Curug Luhur, Keseruan Bermain Air Gunung Salak Di Ciapus Bogor

Curug Luhur memiliki sajian bermain air yang berbeda dibandingkan dengan curug-curug yang ada di Bogor. Lokasinya didesain sedemikian rupa, sehingga terciptalah sebuah waterboom dengan hiasan air terjun yang cukup deras.

Konsep air terjun plus waterboom memang tidak banyak dipakai oleh beberapa pengelola, sehingga menjadi daya tarik tersendiri ketika kamu mengunjungi Curug Luhur Bogor ini.

Lokasinya berada di Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas, dan berada di bawah kaki Gunung Salak. Sehingga aliran air yang ada di kolam renangnya sangat menyegarkan, jernih, dan bebas bau kaporit tentunya.

serunya bermain air gunung salak
serunya bermain air gunung salak. google maps. sumber: wiraka julian

Simak juga: daftar tempat wisata di Bogor

Keberadaan Curug Luhur sendiri berada di bagian paling pojok, namun dapat terlihat dengan jelas dengan air yang mengalir begitu derasnya.

Tempat wisata yang ada di Bogor sudah dapat dikunjungi, termasuk Curug Luhur. Namun tetap harus selalu menjalani protokol kesehatan yang selama ini sudah dicanangkan pemerintah. Jangan kendor!

Lokasi dan Alamat Curug Luhur

Alamat Curug Luhur terletak di Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya berada di kaki Gunung Salak.

Rute Menuju Curug Luhur Bogor

Jalan menuju Curug Luhur Bogor, dapat dilalui oleh kendaraan jenis apapun baik itu roda dua maupun roda empat. Dari pusat kota Bogor jarak yang akan ditempuh sekitar 18 km.

Untuk menuju Curug Luhur dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Untuk kamu yang berasal dari Jakarta ataupun Tangerang, dapat menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Bogor.

memiliki banyak kolam
memiliki banyak kolam. google maps. sumber: Adhi Utomo

Simak: review wisata Kebun Raya Bogor

Dilanjutkan dengan menggunakan angkot dengan nomor trayek 03 jurusan Ciapus, kamu bisa meminta untuk diantar langsung menuju Curug Luhur.

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, rute yang dapat dilalui dari pusat kota Bogor ialah dengan menuju Bogor Trade Mall (BTM) atau bisa juga dengan menuju ke arah Leuwiliang. Kemudian tinggal mengikuti petunjuk arah yang telah banyak tersedia.

Jalur yang dilalui tidak terlalu lebar, kamu juga akan mendapati jalan yang menanjak serta kondisi jalan yang tidak terlalu mulus di beberapa bagian. Sehingga baiknya siapkan kondisi kendaraanmu sebaik mungkin ya….

Setelah memakirkan kendaraan, kamu harus berjalan kaki sedikit turun ke bawah menuju lokasi kolam renang dan juga Curug Luhurnya. Jaraknya tak begitu jauh, kamu sudah dapat melihatnya dari jalur yang dilalui.

Jam Buka Curug Luhur Bogor

Jam operasional Curug Luhur Bogor dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 08 pagi hingga pukul 06 sore waktu setempat.

Tiket Masuk Curug Luhur Bogor

  • Tiket masuk Curug Luhur Bogor yakni dengan membayar sebesar Rp. 45.000,- per orang
  • Biaya parkir kendaraan untuk motor sebesar Rp. 10.000,-
  • Sedangkan untuk mobil sebesar Rp. 30.000,-

Simak juga: keindahan Curug Cilember

fasilitas wahana permainan
fasilitas wahana permainan. google maps. sumber: supri yatna

Fasilitas di Curug Luhur Bogor

Fasilitas yang ada di Curug Luhur Bogor diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet atau Kamar mandi umum,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Seluncuran air yang beragam, dan masih banyak lagi yang lainnya.
area parkir kendaraan
area parkir kendaraan. google maps. sumber: Udin Gun

Daya Tarik Curug Luhur Bogor

Nama curug atau air terjun ini diambil dari bahasa daerah setempat, yang terdiri dari dua suku kata. Yakni Curug dan Luhur, Curug artinya air terjun sedangkan Luhur berarti tinggi.

Hal tersebut mungkin dikarenakan posisi air terjunnya yang memang cukup tinggi, yakni berkisar antara 50 hingga 62 meter. Berikut beberapa daya tarik lain yang dimiliki Curug Luhur Bogor:

1. Curug Luhur Yang Memukau

curug luhur
curug luhur. google maps. sumber: Joel Mgl

Simak: wisata keluarga di Taman Buah Mekarsari

Keindahan Curug Luhur sudah dapat terlihat ketika kamu masih berada di area parkir, air yang dilirkannya cukup deras dan mengalir diantara tebing batu dengan hiasan tumbuhan di sekitarnya. Dan bukan hanya ada satu, melainkan dua air terjun.

Di sekitar curug terdapat sebuah kolam penampungan yang cukup lebar, namun kamu tidak dianjurkan untuk berenang mendekati aliran airnya.

Karena hal tersebut sangat berbahaya dan tidak aman, konon katanya terdapat pusaran air. Oleh karena itu pihak pengelola memasang sebuah tambang yang menjadi batasan pengunjung ketika bemain air di sekitar kolam alaminya.

Aliran air Curug Luhur tidak mengenal musim, airnya akan terus mengalir meski keadaan sedang kemarau. Selain itu airnya akan tetap bersih, meski debit airnya melimpah.

2. Waterboom

waterboom curug luhur
waterboom curug luhur. google maps. sumber: Cs Abutas

Simak juga: Liburan asyik ke Taman Safari Bogor

Daya tarik selanjutnya dari Curug Luhur ialah adanya konsep waterboom dibalik indahnya curug yang mengalir, konsep ini sangat jarang sekali digunakan. Karena banyak dari pihak pengelola yang takut menghilangkan kesan alami dari sebuah air terjun atau curug.

Terlepas dari itu semua, keberadaan waterboom di Curug Luhur Bogor menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin bermain air.

Terdapat beberapa kolam renang dengan kedalaman yang berbeda, serta dilengkapi pula dengan wahana permainan seru seperti perosotan dan juga ember tumpah.

Perosotan atau seluncurannya bukan cuma ada satu loh,,, melainkan sekitar ada 4 seluncuran dengan bentuk dan keseruan yang berbeda-beda.

Air kolamnya tidak bau kaporit, karena berasal langsung dari aliran air terjun. Sehingga sangat jernih juga bersih, serta sangat menyegarkan, airnya juga dingin sehingga hindarilah berenang di sore hari.


Tinggalkan komentar