Curug Ciwideng, Wisata Danau, Air Terjun, Dan Kolam Renang Yang Hits Di Subang

|

Curug Ciwideng adalah wisata Subang yang lagi hits, karena bukan hanya menyajikan 1 konten wisata saja, tetapi sedikitnya terdapat 3 konten utama yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Curug Ciwideng juga bisa dibilang sebagai sebuah air terjun yang tidak biasa, terutama dari sisi kolam utamanya yang langsung mengalir ke sebuah danau yang besar.

Konsep besar dari wisata Curug Ciwideng Subang adalah wisata alam, khususnya wisata air, yang cocok sebagai tujuan wisata keluarga, baik di akhir pekan, maupun saat liburan tiba.

curug ciwideng
curug ciwideng. google maps. sumber: Dias doank

simak juga: mata air cimincul

Sebelum kita review lebih dalam tentang wisata alam Curug Ciwideng, penulis semakin antusias untuk mereview tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia.

Karena saat ini banyak kebijakan yang membahagiakan, khususnya untuk sektor wisata. Salah-satunya kebijakan tanpa antigen, dan test PCR, bagi anda yang ingin bepergian. Tetapi dengan catatan minimal sudah 2x divaksin.

Tetapi, kebijakan tersebut bukan berarti mengabaikan pola hidup sehat, atau mengabaikan protokol kesehatan. Karena, situasi pandemi lambat laun akan bergeser menjadi situasi endemi.

Ok, kita lanjutkan pembahasan tentang Curug Ciwideng Subangnya,,,,

Lokasi Curug Ciwideng

Lokasi Curug Ciwideng berada di alamat Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

kawasan wisata curug ciwideng
kawasan wisata curug ciwideng. google maps. sumber: Dias doank

simak juga: planet waterboom

Rute Curug Ciwideng

Salah-satu daya tarik dari objek wisata Curug Ciwideng Subang adalah lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Jarak dari Alun-Alun Subang ke Curug Ciwideng hanya sekitar 7 kilometer saja, dengan melalui Jl. Ahmad Yani.

Selain itu, jalan menuju Curug Ciwideng bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkiran utama.

Hanya saja, belum tersedia angkutan umum yang langsung menuju lokasi utama. Para pengunjung bisa menggunakan jasa ojek, jika tidak membawa kendaraan pribadi.

Trekking Menuju Curug Ciwideng

Jika anda adalah bagian dari pembaca setia nativeindonesia.com, tentu akan mengetahui kekhasan review tempat wisata ala native, khususnya wisata air terjun, yang dilengkapi dengan pembahasan kondisi trekkingnya,

Nah, yang membedakan Curug Ciwideng Subang dengan kebanyakan wisata curug, atau air terjun lainnya adalah dari sisi trekkingnya.

dikelilingi hamparan sawah
dikelilingi hamparan sawah. google maps. sumber: Deden Hendrawan

simak juga: rumah sejarah kalijati

Bisa dibilang untuk bisa sampai ke lokasi utama Curug Ciwideng tanpa harus bersusah payah berjalan kaki. Tetapi para pengunjung harus menggunakan perahu khusus yang disediakan oleh pihak pengelola.

para pengunjung akan dikenakan biaya transportasi perahu, serta akan dilengkapi dengan pelampung. Para pengunjung hanya perlu menyiapkan kamera untuk mengabadikan keindahan saat berada di lokasi utama Curug Ciwideng.

Harga Tiket Masuk Curug Ciwideng

  • Tiket masuk Curug Ciwideng Rp. 10.000
  • Tiket Perahu Rp. 10.000
  • Tiket mancing di Curug Ciwideng Rp. 30.000 di hari minggu
  • Tiket mancing di Curug Ciwideng Rp. 20.000 untuk hari Sabtu dan Senin,
  • Tiket mancing di Curug Ciwideng Rp. 10.000 di hari Selasa – Jumat.
spot kolam renang
spot kolam renang. google maps. sumber: Arif Rahman Go

simak juga: masjid agung subang

Jam Buka Curug Ciwideng

  • Wisata alam, dan wisata air Curug Ciwideng Subang buka dari pukul 08.00 – 17.00.
  • Curug Ciwideng Subang beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Curug Ciwideng

Fasilitas wisata di Curug Ciwideng Subang adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Kolam renang anak,
  • Kolam renang dewasa,
  • Gazebo,
  • Kantin,
  • Area pemancingan,
  • Danau,
  • Air terjun,
  • Perahu.
spot memancing
spot memancing. google maps. sumber: Jaja Aja

simak juga: batu kapur subang

Daya Tarik Curug Ciwideng

1. Air Terjun Yang Menawan

Daya tarik yang pertama, tentu saja keberadaan sebuah air terjun yang menawan, yang bisa dibilang cukup berbeda dengan kebanyakan wisata air terjun.

Karena lokasi utama Curug Ciwideng berada tepat di tepi sebuah danau, dan airnya langsung mengalir ke danau tersebut, sehingga secara tidak langsung danau tersebut menjadi kolam utamanya.

Para pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang di danau tersebut, karena cukup dalam. Nah, cara untuk bisa sampai di dekat Curug Ciwideng adalah dengan menyewa perahu yang ada di tepian danau.

pemandangan yang indah
pemandangan yang indah. google maps. sumber: Dias doank

simak juga: pantai patimban

Para pengunjung bisa mengabadikan keindahan Curug Ciwideng dengan cara selfie di atas perahu, dengan latar curug tersebut. Tetapi, selalu utamakan keselamatan ya…

Meskipun Curug Ciwideng tidak termasuk air terjun yang tinggi, namun mampu memberikan view yang sempurna, yang berkolaborasi dengan view alam di sekitarnya.

2. Danau Yang Cantik

Wisata Curug Ciwideng sangat populer juga sebagai tempat memancing yang hits di Subang. Hal tersebut dikarenakan keberadaan sebuah danau yang cantik di kawasan wisata tersebut.

Selain aktivitas memancing, para pengunjung juga bisa berkeliling mengitari danau tersebut dengan menyewa perahu. View alam, dan udaranya mampu menjawab kebutuhan healing anda.

berkeliling danau
berkeliling danau. google maps. sumber: Johan Kurniawan

simak juga: alun-alun subang

3. Kolam Renang

Para pengunjung tidak perlu kecewa jika tidak bisa berenang di kolam utama Curug Ciwideng, karena di kawasan tersebut disediakan kolam renang untuk orang dewasa, maupun anak-anak.

View yang tersaji di kolam renang Curug Ciwideng juga sangat indah, bahkan view air terjunpun masih bisa terlihat, karena lokasinya tidak terlalu jauh.