Curug Lalay, Wisata Alam Yang Elok Di Perbatasan Bogor Dan Karawang

Menghabiskan waktu akhir pekan setelah kamu menguras tenaga dan fikiran, enaknya menikmati keindahan alam yang telah Tuhan anugrahkan.

Menikmati indahnya air terjun atau curug dapat menjadi pilihan yang terbaik, apalagi jika air terjunnya masih alami dan asri serta memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Curug Lalay atau Curug Cilalay bisa menjadi tujuan wisata kamu di akhir pekan. Lokasinya tak jauh dari Green Canyon Karawang.

Curug Lalay memiliki tipe air terjun yang berundak-undak, biasanya jika tipe air terjun seperti itu memiliki kolam yang tak terlalu dalam karena airnya langsung mengalir.

Landscape Curug Lalay
Landscape Curug Lalay. Sumber: udaindra.blogspot.com

Berikut ulasan lengkap mengenai Curug Lalay, check this out!

Trekking Menuju Curug Lalay

Trekking menuju Curug Lalay diawali dengan menaiki beberapa anak tangga yang sudah tidak tertata dengan baik. Kemudian kamu akan menapaki jalan kecil diantara aliran sungai atau drainase.

Saking kecilnya jalan, jika berpapasan dari yang berlawanan arah kamu harus sedikit memiringkan tubuhmu. Namun disepanjang jalan kamu akan melihat jernihnya air yang mengalir melalui drainase tersebut, serta pepohonan yang rindang akan menaungimu.

Setelah itu kamu akan sampai di lokasi Green Canyon, namun untuk menuju Curug Lalay perjalananmu masih panjang. Tak jauh dari lokasi Green Canyon, kamu akan menapaki bebatuan sungai.

Sungai tersebut biasa dipakai para pengunjung untuk bermain air. Selanjutnya kamu akan menapaki jalan setapak disamping sungai yang mengalirkan air yang sangat jernih dan bersih.

Setelah menyebrangi aliran sungai, selanjutnya kamu akan melewati beberapa perkebunan milik warga. Kemudian menapaki jalan dipematang sawah dengan pemandangan yang luar biasa menakjubkan.

Kamu akan menemukan sebuah warung sederhana yang bisa kamu jadikan tempat untuk beristirahat sejenak menikmati kelapa hijau untuk mengembalikan energi yang sudah terkuras.

Selanjutnya perjalanan yang kamu lalui semakin tak karuan, bebatuan menjadi pijakan kamu dan pepohonan yang cukup rindang menjadi pemandangan yang selalu kamu lihat.

Semilir suara deburan air mulai sayup terdengar, itu menandakan bahwa tujuan kamu akan segera tercapai. Trekking kamu berakhir ketika sebuah aliran air yang sangat jernih dan indah hadir didepan mata.

Trekking yang kamu lalui memakan waktu sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan. Estimasi waktu tersebut tergantung pada kecepatan langkah dan kekuatan badan kamu sendiri.

Pesona Keindahan Curug Lalay

Aliran air Curug Lalay memiliki 3 aliran air terjun, disetiap undakan memiliki kolam penampungannya sendiri. Air yang dialirkan sangat jernih dan juga bersih, suara deburan airnya selalu menjadi pusat perhatian telinga.

Curug Lalay
Curug Lalay. Sumber: www.jendelakarawang.net

Lokasi Curug Lalay sangat tersembunyi berada diantara pepohonan yang rindang, ketinggian air terjun yang diatas sekitar 9 meter sedangkan yang paling bawah memiliki ketinggian sekitar 7 meter.

Lelah trekking yang kamu lalui terbayar sudah melihat sebuah surga yang tersembunyi ada didepan mata. Hamparan bebatuan yang cukup besar siap menemanimu, suara nyanyian binatangpun selalu menghibur dengan suaranya.

Aliran Curug Lalay
Aliran Curug Lalay. Sumber: backpackerjakarta.com

Curug Lalay berada di kaki Gunung Sangga Buana sehingga memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan. Curug Lalay atau Curug Cilalay ini sering juga disebut Curug Santri, karena yang pertama kali menemukannya ialah para santri yang sedang mencari air untuk minum.

Ragam wisata Di Curug Lalay

Berikut beberapa ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika sedang berada di Curug Lalay, yakni diantaranya:

1. Berenang

Ragam wisata berenang merupakan hal yang paling kamu nantikan ketika mengunjungi tempat wisata air seperti ini. Ketika kamu melihat jernih dan bersihnya aliran air yang mengalir, tak sabar rasanya untuk menikmati airnya.

Meskipun kolam alaminya tak terlalu besar namun kamu masih bisa berenang merasakan segarnya air Curug lalay. Kedalaman kolamnya beragam ada yang dangkal ada pula yang dalam.

Bermain Seluncuran Alami
Bermain Seluncuran Alami. Sumber: pendakipena.wordpress.com

Kamu pun dapat berseluncur dialiran air yang menyerupai sebuah seluncuran. Membiarkan tubuhmu jatuh ke kolam alami yang ada dibawahnya.

2. Bermain Air

Untuk kamu yang tidak bisa berenang, kamu dapat bermain air dengan duduk-duduk dipinggir kolam dengan beralaskan bebatuan.

Merasakan Kesegaran Air Curug Lalay
Merasakan Kesegaran Air Curug Lalay. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Rasa lelah yang kamu rasakan, penat yang menggelayut hilang sudah dibawa oleh aliran air Curug Lalay digantikan dengan jiwa yang baru.

3. Berfoto Selfie

Mengabadikan keindahan alam Curug Lalay harus kamu abadikan dalam sebuah foto maupun video, kemudian kamu upload dibeberapa media sosial yang kamu miliki. Dan biarkan orang lain mengetahui keindahan alam yang dihadirkan.

Mengabadikan Keindahan Curug Lalay
Mengabadikan Keindahan Curug Lalay. Sumber: www.youtube.com

4. Camping

Untuk kamu para pecinta alam yang suka camping, kamu dapat melakukan aktivitas camping di lokasi yang tak jauh dari Curug Lalay.

Lokasi Dan Alamat Curug Lalay

Lokasi Curug Lalay berada di kawasan Green Canyon Karawang, keberadaan Curug Lalay berada di perbatasan antara Karawang dengan Bogor. Maka tak heran jika ada yang menyebutkan letaknya di Bogor juga ada yang menyebutkan di Karawang.

Rute Menuju Curug lalay

Rute menuju Curug lalay jika kamu bergerak dari Jakarta waktu yang akan kamu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Kamu bisa melajukan kendaraan menuju Kampung Pasir Santri di Desa Antajaya, Tanjungsari atau bisa juga dengan menuju ke arah Kampung Tonjong Desa Cikutamahi, Cariu.

Arahkan kendaraanmu menuju Green Canyon Karawang karena Curug Lalay berada di kawasan tersebut.

Tiket Masuk Curug Lalay

Untuk menikmati keindahan Curug lalay kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000 saja per orangnya dan itu sudah termasuk kedalam tiket parkir.

Jam Operasional Curug Lalay

Jam operasional Curug lalay dibuka selama 7 hari seminggu dan selama 24 jam sehari. Jika kamu tidak ada rencana untuk camping, sebaiknya datang dipagi hari hingga bisa pulang disiang atau sore harinya.

Mengingat belum tersedianya lampu penerangan jalan yang memadai, maka kamu sebaiknya memperhitungkan waktu keberangkatan dan pulang.

Fasilitas Curug Lalay

Fasilitas yang ada di area Curug Lalay tidak terdapat apa-apa, semuanya masih tampak alami. Kamu bisa menemukan beberapa warung sederhana di jalur trekking yang kamu lalui.

Tips Wisata

Saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Lalay, diantaranya:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah tidak mendung apalagi sedang turun hujan.
  • Siapkan kondisi fisik kamu sebaik mungkin.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk melakukan trekking yang jauh dan cukup menantang.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman yang cukup sebagai bekal diperjalanan atau saat kamu berada di area Curug Lalay.
  • Berhati-hatilah saat trekking menuju Curug Lalay.
  • Tidak disarankan membawa serta anak-anak karena medannya yang lumayan terjal.
  • Selalu jaga kebersihan dan keasrian area Curug Lalay.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Curug Lalay.

Penutup

Jalur trekking yang akan kamu lalui jangan membuatmu patah menyerah, mengingat keindahan alam yang akan kamu nikmati didepan sangatlah menakjubkan.

Kealamian serta keindahan yang dihadirkan harus kamu lihat dan rasakan sendiri. Nikmati dan rasakanlah anugerah yang telah Tuhan berikan.

Jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika sedang berada di Curug Lalay, ya!

Baca juga:

Leave a Comment