Curug Cikoneng Puraseda, Review Paket Wisata Lengkap Di Leuwiliang, Bogor

Tak pernah bosan saya mengulas tempat wisata di daerah yang satu ini, karena memang Bogor mempunyai banyak tempat wisata yang dapat kita kunjungi.

Dari mulai wisata sejarah, wisata kekinian, wisata alam, sampai wisata kuliner dapat kita lakukan ketika berada di Bogor.

Tempat yang akan saya ulas kali ini ialah mengenai sebuah curug atau air terjun yang sangat mudah dijangkau. Pasti kamu ngga percaya ya, bahwa ada sebuah destinasi wisata air curug yang ngga perlu cape-cape trekking.

Di Desa Puraseda, Cikoneng terdapat sebuah wana wisata curug dimana lokasinya yang berada di tengah perkampungan warga dan sangat mudah sekali untuk diakses.

Selalu Ramai Dikunjungi
Selalu Ramai Dikunjungi. Sumber: portalbandungtimur.pikiran-rakyat.com

Namanya adalah Curug Cikoneng, berikut ulasan lengkap mengenai curug tersebut, check this out!

Perjalanan Menuju Curug Cikoneng

Sebaiknya jika hendak mengunjungi Curug Cikoneng kamu menggunakan kendaraan roda dua, karena nantinya kamu akan melewati jalan yang hanya bisa dilalui oleh motor.

Jika kamu menggunakan mobil, maka kendaraan yang kamu bawa harus di parkir di jalan raya. dan untuk menuju Curug Cikoneng harus dilalui dengan berjalan kaki.

Ketika kamu melajukan kendaraan bermotormu, kamu akan menemukan sebuah area yang bernama Kolam Benzikom, setelah itu kamu akan melewati sebuah jembatan yang terdapat pipa yang cukup besar.

Saking besarnya pipa PLTA tersebut jalurnya pun hanya bisa dilalui oleh satu motor saja. Jadi harus bergantian jika ingin melewatinya. Jembatan ini disebut dengan Jembatan Belanda.

Sepanjang perjalanan kamu akan melihat betapa indahnya alam, hamparan sawah yang mulai menguning menjadi pemandangan utama yang menyejukkan.

Karena lokasi Curug Cikoneng berada di tengah perkampungan warga, maka jalur yang akan kamu lalui pun akan melewati rumah-rumah warga. Sehingga kecil kemungkinannya untuk tersesat.

Setelah sampai di tempat parkir, kamu sudah dapat langsung melihat Curug Cikoneng. Jadi untuk dapat menuju curugnya kamu ngga perlu berjalan sangat jauh.

Pesona Keindahan Curug Cikoneng

Curug atau air terjun ini diberi nama Cikoneng karena lokasinya yang berada di Kampung Cikoneng, serta berada di kawasan Geopark Pongkor.

Curug Cikoneng memiliki dua buah tingkatan air terjun atau curug. Dimana ketinggian dari masing-masing curug berbeda, aliran Curug Cikoneng yang berada dibawah lebih kecil daripada Curug Cikoneng di bagian atas.

Curug Cikoneng
Curug Cikoneng. Sumber: backpackerjakarta.com

Aliran air yang diturunkan sangat jernih juga bersih, airnya merambat turun melalui tebing batu hitam. Sehingga tidak menimbulkan arus yang kuat. Kolam tempat penampungan air curug dibagian atas berwarna hijau toska.

Curug Cikoneng berada di tengah pemukiman warga, namun hal tersebut tidak mengurangi keindahan alam dari curug itu sendiri.

Menimati Keindahan Curug Cikoneng
Menikmati Keindahan Curug Cikoneng. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Bahkan karena adanya kepedulian dari warga sekitar akhirnya potensi alam yang dimiliki dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Ragam wisata Di Curug Cikoneng

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Cikoneng diantaranya:

1. Berenang

Ragam wisata berikut merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan ketika mengunjungi tempat wisata air. Tiada lain dan tiada bukan ialah mandi atau berenang di kolam alaminya.

Kamu dapat berenang di kolam bagian atas Curug Cikoneng, di bagian atas inilah tempat yang selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin mengekplor kolamnya.

Menikmati Kolam Tingkat Atas
Menikmati Kolam Tingkat Atas. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kedalaman kolam alaminya pun tidak terlalu dalam hanya sekitar 1 meter saja, dengan arus yang tidak terlalu deras juga.

2. Bermain air

Bermain air merupakan ragam wisata yang cocok dilakukan untuk kamu yang membawa anak-anak. Biarkan mereka bermain air dan merasakan kesegaran alami aliran air yang berasal dari aliran Curug Cikoneng.

Curug Cikoneng Bagian Bawah
Curug Cikoneng Bagian Bawah. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

3. Body Jumping

Untuk kamu para pecinta adrenalin, kamu harus coba ragam wisata yang satu ini. Yakni body jumping atau melompat dari atas tebing dengan ketinggian yang bisa kamu tentukan sendiri.

Sebelum memulai lompatan kamu harus mencari spot lompatan yang kamu inginkan, dengan cara memanjat tebing Curug Cikoneng.

Ragam Wisata Di Curug Cikoneng
Ragam Wisata Di Curug Cikoneng. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Setelah menemukan spot yang kamu inginkan, jatuhkan dirimu dengan cantik menuju kolam alami yang berada di bawahnya.

Kegiatan body jumping hanya boleh dilakukan di area Curug Cikoneng yang di atas, karena kedalaman kolam Curug Cikoneng yang dibawah sangat dangkal.

4. Mengunjungi Spot Foto Menarik

Pengelola setempat sudah menyiapkan tempat untuk kamu para pecinta selfie berfoto, namanya ialah Taman Selfie Bukit Rusi.

Banyak spot foto yang harus dieksplor ketika berada di taman selfie tersebut, untuk dapat memasuki wilayah tersebut kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- saja.

Di Bukit Rusi ini kamu bisa memandangi keindahan alam Curug Cikoneng. Banyak tempat-tempat untuk kamu duduk santai dengan latar curug ketika berada di Bukit Rusi ini.

Selain itu di Bukit Rusi banyak ditanami pepohonan yang warna warni menambah eloknya tempat tersebut. Spot selfie yang paling banyak dicari pengunjung ialah salah satu spot yang menyerupai love.

Spot Foto Yang Paling Diminati
Spot Foto Yang Paling Diminati. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Selain itu masih banyak spot foto menarik yang dapat kamu eksplor, jangan lupa jika mengunjungi Curug Cikoneng sempatkan juga untuk mendatangi Bukit Rusi.

5. Area Camping

Untuk kamu yang mempunyai jiwa pecinta alam, kamu dapat melakukan kegiatan camping di area yang sudah disediakan. Lokasinya tak jauh dari Curug Cikoneng.

Lokasi Dan Alamat Curug Cikoneng

Lokasi dan alamat Curug Cikoneng terletak di Kampung Cikoneng, Desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Cikoneng

Rute menuju Curug Cikoneng adalah dengan menyusuri Jl. Baru-Yasmin hingga menuju Dramaga. Lalu melanjutkan perjalanan hingga menuju Ciampea kemudian Leuwiliang.

Pada saat di Leuwiliang kamu akan menemukan sebuah pertigaan jalan, jalan yang harus kamu ambil ialah pertigaan Karacak. Yang akan membawamu menuju Curug Cilontar, PLTA Karacak kemudian akhirnya Curug Cikoneng.

Tiket Masuk Curug Cikoneng

Tiket masuk memasuki area Curug Cikoneng sangat murah, kamu hanya perlu membayarnya sebesar Rp. 7.000,- saja per orangnya.

Jam Operasional Curug Cikoneng

Jam operasional Curug Cikoneng dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Fasilitas Di Curug Cikoneng

Fasilitas yang tersedia di Curug Cikoneng ini dibilang sudah lengkap, hal tersebut ditandai dengan adanya:

  • Area parkir motor yang cukup luas
  • Kamar mandi umum
  • Gazebo dan tempat duduk
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Spot selfie yang menarik
  • Camping Ground

Penginapan Terdekat Curug Cikoneng

Di area Curug Cikoneng terdapat sebuah villa yang dapat kamu sewa untuk menginap bersama keluarga. Lokasinya berada di Bukit Rusi sangat dekat dengan Curug Cikoneng.

Tips Wisata

Tips wisata berikut semoga dapat menambah referensi kamu ketika hendak mengunjungi Curug Cikoneng, diantaranya yakni:

  • Lebih baik jika menggunakan kendaraan roda dua.
  • Jika membawa serta anak-anak selalu jaga dan awasi mereka ketika sedang bermain air.
  • Berhati-hatilah ketika melakukan body jumping.
  • Selalu jaga kebersihan dan kealamian lokasi Curug Cikoneng.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap momen yang tercipta ketika berada di Curug Cikoneng.

Penutup

Curug Cikoneng merupakan destinasi wisata yang sangat lengkap dan cocok untuk mengajak serta seluruh anggota keluarga. Karena lokasinya yang cocok dan aman untuk semua tingkatan usia.

Menikmati alam yang masih sangat asri ditambah menikmati keindahan curug tanpa harus bersusah-susah itu merupakan bonus untuk kamu.

Jadi, kunjungilah Curug Cikoneng weekend ini ya. Dan jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Cikoneng, ya!


Tinggalkan komentar