Trekking Curug Cileat, Hamparan Keindahan Alam di Subang Jawa Barat

Seperti yang kita tau, Curug adalah tempat dimana terdapat air yang mengalir dari tebing-tebing  atau biasa kita sebut adalah air terjun yang dikelilingi oleh hutan. Curug Cileat ini merupakan tempat wisata andalan yang terdapat di Kabupaten Subang Jawa Barat.

Curug Cileat ini merupakan curug yang tertinggi yang ada di Subang, Jawa Barat. Curug Cileat memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan air yang deras dan dengan derasnya turun kebawah.

Landscape Curug Cileat
Landscape Curug Cileat. Sumber: rudinazar.com

Lokasinya berada di kawasan Gunung Canggah, dan berada di tengah hutan. Hal tersebut menjadikan akses menuju Curug Cileat ini membutuhkan usaha yang ekstra namun pemandangan yang dihadirkan sungguh luar biasa.

Simak lebih jauh ulasan tentang Curug Cileat berikut, check this out!

Sejarah Curug Cileat

Curug Cileat ini berasal dari kata “Tiporeat” yang merupakan Bahasa sunda yang artinya adalah “Terjatuh”. Terus apa hubungannya sama curug ini?

Di Curug ini, konon katanya ada dua orang pangeran yang berlomba untuk mencapai laut lalu seorang pangeran itu berlari dengan cepat ke arah utara hingga pangeran tersebut terjatuh atau “Tiporeat” di Curug Cileat tersebut.

Sedangkan pangeran satunya berlari ke arah selatan tapi pangeran pertama yang tiba terlebih dulu. Sementara pangeran kedua itu kalah dan merasa sedih atau Bahasa sundanya adalah “Pundung” dari situlah asal-usul nama Sungai Cikapundung.

Jelas kita mengetahui yang namanya Curug pasti banyak bebatuan dari batu yang kecil hingga batu yang sangat besar. Tetapi ada kepercayaan dari warga sekitar bahwa tumpukan batu-batu yang berada di Puncak Curug Cileat tersebut adalah makam Mbah Jaga Pohara dan Eyang Ali.

Bukan hanya itu, Curug Cileat ini memiliki sejarah kuno pada saat zaman penjajahan Belanda, seperti kita tahu saat penjajahan Belanda, Jawa Barat merupakan salah satu tempat yang dijajah oleh Belanda.

Ternyata curug ini sudah lama ada saat penjajahan Belanda dan Curug Cileat ini menjadi tempat wisata para tentara Belanda, hal itu dibuktikan dengan ditemukannya benda bersejarah yang ditemukan oleh warga sekitar di sekitar Curug Cileat.

Trekking Menuju Curug Cileat

Perjalanan yang akan kamu lalui untuk sampai ke Curug Cileat ini sangat menguras tenaga. Terdapat dua jalur untuk sampai ke lokasi Curug Cileat.

Jalur yang pertama adalah dengan menembus hutan dan berjalanan diantara pepohonan yang rindang. Namun jalan setapak yang dilalui cukup jelas.

Jalur yang kedua adalah dengan melalui area pesawahan, namun jalur ini tidak begitu jelas. Kamu harus menyusuri area pesawahan yang begitu banyaknya, jika kamu ingin melewati jalur pesawahan ini alangkah baiknya sering bertanya ke warga sekitar.

Trekking Menuju Curug Cileat
Trekking Menuju Curug Cileat. Sumber: travel.detik.com

Untuk lebih aman lagi jika kamu ditemani oleh seorang pemandu, saat menyusuri jalan pesawahan ini. Meskipun sedikit membingungkan jalur pesawahan ini akan membawamu lebih cepat menuju Curug Cileat.

Kamu akan melakukan trekking selama kurang lebih 2 jam, namun pemandangan yang terhampar meringankan rasa lelah yang dirasakan.

Untuk kamu yang ingin beristirahat sejenak ditengah-tengah perjalanan, ngga perlu khawatir karena warung makanan dan mushola akan kamu temui dan bisa digunakan untuk tempat beristirahat.

Disepanjang perjalanan kamu juga akan menemukan beberapa sungai dan sumber mata air pegunungan yang dapat kamu gunakan untuk melepas dahaga. Pokonya perjalanan yang panjang ini ngga akan sia-sia deh.

Pesona Curug Cileat

Curug Cileat berada di tengah hutan dan diantara tebing yang sangat tinggi. Ketinggian Curug Cileat sekitar 100 meter, dan merupakan curug tertinggi yang ada di Subang.

Curug Cileat
Curug Cileat. Sumber: seringjalan.com

Di area Curug Cileat ini terdapat beberapa curug lainnya diantaranya Curug Citorok, Curug Cimuncang, Curug Cimuncang Pasir, Curug Anak Cileat. Jadi bukan hanya ada Curug Cileat saja, kitapun dapat berkunjung ke curug lainnya dimana lokasinya juga tidak begitu jauh dari Curug Cileat.

Keheningan alam ditemani deburan air terjun ditambah sejuknya udara, membuat kamu semakin tenang dan rileks. Menghilangkan semua penat

Ragam Wisata Curug Cileat

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan di Curug Cileat diantaranya:

1. Mandi di kolam alami Curug Cileat

Dan ternyata di Curug Cileat ini dipercayai oleh Masyarakat sekitar bahwa jika kamu mandi di bawah air terjun Curug Cileat dapat dijadikan terapi bagi kesehatan.

Di sekitar Curug terdapat tulisan “A(t)STROUNOT” kepanjangan dari “Air Terjuna Sejuta Tetesan Rinai dan Oksigen Natural Untuk Terapi” wah wah wah… tempat yang memang cocok sekali untuk menghilangkan penat agar tidak mudah stress.

ASTRONAUT Curug Cileat
ASTRONAUT Curug Cileat. Sumber: ridwanderful.com

Tau kan saat aktivitas yang padat, deadline yang menumpuk membuat kita pusing, penat, lebih mudah terasa lelah dan bahkan mudah emosi. Sesekali kita perlu refreshing dan Curug Cireat ini bisa menjadi pilihan.

Mandi Di Kolam Alami Curug Cileat
Mandi Di Kolam Alami Curug Cileat. Sumber: travelspromo.com

Kenapa? Liburan dan sekalian Terapi jiwa dan raga supaya lebih siap lagi menjalani aktivitas yang seabreg. Pikiran yang sehat ada juga jiwa yang sehat tentunyaa…

2. Camping

Berlibur akan lebih terasa saat kita menginap ditempat wisata yang kita kunjungi, rasa lelah akan sangat kita rasakan saat mengunjungi tempat wisata lalu pulang ke rumah apalagi jika tempat wisata yang kita kunjugi sangat jauh dari rumah.

Jadi kamu ngga perlu khawatir jika kita ingin mengunjungi Curug Cileat, dan ingin bermalam disni. Karena disekitar Curug Cileat ini terdapat area camping dimana dulunya merupakan tempat perkampungan warga.

Cimuncang Pasir Tempat Camping Di Curug Cileat
Cimuncang Pasir Tempat Camping Di Curug Cileat. Sumber: www.kotasubang.com

Tempat campingnya berada di Cimuncang Pasir, terletak di Pesawahan terakhir sebelum Curug Cileat. Menarik bukan? Kita bukan hanya sekedar mengunjungi tapi juga kita bisa menginap disana, dan akan lebih terasa liburannya.

Saat kita masih ingin berada di tempat yang jauh dari kebisingan, menghirup udara segar, suara yang hanya dihiasi oleh perciknya air, dimana suara air itu ternyata bisa menjadikan terapi untuk diri kita loh.

3. Spot Foto

Keindahan alam yang dihadirkan Curug Cileat sayang untuk kamu lewatkan, banyak spot foto berlatarkan keindahan alam yang masih sangat asri.

Spot Foto Terbaik
Spot Foto Terbaik. Sumber: felisblog.web.id

Lokasi Dan Alamat Curug Cileat

Lokasinya berada di Desa Mayang, tepatnya di Kampung Cibogo, Perbatasan Desa Mayang dan Cimanggu, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Tiket Curug Cileat

Kita dapat menikmati keindahan alam hanya dengan membayar tiket sebesar Rp. 10.000,-/orang. Murah bukan, kita dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa. Dan untuk tiket campingnya Rp. 20.000,-/orang.

Rute Menuju Curug Cileat

Rute menuju ke Curug Cileat ini berada di tengah hutan sekitar 37 Km dari Kota Subang.

Jika kamu menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan elf jurusan Kota Subang turun di Tugu Nanas Cagak, lalu turun di Desa Gardusayang setelah itu naik ojek ke Desa Mayang atau ke kampong Cibago lalu meneruskan dengan berjalan kaki  melewati tanah yang sempit  jalan yang setapak  sekitar kurang lebih 3 Km.

Sedangkan jika kamu menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Subang menuju ke arah Parung, setelah itu melewati alun-alun Cisalak hingga masuk ke Desa Gardusayang teruskan menuju ke Desa Mayang disitu ada petunjuk jalan “Curug Cileat”.

Jam Operasional Curug Cileat

Curug Cileat beroperasional untuk umum setiap hari dan selama 24 jam. Namun jika kamu ingin menikmati kesejukan udara pegunungan lebih maksimal datanglah di pagi hari.

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata yang dapat menjadi bahan referensi kamu saat mengunjungi Curug Cileat. Diantaranya:

  • Bawalah bekal makanan dan minuman yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Perhatikan juga cuaca saat kamu memutuskan untuk mengunjungi Curug Cileat.
  • Jangan lupa untuk membawa baju ganti, dan obat-obatan yang dibutuhkan.
  • Jika kamu mau camping jangan lupa untuk membawa baju hangat atau semacamnya.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk dipakai trekking di jalan setapak.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Cileat.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap momen yang tercipta.

Penutup

Kerikilnya perjalanan, tak membuat kita untuk pasrah. Karena sesuatu yang indah hanya dapat kita lihat dengan perjuangan, jadi melihat keindahan itu hanya untuk orang-orang yang mau berjuang, berusaha dan menghadapinya seterjalnya apapun perjalanan itu.

Kita hanya diberikan dua pilihan lanjut perjalanan lalu kita menang karena dapat melihat keindahan itu secara nyata dan bahkan dapat kita rasakan, atau kembali pulang dengan membawa kekalahan.

Selamat menikmati keindahan alam Curug Cileat, jangan lupa siapkan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment