Coban Rais, Kawasan Menantang yang Tak Pernah Sepi Pendatang

Berbicara mengenai kota Batu pasti tidak akan jauh dari yang namanya pariwisata. Karena, kawasan ini diberi nikmat oleh Tuhan mempunyai pesona alam yang luar biasa. Sebut saja Selecta atau Coban Rondo dan kawasan Pujon. Bisa juga dengan wisata buatan seperti Jatim Park dan Museum Angkut yang mengesankan.

Nah, selain Coban Rondo. Kota Batu juga memiliki kawasan coban lain yang wajib untuk dikunjungi. Apalagi, kawasan ini sedang diburu oleh netizen karena suasana alamnya. Selain itu, kawasan ini juga terkenal dengan spot foto baru yang instagenic. Sobat native pasti suka dan langsung jatuh cinta. Namanya adalah Coban Rais.

Coban Rais Air Terjun
Image via: www.instagram.com/mr.realsyah

Tentang Coban Rais

Sebelum dikenal oleh khalayak ramai dengan nama Coban Rais. Kawasan ini lebih dahulu dikenal oleh para warga dengan nama Coban Sabrangan. Nama ini diberikan karena menuju ke kawasan ini harus menyeberang sungai terlebih dahulu. Dalam bahasa jawa, sabrangan berarti menyeberang.

Air terjun ini berada di perbukitan Paderman. Dengan ketinggian kurang lebih 1.025 mdpl. Dengan ketinggian air terjun kurang lebih 75 meter. Sudut kemiringannya mencapai 90 derajat. Untuk sampai di lokasi air terjun, sobat native harus tracking terlebih dahulu dengan mengeluarkan segenap tenaga.

Perjalanan menuju ke coban memang sangat menantang. Bila sobat native sudah pernah mendaki gunung, maka sobat native bisa membayangkan track yang akan dilalui menuju ke tempat ini. Jalan setapak, jalan yang sempit, naik batu, melewati jembatan besi, melewati sungai adalah cara yang wajib menuju ke kawasan ini.

Coban Rais Road To 1
Image via: www.instagram.com/adamalfajar

Total Jarak yang harus ditempuh adalah 7 km. dengan waktu tempuh beragam mulai dari 15 menit sampai dengan 30 menit. Bagi sobat native yang memang mencintai petualangan bisa mencoba berjalan hingga ke lokasi air terjun. Tetapi, bagi yang tidak suka akan keringat, maka lebih baik untuk tetap menikmati wahana yang lain saja.

Baca Juga :  Review Tempat Wisata Di Ciwidey Terbaik Untuk Anda!

Perjalanan menyusuri hutan ini memang selalu penuh dengan tantangan. Bahkan, tantangan terbesar yang ada bukanlah karena medannya. Melainkan karena, sobat native sulit menaklukkan diri sendiri. Itulah musuh terbesar dalam mencapai kawasan ini dan kehidupan yang harus dijalani.

Semuanya akan hilang seketika, saat sobat native tiba di kawasan ini. keindahan air terjun memang mampu melelehkan mata. Mampu membuat sobat native terhipnotis, dari rasa lelah yang hadir sejak awal keberangkatan menjadi rasa suka dan duka, serta takjub dengan pemandangan yang dilihat.

Coban Rais Air Terjun 1
Image via: www.instagram.com/fibbie_dietketo

Rumah Hobbit

Setelah puas merasakan lelah dan berjuang tanpa kenal rasa lelah. Saatnya sobat native menikmati suasana yang ada. Selain air terjun, kawasan Coban Rais juga menghadirkan beberapa spot menarik. Spot ini bisa dimanfaatkan untuk selfi dan juga wefie. Salah satunya adalah rumah hobbit.

Mungkin film hobbit memang sudah berakhir. Tetapi, pesonanya tetap menjadi idaman bagi sebagian sobat native. Disini, hadir rumah hobbit yang sangat menarik. Pas sekali digunakan sebagai tempat untuk bergaya dan berpose di depan kamera. Uniknya rumah hobbit ini adalah berada di kawasan yang memiliki tingkat kemiringan yang cukup.

Jadi, sobat native harus berhati-hati bila berada di kawasan ini agar tidak terjatuh dan menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Apalagi, tanah disini cukup lembut sehingga mampu membuat kaki sobat native merasa ada yang aneh.

Coban Rais Rumah Hobbit
Image via: www.instagram.com/info_malang

Batu Flower Garden

Inilah mengapa kawasan Coban Rais begitu dikenal oleh beberapa sobat native bahkan hampir di seluruh penjuru nusantara. Hadirnya Batu Flower Garden yang memang mempesona. Spot selfie ini menghadirkan bunga-bunga yang bermekaran dengan warna-warni yang sempurna.

Baca Juga :  Kebun Raya Bogor, Wisata Edukasi, Selfi, Hingga Misteri Ada Di sini

Batu Flower Garden ini adalah sebuah bukit yang berada di wilayah coba rais. Bukit ini disulap sedemikian rupa agar terlihat semakin instgenic. Ditambah dengan berbagai macam tanaman yang dibentuk dan ditata dengan rapi. Sayangnya, masuk ke kawasan ini cukup mahal sobat native.

Coban Rais Batu Flower Garden
Image via: www.instagram.com/arumpuspitama

Wahana dan Gardu Pandang

Di perbukitan ini ada gardu pandang yang bisa dinikmati oleh sobat native melihat pemandangan alam kota batu. Biasanya, banyak sobat native yang memburu gardu pandang berbentuk love. Karena, mempunyai titik yang cukup sempurna untuk dijadikan sebagai sebuah spot. Foto.

Disini ada ikon kota malang yaitu buah apel. Sobat native bisa foto di buah apel yang sudah dimakan. Ada juga kawasan spot bunga yang bisa dijadikan sebagai spot romatis. Bunga-bunga ini turun dari sebuah tempat dan seakan tumpah mengalir kebawah.

Coban Rais Gardu Pandang
Image via: www.instagram.com/saw_0704

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat lokasi kawasan ini berada di Jalur lingkar Barat, dusun Dresel, Desa oro-oro ombo, kecamatan batu. Jarak tempuh dari kota batu adalah 7 km dan bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 30 menit. Rute yang harus dilalui adalah melewati terminal Batu menuju ke studio Batu Tv.

Dari sini, sobat native bisa mengikuti jalan yang ada di studio hingga mencapai kawasan parkiran coban rais. Mudah sekali bukan? Bagi, sobat native yang ingin menggunakan transportasi umum sobat native bisa dimulai dari terminal landungsari. Naik angkot BIL berwarna kuning menuju ke kota Batu

Nah, disini ada beberapa trik yang harus diketahui oleh sobat native. Dimana, di terminal ini ada dua angkot yang berwana pink dan kuning. Dimana, warna pink akan mengantar sobat native menuju ke terminal batu. Jadi, jangan sampai salah naik. Kalau naik angkot pink, sobat ative harus oper di terminal batu.

Baca Juga :  The Jungle Bogor, Wahana Wisata Air Untuk Keluarga

Saat naik angkot warna kuning, sobat native bisa turun di pertigaan tugu oro-oro ombo. Waktu yang ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Nah, setelah sampai di pertigaan ini sobat native bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek. Total harga yang harus dibayar adalah 15 ribu rupiah.

Coban Rais Tree House
Image via: www.instagram.com/batuflowergarden.cobanrais

Harga Tiket Masuk

Harga tiket kawasan ini memang bisa dibilang cukup mahal. Apabila masuk dan menikmati air terjun saja, sobat native akan dikenakan biasa sebesar 10 ribu rupiah. ditambah dengan biaya parkir 10 ribu rupiah untuk mobil dan 5 ribu rupiah bagi yang membawa kendaraan bermotor.

Bagi yang ingin menikmati Batu Flower Garden harganya adalah 25 ribu rupiah. Nah, apabila sobat native membawa kamera action akan dikenakan tambahan sebesar 10 ribu rupiah. Untuk kamera DLSR sebesar 20 ribu rupiah dan drone sebesar 75 ribu rupiah.

Tetapi, ada fasilitas tambahan yang disediakan oleh pihak pengelola. Dimana, sobat native akan mendapatkan akses gratis untuk bunga utama disini. Karena, jika tidak membayar kameranya di spot utama bunga wisatawan harus membayar uang sebesar 10 ribu rupiah.

Coban Rais adalah kawasan yang berada di Kota Batu. Mempunyai suasana sejuk, teduh, tenang, dan damai sekali. Cocok bagi sobat native yang ingin melepaskan penat. Apalagi, track yang menantang.

Penasaran dengan kawasan ini? ayo datang dan rasakan sendiri bagaimana, adrenalin terpacu di Coban Rais.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.