Curug Cisurian, Mengunjungi Curug Di Buper Ipukan Kuningan

Curug Cisurian merupakan salah satu curug yang berada di kawasan Bumi Perkemahan Ipukan, yang selalu menjadi tujuan selanjutnya mereka yang ngecamp di Buper Ipukan.

Lokasinya yang berada di bawah kaki Gunung Ciremai membuat suasana sangat asri, dan juga sejuk. Keindahan alamnya yang memukau menjadi rujukan banyak orang.

curug cisurian
curug cisurian. google maps. sumber: Kang Paket

simak juga: cadas gantung

Curug Cisurian hingga saat ini sudah dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung dari berbagai daerah, tidk hanya di Jawa Barat tetapi juga dari luar Pulau Jawa.

Apalagi bagi kamu yang suka hulang-healing ke alam, wajib hukumnya mengunjungi Curug Cisurian Kuningan ini.

Berikut kami berikan ulasannya untuk anda, sebagai bahan referensi wisata alam yang harus dikunjungi weekend ini.

Lokasi dan Alamat Curug Cisurian

Lokasi Curug Cisurian berada di kawasan Buper Ipukan, tepatnya berada di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

tempat yang asri
buper ipukan. google maps. sumber:  pitri sahmaniarti

simak juga: bumi perkemahan ipukan

Rute Menuju Curug Cisurian

Untuk bisa sampai ke Curug Cisurian rutenya sama dengan rute menuju Bumi Perkemahan Ipukan, yakni jika mulai berangkat dari Alun-Alun Kabupaten Kuningan dengan menuju Jalan Aria Kamuning.

Kemudian belok kiri ke Jalan Veteran lalu belok kanan menuju Jalan Nanggeleng – Cirahayu/  Jalan Syeh Maulana Akbar.

Setelah 86 m belok kiri menuju Jalan Raya Cigugur untuk selanjutnya masuk ke Jalan Cigugur – Palutungan untuk berkendara di Jalan Raya Cisantana, dan Jalan Malaraman.

Akses jalannya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, dan kamu dapat menyimpan kendaraan di lokasi yang sudah tersedia.

Jam Buka Curug Cisurian

Jam operasional Curug Cisurian sama seperti Buper Ipukan yang terbuka selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Harga Tiket Masuk Curug Cisurian

Tiket masuk Curug Cisurian sudah sepaket dengan tiket masuk Bumi Perkemahan Ipukan, yakni sebesar Rp. 20.000,- per orang.

dua curug dalam satu tempat
dua curug dalam satu tempat. google maps. sumber: Kang Paket

simak juga: pondok cai pinus

Fasilitas Curug Cisurian

Fasilitas yang ada di sekitar Curug Cisurian tidak ada apa-apa, namun terdapat fasilitas yang lengkap di kawasan Buper Ipukan. Beberapa diantaranya:

  • Area parkir kendaraan luas,
  • Gazebo,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Camping Ground,
  • Warung Kopi,

Daya Tarik Curug Cisurian

Curug Cisurian ramai dikunjungi wisatawan karena daya tarik yang terdapat didalamnya. Daya tarik Curug Cisurian yang bisa kamu temui yaitu:

1. Trekking Yang Mudah

bermain air
bermain air. google maps. sumber: Asep Yana

simak juga: bumi perkemahan palutungan

Akses menuju Curug Cisurian mudah untuk dituju bahkan oleh anak-anak, dari kawasan Buper Ipukan membutuhkan waktu sekitar 20 hingga 25 menit dengan menapaki jalur yang sudah tertata.

Jalur yang menantang justru 5 menit mau mendekati curug, dimana kamu harus melalui jalur yang menanjak dan juga berbatu.

2. Suasana Alam yang Sejuk dan Indah

Curug Cisurian berada di kaki Gunung Ciremai, dengan menyajikan pepohonan yang rindang serta udara yang sejuk. Enak banget buat hulang healing dan seru-seruan bersama keluarga ataupun bestie.

Suara aliran air yang menjadi pusat perhatian telinga, airnya juga jernih. Kamu dapat mandi dna bermain air di kolam alaminya juga loh.

kondisinya masih sangat asri
kondisinya masih sangat asri. google maps. sumber: Kang Paket

simak juga: taman purbakala cipari

3. Curug Cipayung

Keberadaan Curug Cisurian tidak bisa dipisahkan dari Curug Cipayung, karena memang berada di lokasi yang sama. Hanya dipisahkan oleh jalan yang bercabang.

Untuk menikmati keindahan Curug Cipayung, kamu harus membayar tiket masuk tambahan yakni sebesar Rp. 5.000,- per orang.

Area Curug Cipayung lebih tertata jika dibandingkan dengan Curug Cisurian itu sendiri, mungkin karena berbayar kali ya,,,,

Dari tiket masuk kamu harus berjalan melewati sebuah batu besar, lalu menuruni anak tangga yang disebelah kanannya adalah jurang.

Curug Cipayung memiliki bentuk bak anak tangga, air terjunnya mengalir menuju beberapa undakan yang lebar, cantik banget deh pokoknya.

curug cipayung
curug cipayung. google maps. sumber: Bryan tama

simak juga: sukageuri view

4. Bumi Perkemahan Ipukan

Buper Ipukan merupakan salah satu tempat camping yang ada di Kabupaten Kuningan, dan merupakan tempat ngecamp yang paling sering dikunjungi.

Camping groundnya luas, dengan dilengkapi berbagai fasilitas yang memudahkan. Mengenai pemandangan jangan ditanya, pastinya menyuguhkan view alam yang ajib banget.

Penutup

Sempatkan waktu untuk bermain di Curug Cisurian saat berkunjung ke Kabupaten Kuningan. Berlibur di alam terbuka tentu sangat ampuh untuk menghilangkan penat kehidupan.


shopee