Curug Dadali Cianjur, Block Waterfall Selebar 50 meter

Air terjun Curug Dadali Cianjur ini memiliki keunikan, yaitu memiliki bentuk yang melebar seperti tirai. Di sekitar lokasi jatuhnya air terdapat banyak bebatuan besar yang berlumut dan memiliki rumput.

Air terjun Curug Dadali Cianjur ini memiliki keunikan, yaitu memiliki bentuk yang melebar seperti tirai.
Curug Dadali Cianjur. Image via: wisatamantap.com

Aliran Curug Dadali bersumber dari Sungai Cibala. Sungai Cibala merupakan salah satu anak dari Sungai Cibuni yang nantinya bermuara di laut Selatan. Sungai Cibuni memiliki debit air yang cukup besar dan stabil pada musim kemarau. Hal ini menyebabkan Curug Dadali menjadi air terjun permanen.

Volume air terjun Dadali ini relatif stabil, walau di muasim kemarau. Hal ini karena pada saat musim kemarau, aliran Curug Dadali tidak akan mengering hanya mengalami penurunan volume jatuhan saja.

Air terjun ini dapat diklasifikasikan ke dalam tipe Block Waterfall. Hal ini didasari oleh aliran Sungai Cibala yang cukup lebar. Lebar dinding air terjun Dadali kurang lebih 50 meter dengan ketinggian air terjun kurang lebih 20 meter.

Untuk berenang di air terjun ini memang tidak memungkinkan, karena tempatnya yang sempit. Tetapi jika Anda menyukai fotografi, ini menjadi tempat eksotis untuk berburu foto instagenik.

Untuk berenang di air terjun ini memang tidak memungkinkan, karena tempatnya yang sempit. Tetapi jika Anda menyukai fotografi, ini menjadi tempat eksotis untuk berburu foto instagenik.
Menawan. Image via: @kopites_man

Simak juga: 13 lokasi wisata Unggulan di Cianjur

Lokasi Curug Dadali Cianjur

Curug Dadali Cianjur terletak di Kampung Legoksaat, Desa Wargaasih, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Dari pusat kota cianjur, air tearjun indah ini berjarak 74 km, yang biasa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 2,5-3 jam.

Rute Curug Dadali Cianjur

Rute yang bisa kamu ambil adalah menuju Terminal Sukanagara-kebun dan area pabrik teh Kebun Pasir Nangka-Situ Ciasmay-Kantor Desa Sukasari-Jalan Pasir Layung. Setelah dari sini, kamu bisa menitipkan kendaraan di bengkel atau membawa motormu sampai ke rumah terakhir melalui jalan tanah.

Untuk Rute Menuju Curug Dadali Cianjur bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor dengan akses perjalanan yang cukup sulit. Saat Pengunjung sudah sampai di area parkir, selanjutnya dapat melanjutkan perjalanan dnegan jalan kaki untuk menuju lokasi air terjun.

Disekitar air terjun Dadali banyak tumbuhan hijau salah satunya pohon pinus yang rimbun tentunya akan menemani kalian saat berjalanan kaki menuju lokasi.

untuk yang ragu mendekat, dari kejauhan pun curug dadali cianjur ini sudah terlihat indah
Dari kejauhan. Image via: @intanjulia03

Jam Buka Curug Dadali Cianjur

Karena lokasi wisata ini belum dikelola oleh suatu badan khusus, maka tempat wisata ini tidak memiliki jam buka tutup resmi. Jadi bisa dianggap buka 24 jam.

Namun walau demikian, tidak disarankan untuk datang saat hari masih atau sudah gelap. Hal ini dengan pertimbangan keamanan. Karena kurangnya fasilitas penerangan di lokasi maupun jalan menuju lokasi.

Tiket Curug Dadali Cianjur

Mengenai Harga Tiket Masuk / HTM Curug Dadali Cianjur sebesar 0 Rp alias gratis. Hla ini tidak terlepas dari bleum adanya badan pengelola definitif. Dan juga berhubungan dengan kondisi fasilitas di Curug Dadali yang masih minim.

Fasilitas Curug Dadali Cianjur

Untuk fasilitas penunjang wisata, curug dadali Cianjur bsia dikatakan belum ada. Karena itu pengunjung hendaknya menyiapkan bekal makanan saat berkunjung. Karena tidak ada warung yang menyediakan hal itu di lokasi ini.

Juga untuk jaga jaga siapkan pula pakaina ganti dan handuk. Walau tidak ingin renang, jaga jaga saja, siapa tahu basah terkena cipratan air.

Pesona Keindahan Curug Dadali Cianjur 

  1. Air Terjun Block

Block Waterfall, curug dadali cianjur mirip niagara.
Block Waterfall. Image via: @waragan_rahman

Simak juga: Rasa Korea di Florawisata san terra

Curug Dadali Kadupandak Cianjur memiliki banyak pesona yang dapat dinikmati pengunjung. Curug atau Air terjun Dadali Cianjur ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Curug ini memiliki debit airnya yang deras dan membentang di dinding dengan lebar 50 meter.

Bentangan yang lebar ini, bagaikan tirai yang merupakan jenis air terjun Block Waterfall. Layaknya Niagara di Amerika. Sumber air curug Dadali ini berasal dari Sungai Cibala, walau pun curug ini cukup deras namun tetap menambah keindahan panorama curug ini. Hanya saja tidak disarankan bagi pengunjung untuk berenang.

  1. Lokasi Berfoto

Curug ini memiliki keunikan lain, Curug Dadali merupakan tempat wisata yang cocok untuk mengabadikan momen dengan berfotoria. Bagi pecinta fotography bisa langsung kunjungi curug di cianjur ini.

Pengunjung dapat menemukan bongkahan batu dengan berlapis lumut yang menambah semakin istimewa curug Dadali cianjur ini.
Diantara batu berlumut. Image via: @flashpackers

Pengunjung dapat menemukan bongkahan batu dengan berlapis lumut yang menambah semakin istimewa curug Dadali ini. Pengunjung dapat naik di bongkahan batu tersebut dan melakukan selfie dengan latar belakang Curug tinggi yang indah.

Menariknya, di balik Air Terjun Dadali terdapat gua. Masih belum dapat dipastikan apakah gua ini terbentuk karena pengikisan dinding air terjun oleh aliran jatuhan Air Terjun Dadali atau terbentuk sebagai akibat aktifitas geologi.

Pengunjung dapat mengunjungi Air Terjun Dadali kapan saja, karena ini merupakan air terjun permanen. Hanya tinggal menyesuaikan saja, apakah Anda ingin berkunjung ketika volume air besar atau kecil.

Alam sekitar curug dadali cianjur yang masih yang hijau.
Alam yang hijau. Image via: @nadyadeaa_

Simak juga: Teduhnya pinus Wisata Kampung Cihereng

Tips Mengunjungi Curug Dadali Cianjur

Demi kenyamanan dan keselamatan selama berwisata, Ada beberapa tips dan saran yang sebaiknya diperhatikan benar ketika mengunjungi wisata alam Air Terjun Curug Dadali Cianjur.

  • Siapkan fisik.

Persiapan fisik memang harus dilakukan karena jarak trekking menuju air terjun lumayan jauh. Jarak yang cukup jauh dan sudah pasti akan memakan tenaga yang tak sedikit.

  • Pakai Spatu Bot

Sangat disarankan untuk menggunakan sepatu bot, baju panjang atau jaket, guna menghindari tumbuhan liar berduri yang banyak berada di sepanjang jalan setapak menuju air terjun.

Sepatu bot berguna melindungi kaki Anda dari pacet atau lintah dan jalan terjal berbatu yang lembap dan licin.

  • Hati-hati membawa anak-anak.

Karena medan yang sulit, dan juga arus yang cukup deras, bila membawa anak-anak, awasi mereka dengan baik. Jangan sampai Anda lalai mengawasi, karena kedalaman air cukup dalam.

berlayat pegunungan nana gagah, curug dadali cianjur makin terlihat gagah
Luar biasa. Image via: @flashpackers

Objek Wisata Dekat Curug Dadali Cianjur

Selain Curug Dadali, cianjur juga punya Curug Citambur. Lokasinya berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran. Tempat wisata di Cianjur ini menjadi salah satu yang populer dan digemari oleh wisatawan dari dalam maupun luar kota.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter ini menyajikan keindahan dan juga kenyamanan. Sepanjang perjalanan menuju lokasi, Anda dapat menikmati perkebunan teh yang indah dan sanggup memberi efek relaks.

Bagi yang ingin main air dengan total, bisa mencoba Sungai Cikundul. Sungai dengan arus yang deras ini digunakan sebagai wahana arung jeram yang mengasyikkan sekaligus menegangkan. Tak heran jika sungai ini menjadi salah satu primadona tempat wisata di Cianjur yang banyak dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar kota.

Arung jeram sungai cikundul.
Arung jeram sungai cikundul. Image via: https://www.instagram.com/daniverden/

Simak juga: Berburu foto instagramable di Bukit Klangon Jogja

Jalur arung jeram sungai ini sepanjang 7 km. Meski lokasi jeram cukup ekstrim dengan arus sungai yang deras, namun Anda tidak perlu khawatir karena kegiatan arung jeram didampingi tim instruktur yang telah berpengalaman dan profesional.

Demikian informasi tentang Destinasi Air Terjun Indah di Jawa Barat, Curug Dadali di Cianjur. Tetap kunjungi nativeindonesia untuk mendapatkan informasi tempat wisata menarik lainnya.

Baca juga:

Leave a Comment