Curug Muncar, Kealamian Alam di Kecamatan Bruno Purworejo

Purworejo merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Di Purworejo lokasi wisata yang paling sering dikunjungi diantaranya Pantai Ketawang, Pantai Keburuhan (Pasir Puncu), Pantai Jatimalang selain itu adanya beberapa gua seperti Gua Selokarang dan Sendang Sono.

Keindahan guanya menjadi daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut. Namun selain itu semua, Purworejo juga memiliki sebuah tempat wisata yang ngga kalah indah.

Yakni Curug Mancur, yang merupakan sebuah Curug atau Air Terjun yang berada di Kecamatan Bruno dengan memiliki ketinggian sekitar 40 m.

Berikut saya ulas lebih jauh mengenai keindahan dan panorama yang tersaji di Curug Muncar Bruno. Check this out!

Sejarah Penamaan Curug Muncar Bruno

Berdasarkan penuturan warga Desa Kalibang, istilah penamaan Muncar ialah berasal dari kata Mancur.

Karena memang jika kita lihat dengan seksama jatuhnya air Curug Muncar Bruno ini seperti sebuah pancuran.

Terkait siapakah yang menemukan Curug Muncar untuk pertamakalinya dan kemudian memberi nama masih belum diketahui secara pasti. Hal tersebut hanya berkembang dari mulut ke mulut.

Trekking Menuju Curug Muncar Bruno

Untuk sampai menikmati Curug Muncar, kamu harus melakukan trekking pendakian terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan Curug Muncar berada di atas ketinggian 600 mdpl (meter diatas permukaan laut).

Dikarenakan saat ini sedang ada pengerjaan jalan yang akan di cor, maka kamu harus memarkirkan kendaraanmu lebih jauh dari biasanya.

Pendakian akan kita awali saat kamu memarkirkan kendaraan, kamu harus menapaki trekking menanjak yang masih berupa tanah liat.  Trekking yang kamu lakukan akan memakan waktu sekitar 30 menit lamanya, tergantung pada dirimu sendiri.

Trekking yang akan kamu lalui sungguh akan mengeluarkan peluh dan rasa lelah, namun hamparan pemandangan yang masih asri dan alami akan sedikit mengobatinya.

Jalur Menuju Curug Muncar Bruno
Jalur Menuju Curug Muncar Bruno. Sumber: coretandjawani.blogspot.com

Kemudian kamu akan menapaki tangga yang masih berupa batu dan tanah, sesekali kamu akan mendapati beberapa monyet liar yang bergelantungan diantara pepohonan.

Ketika hendak mendekati area Curug Muncar, trekking yang akan kamu lalui semakin tak beraturan. Kamu harus menembus diantara pepohonan dan melewati jalan yang akan semakin sempit karena banyaknya bebatuan.

Trekking Curug Muncar Bruno
Trekking Curug Muncar Bruno. Sumber: spadepicnic.wordpress.com

Setelah itu kamu harus menapaki beberapa anak tangga lagi untuk sampai mendekati area Curug Muncar, dan perjalanan kamu berhenti saat Curug Muncar sudah berada di depan mata.

Pesona Keindahan Curug Muncar Bruno

Ketinggian Curug Muncar sekitar 40 meter, dan mengalir dengan sendirian dari atas bukit menuju bebatuan yang berada di bawahnya.

Landscape Curug Muncar Bruno
Landscape Curug Muncar Bruno. Sumber: www.yukpiknik.com

Aliran air yang mengalir dari Curug Muncar berasal dari Sungai Muncar dimana Sungai Muncar merupakan salah satu anak sungai Rebung atau Sungai Bedono.

Di sekitar Curug Muncar terdapat tebing yang sangat tinggi dan dihiasi oleh pepohonan yang masih rindang dan asri. Curug Muncar berada dilahan Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Kedu Selatan.

Aliran Air Curug Muncar Bruno
Aliran Air Curug Muncar Bruno. Sumber: news.detik.com

Air yang dialirkan sungguh sangat indah dan bersih, kita dapat merasakan cipratan kesegaran airnya dari bawah. Trekking yang melelahkan terbayar dengan kontan, ketika melihat keindahan curug dan pemandangan yang ada di sekitarnya.

Keindahan Curug Muncar Bruno
Keindahan Curug Muncar Bruno. Sumber: www.krjogja.com

Disekitar Curug Muncar banyak terdapat bebatuan, yang disela-selanya keluar air untuk kembali diteruskan selanjutnya menuju aliran sungai yang ada di bawahnya.

Ragam wisata Curug Muncar Bruno

Saat kamu berada di Curug Muncar, kamu tidak dapat melakukan aktivitas berenang atau mungkin sekedar bermain air. Hal itu dikarenakan Curug Muncar tidak mempunyai kolam penampungan.

Disekitarnya hanya terdapat bebatuan besar yang berwarna kehitaman, yang selalu siap dihantam dengan air terjun yang mengalir dari atas setiap saat.

Hal yang dapat kamu lakukan saat berada di Curug Muncar biasanya:

1. Menikmati Keindahan Alam Sekitar

Keindahan alam yang tersaji disekitar Curug Muncar sungguh sangat luar biasa. Keindahan alam yang masih sangat asri dan alami, menyegarkan sejauh mata memandang. Aliran air terjun yang mengalir sendirian di ketinggian menambah indahnya suasana.

Hamparan Pemandangan Curug Muncar Bruno
Hamparan Pemandangan Curug Muncar Bruno. Sumber: spadepicnic.wordpress.com

2. Berfoto Selfie

Keindahan alam selalu menjadi primadona, latar yang tepat untuk diabadikan dalam sebuah foto atau video. Pas banget untuk kamu post di Instagram, Facebook, status Wa, atau media sosial lainnya.

Mengabadikan Keindahan Alam Curug Muncar Bruno
Mengabadikan Keindahan Alam Curug Muncar Bruno. Sumber: www.superadventure.co.id

Lokasi Dan Alamat Curug Muncar Bruno

Lokasi Curug Muncar berada di Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah.

Tepatnya di alamat di Dusun Kalibang, Desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno.

Rute Menuju Curug Muncar Bruno

Rute menuju Curug Muncar Bruno ialah dengan menggunakan jalan Kabupaten yang menghubungkan Kutoarjo-Bruno-Kaliwungu.

Setelah tiba di persimpangan jalan ambil arah menuju Bruno. Kamu akan mulai merasakan sensasi di perjalanan dengan keadaan yang full tikungan.

Jalannya sudah beraspal namun berkelok-kelok, sehingga kamu harus hati-hati pada saat melajukan kendaraan.

Setelah itu kamu akan menemukan gerbang yang menunjukkan Curug Muncar, kamu masih harus melakukan perjalanan dengan melewati area pemukiman warga.

Kondisi jalannya bagus namun hanya cukup untuk satu jalur mobil saja, jadi lebih baik jika menggunakan kendaraan roda dua alias motor.

Tiket Masuk Curug Muncar Bruno

Dikarenakan saat ini sedang ada pengerjaan jalan sehingga loket tiket yang biasanya berdiri menjadi tidak ada, jadi kamu dapat dengan bebas masuk menikmati keindahan Curug Muncar Bruno ini tanpa harus membayar tiket masuk.

Tarif yang biasa diberlakukan sebesar Rp. 5.000,- per orangnya.

Jam Operasional Curug Muncar Bruno

Jam operasional Curug Muncar Bruno, Purworejo dibuka selama seminggu 7 hari dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.30 wib.

Namun mengingat medan perjalanan yang cukup berat sebaiknya tidak terlalu sore mangunjungi Curug Muncar Bruno ini.

Fasilitas Curug Muncar Bruno

  • Fasilitas yang ada di dekat Curug Muncar Bruno hanyalah sebuah warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman.
  • Namun, di sepanjang jalur trekking kamu dapat menemukan sebuah kamar mandi dan mushola.
  • Area parkir pun sudah tersedia.

Tips Wisata

Untuk kamu yang akan mengunjungi dan menikmati keindahan Curug Muncar Bruno ini, sebaiknya ikuti tips wisata yang saya bagikan berikut, yakni:

  • Pastikan cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi hujan.
  • Jika kamu datang pada musim kemarau mungkin aliran air terjunnya tidak terlalu besar namun bersih dan jernih.
  • Selalu waspada dan hati-hati saat melajukan kendaraan ataupun pada saat trekking menuju Curug Muncar Bruno.
  • Jika membawa serta anak-anak dalam mengunjungi Curug Muncar, selalu jaga dan awasi baik-baik.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman seperlunya saja, karena dekat dengan area Curug Muncar Bruno terdapat sebuah warung.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dipakai menanjak dijalanan yang masih berupa tanah dan terkadang berbatu.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian lokasi.
  • Jauhi perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap keindahan yang tercipta selama di Curug Muncar Bruno.

Penutup

Keindahan alam yang disajikan Curug Muncar Bruno sangatlah memanjakan mata kita, kita dapat melihat hamparan keindahan dari atas ketinggian.

Sudah sepatutnyalah kita untuk ikut menjaga dan melestarikannya, supaya dapat terus dinikmati sampai kapan pun. Perjalanan yang menyita tenaga tak apa selama pemandangan yang disajikan penuh makna.

Nikmati dan rasakanlah hamparan keindahan dari Curug Muncar Bruno, jangan lupa siapkan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment