Curug Klenting Kuning, Air Terjun Berkhasiat Di Semarang

|

Curug Klenting Kuning dapat pula disebut air terjun atau grojogan, masyarakat sekitar biasa menyebutnya dengan Grojogan Klenting Kuning.

Air terjun atau Grojogan ini terlihat unik karena tebing dimana tempat airnya mengalir berwarna kuning, konon katanya hal tersebut disebabkan oleh airnya yang mengandung belerang yang cukup tinggi.

Secara bahasa Klenting Kuning berasal dari dua suku kata, yakni klenting yang berarti kendhi, dan kuning ya warna kuning. Sehingga dapat diartikan Klenting Kuning ialah sebuah kendhi yang berwarna kuning.

main air yuk
main air yuk. google maps. sumber: Suby Lutolf

simak juga: curug lawe

Kondisi terkini Grojogan Klenting Kuning memang tampak berbeda jika dibandingkan sebelum covid-19 melanda Indonesia, khususnya Semarang. Mungkin karena sempat ditutup sementara, hingga membuat beberapa spot tampak tak terurus.

Namun keindahannya masih tetap dapat kita nikmati kok, berikut deskripsi dari Grojogan Klenting Kuning untuk kamu semua yang menyukai wisata air terjun.

Lokasi Air Terjun Klenting Kuning

Lokasi Curug Klenting Kuning berada di Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Rute Menuju Air Terjun Klenting Kuning

Estimasi waktu menuju Curug Klenting Kuning jika beranjak dari Ungaran akan memakan waktu hampir 1 jam lamanya, sedangkan jika bergerak dari Bandungan sekitar 30 menit.

Rute yang dapat kamu lalui jika berangkat dari Pasar Bandungan ialah dengan menuju Jl. Sukorini untuk menuju Jl. Gintungan Selatan. Terus saja lurus hingga tiba di Jl. Raya Sumowono.

Selanjutnya tinggal mencari lokasi dari Curug Klenting Kuning itu sendiri. Aksesnya dapat dilalui oleh mobil maupun motor, namun lebih seru jika menggunakan motor.

Setelah memakirkan kendaraan, untuk menuju Grojogan Klenting Kuning harus berjalan terlebih dahulu. Jalur trekkingnya sudah tertata dengan baik, kamu tinggal mengikutinya saja. Jaraknya pun tak begitu jauh, tak sampai 5 menit kamu pun sudah tiba di depan Air Terjun Grojogan Klenting Kuning.

trekking menuju air terjun
trekking menuju air terjun. google maps. sumber: Air Terjun Curug Klenting Kuning

simak juga: curug gending asmoro

Jam Buka Air Terjun Klenting Kuning

Jam operasional Air Terjun Klenting Kuning setiap hari Senin hingga Minggu, mulai buka pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Klenting Kuning

Harga tiket masuk Grojogan Klenting Kuning murah banget, cukup membayar sebesar Rp. 5.000,- saja per orangnya. Ditambah dengan biaya parkir motor Rp. 2.000,- dan Rp. 5.000,- untuk mobil.

Fasilitas Air Terjun Klenting Kuning

Fasilitas yang ada di sekitar kawasan Curug Klenting Kuning terdapat beberapa fasilitas primer tempat wisata, seperti:

  • Toilet,
  • Gazebo,
  • Mushola,
  • Area parkir kendaraan.
fasilitas yang tersedia
fasilitas yang tersedia. google maps. sumber: Teguh AW

simak juga: air terjun kali pancur getasan

Daya Tarik Air Terjun Klenting Kuning

1. Kisah Dibalik Grojogan Klenting Kuning

Sebuah kisah ataupun sejarah dari sebuah tempat biasanya menjadi daya tarik tersendiri bagi objek wisata tersebut, nah sebelum melangkah lebih jauh kita simak kisah menarik dibalik keberadaan Curug Klenteng Kuning ini.

Klenting Kuning merupakan sebuah tokoh yang ada di kisah Ande Ande Lumut, yang dipersunting oleh Panji Asmarabangun yang merupakan putra mahkota Kerajaan Jenggala.

Klenting Kuning dan Panji Asmarabangun atau Ande Ande Lumut dipercaya bertemu tepat di depan Grojogan Klenting Kuning. Di sekitar Grojogan Klenting Kuning juga terdapat sebuah mata air yang dianggap suci dan berkhasiat oleh masyarakat sekitar.

grojogan klenting kuning
grojogan klenting kuning. google maps. sumber: Suby Lutolf

simak juga: air terjun umbul songo

2. Lebih Dari Satu Air Terjun

Ketika mengunjungi Grojogan Klenting Kuning, kamu akan menikmati beberapa air terjun dengan tinggi dan bentuk yang berbeda. Air terjun utama yakni Grojogan Kuning memiliki tinggi sekitar 8 meter.

Sedangkan curug yang kedua, biasa disebut Grojogan Klenting Biru, dengan tinggi yang lebih pendek namun bentuknya lebar dan sedikit berundak-undak. Untuk menuju Grojogan Klenting Biru ini tinggal menuju bagian atas.

Tidak ada kolam di sekitar Grojogan Klenting Biru, hingga kamu hanya dapat bermain-main saja. Sedangkan Grojogan Klenting Kuning memiliki kolam yang cukup lebar.

3. Alam Yang Masih Asri

Alam di sekitar Grojogan Klenting Kuning masih asri, dengan berada di lereng Gunung Ungaran membuat udara di sekitar curug terasa sangat sejuk begitupun dengan air terjunnya.

Terdapat banyak tanaman bunga kecubung atau bunga terompet, hingga banyak pengunjung yang menjadikannya sebagai spot untuk berfoto.

Enak banget bersantai di Grojogan Klenting Kuning ini, selain menikmati deburan air yang mengalir kamu juga dapat menikmati keindahan alam yang menyejukkan.

banyak bunga terompet
banyak bunga terompet. google maps. sumber: Adynaufal

simak juga: air terjun semirang

Penutup

Sebuah tempat wisata alam sebaiknya selalu di maintenance agar tetap dapat dinikmati keindahannya, sehingga menjadi tujuan berlibur yang nyaman.