Curug Cihurang di Bogor, Review Lengkap Camping Ground dan Tiket Wisata

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) memiliki berbagai wisata alam yang sangat menyejukkan jiwa dan raga. Banyak wisata air yang dapat kamu nikmati, dengan berbagai macam karakteristiknya.

Keindahan alamnya selalu menjadi buruan para wisatawan yang ingin menenangkan diri dari berbagai aktivitas yang selama ini digeluti.

Terdapat sebuah wisata air terjun atau curug dimana kamu tidak perlu melakukan trekking yang melelahkan, yakni Curug Cihurang. Tempat wisata air yang tepat untuk membawa serta anak-anak.

Loket Masuk Menuju Curug Cihurang
Loket Masuk Menuju Curug Cihurang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Berikut saya ulas lebih jauh mengenai Curug Cihurang, check this out!

Ragam wisata Curug Cihurang

Untuk dapat menikmati Curug Cihurang, kamu tidak perlu melakukan trekking yang jauh apalagi menantang. Lokasi Curug Cihurang dekat dengan area parkir, serta jalurnya pun cenderung datar.

Landscape Curug Cihurang
Landscape Curug Cihurang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Cocok sekali untuk kamu yang ingin menikmati kesegaran sebuah curug atau air terjun tanpa harus melakukan trekking yang melelahkan. Sehingga kamu bisa membawa serta anak-anak untuk menikmatinya.

Udara yang kamu rasakan sejuk dan menyegarkan walaupun disiang hari, bahkan jika pagi hari suhu udaranya bisa mencapai 15 derajat. Saat kamu berada di Curug Cihurang, kamu akan mengasingkan diri dari dunia untuk sementara waktu.

Karena tidak akan ada sinyal saat kamu berada di Curug Cihurang, kamu akan fokus dengan keindahan alam yang tersaji didepan mata.

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di Curug Cihurang, diantaranya:

1. Berenang

Curug Cihurang memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi, aliran airnya pun tidak terlalu deras namun air yang dialirkan sangat jernih dan bersih.

Kolam alaminya ada dua, karena aliran air Curug Cihurang pun ada dua. Kolam alaminya tidak terlalu besar juga tidak terlalu dalam, sehingga anak-anak pun dapat berenang dengan aman.

Berenang Di Kolam Curug Cihurang
Berenang Di Kolam Curug Cihurang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Disamping kolam yang cukup panjang terdapat perosotan kecil yang bisa digunakan untuk melakukan seluncuran. Kita dapat melihat ke dasar kolam saking jernihnya air Curug Cihurang.

2. Bermain Air

Untuk kamu yang tidak ingin berenang, namun ingin tetap menikmati kesegaran airnya kamu bisa bermain-main air di kolam yang lebih dangkal yang ada disatu sisinya. Dan merasakan kesejukan air yang dialirkan Curug Cihurang.

Menikmati Keindahan Curug Cihurang
Menikmati Keindahan Curug Cihurang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kamu pun bisa berada tepat dibawah aliran air terjunnya, dan merasakan hantaman airnya mengenai tubuhmu.

3. Camping

Curug Cihurang memang terkenal dengan area campingnya, banyak para pengunjung yang datang untuk mengadakan kegiatan camping di area Curug Cihurang apalagi jika weekend.

Area campingnya terdapat dua bagian, yakni bisa dibawah atau diatas. Area camping yang letaknya dibawah, tak jauh dari area parkir dan lokasi Curug Cihurang serta memiliki lapangan yang cukup luas cocok untuk kamu yang membawa serta anak-anak.

Camping Ground
Camping Ground. Sumber: katadatsungo.wordpress.com

Sedangkan di area atas untuk menuju lokasi campingnya, kamu diharuskan menaiki bukit. Deretan pohon pinus siap memayungimu, lokasi diatas merupakan lokasi favorit untuk mereka yang masih muda mudi.

Camping Ground Curug Cihurang
Camping Ground Curug Cihurang. Sumber: www.youtube.com

Karena lokasinya yang berada diantara hutan pinus, serta tidak terlalu ramai. Menikmati keheningan malam dengan iringan suara serangga dan burung-burung yang silih bersautan.

Untuk camping disini kamu ngga perlu khawatir jika kehabisan bahan makanan, selain karena banyaknya warung jika pagi tiba suka ada ibu-ibu yang menjajakan nasi kuning atau gorengan untuk sarapan kamu.

Ibu Yang Menjajakan Makanan
Ibu Yang Menjajakan Makanan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

4. Spot Foto

Keindahan hamparan pohon pinus selalu menjadi incaran bagi mereka yang ingin berfoto. Kamu bisa juga berfoto sembari berada disebuah hammock, sambil menikmati sejuknya udara Curug Cihurang. Jangan lupa untuk berfoto di area Curug Cihurangnya juga.

Berfoto Diantara Pohon Pinus
Berfoto Diantara Pohon Pinus. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Dan Alamat Curug Cihurang

Lokasi Curug Cihurang berada di Kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Tepatnya terletak di Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Cihurang

Untuk menuju Curug Cihurang kamu dapat melalui jalur leuwi liang atau melalui Simpang Ciampea.

Jika kamu bergerak dari Jakarta, kamu dapat melewati tol Bogor lingkar luar, kemudian keluar melalui Sentul City. Setelah itu belok ke kanan keluar via jalan baru.

Lanjutkan perjalananmu menuju arah Yasmin, lalu belok ke arah Dramaga bogor. Kemudian terus lurus sampai menuju Pasar Ciampea lalu gerbang IPB Dramaga.

Dari IPB Dramaga, kamu akan menemukan sebuah jalan pertigaan kemudian arahkan kendaraanmu ke kiri menuju Gunung Bunder.

Jalur yang akan dilalui penuh dengan belokan dimana merupakan sebuah ciri khas jalanan pegunungan, juga minim lampu penerangan jika malam hari.

Tiket Masuk Curug Cihurang

Pada saat memasuki area Taman Nasional Gunung Halimun Salak kamu harus membayar biaya retribusi sebesar:

  • Rp. 25.000/ motor untuk 2 orang.
  • Jika menggunakan kendaraan mobil dihitung Rp. 15.000/orang.

Setelah 1 jam kemudian kamu sampai di tiket masuk menuju Curug Ciherang, dan kamu harus kembali membayar biaya retribusi sebesar:

  • Tiket Curug Cihurang             : Rp. 10.000,- per orang
  • Camping                                 : Rp. 50.000/motor untuk 2 orang                                                                                                   Rp. 20.000/orang
  • Parkir Mobil                            : Rp. 15.000,- per unitnya

Jam Operasional Curug Cihurang

Jam Operasional Curug Cihurang dibuka setiap hari mulai Pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 wib. Namun untuk kamu yang ingin melakukan kegiatan camping dibuka selama 24 jam.

Fasilitas Curug Cihurang

Fasilitas yang tersedia di Curug Cihurang sudah sangat lengkap, yakni dengan adanya:

  • Lahan parkir motor dan mobil
  • Warung-warung makanan
  • Kamar mandi umum
  • Mushola

Penginapan

Untuk kamu yang ingin bermalam di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, tapi tidak dengan melakukan aktivitas camping, kamu bisa mengunjungi sebuah penginapan yang lokasinya masih berdekatan.

Kamu bisa menginap di kawasan Citalahab, dimana rumah-rumah penduduk telah disulap menjadi sebuah guest house. Kampung Citalahab memberikan udara yang sejuk dan menyegarkan, karena berada di ketinggian 1.700 meter mdpl.

Kawasan Citalahab dikelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat Kampung Saluyu, terdapat sekitar 20 rumah penduduk yang telah dialih fungsikan menjadi guest house.

Sebuah penginapan yang memberikan suasana yang masih tradisional, berbeda dengan penginapan pada umumnya. Selain itu kamu akan menikmati pemandangan pedesaan yang masih asri.

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak menghabiskan waktu di Curug Cihurang, yakni:

  • Lebih baik datang ketika cuaca cerah, tidak sedang mendung apalagi hujan.
  • Karena jalur pegunungan identik dengan jalan yang berkelok-kelok, lebih baik kamu melakukan perjalanan ketika matahari masih bersinar. Karena selain kondisi jalan yang berkelok, minimnya lampu penerangan menjadi kendala selanjutnya.
  • Selalu awasi anak-anak saat bermain air.
  • Untuk kamu yang ingin melakukan kegiatan camping, pastikan membawa baju hangat.
  • Bawalah obat-obatan yang biasa kamu gunakan.
  • Membawa peralatan camping sendiri.
  • Selalu jaga kebersihan area Curug Cihurang.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan momen saat berada di Curug Cihurang.

Penutup

Banyak sekali tempat yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Namun, jika kamu ingin menikmati air terjun tanpa harus melakukan trekking yang jauh dan melelahkan, kamu harus mengunjungi Curug Cihurang.

Lokasinya yang dekat dengan area parkir, dan tentu saja alamnya yang indah karena berdiri deretan pohon pinus yang membuat sejuknya udara.

Jaraknya pun tidak terlalu jauh dari Jakarta, jadi kamu wajib menghabiskan weekend kamu di Curug Cihurang. Dan tentu saja jangan lupa siapkan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment