Curug Dadali Cianjur, Wisata Lokal Sensasi Niagara

Kabupaten Cianjur merupakan salah-satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak sekali objek wisata curug, atau air terjun.

Tidak kurang dari 17 curug populer di Cianjur yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Termasuk dengan Curug Dadali yang terletak di Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Curug Dadali Cianjur
Curug Dadali Cianjur. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sebelum kita masuk ke pembahasan lebih mendalam tentang Curug Dadali tersebut, penulis ingin menjelaskan terlebih dahulu tentang karakter air terjun, atau curug secara umum.

Karakter curug berdasarkan sumber mata airnya terbagi menjadi 2, yaitu :

1. Sumber mata air langsung

Karakter air terjun berdasarkan sumber mata airnya, yang pertama bersumber dari sumber mata air yang ada di dekatnya.

Biasanya air terjun tersebut tidak pernah surut, namun arus air yang turun biasanya tidak terlalu besar. Airnya dipastikan bersih, dan stabil.

2. Sumber mata air dari sungai

Curug Dadali Bersumber Dari Aliran Sungai
Curug Dadali Bersumber Dari Aliran Sungai. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Karakter curug yang ke dua adalah airnya bersumber dari aliran sungai. Hal itu sangat mempengaruhi kodisi sebuah air terjun.

Ada banyak sekali air terjun yang seperti ini, hingga tidak jarang sebuah air terjun yang surut saat di musim kemarau.

Kondisi kebersihan airnya sangat bergantung dengan kondisi bersihnya air sungai. Begitupun dengan debit airnya sangat bergantung dengan aliran sungai tersebut.

Daya Tarik Curug Dadali

Curug Dadali Tidak Pernah Surut
Curug Dadali Tidak Pernah Surut. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ada yang unik dari Curug Dadali Cianjur, sumber mata air dari curug ini berasal dari aliran sungai Cibala. Dan sungai tersebut menjadi satu dari sekian banyak anak Sungai Cibuni Jawa Barat.

Hal yang unik dari Curug Dadali adalah :

  • Meskipun sumber mata airnya berasal dari aliran sungai, namun airnya tidak pernah surut.
  • Saat musim kemarau, airnya tetap stabil.
  • Debit air akan menjadi lebih deras lagi, saat musim hujan tiba.

Adapun daya tarik dari Curug Dadali adalah sebagai berikut:

1. Pesona Keindahan Air Terjun

Daya tarik yang pertama tentu saja pesona Curug Dadali. Keindahan Curug Dadali sering juga diidentikkan dengan Air Terjun Niagara.

Pesona Curug Dadali
Pesona Curug Dadali. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Bukan tanpa alasan, debit air yang sangat besar, arus air turunnya yang sangat kuat, mengalir di sebuah curug yang memiliki lebar sekitar 50 meter.

Walapun ketinggian Curug Dadali hanya sekitar 20 meter saja, namun karena memiliki lebar 50 meter, maka arus airnya menjadi besar sekali.

Curug Dadali Wisata Cianjur
Curug Dadali Wisata Cianjur. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Hal tersebut terbukti dengan percikan airnya yang sangat besar, dengan daya jangkau percikan yang sangat jauh. Sehingga, pengunjung yang ada di dekatnya akan menjadi basah kuyup walaupun tidak berenang.

Hanya saja, di Curug Dadali Cianjur, pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang. Selain karena kolam utamanya yang sempit, juga dikarenakan arus air yang tutun begitu besarnya.

2. Pesona Alam Sekitar

Daya tarik selanjutnya di Curug Dadali Cianjur adalah view alam sekitar yang sangat menawan. Terutama panorama bongkahan batu besar yang berlumut, tepat berada di depan Curug Dadali.

Ada hal lain juga yang sangat menari, di Curug Dadali. Terdapat sebuah goa di balik aliran Curug Dadali, hanya saja tertutup aliran air curug yang mirip dengan sebuah tirai raksasa.

Panorama Alam Sekitar Curug Dadali
Panorama Alam Sekitar Curug Dadali. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Trekking Menuju Curug Dadali Cianjur

Trekking menuju Curug Dadali dari lokasi parkiran utama lumayan sangat jauh. Tetapi jalur trekkingnya cukup lebar untuk dilalui oleh para pejalan kaki.

Jalur trekkingnya belum tertata baik, masih berupa hamparan tanah merah. Namun perjalanannya cukup menyenangkan, karena disuguhkan dengan panorama alam berupa pegunungan, hijaunya rerumputan, serta udara yang masih bersih.

View Saat Dekat Lokasi Utama
View Saat Dekat Lokasi Utama. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Baiknya, pengunjung datang tidak di musim hujan. Karena trekkingnya akan menjadi licin. Dan di lokasi utama arusnya akan sangat kuat.

Tenang saja, air di Curug Dadali tidak akan surut meskipun di musim kemarau.

Lokasi Curug Dadali Cianjur

Curug Dadali Cianjur terletak di Kampung Legoksaat, Desa Wargaasih, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Dari pusat kota cianjur, air tearjun indah ini berjarak 74 km, yang biasa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 2,5-3 jam.

Rute Curug Dadali Cianjur

Rute yang bisa kamu ambil adalah menuju Terminal Sukanagara-kebun dan area pabrik teh Kebun Pasir Nangka-Situ Ciasmay-Kantor Desa Sukasari-Jalan Pasir Layung. Setelah dari sini, kamu bisa menitipkan kendaraan di bengkel atau membawa motormu sampai ke rumah terakhir melalui jalan tanah.

Untuk Rute Menuju Curug Dadali Cianjur bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor dengan akses perjalanan yang cukup sulit. Saat Pengunjung sudah sampai di area parkir, selanjutnya dapat melanjutkan perjalanan dnegan jalan kaki untuk menuju lokasi air terjun.

Jam Buka Curug Dadali Cianjur

Karena lokasi wisata ini belum dikelola oleh suatu badan khusus, maka tempat wisata ini tidak memiliki jam buka tutup resmi. Jadi bisa dianggap buka 24 jam.

Namun walau demikian, tidak disarankan untuk datang saat hari masih atau sudah gelap. Hal ini dengan pertimbangan keamanan. Karena kurangnya fasilitas penerangan di lokasi maupun jalan menuju lokasi.

Tiket Curug Dadali Cianjur

Mengenai Harga Tiket Masuk / HTM Curug Dadali Cianjur sebesar 0 Rp alias gratis.

Fasilitas Curug Dadali Cianjur

Untuk fasilitas penunjang wisata, curug dadali Cianjurbelum memadai. Karena itu pengunjung hendaknya menyiapkan bekal makanan saat berkunjung. Karena tidak ada warung yang menyediakan hal itu di lokasi ini.


Leave a Comment