Curug Citambur, Air Terjun Yang Gagah Di Cianjur Selatan

Kabupaten Cianjur Selatan merupakan hasil dari pemekaran wilayah di Kabupaten Cianjur pada bulan Juli tahun lalu. Sampai saat ini Kabupaten Cianjur Selatan masih dalam proses pengembangan.

Cianjur Selatan memiliki alam yang masih alami, sektor pertanian mendominasi daerah tersebut. Tahukan kamu bahwa di Cianjur Selatan terdapat sebuah air terjun atau curug yang memiliki tinggi sekitar 130 meter?

Curug tersebut bernama Curug Citambur dan berada di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda. Keberadaan curugnya sudah terlihat sejak kamu masih dalam perjalanan.

Curug Citambur memiliki 2 tingkatan yang sangat indah dengan dilindungi tebing tinggi yang sangat kokoh. Alam di sekitarnya terlihat masih alami dengan rindangnya pepohonan di sekitar curug.

Selain itu, terdapat beberapa spot foto yang menarik ikut meramaikan objek wisata yang satu ini. Dijamin kamu akan betah untuk berlama-lama di Curug Citambur.

Curug Citambur sempat ditutup diawal Pandemi Covid-19 merebak di Indonesia, namun saat ini sudah mulai dibuka kembali dengan menyediakan beberapa protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Berikut ulasan lengkap mengenai Curug Citambur ini:

Aliran Airnya Terlihat Dari Kejauhan
Aliran Airnya Terlihat Dari Kejauhan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 13 lokasi menawan di Cianjur

Lokasi Curug Citambur

lokasiCurug Citambur berada di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur Selatan, Jawa Barat

Rute Menuju Curug Citambur

Rute menuju Curug Citambur jika mulai bergerak dari Kota Bandung akan menempuh jarak sekitar 72 km melalui Ciwidey. Ketika kamu tiba di Perkebunan Teh Rancabali, akan bertemu jalan pertigaan.

Beloklah ke sebelah kanan dari pertigaan tersebut, perjalanan yang kamu lalui akan dipenuhi dengan kelokan serta turunan yang cukup tajam. Namun kondisi jalan sangat bagus sekali, sehingga mudah untuk dilalui.

Ternyata tidak semua jalan yang dilalui bagus dan beraspal, terdapat bagian jalan yang cukup berlubang tapi tak akan terlalu mengganggu perjalananmu.

Kemudian kamu akan menemukan kembali persimpangan jalan, ambil arah ke sebelah kanan. Sepanjang perjalanan hamparan alam yang sangat indah menemanimu.

Jalannya pun dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Jalan yang berkelok-kelok dan turunan masih akan kamu lalui, sehingga pastikan kondisi kendaraanmu dalam keadaan baik.

Kemudian kamu akan melihat pintu masuk Curug Citambur untuk menuju area parkir kamu masih harus terus melajukan kendaraanmu melalui jalanan yang masih berbatu serta menanjak dan akan sangat licin jika hujan turun.

Jalurnya masih bisa dilalui mobil ko, jadi untuk kamu yang menggunakan kendaraan mobil ngga perlu khawatir. Akhirnya tibalah kamu di area parkir Curug Citambur.

Jam Buka Curug Citambur

Jam operasional Curug Citambur dibuka setiap hari Senin hingga Minggu dan selama 24 jam nonstop. Waktu terbaik menikmati Curug Citambur ialah ketika pagi hari.

Tempat Yang Tepat Untuk Berakhir Pekan
Tempat Yang Tepat Untuk Berakhir Pekan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Indahnya Panorama Posong Temanggung

Tiket Masuk Dan Parkir Curug Citambur

Tiket masuk dan parkir Curug Citambur sebesar:

  • Untuk tiket masuk Rp. 10.000 per orang
  • Parkir motor Rp. 2.000 per unit
  • Parkir mobil Rp. 5.000 per unit

Fasilitas Curug Citambur

Fasilitas umum yang ada di kawasan Curug Citambur terdiri dari:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Toilet
  • Mushola
  • Spot foto

Daya Tarik Curug Citambur

Meskipun untuk menuju Curug Citambur kamu harus melakukan perjalanan yang tidak mudah dan cukup lama, namun lokasi wisata yang satu ini selalu saja ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Karena Curug Citambur memiliki daya tarik seperti:

1. Panorama Alam Yang Indah

Alam Yang Masih Asri
Alam Yang Masih Asri. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Alam Curug Citambur terlihat masih sangat alami udaranya pun sangat sejuk karena berada di dataran tinggi, banyak berdiri pohon-pohon yang cukup tinggi menghiasi objek wisata yang satu ini.

Lokasi Curug Citambur berada di balik tebing Gunung Lemo, gunung tersebut membentang dari wilayah Rancabali hingga Pasir Kuda konon katanya menyerupai huruf L.

Keadaan alamnya akan membuatmu betah untuk tinggal berlama-lama, tempat yang tepat untuk mengajak anggota keluarga menikmati akhir pekan di alam terbuka seperti ini.

2. Curug Citambur Yang Gagah

Curug Citambur
Curug Citambur. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Curug Citambur berdiri dengan gagahnya dengan ketinggian sekitar 130 meter dan memiliki 2 tingkatan air terjun. Tingkatan air terjun yang pertama sangat tinggi, mungkin tingginya sekitar 100an meter.

Airnya mengalir dengan derasnya sehingga menciptakan uap air tipis di sekitar jatuhnya air, kolam alami di bawahnya tak terlalu lebar dan airnya langsung mengalir membentuk air terjun mini. Kamu dilarang untuk bermain air di sekitar kolam tersebut, karena sangat berbahaya.

Air terjun hasil aliran Curug Citambur ini memiliki 3 aliran air, namun ketika debit air cukup besar hanya akan terlihat 2 aliran saja. Di sekitar curahan air terjun ini terdapat beberapa bebatuan dengan besar yang beragam menghiasi kolam di sekitarnya.

Kamu dapat bermain air di sekitar aliran air terjun ini, namun kamu harus siap dengan kondisi air yang cukup dingin. Airnya sangat jernih dan bersih, sungguh sangat menyegarkan.

3. Spot Foto Yang Ajib Banget

Simak juga: Rammang-Rammang, konservasi Orang Utan Pertama di dunia

Pengelola Curug Citambur sudah menyediakan beberapa spot foto yang kece banget untuk kamu berfoto, spot foto yang paling terkenal ialah spot rumah terbalik.

Terdapat kontruksi rumah dengan posisi berbeda dari biasanya, yakni posisinya terbalik. Dimana atapnya berada di bagian bawah. Banyak pengunjung yang mengabadikannya dalam sebuah foto maupun video.

Selain itu terdapat pula spot foto sebuah gardu pandang dengan latar Curug Citamburnya, rumah pohon, menyerupai sebuah gapura yang bertuliskan Curug Citambur, serta beberapa spot foto lainnya. Untuk dapat eksis di beberapa spot foto tersebut kamu harus membayar sebesar Rp. 5.000,-

Salah Satu Spot Foto Yang Ada
Salah Satu Spot Foto Yang Ada. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sejarah Penamaan Curug Citambur

Curug berarti air terjun, sebutan ini biasa digunakan di daerah Jawa Barat. Sedangkan Citambur terdiri dari dua kata, yakni Ci dan Tambur. Ci berarti air sedangkan Tambur artinya alat musik yang dipukul yang bernama Tambur.

Hal tersebut dikarenakan air yang jatuh dari curug tersebut sangat keras dan deras sehingga menimbulkan bunyi seperti suara tambur yang sedang ditabuh.

Adapula cerita lain yang mengiringi penyematan kata Citambur pada curug ini, yakni pada zaman dahulu lokasi ini sering digunakan mandi oleh Prabu Tanjung Anginan. Selama perjalanan menuju curug, para pengawal selalu menabuh tambur.

Yang menyebabkan suara tabuhan tambur tersebut menjadi pertanda bahwa Sang Raja akan menuju curug, sehingga warga sekitar menyebut curug itu dengan nama Curug Citambur.

Prabu Tanjung Anginan merupakan raja dari Kerajaan Tanjung Anginan, konon katanya wilayah dimana curug ini berada termasuk kedalam wilayah kerajaan tersebut.

Hal ini diperkuat dengan adanya sebuah batu yang menyerupai kursi di area air terjun, dan dipercaya batu tersebut merupakan tempat duduk atau singgasana dari Prabu Tanjung Anginan.

Namun hal tersebut belum dapat dibuktikan secara ilmiah kebenarannya, apakah benar seperti itu adanya atau hanyalah sebuah mitos yang berkembang tanpa dasar yang kuat.

Selain itu, ternyata oleh sebagian orang menganggap Curug Citambur memiliki kekuatan magis yang cukup tinggi. Maka oleh orang yang mempercayai hal tersebut curug ini selalu digunakan untuk bersemedi, supaya setiap hajatnya terpenuhi.

Rumah Terbalik Favorite Para Pengunjung
Rumah Terbalik Favorite Para Pengunjung. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Atlantis, taman fantasinya Arek Surabaya

Tips Wisata

  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk menapaki tangga bebatuan menuju curug.
  • Bawalah baju hangat untuk menjagamu supaya tidak kedinginan.
  • Hindari untuk mendekati air terjun di bagian atas, karena airnya cukup deras.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Citambur.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Curug Citambur.
Bermain Air Di Aliran Curug Citambur
Bermain Air Di Aliran Curug Citambur. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Monumen Semangat KAA di Kiara Artha Park

Penutup

Curug Citambur lokasinya memang tersembunyi namun keindahan alamnya sungguh mempesona, datang dan saksikanlah sendiri gagahnya Curug Citambur ini!

Leave a Comment