Coban Pawon, Kemilau Keindahan Coban Di Dalam Goa

Kabupaten Lumajang Jawa Timur merupakan daerah yang dikelilingi oleh gunung berapi yang sudah sangat terkenal, yaitu Gunung Semeru, Gunung Bromo, dan Gunung Lemongan.

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa, sehingga selalu menjadi destinasi wisata baik lokal maupun nasional.

Ternyata destinasi wisata bukan hanya terletak di puncak gunungnya saja, tetapi di lereng-lereng gunung tersebut terdapat juga lokasi wisata alam yang recommended untuk dikunjungi. Salah-satunya Coban Pawon.

Coban Pawon
Coban Pawon. Sumber : pesonajatim.com

Langsung saja kita simak ulasan lengkapnya!

Jalur Atau Tracking Menuju Coban Pawon atau Antrukan Pawon Lumajang

Lokasi Coban Pawon terletak sekitar 19 kilometer dari pusat kota Lumajang Provinsi Jawa Timur. Akses kendaraan hanya sampai di lokasi rumah penduduk saja.

Coban Pawon atau disebut juga Antrukan Pawon merupakan air terjun yang kondisinya masih alami, dan belum dikelola secara optimal baik oleh pemerintah daerah maupun swasta.

Dengan demikian, akses kendaraan serta area parkir hanya terdapat di dekat rumah penduduk saja. Selanjutnya para pengunjung diharuskan berjalan kaki selama 30 menit menuju lokasi air terjun atau Coban Pawon.

Tracking menuju Coban Pawon atau Antrukan Pawon Lumajang masih berupa lapisan tanah, sehingga para pengunjung harus selalu berhati-hati karena licin, apalagi jika di musim hujan.

Tracking Menuju Coban Pawon
Tracking Menuju Coban Pawon. Sumber : jembertraveler.com

Jalurnya lumayan miring, dan belum tersedia tangga – tangga seperti halnya di lokasi wisata air terjun yang sudah terkelola dengan baik. Maka alas kaki yang digunakan haruslah tepat, baiknya menggunakan sandal gunung.

Kondisi tubuh juga harus benar-benar prima, karena saat menuju lokasi dan pulang dari lokasi Coban Pawon atau Antrukan Pawon memerlukan tenaga yang cukup lumayan.

Meskipun demikian, sepanjang perjalanan adalah suguhan pemandangan alam yang masih natural. Dari mulai perkebunan warga, pohon bambu, serta pemandangan alam lainya adalah panorama yang bisa dilihat mata di sepanjang jalur tersebut.

Setelah sampai di lokasi utama, para pengunjung tidak akan langsung melihat air terjun atau Coban Pawon, yang terlihat hanyalah sebuah goa.

Dan berjalan sedikit ke dalam goa, maka anda akan melihat keindahan Coban Pawon atau Antrukan Pawon yang berbeda dengan air terjun lainnya.

Coban Pawon Berada Di Dalam Goa
Coban Pawon Berada Di Dalam Goa. Sumber : mytrackingblog.wordpress.com

Pesona Keindahan Dan Ragam Aktivitas Di Coban Pawon Atau Antrukan Pawon Lumajang

Coban Pawon atau Antrukan Pawon Lumajang memiliki tinggi sekitar 15 meter dengan kondisi arus air yang tidak terlalu deras, namun jernih.

Nama Coban Pawon atau Antrukan Pawon diambil dari aliran air coban yang jatuh ke dalam lobang goa yang mirip kendi yang ada di dapur. Dan kata “pawon” dalam bahasa jawa berari dapur.

Coban Pawon Atau Antrukan Pawon
Coban Pawon Atau Antrukan Pawon. Sumber : pesonajatim.com

Daya tarik Coban Pawon atau Antrukan Pawon Lumajang dari aliran air terjunnya yang masuk ke lubang yang ada di goa. Sehingga para pengunjung yang ingin melihat harus masuk terlebih dahulu ke goa tersebut meskipun tidak terlalu dalam.

Keindahan Coban Pawon saat sinar matahari masuk ke dalam goa tersebut, serta menyinari aliran airnya menjadikan sebuah pemandangan yang luar biasa karena pantulan kemilau di dalam kegelapan.

Kemilau Coban Di Dalam Goa
Kemilau Coban Di Dalam Goa. Sumber : wisatalengkap.com

Kondisi Coban Pawon yang masih alami, menjadikan udara dan airnya sangat sejuk. Sampah-sampahnya masih berupa dedaunan yang jatuh saja, bukan berbentuk sampah plastik.

Ragam aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung selain bermain air adalah melakukan aktivitas hunting foto.

Hunting Foto Di Coban Pawon
Hunting Foto Di Coban Pawon. Sumber : www.tripzilla.id

Panorama Coban Pawon yang berada di dalam goa adalah panorama alam yang sangat instagramable, sangat layak untuk diposting di media sosial anda.

Meskipun kondisinya masih belum dikelola secara profesional, namun pesona keindahan Coban Pawon tidak menyurutkan para wisatawan untuk datang ke lokasi tersebut.

Tantangan besar akan dihadapi oleh sebuah destinasi wisata saat mulai berkembang yaitu sampah, serta kerusakan ekosistem alam sekitar.

Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh pengunjung di lokasi wisata manapun untuk mempunyai kesadaran lingkungan, dan kesadaran kebersihan yang tinggi.

Sejatinya alam tercipta untuk membangun keseimbangan kehidupan umat manusia.

Lokasi Dan Alamat Coban Pawon

Lokasi dan alamat Coban Pawon berada di Dusun Kertowono, Desa Wangkit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur – Indonesia.

Rute Atau Jalan Menuju Coban Pawon

Rute atau jalan menuju Coban Pawon dari Kabupaten Lumajang adalah sebagai berikut :

  • Jarak antara Kabupaten Lumajang dengan Coban Pawon sekitar 19,5 kilometer
  • Waktu tempuh dari Kabupaten Lumajang menuju Coban Pawon sekitar 45 menit – 1 jam perjalanan.
  • Rute pertama dari Kabupaten Lumajang menuju Coban Pawon adalah masuk ke Jl. KH. Wahid Hasyim untuk selanjutnya menuju Jl. DR. Sutomo.
  • Kemudian belok kanan, masuk ke Jl. Kapten Pierre Tandean sejauh 450 meter
  • Lurus terus sejauh 850 meter menuju Jl. Brigjen Katamso
  • Masuk ke Jl. Gajah Mada sekitar 1,2 kilometer
  • Lurus terus, sampai masuk ke Jl. Hayam Wuruk sejauh 700 meter.
  • Setelah itu, belok kanan ke Jl. Nasional III sejauh 3,1 kilometer
  • Terus lurus masuk ke Jalan Raya Lumajang – Probolinggo
  • Setelah masuk di daerah Ngampel, maka tujuan anda sudah tidak jauh lagi. Sekitar 4 kilometer lagi anda sudah sampai di tujuan.
  • Setelah sampai di area parkiran Coban Pawon, maka lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 30 menit perjalanan.

Harga Tiket Masuk Coban Pawon Atau Antrukan Pawon 2020

Harga tiket masuk Coban Pawon atau Antrukan Pawon Lumajang tahun 2020 adalah sebagai berikut :

  • Harga Tiket Masuk     : Gratis
  • Parkir Motor               : Rp. 5.000 per unit
  • Parkir Mobil                : Rp. 10.000 per unit

Jam Operasional Coban Pawon Atau Antrukan Pawon Lumajang

Jam operasional Coban Pawon Atau Antrukan Pawon Lumajang buka dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 dari Hari Senin sampai dengan hari Minggu tetap buka.

Penginapan Di Coban Pawon Atau Antrukan Pawon Lumajang

Tidak ada penginapan di lokasi Coban Pawon Atau Antrukan Pawon Lumajang, karena lokasi ini masih belum dikelola secara maksimal.

Tips Wisata Menuju Coban Pawon Atau Antrukan Pawon Lumajang

Bagi kalian yang mempunyai rencana untuk mengabiskan waktu liburan di Coban Pawon Atau Antrukan Pawon Lumajang, maka inilah tips wisatanya :

  • Jangan sampai berkunjung di musim hujan, karena jalanan atau jalur menuju Coban Pawon akan licin. Karena kondisi jalurnya masih berbentuk lapisan tanah.
  • Karena kondisinya masih belum dikelola secara profesional, maka baiknya membawa perbekalan makanan, serta baju ganti.
  • Gunakan alas kaki yang tidak akan licin saat digunakan di jalur menuju lokasi Coban Pawon.
  • Jangan merusak lingkungan sekitar, dan jangan membuang sampah sembarangan.
  • Selalu patuhi protokol keamanan dan kesehatan
  • Jika anda masih bingung atau ragu untuk menyusuri jalur menuju lokasi Coban Pawon, maka anda bisa meminta bantuan jasa dari masyarakat setempat.

Penutup

Demikian review Coban Pawon Atau Antrukan Pawon Lumajang, semoga dapat menjadi referensi awal bagi kalian yang mencari destinasi wisata yang masih alami, khususnya air terjun.

Semoga saja ke depannya Coban Pawon Atau Antrukan Pawon Lumajang segera dapat tertata dengan baik. Mengingat animo pengunjung serta keindahan panorama yang dimiliki Coban Pawon begitu indah.

Selamat berlibur, tetap aman, dan nyaman selama berwisata ya…

Baca juga:

Leave a Comment