Kodok 2 memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Tingginya memang tak setinggi Coban Kodok 1 namun keindahan alamnya sungguh sangat luar biasa.

Coban Kodok 2
Coban Kodok 2. Sumber: soboalam.blogspot.com

Banyak sekali pengunjung yang nyasar saat mau mengunjungi Coban Kodok, hal itu dikarenakan belum tersedianya petunjuk jalan yang memadai.

Lokasi Dan Alamat Coban Kodok

Lokasi dan alamat Coban Kodok berada di Dusun Gumul, Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Rute Menuju Coban Kodok

Rute yang dapat kamu tempuh saat mengunjungi Coban Kodok diantaranya:

  • Jika kamu berasal dari Batu atau Malang kamu harus menuju Pujon kemudian menuju Desa Sukomulyo hingga melaju menuju Dusun Gumul.
  • Jika kamu bergerak dari arah Kediri kamu teruskan perjalanan menuju Kandangan setelah itu melewati Kasembon lalu Ngantang kemudian Pujon sampailah kamu di Desa Sukomulyo.
  • Untuk kamu yang bergerak dari arah Blitar kamu akan melewati Wingi kemudian Waduk lalu Selorejo kemudian sampai di Ngantang beberapa saat kemudian sampailah kamu di Pujon kemudian Desa Sukomulyo.

Jangan sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar mengenai lokasi Coban Kodok ini. Karena memang terbatasnya petunjuk jalan menuju Coban Kodok.

Setelah kamu sampai di Dusun Gumul, kamu bisa menitipkan kendaraanmu di rumah warga, selanjutnya kamu akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 1 kilometer untuk sampai menuju lokasi Coban Kodok.

Tiket Masuk Coban Kodok

Tiket masuk menuju lokasi Coban Kodok masih gratis. Karena belum dikelola dengan baik oleh pemerintah maupun masyarakat sekitar. Jadi kamu masih bisa dengan bebas menikmati keindahan Coban Kodok, tanpa harus membayar sedikit pun

Fasilitas Yang Tersedia di Coban Kodok

Fasilitas yang tersedia di Coban Kodok masih belum memadai. Hal tersebut ditandai belum tersedianya toilet, warung-warung makanan, atau pun tempat parkir yang memadai. Untuk tempat parkir kamu harus menitipkannya ke rumah-rumah warga yang ada di lingkungan sekitar Coban Kodok.

Penginapan

Karena Coban Kodok berada di tengah-tengah perkampungan warga, dan belum ada pihak yang mengelolanya maka penginapan yang terdekat dengan Coban Kodok berada sejauh 5 kilometer lebih dengan kisaran harga yang diberikan dibawah Rp. 500.000,- untuk permalamnya.

Kuliner Khas Kabupaten Malang

Untuk kamu yang datang dari luar Malang, kamu wajib membawa oleh-oleh untuk orang yang ada di rumah. Oleh-oleh yang harus kamu bawa salah satunya adalah kripik buah. Kripik buah ini banyak macamnya, yaitu:

  • Keripik Apel
  • Keripik Salak
  • Keripik Nangka
  • Keripik Melon
  • Keripik Mangga
  • Keripik Rambutan
  • Keripik Lengkeng
  • Keripiki Semangka
Keripik Apel Malang
Keripik Apel Malang. Sumber: www.bukalapak.com

Namun yang paling dicari oleh para wisatawan tentu saja Keripik Apelnya. Dan harga yang ditawarkan pun sangat murah, yakni dibawah Rp. 15.000,- untuk setiap bungkusnya.

Tips Wisata

Tips wisata ini semoga dapat membantu kamu, saat kamu akan menikmati keindahan Coban Kodok. Yakni:

  • Gunakanlah alas kaki yang nyaman, karena kamu akan melakukan treking yang cukup melelahkan dengan kondisi jalan yang masih bertanah.
  • Pastikan kondisi kamu sedang dalam keadaan sehat dan fit.
  • Sediakanlah makanan atau minuman yang mencukupi kamu saat di perjalanan.
  • Saat di perjalanan menuju lokasi dengan menggunakan sepeda motor, harap berhati-hati karena jalurnya kecil dan berliku.
  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi hujan.
  • Sebaiknya kamu mengunjungi Coban Kodok tidak sedang dalam keadaan kemarau yang panjang, karena aliran airnya akan sedikit berkurang.
  • Jagalah selalu kebersihan lokasi wisata yang kita datangi.
  • Tidak cocok membawa anak kecil ke lokasi Coban Kodok, karena trekingnya yang tidak sesuai.
  • Tidak ada petunjuk untuk sampai lokasi Coban Kodok, jadi kamu harus sering bertanya ke warga sekitar.
  • Siapkan gadget kamu untuk menangkap setiap momen yang tercipta di Coban Kodok.

Penutup

Coban Kodok masih sangat asri dan alami. Belum banyak perubahan yang terjadi, sehingga keadaannya pun masih seperti sedia kala. Belum adanya pihak yang mengelola menjadikannya sedikit terbengkalai, disamping itu pengunjung yang datang pun tidak mengindahkan kebersihan.

Keindahan alam yang sudah disediakan Tuhan alangkah baiknya jika kita jaga dan lestarikan, sebagai rasa syukur kita kepada-Nya. Jika bukan kita siapa lagi, alam itu diberikan untuk kita nikmati dan manfaatkan sebaik-baiknya. Siapkan foto terbaikmu saat berada di Coban Kodok, ya!

Baca juga:

Leave a Comment