Curug Madu Resmi, Tiket Masuk, Ragam Wisata, Pesona Keindahan Alam Air Terjun Pekalongan, Jawa Tengah

Pekalongan merupakan salah satu daerah yang merupakan bagian dari Jawa Tengah. Pekalongan terkenal dengan corak batiknya yang khas dan berbeda dengan yang lainnya, itulah alasannya Pekalongan disebut sebagai Kota Batik.

Selain itu Pekalongan juga memiliki keindahan alam yang masih alami, misalnya saja wana wisata Curug Madu Resmi yag terletak di Desa Lemah Abang, Kecamatan Doro.

Wana wisata ini menyuguhkan tempat wisata yang berbeda dengan yang lainnya. Berikut ulasan lengkap mengenai Curug Madu Resmi, check this out!

Perjalanan Menuju Curug Madu Resmi

Jalur menuju Curug Madu Resmi sudah beraspal dan mulus, jalannya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun jika saya boleh kasih saran lebih baik menggunakan kendaraan roda dua karena jalannya kecil.

Jalurya cukup berkelok-kelok namun disepanjang perjalanan hanya terlihat pepohonan yang sangat lebat. Hawa sejuk pun mulai terasa, indahnya alam menjadi bagian dari perjalananmu.

Sesampainya kamu di area parkir Curug Madu Resmi, hawa sejuk dan pemandangan yang asri menjadi tokoh utamanya. Setelah membayar tiket masuk menuju Curug Madu Resmi kamu harus meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki.

Kamu akan berjalan diatas tanah yang masih berupa tanah dan bebatuan, keindahan alamnya masih sangat asri dan alami. Terdapat beberapa bunga warna-warni yang menambah kecantikan area Curug Madu Resmi.

Untuk menuju area Curug Madu Resmi kamu perlu menuruni beberapa anak tangga, setelah itu kamu akan menyebrangi sebuah jembatan sederhana. Tak berselang lama Curug Madu Resmi pun ada di depan mata.

Jalan Setapak Menuju Curug Madu
Jalan Setapak Menuju Curug Madu. Sumber: www.travelingbae.com

Kamu tidak perlu berjalan terlalu jauh untuk dapat menuju area curahan air terjunnya, hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 sampai 10 menit dari lokasi parkir menuju Curug Madu Resmi.

Pesona Keindahan Curug Madu Resmi

Curug Madu Resmi mempunyai tinggi sekitar 4 meter dengan tebing batu yang cukup lebar. Airnya mengalir melalui tebing batu yang berwarna hitam. Jika musim hujan air yang mengalir bisa memenuhi semua batu yang berjejer.

Curug Madu
Curug Madu. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Air yang dialirkan sangat jernih dan bersih, suaranya pun merdu sekali. Kedung atau kolam penampungan air Curug Madu Resmi tidak terlalu dalam, sehingga aman untuk anak-anak.

Suasana yang asri dan sejuk semakin terasa ketika kamu mengelilingi area wana wisata ini, bunga-bunga cantik hadir menhiasi disetiap titik.

Ragam wisata Di Curug Madu Resmi

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Madu Resmi diantaranya ialah:

1. Menikmati Keindahan Alam

Keindahan alam yang masih sangat alami ditambah dengan pengelolaan yang baik membuat wana wisata Curug Madu Resmi sangat mengagumkan.

Menikmati Keindahan Curug Madu
Menikmati Keindahan Curug Madu. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kamu bisa duduk-duduk disebuah saung sederhana sembari merasakan hawa sejuk yang dirasa, dan mensyukuri keindahan yang kamu dapatkan hari ini.

2. Bermain Air

Kedalaman kedung Curug Madu Resmi hanya setinggi paha orang dewasa, kolamnya selalu digunakan untuk bermain air oleh anak-anak maupun oleh orang dewasa.

Selalu Ramai Dikunjungi Ketika Weekend
Selalu Ramai Dikunjungi Ketika Weekend. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Anak-anak pasti akan merasa senang bermain air di kolam alami Curug Madu Resmi, airnya sangat menyegarkan. Kamu pun jangan sungkan untuk masuk dan menikmati segarnya air Curug Madu Resmi.

Menikmati Kesegaran Air Curug Madu
Menikmati Kesegaran Air Curug Madu. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Berada lebih dekat dengan aliran Curug Madu Resmi dapat kamu lakukan, biarkan airnya menyentuh tubuhmu. Kamu juga bisa naik ke atas batu yang berada didepan curug.

3. Spot Foto Menarik

Di area Curug Madu Resmi banyak sekali spot foto menarik yang dapat kamu manfaatkan, yang sayang untuk kamu lewatkan begitu saja.

Salah Satu Spot Foto Menarik
Salah Satu Spot Foto Menarik. Sumber: isnahkarimah.home.blog

Bentuknya pun beragam, kekinian banget deh pokoknya. Para pecinta selfie pasti betah berlama-lama di area Curug Madu Resmi ini.

Spot Foto Yang Paling Diminati
Spot Foto Yang Paling Diminati. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sejarah Penamaan Curug Madu Resmi

Yang melatarbelakangi penyematan kata madu pada curug ini ialah dikarenakan di area curug ini terdapat pohon madu, dimana pohon ini bentuknya seperti bibit pohon kelapa yang masih kecil.

Namun pohon ini sudah mempunyai bunga dan buah, itulah yang membedakannya dengan bibit pohon kelapa. Jika kamu makan buah dari pohon tersebut kemudian minum air, maka kamu akan merasakan manis di mulut seperti madu.

Sedangkan kata “Resmi” tak terlepas dari cerita rakyat yang telah ada di daerah setempat tentang seorang tokoh yang bernama “Mbah Resmi”.

Mbah Resmi konon katanya tinggal di sungai yang ada di sekitar Curug Madu, pada awalnya Curug Madu hanyalah sebuah kedung atau kolam.

Jika kamu melaksanakan sholat di mushola yang terletak di area Curug Madu, kamu akan mengambil air wudhu dipancuran yang mengalir lewat sebuah bambu.

Aliran pancuran itulah yang disebut “Mbah Resmi” yang datang dari aliran air yang berada diatas Curug Madu. Air pancuran tersebut biasa disebut juga Air Belik, Belik artinya suci.

Pada zaman dahulu pancuran tersebut dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, banyak warga yang datang hanya untuk sekedar mengambil air atau mencuci baju.

Lokasi Dan Alamat Curug Madu Resmi

Lokasi dan Alamat Curug Madu Resmi terletak di Dukuh Lemah Abang, Desa Lemah Abang, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Rute Menuju Curug Madu Resmi

Rute menuju Curug Madu Resmi ini sangat mudah, karena lokasinya yang berada tak terlalu jauh dari pusat kota. Dapat ditempuh dengan estimasi waktu sekitar 30-40 menit berkendara.

Kamu hanya perlu menempuh rute yang searah dengan tempat Wisata Watu Bahan, hanya saja pas sampai di pertigaan arahkan kendaraan yang kamu bawa belok ke kiri sedangkan untuk menuju Wisata Watu Bahan terus lurus.

Setelah kamu belok kiri, ikuti saja petunjuk arah yang sudah tersedia. Lokasi Curug Madu Resmi juga searah dengan tempat petilasan Syekh Siti Jenar atau Syekh Lemah Abang.

Tiket Masuk dan Parkir Curug Madu Resmi

Tiket masuk menuju Curug Madu Resmi sangat murah meriah, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000,- saja per orangnya.

Sedangkan untuk parkir motor kamu hanya diharuskan membayar sebesar Rp. 3.000,- saja per unitnya.

Jam Operasional Curug Madu Resmi

Jam operasional Curug Madu resmi dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore. Waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Madu Resmi ialah ketika pagi hari, dan dihari biasa. Karena jika weekend lokasinya akan ramai dikunjungi.

Fasilitas Curug Madu Resmi

Fasilitas yang tersedia di wana wisata Curug Madu Resmi sudah lengkap, hal tersebut ditandai dengan tersedianya:

  • Area parkir
  • Gazebo
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Mushola
  • Toilet
  • Spot foto menarik

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Madu resmi, yakni:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi turun hujan.
  • Berhati-hatilah ketika mengemudikan kendaraan, banyak belokan yang cukup tajam.
  • Jika membawa serta anak-anak, selalu jaga dan awasi mereka.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Madu Resmi.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk menyimpan momen indah ketika berada di Curug Madu Resmi.

Penutup

Legenda atau mitos yang mengikuti sebuah tempat wisata selalu menjadi daya tarik tersendiri disamping keindahan alamnya.

Curug Madu Resmi memiliki cerita tersendiri juga keindahan alam yang luar biasa. Wana wisata ini selalu ramai dikunjungi jika weekend tiba.

Jika kamu menginginkan suasana yang lebih tenang lebih baik datang waktu hari biasa, dan tentu saja jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Madu Resmi, ya!

Leave a Comment