Curug Cipamingkis, Wisata Air Terjun Di Bogor Yang Serba Komplit

Curug Cipamingkis hanyalah satu dari sekian banyak wisata air terjun yang ada di Bogor, Jawa Barat. Di dalam artikel sebelumnya pernah juga kami sajikan tentang Curug Leuwi Hejo, maupun Curug Ciherang, yang lokasinya masih sama di Bogor.

Daerah tropis, yang dikelilingi gunung, serta memiliki curah hujan yang tinggi, seakan menjadi rumah besar bagi keberadaan air terjun atau cuug.

Jika anda pembaca setia nativeindonesia.com, tentu sudah tidak heran jika di Kabupaten Malang, maupun Kabupaten Bogor begitu banyak sekali destinasi wisata air terjun.

landmark curug cipamingkis
landmark curug cipamingkis. google maps. sumber: M. Wijaya

Baca juga: daftar tempat wisata di Bogor yang populer

Dan saat ini, kami akan menyajikan review Wisata Curug Cipamingkis, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Curug Cipamingkis sangat recommended sebagai destinasi wisata liburan di Bogor di akhir pekan, maupun saat liburan, bersama keluarga tercinta.

Lokasi Dan Alamat Curug Cipamingkis

Lokasi objek wisata Curug Cipamingkis terletak di samping jalan utama. Adapun alamat Curug Cipamingkis berada di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Cipamingkis

Jalan menuju Curug Cipamingkis bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga sampai ke lokasi parkiran utamanya.

Kondisi jalan menuju Curug Cipamingkis juga sudah bagus, serta lokasi objek wisatanya berada di samping jalan utama sangat memudahkan bagi pengujung yang belum pernah ke Curug Cipamingkis.

Jarak Curug Cipamingkis dari kawasan Puncak Bogor hanya berjarak sekitar 23 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit.

bersihnya aliran air curug cipamingkis
bersihnya aliran air curug cipamingkis. google maps. sumber: Safani Ifan

Simak juga: info seputar Kebun Raya Bogor

Trekking Menuju Curug Cipamingkis, Bogor

Setelah sampai di lokasi parkiran utama wisata Curug Cipamingkis, Bogor. Maka, para pengunjung harus melanjutkan perjalanan menuju lokasi utama Curug Cipamingkis.

Biasanya para pengunjung tidak langsung berangkat menuju lokasi utama Curug Cipamingkis. Karena di dekat area parkiran, suasananya sangat nyaman, tenang, teduh, banyak spot selfie, atau memasang tenda dulu di area yang ditentukan, selain itu ada pula berderet villa, atau penginapan yang disediakan untuk para pengunjung.

Jarak lokasi utama Curug Cipamingkis dari area parkiran tidak terlalu jauh. Hanya saja, jalan menuju lokasi utama akan terus menanjak.

Jalan menuju Curug Cipamingkis yang pertama akan melalui jalur yang terbuat dari susunan bebatuan. Selanjutnya para pengunjung akan menaiki tangga yang sudah terbuat dari corcoran.

Meskipun Curug Cipamingkis cocok juga sebagai wisata keluarga di Bogor. Para pengunjung  disarankan untuk tetap berhati-hati saat membawa anak-anaknya.

Terutama saat perjalanan menuju lokasi utama Curug Cipamingkis. Karena di beberapa titik belum terdapat pagar pembatas keamanan.

Setelah melewati area tangga tadi, dari kejauhan juga sudah terdengar suara air dari Curug Cipamingkis. Lalu setelah melewati jembatan, para pengunjung akan tiba di lokasi utama.

jalur trekking menuju curug cipamingkis
jalur trekking menuju curug cipamingkis. google maps. sumber: Muchamad Syamsudin

Baca: review wisata Taman Wisata Matahari

Harga Tiket Masuk Curug Cipamingkis

  • Harga tiket masuk Curug Cipamingkis 2021 Rp. 35.000 / weekday.
  • Tiket masuk Curug Cipamingkis Rp. 40.000 / weekend.
  • Harga tiket masuk Curug Cipamingkis untuk wisatawan mancanegara Rp. 50.000 / per orang.
  • Parkir motor Rp. 5.000 / unit.
  • Parkir mobil Rp. 10.000 / unit.

Jam Buka Curug Cipamingkis, Bogor

  • Curug Cipamingkis buka setiap hari.
  • Curug Cipamingkis buka selama 24 jam.

Situasi jam operasional bisa berubah, atau pembatasan jumlah kunjungan, jika situasi pandemi berlanjut.

jembatan gantung
jembatan gantung. google maps. sumber: Rizkie Wibowo

Baca: info seputar Taman Buah Mekarsari

Fasilitas Di Curug Cipamingkis

Kunjungan wisata ke Curug Cipamingkis, Bogor bukan hanya datang dari warga lokal saja. Banyak juga yang datang dari luar Kabupaten Bogor, bahkan hingga turis mancanegara.

Salah-satu alasannya karena fasilitas yang disajikan sangat memanjakan para pengunjung. Di antaranya:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Villa, atau penginapan,
  • Kolam renang,
  • Spot selfie,
  • Penjual makanan, dan minuman.
  • Area Camping.

Penginapan Di Curug Cipamingkis

penginapan di sekitar curug cipamingkis
penginapan di sekitar curug cipamingkis. google maps. sumber: Febriant Arries

Simak: wisata keluarga ke Taman Safari Bogor

Bagi pengunjung yang ingin menginap di wisata Curug Cipamingkis, maka di lokasi tersebut sudah tersedia banyak villa, atau penginapan, yang bentuk, dan bahan bangunanya disesuaikan dengan alam sekitar.

Harga villa Curug Cipamingkis berkisar dari Rp. 350.000 – Rp. 3.500.000 per malam. Tergantung jenis villa, atau penginapan yang dipilih oleh para pengunjung.

Ada juga opsi untuk menginap dengan cara melakukan aktivitas camping di area yang sudah ditentukan. Pihak pengelola juga menyiapkan fasilitas penyewaan tenda.

  • Harga tiket camping saat weekday Rp. 60.000 per orang.
  • Harga tiket camping saat weekend Rp. 65.000 per orang.

Harga sewa tenda di Curug Cipamingkis disesuaikan dengan jenis tendanya.

Daya Tarik Curug Cipamingkis, Bogor, Jawa Barat

1. Air Terjun Yang Menawan

air terjun yang menawan
air terjun yang menawan. google maps. sumber: kopyor baskara depok

Baca juga: review wisata Curug Cigamea

Daya tarik yang pertama tentu saja keberadaan air terjunnya yang elok, yang bernama Curug Cipamingkis. Arti nama dari Curug Cipamingkis adalah Air Terjun Pamungkas.

Sumber mata air Curug Cipamingkis berasal dari dua sungai utama, yaitu:

  • Sungai Cipamingkis,
  • Dan Sungai Cisarua.

Aliran air dari ke dua sungai tersebut bertemu, dan akhirnya mengalir ke Curug Cipamingkis. Oleh karena itu, debit airnya sangat dipengaruhi oleh musim.

Curug Cipamingkis memiliki ketinggian sekitar 10 – 15 meter. Kolam utamanya juga tidak terlalu dalam, airnya bersih, dan dingin. Bagi yang membawa anak-anak tetap utamakan kehati-hatian ya.

2. Kolam Renang

wahana kolam renang
wahana kolam renang. google maps. sumber: Muchamad Syamsudin

Salah-satu alasan kenapa Curug Cipamingkis sangat cocok sebagai wisata keluarga di Bogor, baik saat akhir pekan, maupun saat liburan tiba, dikarenakan di kawasan tersebut terdapat spot kolam renang.

Suasananya juga sangat nyaman, di samping kolam terdapat beberapa spot selfie, serta dikelilingi oleh view alam yang memanjakan mata.

3. Spot Selfie

salah satu spot foto yang kece
salah satu spot foto yang kece. google maps. sumber: Anton Siahaan

Wisata Curug Cipamingkis menyesuaikan dengan kebutuhan, atau trend saat ini. Yaitu trend spot selfie yang instagramable. Spot selfienya ada banyak, dan salah-satu spot selfie favorit pengunjung adalah di jembatan melengkung, serta di lokasi utama Curug Cipamingkis itu sendiri.


Tinggalkan komentar