Curug Bengkawah, Review Lengkap Trekking, Tiket, Ragam Wisata Serta Indahnya Alam Pemalang Jawa Tengah

Jika kamu sedang berada di Pemalang, Jawa Tengah, selain mengunjungi Curug Bedil kamu juga harus coba mengunjungi sebuah tempat wisata air yang satu ini.

Lokasinya berada tak jauh dari pesawahan serta memiliki keindahan alam yang masih sangat alami. Namanya ialah Curug Bengkawah biasa juga disebut Cubeng.

Curug Bengkawah merupakan akronim dari Bengkahan Tengah Sawah. Di curug ini kamu akan menikmati aliran air yang bukan hanya ada satu, melainkan ada 3.

Berikut ulasan lengkap mengenai Curug Bengkawah, check this out!

Trekking Menuju Curug Bengkawah

Perjalanan menuju Curug Bengkawah sangat mudah, hal itu dikarenakan banyak petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu serta jalan yang dilalui pun sudah bagus.

Setelah kamu merasakan jalan beraspal kemudian kamu akan merasakan jalan yang sudah dibeton, setelah melihat gapura selamat datang kamu akan berada dijalan yang agak sedikit berbatu namun tidak terlalu menganggu.

Gapura Selamat Datang Cubeng
Gapura Selamat Datang Cubeng. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Setelah kamu memakirkan kendaraan yang kamu bawa, kamu harus melanjutkan perjalanan menuju Curug Bengkawah dengan berjalan kaki.

Trekking pertama yang kamu lalui ialah menyusuri jalan di area pematang sawah, kemudian melanjutkan dengan menuruni jalan setapak di tengah hutan dengan jalur yang masih sangat alami. Pepohonan rindang menemanimu sepanjang jalan.

Turunan dan tanjakan yang akan dilewati cukup terjal, berhati-hatilah ketika menapaki jalur trekking tersebut. Jalurnya masih berupa tanah bebatuan, tidak ada pegangan apapun.

Jalur Trekking Menuju Curug Bengkawah
Jalur Trekking Menuju Curug Bengkawah. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ketika kamu sudah menemukan jalur trekking menurun yang curam, itu artinya perjalananmu akan segera berakhir. Pohon beringin besar akan menyambut kedatanganmu, dan akhirnya keindahan Curug Bengkawah akan segera kamu dapati.

Trekking yang kamu lalui tidak terlalu membutuhkan waktu yang cukup lama, namun hanya karena medan yang dilalui berbatu jadi agak sedikit membuat kita lelah dalam melangkah.

Pesona Keindahan Curug Bengkawah

Ketika kamu melihat Curug Bengkawah, takjub itulah perasaan yang kamu rasakan. Melihat keindahan aliran curug yang tidak hanya memiliki satu aliran saja.

Ya,,,Curug Bengkawah tidak hanya memiliki 1 aliran saja, melainkan terdapat 3 aliran air yang besar serta 1 aliran air yang dihasilkan oleh salah satu aliran.

Curug Bengkawah
Curug Bengkawah. Sumber: jalantraveller.blogspot.com

Ketinggian Curug Bengkawah kira-kira mencapai 20 meter, memiliki aliran air yang sangat deras sekali. Saking derasnya air yang dialirkan, hingga dapat menciptakan biasan pelangi di akhir alirannya.

Airnya sangat jernih dan bersih, terus mengalir menuju aliran sungai tak jauh dari area Curug Bengkawah. Dibawahnya terdapat sebuah kedung atau kolam alami yang cukup lebar, namun kamu dilarang untuk mendekati kolamnya.

Mari Kita Jaga Bersama
Mari Kita Jaga Bersama. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Menurut warga sekitar Curug Bengkawah airnya tidak pernah surut, meskipun musim kemarau tiba. Keindahan alam disekitarnya membuat kita enggan untuk beranjak.

Ragam wisata Curug Bengkawah

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Bengkawah diantaranya:

1. Menikmati Keindahan Alam

Keindahan alam yang dihadirkan Curug Bengkawah masih sangat asri, hal itu dikarenakan curug ini berada di kawasan yang dilindungi oleh pemerintah hingga siapapun yang merusak alamnya akan dikenai sanksi.

Menikmati Keindahan Cubeng
Menikmati Keindahan Cubeng. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Suasana tenang dan damai ditemani suara deburan air Curug Bengkawah ditambah dengan semilir angin yang menyejukkan membuat badan dan fikiran kamu menjadi lebih tenang.

2. Bermain Air

Kidung yang berada tepat di bawah aliran Curug Bengkawah, dilarang untuk kita dekati. Hal tersebut karena kolamnya memiliki kedalaman sekitar 3 meter serta aliran air yang sangat deras akan membahayakan kamu.

Jadi kamu hanya bisa bermain-main air di sekitar aliran airnya. Airnya sangat jernih dan bersih hingga kamu dapat melihat bebatuan didasar sungainya. Merasakan kesegaran airnya membasuh kaki dan wajahmu.

3. Rafting Dan Body Rafting

Kalau kamu suka dengan tantangan yang menguji adrenalin, kamu harus mencoba ragam wisata yang ditawarkan oleh pengelola Curug Bengkawah.

Yakni rafting dan body rafting, kedua kegiatan tersebut dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Bengkawah dengan ditemani instruktur tentunya jadi kamu tidak usah khawatir.

Rafting Bersama
Rafting Bersama. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Aliran sungai yang deras kamu susuri dengan menggunakan sebuah ban khusus rafting, seru sekali menikmati derasnya sungai dengan sesekali badan kamu diombang ambing kesana kemari.

Diakhir jalur rafting, kamu akan diajak untuk mencoba body rafting ditempat yang memiliki arus yang cukup kuat. Badanmu akan maju dengan sendirinya saking derasnya air yang mengalir.

4. Berfoto

Mengabadikan keindahan alam dan Curug Bengkawahnya merupakan hal yang harus kamu lakukan selanjutnya. Biarkan keindahannya dirasakan juga oleh orang lain, hingga mereka yang melihatnya tertarik untuk datang mengunjungi Curug Bengkawah ini.

Berfoto Bersama Indahnya Curug Bengkawah
Berfoto Bersama Indahnya Curug Bengkawah. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Dan Alamat Curug Bengkawah

Lokasi Curug Bengkawah berada di kawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah.

Alamat lengkapnya terletak di Jl. Sikasur Simpur, Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kecamatan Pemalang, Jawa Tengah.

Rute Menuju Curug Bengkawah

Rute menuju Curug Bengkawah jika kamu bergerak dari Pemalang, kamu akan melakukan perjalanan sekitar 35 km dengan estimasi waktu kira-kira 1,5 jam.

Kamu harus melewati Jalur Pantura kemudian arahkan kendaraanmu menuju Randudongkal. Setelah itu lanjutkan menuju Terminal Randudongkal, kemudian setelah menemukan persimpangan jalan belok ke kanan.

Setelah menyusuri jalan yang sudah dibeton kamu akan melihat gapura selamat datang Curug Bengkawah di sebelah kiri. Jalurnya dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Tiket Masuk Curug Bengkawah

Untuk menikmati Curug Bengkawah sangat murah sekali, kamu hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5.000,- per orangnya.

Jam Operasional Curug Bengkawah

Jam operasional Curug Bengkawah dibuka setiap hari dimulai pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 18.00 sore.

Waktu yang terbaik untuk menikmati keindahan alamnya ialah ketika pagi hari, dimana udaranya masih sangat segar juga belum banyak pengunjung yang datang.

Fasilitas Curug Bengkawah

  • Fasilitas disekitar Curug Bengkawah hanya ada beberapa orang penjual makanan dan minuman
  • Area parkir yang memadai
  • Penyewaan peralatan rafting beserta instrukturnya
  • Kamar mandi umum

Penginapan

Penginapan terdekat yang ada disekitar Curug Bengkawah berjarak sekitar 2 km jauhnya. Kamu bisa mendapatkan penginapan yang kamu inginkan, dan menghabiskan malammu di Pemalang.

Tips Wisata

Tips wisata berikut saya bagikan untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Bengkawah, yakni:

  • Pastikan cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi sedang turun hujan.
  • Berhati-hatilah ketika menyusuri trekking menuju Curug Bengkawah, apalagi jika membawa serta anak-anak.
  • Selalu jaga dan awasi anak-anak ketika sedang bermain air.
  • Bawalah baju ganti atau peralatan lainnya ketika berniat hendak rafting.
  • Patuhi peraturan yang telah ditetapkan.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Bengkawah.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Curug Bengkawah.

Penutup

Menghabiskan waktu dengan hamparan alam yang sangat indah, merupakan cara yang tepat untuk merefresh jiwa dan raga yang telah digelayuti rasa penat.

Ditambah dengan rafting atau body rafting bersama membuat keterikatan satu dengan yang lainnya akan semakin erat.

Curug Bengkawah harus kunjungi weekend ini, rasakan semua ragam wisata yang diulas di atas. Dan tentu saja jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Bengkawah, ya!


Leave a Comment