Curug Gomblang, Update Terbaru Dan Info Lengkap Wisata Banyumas

Curug Gomblang, adalah air terjun eksotis yang terletak di kaki Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.Curug Gomblang merupakan wisata Banyumas yang sangat digandrungi masyarakat, khususnya anak muda yang haus akan konten keren berlatarkan alam terbuka.

Curug Gomblang Banyumas
Curug Gomblang Banyumas. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Bagi kalian yang terakhir kunjungan ke objek wisata Curug Gomblang di tahun 2017, maka akan terpesona dengan penampilan Curug Gomblang terkini.

Karena di sepanjang kawasan tersebut sudah dilakukan penataan secara baik. Termasuk kemudahan trekking menuju lokasi utama air terjun Gomblang.

Dan inilah info lengkap Curug Gomblang yang terletak di Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Simak juga: 11 Lokasi wisata Indah di Banyumas

Sejarah Curug Gomblang

Curug Gomblang mulai digarap serius sebagai sebuah objek wisata pada tahun 2016. Benar saja, baru berjalan 6 bulan, meskipun belum ada penataan yang optimal, namun jumlah kunjungannya sangat signifikan.

Seperti yang dilansir dalam portal berita republika.co.id, pada bulan Agustus tahun 2016, jumlah kunjungan wisata ke Curug Gomblang mencapai 21.797 kunjungan.

Penataan Kawasan Curug Gomblang
Penataan Kawasan Curug Gomblang. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Hal tersebut menjadi sebuah isyarat bahwa objek wisata Curug Gomblang Banyumas mempunyai potensi wisata yang sangat besar untuk mendatangkan pengunjung.

Adapun secara pengelolaan Curug Gomblang berada di bawah KPH Banyumas Timur, dan bekerjasama dengan LMDH Desa Kalisalak.

Update terbaru, kawasan objek wisata Curug Gomblang sudah tertata sangat baik. Bahkan dari pintu masuk utama sampai ke lokasi Curug Gomblang.

Trekking Atau Jalan Menuju Curug Gomblang

Trekking atau perjalanan menuju area parkir bisa dilalui oleh motor maupun mobil. Kondisi jalannya juga sudah baik, serta sebelum area parkir, para pengunjung disuguhi panorama pohon-pohon yang berbaris.

Terbelah oleh jalan utama, nyanyian burung-burung, udara yang sejuk, adalah sajian pembuka sebelum sampai di lokasi utama.

Jalan Menuju Curug Gomblang
Jalan Menuju Curug Gomblang. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Setelah sampai di area parkir, maka para pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki, menyusuri jalur yang sudah tersedia.

Jalan menuju Curug Gomblang tidaklah ekstrim, meskipun sikap kehati-hatian harus tetap ada. Perjalanan akan terus menurun.

Jalur trekkingnya berbentuk batuan yang sudah tersusun rapih. Di samping jalur, banyak sekali tanaman indah yang tumbuh mekar, menghiasi perjalanan pengunjung.

Trekking Menuju Curug Gomblang
Trekking Menuju Curug Gomblang. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jalur trekkingnya tidak terus menerus menyusuri anak tangga, karena setelah beberapa anak tangga, jalurnya akan mendatar, kemudian turun lagi.

Jumlah anak tangga di Curug Gomblang sekitar 100 anak tangga. Dan di tengah perjalanan, para pengunjung akan menemukan persimpangan, antara ke sebelah kiri dan kanan.

Jalur ke sebelah kiri merupakan arah menuju spot selfie, dan ke sebelah kanan merupakan arah menuju lokasi utama Curug Gomblang.

Jalur Menuju Lokasi Utama
Jalur Menuju Lokasi Utama. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Dari persimpangan tersebut, lokasi utama sudah tidak jauh lagi. Sebetulnya, hanya beberapa langkah dari lokasi parkiran, view Curug Gomblang sudah bisa terlihat.

Lanjutkan perjalanan dari persimpangan tadi menuruni anak tangga. Kemudian sampailah di aliran sungai yang sangat jernih, serta didominasi dengan view bebatuan yang besar.

Setelah itu, anda akan melihat 2 buah air terjun dengan berbeda ketinggian. Itulah lokasi utama Curug Gomblang.

Lokasi Utama Curug Gomblang
Lokasi Utama Curug Gomblang. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Daya Tarik Curug Gomblang

1. Pesona Air Terjun

Daya tarik yang pertama dari Curug Gomblang Kabupaten Banyumas, tentu saja kehadiran air terjun yang eksotis, di alam yang masih terjaga kelestariaanya.

Bukti alamnya masih lestari adalah, kondisi air yang tidak pernah surut sepanjang tahun. Ditambah lagi airnya sangat jernih, bebas dari sampah.

Curug Gomblang memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Dan kolam utamanya yang lebar, namun tidaklah dalam, sehingga para pengunjung bebas untuk bermain air.

Pesona Keindahan Curug Gomblang
Pesona Keindahan Curug Gomblang. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Spot Selfie

Selain dari pesona keindahan Curug Gomblang, maka daya tarik selanjutnya dari objek wisat tersebut adalah kehadiran beberapa spot selfie dengan latar alam yang mempesona.

Spot Selfie
Spot Selfie. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Curug Gomblang

Curug Gomblang berlokasi di lereng Gunung Slamet. Adapun Alamat Curug Gomblang berada di Dusun III, Desa Kalisalak, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa tengah.

Rute Menuju Curug Gomblang

Jalan menuju Curug Gomblang atau rute menuju Curug Gomblang:

  • Purwokerto, kemudian Pasar Karanglewas
  • Bisa Juga dari Ketenger, mengikuti jalur menuju Bukit Tranggulasih.

 

Jam Buka Curug Gomblang

  • Jam buka Curug Gomblang dari pukul 08.00 – 17.00 WIB
  • Curug Gomblang buka setiap hari

Tiket Curug Gomblang

Harga tiket masuk Curug Gomblang ini pun juga cukup murah, yakni:

  • hanya sebesar Rp 5.000 per orang.
  • Tiket parkir motor Rp. 2.000
  • Tiket parkir mobil Rp. 5.000

Fasilitas Curug Gomblang

Fasilitas di Curug Gomblang bisa diblang sudah sangat memadai. seperti :

  • Toilet
  • Kantin
  • Gazebo
  • Area Parkir

Penutup

Demikian review tentang Curug Gomblang Banyumas, Jawa Tengah. Selalu patuhi protokol kesehatan, dan protokol keamanan ya….


Tinggalkan komentar