Keindahan Curug Luhur Bogor Yang Memikat Hati

| | ,

Air terjun menjadi destinasi wisata andalan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Terdapat berbagai air terjun dengan keunikannya masing-masing, termasuk Curug Luhur di daerah Bogor ini. Sebagai wilayah yang memiliki topografi cukup tinggi dan berada di sekitar pegunungan, wajar bila Bogor mempunyai banyak obyek wisata air terjun.

Curug Luhur
Curug Luhur Bogor. Image via: jejakpiknik.com

Istilah Curug seringkali dipakai di Pulau Jawa, baik Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur. Artinya sendiri adalah air terjun. Sedangkan nama Luhur memiliki makna ‘tinggi’. Tinggi ini mengacu pada ketinggian air terjun yang melebihi deretan air terjun lainnya.

Di samping itu, Anda juga akan melihat keunikan Curug Luhur yang belum tentu ditemukan pada air terjun lain. Ikuti terus uraian komplitnya di bawah ini untuk mengetahui ciri khas curug tersebut.

Simak juga: daftar tempat wisata di Bogor

Lokasi Curug Luhur Bogor

Curug Luhur Bogor merupakan bagian dari jajaran obyek wisata air terjun yang ada di kaki Gunung Salak. Ketinggian topografinya kurang lebih 624 meter diatas permukaan laut. Sedangkan alamat lengkapnya berada di Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jaraknya dari obyek wisata Kebun Raya Bogor kurang lebih 22 kilometer, sedangkan dari pusat kotanya hanya sekitar 18 kilometer saja.

waterboom curug luhur
waterboom curug luhur. Image via: wisatabaru.com

Waktu tempuhnya pun relatif singkat. Anda menghabiskan waktu di perjalanan tidak sampai setengah jam jika menggunakan kendaran pribadi berupa roda dua. Bila Anda memilih untuk naik mobil pribadi, tentu waktunya lebih lama. Apalagi menaiki kendaraan umum.

Sebaiknya berangkatlah lebih awal bila memang ingin merasakan sensasi bepergian dengan transportasi umum.

Simak: review wisata Kebun Raya Bogor

Rute Menuju Curug Luhur Bogor Paling Mudah

Rute atau jalur menuju obyek wisata ini dapat Anda pilih berdasarkan lokasi keberangkatan dan jenis kendaran yang digunakan. Berikut ini pilihannya:

1. Dari Bogor

Bila Anda berangkat dari Bogor, langkah yang harus dimulai adalah berjalan menuju Bogor Trade Mall (BTM).Lanjutkan perjalanan Anda menuju daerah Ciapus. Gunakanlah aplikasi Maps dari Smartphone untuk mengetahui jalan mana yang harus diambil. Setelah itu, tak lama Anda akan sampai ke Curug Luhur. Jalur ini bisa Anda lewati dengan menggunakan kendaraan pribadi.

2. Alternatif Lain dari Bogor

Alternatif lainnya yang dapat diambil selain melalui BTM ke Ciapus adalah lewat Leuwiliang. Titik start adalah dari pusat Kota Bogor. Ambil jalan ke arah Leuwiliang. Teruskan perjalanan Anda sampai ke Tenjoloya. Ikuti papan petunjuk yang mengantarkan Anda ke Curug Luhur.

3. Dari Jakarta

Rute selanjutnya adalah bagi Anda yang memulai perjalanan dari Jakarta. Atur perjalanan menuju kebun raya empang yang tembus ke Cikaret. Lalu Anda akan sampai ke daerah Ciapus. Selanjutnya Anda melewati daerah perkampungan dan akhirnya sampai ke tempat tujuan.

Jarak yang ditempuh dari Jakarta kurang lebih 76 kilometer dengan waktu sekitar 2 jam. Perjalanan yang mungkin melelahkan akan langsung terlupakan begitu melihat keelokan panorama Curug Luhur.

4. Menggunakan Transportasi Umum Dari Bogor

Rute yang terakhir adalah menggunakan transportasi umum. Silahkan Anda menunggu angkutan di depan Museum Zoologi atau BTM. Setelah itu pilih angkutan kode 03 dengan jurusan Ciapus.


Sayangnya dari Ciapus menuju titik lokasi belum ada transportasi umum lainnya. Anda bisa meminta sopir angkutan untuk mengantarkan sampai tujuan, tapi tentu dengan biaya tambahan.

Simak juga: keindahan Curug Cilember

Daya Tarik Curug Luhur

Anda pasti sudah penasaran kan dengan apa saja daya tarik Curug Luhur ini? Inilah beberapa suguhan yang akan didapatkan oleh para pengunjung :

Keindahan Air Terjun Tertinggi

Air terjun tinggi
Air terjun tinggi. Image via: @abee_aries

Curug Luhur memang mempunyai ketinggian yang cukup memukau, yaitu sampai 62 meter dari permukaan tanah. Namun jika diukur dari atas kolam penampungannya, ketinggian air terjun ini masih di angka 50 meter. Bahkan yang lebih menakjubkan lagi, kolam penampungan air terjun di bawahnya memiliki kedalaman hingga 15 meter. Kemudian pengelola setempat memutuskan untuk memasukkan beberapa material demi keamanan pengunjung.

Kini kedalamannya hanya 7 meter saja.TapiAnda harus tetap berhati-hati, karena di dalam kolam terdapat sebuah pusaran yang bisa menarik siapa saja masuk ke dalamnya.Kabarnya dulu kolam ini pernah memakan korban.

Simak: wisata keluarga di Taman Buah Mekarsari

Wahana Berkonsep Waterboom

Wahana Berkonsep Waterboom
Wahana BerkonsepWaterboom. Image via: dolanyok.com

Daya tarik kedua inilah yang menjadi ciri khas dari Curug Luhur Bogor. Pernahkah Anda mengunjungi obyek wisata air terjun yang memiliki konsep waterboom di dalamnya? Jika belum, rasakanlah sensasinya di air terjun ini.

Para pengelola membangun beberapa kolam renang yang disesuaikan dengan ketinggian anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan terdapat fasilitas perosotan yang semakin menarik perhatian para pengunjung untuk mencobanya.

Kebanyakan air kolam renang dialirkan dari air terjun tersebut. Jadi, meskipun melakukan aktivitas di kolam renang, Anda tetap bisa merasakan kesejukan air terjun yang mata airnya bersumber dari Gunung Salak. Air yang segar dan lumayan dingin tersebut mampu menghilangkan rasa penat dalam pikiran dan mengembalikan mood Anda. Dengan kata lain, obyek wisata Curug Luhur cocok dijadikan sebagai destinasi liburan keluarga untuk refreshing.

Air Terjun Mini Kembaran Curug Luhur

Air Terjun Mini Kembaran Curug Luhur
Air Terjun Mini. Image via: lapakfjbku.com

Anda dapat menemukan pemandangan air terjun lain di sisi Curug Luhur. Warga setempat dan para pengunjung sering menyebutnya sebagai air terjun kembar. Tapi tahukah Anda bahwa air terjun kembaran tersebut ternyata buatan?Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menciptakan aliran khusus menuju kolam renang.

Sementara kelebihan dari aliran air yang ada di Curug Luhur ini tidak akan kering saat musim kemarau tiba. Kebanyakan air terjun tidak mengalirkan air lagi ketika musim kemarau, tapi berbeda dengan Curug Luhur ini.

Begitu pula sewaktu musim hujan, meskipun debit air berlimpah, tapi sifatnya tetap jernih seperti biasanya.

Simak juga: Liburan asyik ke Taman Safari Bogor

Tersedia Berbagai Fasilitas Penunjang

Fasilitas Penunjang
Fasilitas Penunjang. Image via: gunung.id

Anda akan merasakan kepuasan yang maksimal setelah mendatangi Curug Luhur. Terdapat berbagai fasilitas penunjang yang sengaja disediakan oleh pengelola untuk para pengunjungnya.

Diantaranya adalah warung-warung makanan, kamar mandi, tempat ibadah, bahkan restoran. Ada restoran dua lantai yang sering dijadikan sebagai gardu pandang untuk menyaksikan pemandangan menyejukkan di sekitar air terjun.

Sejarah Singkat Curug Luhur

Awalnya kondisi Curug Luhur saat ditemukan tidak seperti sekarang. Berbagai fasilitas memadai dan wahana di dalamnya terkesan membuang keaslian air terjuan. Dulunya Curug Luhur sangatlah hijau karena dipenuhi dengan berbagai pepohonan yang rimbun. Udaranya pun terasa lebih sejuk dan menenangkan.

Kemudian pengelola memutuskan untuk membuat wahana sebagai daya tarik khusus dari obyek wisata ini. Beberapa pihak ada yang menyayangkan keputusan ini, sebab penampakan asli dan keasriannya menghilang begitu saja.Namun ada juga pihak yang merasa terhibur dengan terbentuknya wahana-wahana menyenangkan.Terutama bagi anak kecil.

Wahana curug luhur
Wahana curug luhur. Image via: harjo.wordpress.com

Harga Tiket Masuk Curug Luhur

Jika dibandingkan dengan obyek wisata lain dengan tema alam yang serupa, harga tiket masuk ke Curug Luhur cenderung mahal. Tarifnya sebesar 40 ribu per orang. Belum lagi biaya parkir untuk sepeda motor sebesar 8 ribu dan mobil 20 ribu.

Biaya yang cukup tinggi ini disebabkan oleh adanya berbagai wahana di dalam dengan konsep serupa dengan waterboom. Selain itu, pemilik dari obyek wisata adalah pihak swasta, bukan pemerintah. Jadi wajar jika harganya lebih mahal. Meskipun begitu, Anda tetap akan merasa terlayani dengan baik berkat semua fasilitas yang tersedia.

Tiket curug luhur
Tiket curug luhur. Image via: rampunjadi.com

Jam Operasional Curug Luhur

Obyek wisata Curug Luhur dibuka setiap hari dari pagi, kira-kira jam 7 – 8 pagi hingga sore hari. Sebaiknya Anda datang di jam-jam yang masih cukup sepi pengunjung, yakni sekitar pagi hingga siang. Ketenteraman berwisata akan sedikit terganggu bila terdapat kumpulan wisatawan yang memadati lokasi. Apalagi jika musim liburan tiba.Oleh karena itu, Anda harus pandai memilih waktu yang tepat.

Mungkin Anda akan berpikir berulang kali untuk menjadikan Curug Luhur Bogor sebagai destinasi wisata langganan. Hal ini disebabkan harga tiket masuk yang relatif tinggi.Tapi tak ada salahnya mengajak keluarga maupun saudara berkunjung ke tempat ini sesekali. Jadi, segera jadwalkan kunjungan Anda ya.

Selamat berlibur!

Keindahan Curug Luhur Bogor Yang Memikat Hati
4.5 (90%) 4 vote[s]

Share artikel ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

10 Tempat Wisata di Boyolali Yang Lagi Hits

Tirta Empul, Pura Kuno di Bali Untuk Penyucian Diri

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment