Curug Cigentis, Sejarah Dibalik Keindahan Air Terjun Di Karawang

Karawang berada tak jauh dari Ibu Kota, serta berbatasan langsung dengan Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor di sebelah barat.

Meskipun Karawang terkenal sebagai kota industri, ternyata mempunyai tempat wisata air yang sangat menyejukkan yang harus kamu kunjungi.

Namanya adalah Curug Cigentis yang berada di Desa Mekarbuana, Karawang. Tempat wisata air ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah, apalagi jika weekend.

Meskipun selama wabah Covid-19 Curug Cigentis sempat ditutup, namun di era adaptasi baru ini tempat wisata air ini sudah dibuka kembali. Tentu saja dengan mengacu pada protokol kesehatan yang sudah ditetapkan Pemerintah.

Berikut ulasan lebih lengkap mengenai Curug Cigentis, check this out!

Trekking Menuju Curug Cigentis

Ketika kamu sudah memasuki jalur menuju Curug Cigentis, jalannya tidak terlalu lebar namun masih mudah dilalui kendaraan mobil.

Di sepanjang perjalanan kamu dapat melihat gunung yang bediri tegak dihiasi pepohonan yang menghijaukan mata memandang.

Jalur yang kamu lalui dipenuhi oleh belokan mulai dari yang biasa saja sampai yang curam, oleh karena itu selalu waspada dan fokus ketika berkendara.

Hendak mendekati area parkir Curug Cigentis, kamu akan melalui tanjakan yang curam dihiasi dengan belokan. Beloklah ke arah kiri tibalah kamu di area parkir mobil Curug Cigentis.

Trekking Yang Akan Dilalui
Trekking Yang Akan Dilalui. Sumber: travelspromo.com

Melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 1,5 km harus kamu lakukan, atau kamu bisa melanjutkannya dengan naik ojeg yang sudah siap mengantarmu menuju Curug Cigentis.

Jika kamu membawa kendaraan roda dua, kamu dapat melanjutkan perjalanan hingga mendekati area loket masuk Curug Cigentis. Di sana nanti tersedia banyak area parkir motor.

Jalur Trekking
Jalur Trekking. Sumber: bambangcerita.wordpress.com

Menaiki beberapa anak tangga yang terbuat dari batu sebelum menuju loket tiket masuk, setelah itu melanjutkan perjalanan dengan menapaki tangga tersebut hingga tiba di Curug Cigentis. Sekitar 250 meter jaraknya dari loket masuk.

Sepanjang perjalanan kamu akan melihat aliran sungai yang airnya sangat jernih juga bersih, serta alam disekitarnya yang masih sangat asri. Akhir tangga berbatu akan membawamu menuju Curug Cigentis.

Curug Cigentis
Curug Cigentis. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pesona Keindahan Curug Cigentis

Curug Cigentis memiliki tinggi sekitar 25 meter dan berada di bawah kaki Gunung Sanggabuana. Maka tak heran jika alam disekitarnya masih sangat alami. Pepohonan yang berada di sekitar curug masih sangat lebat.

Landscape Curug Cigentis
Landscape Curug Cigentis. Sumber: travelspromo.com

Tebing tinggi yang mengelilingi curug seakan menambah keindahan alam yang dihadirkan, ditambah dengan deburan curugnya yang menenangkan jiwa.

Airnya mengalir merambat melalui tebing batu sehingga tak menimbulkan arus yang cukup besar. Kolam penampungan yang berada di bawahnya selalu siap menerima curahan air Curug Cigentis.

Curug Cigentis tak pernah surut sekalipun pada musim kemarau, jika musim hujan tiba airnya pun tidak berubah warna tetap bersih dan jernih.

Air yang dialirkannya terus mengalir melalui sungai yang dihiasi bebatuan dengan berbagai macam ukuran. Mulai dari yang besar hingga yang kecil, berserakan disekitar area Curug Cigentis.

Ragam Wisata Di Curug Cigentis

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Cigentis, diantaranya:

1. Mandi Di Kolam Alami

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika mendatangi sebuah tempat wisata air ialah mandi di kolam penampungan curugnya.

Ragam Wisata Di Curug Cigentis
Ragam Wisata Di Curug Cigentis. Sumber: wisatabaru.com

Merasakan segarnya air Curug Cigentis membasuh badanmu, apalagi jika kamu naik ke bebatuan tepat dibawah aliran airnya. Wiihh,,,, segar sekali rasanya merasakan badanmu dipijat-pijat.

2. Bermain Air

Bermain air Curug Cigentis merupakan salah satu ragam wisata yang harus kamu lakukan, merasakan segarnya air yang dialirkan.

Bermain Air Curug Cigentis
Bermain Air Curug Cigentis. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

3. Hunting Foto

Mengabadikan keindahan curug serta alam di sekitar Curug Cigentis jangan sampai kamu lewatkan. Banyak pengunjung yang mengabadikan keindahan Curug Cigentis, adapula dari mereka berfoto dengan latar sebuah tulisan “Curug Cigentis”.

Salah Satu Spot Foto
Salah Satu Spot Foto. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sejarah / legenda Asal Mula Curug Cigentis

Terdapat sebuah sejarah yang mengiringi keberadaan Curug Cigentis. Pada zaman dahulu wilayah Curug Cigentis merupakan hutan belantara dan tidak ada mata air sama sekali.

Pada masa penyebaran Agama Islam daerah Curug Cigentis didatangi oleh wali songo yang hendak menyebarkan ajaran agama Islam di daerah tersebut.

Wilayah tersebut berada dibawah kekuasaan Prabu Siliwangi, karena merasa curiga dengan kedatangan para wali songo Prabu Siliwangi pun meminta supaya dalam penyebarannya selalu dikawal.

Karena tidak ada mata air sehingga menyulitkan wali songo untuk beribadah, akhirnya mereka meminta dengan khusyuk supaya diberikan air kepada Sang Khaliq.

Secara tiba-tiba keluarlah air dari sebuah batu yang cukup besar dan membentuk sebuah curug, melihat hal tersebut Nu Geulis Nyi Geuntis yang mengawal wali songo sontak kegirangan.

Beliau pun langsung mengucap syukur pada Tuhan dan mengikrarkan diri mengikuti ajaran yang disebarkan oleh Wali Songo, kemudian menceburkan dirinya ke dalam kolam.

Hal tersebut diikuti oleh para pengawal lainnya, Wali Songo akhirnya memberi nama curug tersebut dengan nama Curug Cigentis.

Begitulah kisah sejarah dibalik terjadinya Curug Cigentis, berdasarkan cerita tersebut kita harus selalu bersyukur atas apa yang sudah dianugerahkan Tuhan kepada kita.

Lokasi Dan Alamat Curug Cigentis

Lokasi dan alamat Curug Cigentis terletak di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Cigentis

Rute menuju Curug Cigentis jika kamu bergerak dari arah Jakarta, kamu bisa melajukan kendaraan melalui Depok kemudian melewati jalur Cileungsi dan Jonggol.

Atau bisa juga dengan melewati Cibubur kemudian menuju ke Cariu lalu lanjutkan perjalananmu menuju Pasar Loji.

Untuk kamu yang bergerak dari Karawang, kamu dapat melalui jalan tol Cikampek kemudian keluar di pintu tol Asper. Lanjutkan perjalanan menuju kawasan Parakan Badak kemudian ke Desa Jayanti.

Tiket Masuk dan Parkir Curug Cigentis

Tiket masuk dan parkir Curug Cigentis dibandrol sebagai berikut:

  • Tiket masuk                 : Rp. 20.000,- per orang
  • Naik ojeg                     : Rp. 15.000,-

Fasilitas Di Curug Cigentis

Fasilitas yang tersedia di Curug Cigentis diantaranya:

  • Area parkir mobil dan motor
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Kamar mandi umum

Jam Operasional Curug Cigentis

Jam Operasional Curug Cigentis selama new normal ini tetap buka setiap hari mulai pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 16.00 sore. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Tips Wisata

Berikut saya bagikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Cigentis, yakni:

  • Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan jaga jarak.
  • Karena kamu akan berkunjung ke tempat terbuka, pastikan kondisi cuaca ketika hendak berangkat.
  • Siapkan fisik kamu untuk menapaki beberapa anak tangga dengan kondisi menanjak.
  • Jika berniat untuk mandi atau bermain air, jangan lupa siapkan baju ganti atau peralatan lainnya.
  • Selalu jaga kebersihan dan keasrian lokasi Curug Cigentis.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Curug Cigentis.

Penutup

Kembali ke alam merupakan langkah yang tepat ketika kamu sedang suntuk, meskipun kondisi saat ini belum seperti dulu namun refreshing sangat kita butuhkan.

Tetap dengan mematuhi protokol yang telah ditetapkan tentunya. Rasakanlah betapa menyegarkannya alam di sekitar kita. Apalagi Curug Cigentis lokasinya tak jauh dari  Ibu Kota.

Jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Cigentis, ya!

Leave a Comment