Curug Jebulan Pangandaran, Full Spot Foto Alami

|

Curug Jebulan Pangandaran adalah wisata air terjun di Pangandaran yang unik, keren, memanjakan mata, serta spot terbaik untuk berenang, sambil ngevlog, ataupun berselfie ria.

Curug Jebulan Pangandaran semakin menambah daftar panjang tempat Wisata di Pangandaran yang wajib untuk dikunjungi, selain dari pantai.

Jika anda melihat gambar, atau foto-foto keren tentang Curug Jebulan, pasti akan terkesima dengan view, dan warnanya. Itu asli loh, bukan editan.

curug jebulan
curug jebulan. google maps. sumber: DNL DRAYYAN

simak juga: green canyon pangandaran

Warna airnya saat normal memang keren seperti itu. Perubahan warna airnya bisa saja terjadi, salah-satunya diakibatkan oleh hujan.

Dan inilah review, serta info tentang Curug Jebulan Pangandaran yang sudah kami siapkan untuk kamu. Sebagai referensi awal menentukan tujuan, dan tempat wisata di Pangandaran, khususnya wisata air terjun.

Lokasi Dan Alamat Curug Jebulan Pangandaran

Lokasi Curug Jebulan Pangandaran berada di alamat Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Jika anda melihat di google maps, masih tertera sebagai Kabupaten Ciamis. Perlu diketahui bahwa saat ini, Pangandaran sudah terpisah dari Kabupaten Ciamis, dan menjadi sebuah Kabupaten sendiri yakni Kabupaten Pangandaran.

Rute Menuju Curug Jebulan Pangandaran

Jalan menuju Curug Jebulan dari Pantai Pangandaran berjarak sekitar 34 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Dan untuk memangkas dengan jarak trekking, maka disarankan menggunakan motor.

Jika menggunakan mobil, maka kamu akan berjalan kaki sangat jauh. Kecuali, dengan menyewa jasa ojek yang ada di sekitar Desa Cigugur.

spot foto alami
spot foto alami. google maps. sumber: dasep ynuryadin

simak juga: green santirah

Trekking Menuju Curug Jebulan Pangandaran

Setelah memarkirkan motor yang digunakan, kamu akan melanjutkan perjalanan menuju jalur trekking. Kondisi jalurnya masih berupa lapisan tanah, dan sebagaian besar akan berjalan di samping sebuah aliran sungai yang jernih.

Di sebelah kiri jalur trekking, adalah tepian jurang yang di bawahnya adalah sebuah sungai. Jalurnya tidak sempit kok, cukup leluasa bagi para pejalan kaki. Meskipun kehati-hatian adalah faktor yang harus selalu diutamakan.

Perjalanan menuju lokasi utama Curug Jebulan Pangandaran akan melewati area perkebunan milik warga. Jarak dari area parkir ke lokasi utama tidak terlalu jauh, sekitar 10 – 15 menitan.

Harga Tiket Masuk Curug Jebulan Pangandaran

Tiket masuk Curug Jebulan Pangandaran gratis.

mulut goa
mulut goa. google maps. sumber: Nugraha Pancasaputra

simak juga: citumang

Jam Buka Curug Jebulan Pangandaran

Karena Curug Jebulan belum dikelola secara resmi, maka belum ada jam operasional resmi terkait objek wisata tersebut. Hanya saja, sekitar jam 3, atau jam 4 sore, para pengunjung harus sudah kembali lagi dari lokasi utama.

Fasilitas Di Curug Jebulan Pangandaran

Fasilitas wisata di Curug Jebulan Pangandaran masih sangat minim. Terdapat warung yang berjualan saat sebelum lokasi utama, ada baiknya membeli perbekalan di warung tersebut.

Karena di lokasi utama Curug Jebulan Pangandaran tidak ada warung yang berjualan. Atau anda membawa perbekalan dari rumah, termasuk air minum.

Daya Tarik Curug Jebulan Pangandaran

Dengan keadaan alam di sekitarnya yang masih sangat alami, membuat Curug Jebulan Pangandaran ini memiliki beberapa daya tarik tersendiri. Beberapa diantaranya:

full spot foto alami
full spot foto alami. google maps. sumber: Alex

simak juga: ciwayang body rafting

1. Air Terjun Unik

Curug Jebulan Pangandaran adalah air terjun yang unik. Saat anda berada di lokasi utama, jangan membayangkan akan melihat sebuah air terjun yang tinggi, yang lumrah seperti kebanyakan air terjun.

Curug, atau air terjunnya tidaklah tinggi, dan lokasinya berada setelah kolam utama. Kalau dikira-kirakan, tingginya sekitar 1 meteran.

Di lokasi Curug Jebulan Pangandaran terdapat sebuah goa, yang lokasinya menyambung dengan area kolam utama.

2. Kolam Yang Instagramable

kolam utamanya
kolam utamanya. google maps. sumber: aa jimmi

simak juga: pantai karang nini

Keindahan Curug Jebulan Pangandaran bukan hanya basa-basi, bahkan artis terkenalpun sudah pernah datang ke wisata Curug Jebulan Pangandaran,

Kolamnya menjadi spot terbaik untuk berenang, serta untuk melakukan selfie. Karena warna airnya mampu menyajikan latar yang isntagramable.

Lokasi di sekitarnya terdapat banyak sekali batuan besar, serta akar-akar pohon yang bisa dijadikan spot selfie alami. Dengan kata lain, meskipun belum ada sentuhan kreasi tangan manusia, Curug Jebulan Pangandaran sudah menyajikan spot foto alami yang keren.

Tips Wisata

Karena belum dikelola secara maksimal, dan masih alami. Kamu perlu menyimak beberapa tips wisata berikut.

  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Berhati-hatilah ketika berada di jalur trekkingnya.
  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung, apalagi sedang turun hujan.
  • Bawalah perlengkapan makanan dan minuman seperlunya.
  • Waktu terbaik mengunjungi Curug Jebulan ialah di pagi hari.
airnya bening banget
airnya bening banget. google maps. sumber: Q’andri

simak juga: pantai madasari