Curug Mariuk Bogor, Review Lengkap Tiket, Trekking dan Lokasi 2023

Curug Mariuk menyimpan keindahan yang luar biasa, kolamnya sangat jernih dan berwarna biru. FYI. air terjun di Bogor yang satu ini pernah dikunjungi artis cantik Aurelie Moeremans loh.

Nama dari curug ini memang terdengat asing, akses untuk menuju spot utamanya pun nggak sembarangan. Butuh effort yang ekstra agar bisa menikmati jernihnya kolam Curug Mariuk.

Bogor memiliki banyak sekali lokasi Curug atau air terjun dengan ciri khas dan keindahan yang berbeda. Mengunjungi sebuah air terjun dapat menjadi pilihan wisata untuk healing.

curug mariuk
curug mariuk. google maps. sumber: Mahendratta Sambodho

simak juga: curug cikuluwung

Simak ulasan lebih jauh mengenai keindahan Curug Mariuk, sebagai referensi awal wisata air terjun untuk dikunjungi akhir pekan ini. Check this out!

Trekking Curug Mariuk

Trekking adalah satu-satunya cara yang harus dilakukan sebelum tiba di Curug Mariuk, dengan estimasi waktu sekitar 20 hingga 30 menit.

Jalanan yang berbatu dan masih berupa tanah merah, adalah jalur yang akan kamu lewati. Selain itu dilengkapi dengan tebing dan jurang di setiap sisi jalannya.

Jalanan yang akan kamu lalui berupa tanjakan dan turunan yang lumayan berliku. Dihiasi bebatuan yang cukup lumayan membuat kaki kamu pegal.

Namun pemandangan yang tersaji merupakan hamparan keindahan yang menyejukkan. Semakin mendekati area Curug Mariuk, suara deburan airnya terdengar semakin jelas.

Pada saat di perjalanan menuju Curug Mariuk kamu akan bertemu sebuah persimpangan yang menunjukkan Curug Mariuk dan Curug romantis.

Lokasi Curug Mariuk

jalur trekking curug mariuk
jalur trekking curug mariuk. google maps. sumber: Dedik Kurniawan

simak juga: curug cikoneng

Lokasi Curug Mariuk berada di Bogor, tak jauh dari Curug Hordeng. Tepatnya berada di Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat.

Rute Curug Mariuk

Rute menuju Curug Mariuk ialah dengan mengarahkan kendaraanmu melalui Citerep, terus melaju sampai tiba di Pasar Citerep kemudian ke Kecamatan Sukamakmur. Terus lurus sampai di pertigaan jalan belok ke kiri. Lanjutkan perjalanan menuju Bukit Masigit lalu belok kiri.

Akan tetapi rute terdekat menuju Curug Mariuk adalah dengan melewati Jonggol. Yakni setelah berada di persimpangan Jonggol arahkan kendaraanmu menuju persimpangan Leuwi Hejo kemudian menuju persimpangan Cibadak.

Akses jalan mendekati Curug Mariuk berupa tanjakan yang berbatu dan sangat tidak mudah untuk dilalui. Kalau menggunakan mobil cukup berbahaya dan tidak savety.

Setelah kamu memarkirkan kendaraan di area yang sudah disediakan, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Tiket Masuk Curug Mariuk

simak juga: curug cikawah

  • Tiket masuk Curug Mariuk sebesar Rp. 20.000,- per orang
saung dekat curug
saung dekat curug. google maps. sumber: Norbert DUC

Jam Buka Curug Mariuk

  • Jam operasional Curug Mariuk dibuka selama 24 jam nonstop dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Namun, mengingat trekkingnya melalui jalanan yang tidak rata maka sebaiknya jangan terlalu sore untuk menghindari kemalaman di perjalanan.

Fasilitas Curug Mariuk

Meskipun berada di lokasi yang sulit dituju, fasilitas yang tersedia di Curug Mariuk sudah dibilang lengkap. Kamu ngga perlu khawatir perutmu keroncongan, karena ada warung-warung makanan di atas Curug Mariuk.

Namun jika kamu datangnya disaat weekday, banyak warung yang tutup.  Jadi baiknya kamu membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri. Selain itu kamar mandi pun tersedia di area Curug Cileat.

Tak jauh dari Curug Mariuk terdapat sebuah saung sederhana yang terbuat dari bambu, untuk tempat beristirahat setelah lelah mengeksplor keindahan kolam Curug Mariuk.

Daya Tarik Curug Mariuk

1. Kolam Biru Yang Jernih

simak juga: kebun jati pancawati

Curug Mariuk memiliki keindahan alam yang luar biasa, meskipun air yang mengalir di Curug Mariuk tidak terlalu tinggi namun airnya sangat jernih dan bersih.

airnya biru dan jernih banget
airnya biru dan jernih banget. google maps. sumber: Maddani Dhani

Aliran air Curug Mariuk dikumpulkan disebuah kolam yang tidak terlalu besar, dari kejauhan kita dapat melihat dasar kolam dengan begitu jelasnya. Seakan memanggil kita untuk segera merasakan kesegaran airnya.

Curug Mariuk berada di Perbukitan Masigit, maka tak heran jika udara yang kamu rasakan sangat sejuk. Terlebih curug ini belum banyak dikunjungi para wisatawan.

Ya, Curug Mariuk belum banyak dikunjungi para wisatawan, jadi kamu bisa menenangkan diri dan merefresh tenaga untuk kembali beraktifitas di hari selanjutnya.

2. Berenang

Curug Mariuk memiliki kolam yang tidak terlalu lebar, seperti sebuah jacuzzi alami. Sekilas seperti dangkal, karena kita dapat meilhat dasar kolam dengan sangat jelas.

simak juga: the farm pancawati

Namun ternyata kedalaman kolamnya mencapai 4 meter, sedangkan area kolam yang dekat dengan aliran Curugnya mencapai 5 meter. Jadi untuk kamu yang tidak bisa berenang sebaiknya menggunakan pelampung.

Di sekitar area Curug Mariuk sendiri belum ada tempat penyewaan pelampung, maka kamu harus membawanya sendiri.

Berenang dikolam yang sangat jernih ini merupakan sensasi yang tak terlupakan, kamu dapat berpose dikedalaman airnya tanpa ada yang menghalangi. Waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Mariuk adalah di musim kemarau, airnya akan semakin bening dan jernih.

3. Lompat dari Ketinggian

siap-siap body jumping
siap-siap body jumping. google maps. sumber: Abu Aisyah

Di sekitar kolam Curug Mariuk terdapat bebatuan besar setinggi 2 meter, kamu dapat melakukan aksi lompatan yang ciamik dari sana. Namun, tetap harus hati-hati dan waspada ya, jangan sampai kamu melompat di atas temanmu sendiri.

4. Spot Selfie

simak juga: villa khayangan

Spot selfie yang banyak dicari para wisatawan adalah kejernihan kolamnya, kamu dapat berfoto seakan sedang melakukan diving di kolam Curug Mariuk.

Kamu juga bisa berfoto dengan keindahan alam yang tersaji di sekitar Curug Mariuk. Karena keindahan alam merupakan background foto terbaik.

Tips Wisata

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah ya, untuk menghindari kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi.
  • Bawalah ganti baju atau perlengkapan renang seperti pelampung, jika kamu ingin berenang di kolam alami Curug Mariuk.
  • Jika datang waktu hari-hari biasa lebih baik membawa makanan dan minuman sendiri.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dipakai trekking jalanan yang berbatu.
  • Kondisi kendaraan kamu harus dalam keadaan baik, untuk memperlancar perjalanan melalui jalanan yang berbatu.
  • Berhati-hatilah saat menikmati keindahan kolam Curug Mariuk.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan momen seru saat berada di Curug Mariuk.
ragam wisata di curug mariuk
ragam wisata di curug mariuk. google maps. sumber: Macgyver JS

Penutup

Keindahan air terjun memang tak pernah bosan untuk dinikmati. Meskipun terkadang jalur untuk menuju kesana sangat sulit dan terjal. Namun kita seakan lupa dengan hal itu, tertutup oleh keindahan airnya yang mengalir.

Curug Mariuk merupakan salah satu Curug yang ada di Bogor dengan segala keunikannya. Seakan berada di kolam pemandian alam pribadi, saat kamu kesana tidak ada orang lain selain dirimu.

Saya jamin kamu ngga akan nyesel jika berkunjung ke curug yang satu ini. Jangan lupa siapkan foto terbaikmu saat berada di Curug Mariuk, ya!