Curug Genting, Saat Mitos Dan Pesona Menjadi Satu Di Batang

|

Curug Genting atau disebut juga Curug Sigenting Batang merupakan salah-satu destinasi wisata yang sempat “mati suri”, namun kini mulai bangkit kembali memikat mata, dan hati para pengunjung.

Curug Genting selain menyajikan pesona alam yang dramatis, namun di sisi lain juga masih terdapat sisi mitos, atau misteri yang masih jadi perbincangan di kalangan masyarakat hingga saat ini.

curug sigenting
curug sigenting. google maps. sumber: Huy Fikri

Sebelum kita lanjutkan reviewnya, seperti yang sering penulis sampaikan pada artikel – artikel sebelumnya bahwa aktivitas wisata alam sangat bergantung kepada faktor cuaca.

Apalagi kunjungan ke objek wisata air terjun yang airnya bersumber dari sungai, termasuk kunjungan ke wisata Curug Genting Batang, Jawa Tengah sangat bergantung dengan kondisi cuaca.

Lalu apa saja pesona yang ditawarkan oleh Curug Genting? Inilah reviewnya yang sudah kami siapkan untuk anda. Yuk gassskeun!

Simak juga: 10 Tempat Wisata Di Semarang

Lokasi Curug Genting

Lokasi Curug Genting berada di dekat objek wisata lainnya yang bisa dibilang baru. Salah-satunya adalah cafe, dan spot camping di area hutan pinus (masih satu kawasan dengan Curug SiGenting).

Adapun alamat Curug Genting, atau Curug Sigenting berada di Desa Bawang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah.

Simak juga: 5 Tempat Wisata Di Ambarawa

Rute Menuju Curug Genting

curug sigenting batang
curug sigenting batang. google maps. sumber: Tukang Repiu

Sebetulnya jalan menuju Curug Genting Blado Bawang bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat. Hanya saja untuk memangkas jarak trekking ada baiknya menggunakan kendaraan roda dua saja.

Secara keseluruhan kondisi jalannya bagus, meskipun di beberapa titik masih terdapat jalan yang rusak. Adapun jarak dari Alun-Alun Kabupaten Batang ke Curug Genting sekitar 28 kilometer.

Waktu tempuh dari Alun-Alun Kabupaten Batang ke Curug Sigenting sekitar 1 jam perjalanan, melalui akses Jl. Medono Limpung / Jl. Raya Tulis – Batang.

Simak juga: 6 Objek Wisata Bandungan

Trekking Menuju Curug Genting

sungai di curug genting
sungai di curug genting. google maps. sumber: Huy Fikri

No trekking, no waterfall, Itulah gambaran berwisata ke sebuah air terjun. Maka setelah anda selesai memarkirkan kendaraan, lanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalur yang sudah ditentukan.

Jalur trekkingnya secara keseluruhan sudah berbentuk anak tangga. Hanya saja di beberapa titik belum terdapat pagar pembatas, serta terdapat papan peringatan bahwa area tersebut rawan longsor.

Trekking menuju lokasi utama Curug Genting akan melalui gerbang yang ikonik, sekaligus landmark objek wisata tersebut. Dan perlu diketahui bahwa fasilitas publik hanya tersedia di dekat area parkir saja.

Sebelum sampai ke lokasi utama, view Curug Genting sebetulnya sudah bisa terlihat. Hal tersebut dikarenakan air terjunnya cukup tinggi, dan lokasi awal perjalanan berada di titik yang lebih tinggi.

Para pengunjung jangan heran jika saat trekking akan melewati pos yang dilengkapi dengan daftar harga tiket, beserta asuransi bagi para pengunjung yang datang ke sana.

Jadi, Curug Genting Batang ini dulu pernah populer dan hits di masyarakat. Karena beberapa alasan akhirnya objek wisata tersebutpun “mati suri”.

Dan kini Curug Genting mulai banyak dikunjungi kembali oleh masyarakat terutama muda-mudi. Apalagi terdapat cafe di area hutan pinus (sebelum lokasi utama Curug Genting) yang menambah daya tarik objek wisata tersebut.

Simak juga: 5 Tempat Wisata Di Ungaran

Harga Tiket Masuk Curug Genting

  • Tiket masuk Curug Genting Rp. 10.000 per orang.
  • Lokasi loket tiket menuju area parkir Curug Genting lumayan cukup jauh melewati area hutan pinus.

Jam Buka Curug Genting

Curug Genting buka dari pagi – pagi hingga sore hari, dan beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Curug Genting

Fasilitas wisata di Curug Genting Batang terkonsentrasi di area parkir, atau di area hutan pinus. Jadi setelah melewati gerbang trekking tidak ada lagi fasilitas publik, termasuk warung.

Simak juga: Curug Lawe

Daya Tarik Curug Genting

1. Berada Di Area Hutan Lindung

kondisi alam di curug sigenting
kondisi alam di curug sigenting. google maps.sumber: Tukang Reviu

Curug Genting lokasinya terletak di area hutan lindung denga luas sekitar 7 hektar yang dikelola oleh RPH Kembang Langit, atau disebut juga dengan nama Petak 49.

Kondisi tersebut menjadikan objek wisata Curug Genting dikelilingi oleh view alam yang masih terawat. Dari mulai pohon-pohon yang besar, suara burung, serta kondisi air yang masih jernih.

2. Air Terjun Eksotis

lokasi utama curug genting
lokasi utama curug genting. gogle maps. sumber: ZAID Abdul

Curug Genting atau Curug Sigenting menyajikan pesona air terjun yang dramatis. Air yang turun sangat deras dari ketinggian sekitar 40 meter.

Hal tersebut mengakibatkan percikan airnya bisa membasahi baju para pengunjung meskipun mereka tidak bermain air. Selain itu, latar Curug Genting mampu menyajikan hasil jepretan yang instagramable.

Air yang turun langsung mengalir ke sebuah sungai yang dipenuhi dengan bebatuan yang besar. Sehingga batu-batu tersebut bisa dijadikan spot untuk makan sambil menikmati keindahan Sigenting.