Curug Citambur, Harta Tersembunyi di Balik Gunung Lemo Ciwidey

Curug Citambur merupakan kawasan wiata alam yang sangat mengagumkan, dengan aliran airnya yang deras serta dua tebing hijau yang saling mengapitnya. Di area ini akan nampak aliran air yang jatuh dari ketinggian sekitar 100 meter yang berkolaborasi denga hijaunya tanaman liar.

Curug Citambur mengalir dari ketinggian tebing mencapai 100 meter. Letaknya diapit oleh dua sisi tebing yang dihiasi hamparan rumput dan aneka vegetasi liar.
Curug Citambur. Image via: pesonawisataindonesia.com

Curug indah ini memiliki tiga tingkatan yang membuatnya semakin nampak mempesona. Selain itu letaknya yang berada di dataran tinggi membuat suasana di area semakin sejuk dan juga segar. Tak ayal pengunjung pun dapat merasakan segarnya air yang terasa dingin di area ini.

Di sisi lain, pengunjung yang ingin mengabadikan momen ini dapat mencoba berfoto pada batu yang mencuat yang berada di tepi tebing. Namun, dikarenakan lokasinya yang selalu basah serta kerap tiba-tiba ada angin menghembus, sebaiknya selalu ekstra hati-hati.

Mengingat lokasinya yang berada di balik tebing gunung Lemo, maka tak heran jika bnyak yang menyebut kaawasan ini sebagai harta tersembunyi. Di sisi lain, gunung Lemo merupakan gunung yang membentang dari wilayah Rancabali hingga Pasir Kuda yang bentuknya menyerupai huruf L.

Pelangi di Curug citambur muncul dari rintik rintik air curahan air terjun.
Pelangi di Curug. Image via: akurat.co

Simak juga: 13 lokasi menawan di Cianjur

Lokasi Curug Citambur

Curug Citambur berlokasi di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Cianjur Selatan.

Rute Menuju Curug Citambur

Para wisatawan yang hendak berkunjung ke curug Citambur dapat memulai perjalanan dari pertigaan Tugu Cianjur Jago menuju terminal Pasir Hayam. Dari titik ini belok kiri menuju Cibeber hingga Kecamatan Pagelaran. Selanjutnya, lanjutkan perjalan melewati desa Pusaka Jaya hingga ke Desa Karang jaya diman curug ini berada. Adapun pengunjung yang datang dari Bandung dapat menggunakan jalan menuju Ciwidey.

Jalan Setapak ke Curug Citambur.
Jalan Setapak ke Curug. Image via: @TermudaCianjur

Jam Buka Curug Citambur

Lokasi wisata curug Citambur ini terbuka 24 jam sehari, 7 hari sepekan.

Namun demikian, tidak disarankan untuk berkunjung saat matahari telah tenggelam. Mengingat ini adalah wisata alam terbuka, yang tentu kewaspadaan akan keselamatan harus tetap diperhatikan.

papan lokasi curug citambur
Papan lokasi. Image via: @taufik.rdn

Simak juga: Indahnya Panorama Posong Temanggung

Tiket Curug Citambur

Harga tiket masuk Curug Citambur tergolong murah dan terjangkau. Namun, harga tiket ini belum termasuk biaya foto di spot yang tersedia.

Tiket masuk dipatok seharga Rp 15.000. Ini ditambah lagi dengan tiket parkir Motor Rp 2.000 dan Mobil Rp 5.000. Sedangkan biaya spot foto, dipatok Rp 5.000.

Fasilitas Curug Citambur

Kawasan wisata curug Citambur telah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai. Begitu masuk area ini pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di lahan yang cukup luas. Kemudian sarana untuk toilet serta mushola sudah tersedia. Selanjutnya, kedai-kedai yang menjajakan berbagai makanan dan minuman sudah siap siaga mengisi perut para pengunjung.

Daya Tarik Curug Citambur

  1. Pesona Curug

Keindahan Curug citambur yang tak terlupakan
Tak terlupakan. Image via: @ranisa03

Curug Citambur tampak begitu memukau dengan derasnya air yang mengalir dari ketinggian sekitar 130 meter. Hal ini membuat panoramanya nampak megah sekaligus mempesona. Di sisi lain, besarnya debit air yang jatuh dari atas membuat kolam yang berada di bawahnya kurang begitu cocok untuk dijadikan tempat untuk berendam.

Namun, meskipun tidak bisa berenang pengunjung tetap akan dibuat terpukau oleh panorama indah curug ini. Curug ini sungguh terlihat sangat indah dengan kondisi alam sekitarnya yang masih alami. Hal ini bisa dibuktikan dengan merasakan udara yang sangat sujuk sehingga dapat menyegarkan kembali badan dan fikiran.

Ditambah area ini juga dikelilingi oleh hamparan sawah serta perkebunan teh yang semakin membuat udara sejuk dan segar. Maka dari itu bagi wisatawan yang mendambakan panorama yang natural dapat mengunjungi air terjun yang indah ini.

hobbit house, salah satu spot foto di curug citambur
Hobbit House. Image via: @sitirahmaa2807

Simak juga: Rammang-Rammang, konservasi Orang Utan Pertama di dunia

Siapa sangka jika area air terjun ini selalu diliputi kabut tipis yang membuat suasana menjadi lebih nampak asri. Kemudian, pengunjung dapat dengan jelas mendengar suara jatuhan air sehingga membuat lokasi ini teras berbeda dengan air terjun lainnya.

Selain itu, suara kicauan burung yang merdu siap menemani para pengunjung untuk bersenang-senang di area air terjun ini. Dengan pesona-pesona yang dimiliki curug ini maka bisa disimpulkan bila suasana alami yang hadir inilah yang membuat para wisatawan mendatangi objek wisata alam ini.

  1. Mitos

pasir kuda, sebuah batu besar di curug citambur yang dilegendakan memiliki sejarah khusus
Batu Pasir Kuda. Image via: @gan_ramadhan

Air terjun ini dinamai dengan Curug Citambur karena air yang jatuh dari atas sanagtlah kencang sehingga menimbulkan suara yang berdebum dengan irama tertentu yang nampak seperti tambur yang sedang ditabuh. terlebih, dulunya volume air yang jatuh lebih banyak daripada sekarang sehingga suaranya terdengar lebih jauh lagi.

Kemudian, ada juga mitos yang menyelimuti tentang penamaan air terjun ini. Konon kawasan air terjun ini masuk ke dalam wilayah Kerajaan Tanjung Anginan yang dipimpin oleh Prabu Tanjung Anginan.  Warga sekitar percaya bahwa batu yang menyerupai kursi yang berada di area air terjun merupakan tempat duduk atau singgasana sang Raja.

Kemudian, disebutkan pula bahwa air terjun ini juga kerap digunakan oleh sang saja untuk mandi. Selain itu, selam perjalanan menuju air terjun, sang Raja selalu dikawal oleh rombongan yang mengiringinya dengan suara dari tambur yang ditabuh.

rumah terbalik, spot lain di curug citambur
Rumah terbalik Citambur. Image via: @aprilliasafitrii04

Simak juga: Atlantis, taman fantasinya Arek Surabaya

Suara tabuah itu lantas terdengar cukup jauh sampai-sampai warga sekitar dapat mendengarnya. Suara tersebut tak ayal menjadi pertanda bagi para warga bahwa rombongan Raja sedang menuju lokasi air terjun. Hingga saat itulah para warga mulai menyebut air terjun ini dengan nama curug Citambur.

Namun, cerita ini sampai saat ini belum bisa dibuktikan kebenarannya karena hingga kini belum ada bukti-bukti sejarah yang membenarkan keberadaan kerajaan Tanjung Anginan. Sehingga bisa dikatakan bahwa cerita ini sebagai mitos atau pun sebuah legenda saja.

Di sisi lain curug ini juga kerap dikunjungi oleh orang yang bersemedi dengan harapan keinginan hajatnya terpenuhi. Hal ini menujukan jika curug ini juga dianggap memiliki kekuatan supernatural yang membutanya lekat dengan mitos.

Spot Jendela Asmara di curug citambur
Jendela Asmara Citambur. Image via: @nongaciew

Tips Mengunjungi Curug Citambur

Bagi wisatawan yang hendak berkunjung alangkah baiknya datang pada pagi hari sehingga dapat lebih lama dan puas menikmati keindahan alamnya. Kemudian, pastikan untuk pulang sebelum matahari terbenam.

Selain itu, jangan mandi  di bawah air terjun karena air yang jatuh sangat deras sehingga bisa membuat tubuh merasa sakit. Dan yang tak kalah penting, pakailah alas kaki yang sesuai karena jalanan di area ini basah dan juga licin. kemudian, yang terakhir bawalah baju ganti karena pada saat berada dekat dengan air terjun badan akan terciprat air sehingga dapat membuat baju basah.

hamparan panorama indah di sekitar curug citambur
Panorama sekitar curug. Image via: @andry_hakim

Simak juga: Monumen Semangat KAA di Kiara Artha Park

Objek Wisata Dekat Curug Citambur

Wisata Curug Citambur bukanlah satu-satunya wisata yang bagus dan patut untuk dikunjungi di Bandung. Ada banyak obyek wisata lainnya di Bandung yang juga bisa menjadi alternatif wisata, antara lain: Trans Studio Bandung, Kampung Gajah Wonderland, The Lodge Maribaya, Dago Dream Park dan lainnya.

The Lodge Maribaya merupakan kawsan wisata yang komplit. Hal ini dikarenakan area wisata alam ini memberikan berbagai kegiatan yang seru untuk dicoba para wisatawan. Camping, trekking, gathering hingga wisata kuliner dapat pengunjung nikmati di kawasan wisata ini.

Kemudian, Dago Dream Park menghadirkan berbagai pilihan wahana yang seru serta spot foto instagramable yang dipadukan dengan sejuknya udara yang masih terjaga kesariannya. Pada saat berada disini pengunjung akan dibuat betah oleh suasananya.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke sini? Silahkan share pengalamannya di kolom komentar ya.

Baca juga:

Leave a Comment