Curug Nangka, Air Terjun Di Bogor Yang Indah

Bogor adalah kota yang paling eksotis dan menarik. Suhunya yang sejuk dan teduh, membuat semua orang betah berlama-lama disini. Apalagi tempat ini memiliki pesona yang tidak bisa didustakan. Mengunjungi kawasan wisata yang masih asri dan alami memang paling menyenangkan.

Curug Nangka adalah salah satu solusinya. Air terjun ini memang mempunyai keindahan yang luar biasa. Tambah menarik lagi dengan tantangan yang harus dilewati mulai dari awal hingga akhir perjalanan. Pesonanya memang dikhususkan bagi mereka yang mempunyai jiwa petualangan tinggi.

Curug Nangka Fresh 1
Image via: www.instagram.com/yvonnevisse

Tentang Curug Nangka

Inilah dia, tempat terindah yang ada di bogor. Tepatnya berada di lereng Gunung Salak. Curug Nangka namanya. Nama yang diambil dari pepohonan nangka yang ada disekitar kawasan. Jadi, konon katanya dahulu di dekat air terjun terdapat buah nangka yang tidak pernah habis. Tidak ada yang tahu dari mana nangka tersebut berasal.

Seiring berjalannya waktu pohon ini pun hilang entah kemana, Tetapi warga tetap menyebutnya dengan nama Curug Nangka. Tempat ini berada di ketinggian 750 mdpl, sehingga mempunyai suhu yang cukup sejuk dan alam yang sangat asri. Berada di kawasan ini rasanya sangat tenang sekali.

Curug Nangka River 1
Image via: www.instagram.com/hardi_maru

Lihat juga: tempat wisata di Bogor yang populer

Daya Pikat Curug Nangka

Curug Nangka mempunyai ketinggian kurang lebih 25 meter. Debit airnya selalu mengalir dan tidak akan pernah habis walau berada di musim kemarau sekali pun. Ada beberapa vegetasi yang hidup di kawasan ini sehingga menambah pemandangan asri. Selain itu, ada sungai kecil yang harus dilalui bila ingin mencapai kawasan ini.

Sungai ini adalah jalan satu-satunya menuju ke curug. Airnya cukup tenang dan teduh, sehingga mudah untuk dilalui. Tidak terlalu jauh dari Curug Nangka, ada dua curug lagi yang jaraknya kurang lebih 1 km. Namanya adalah Curug Kawung dan Curug Daun, dimana keduanya memiiki debit yang lebih kecil sehingga kurang berkesan untuk dijadikan spot foto.

Baca Juga :  Devoyage Bogor, Kampung Eropa Yang Lagi Hits!

Menuju ke tempat ini memang membutuhkan kekuatan khusus. Lantaran sobat native harus menaklukkan rasa lelah berjalan jauh dari pintu masuk menuju ke kawasan curug. Tetapi rasa lelah akan terbiaskan dengan keindahan curug yang begitu luar biasa. Selain itu, sobat native juga akan ditemani dengan hewan alam liar yaitu kera.

Berbicara mengenai kera, sepertinya sobat native harus sedikit berhati-hati karena hewan yang satu ini cukup nakal dan beraninya keroyokan. Jadi saat matanya melirik makanan, kera ini akan memburu lalu mengambil barang kita dengan paksa. Jika sobat native melawan, akan ada banyak lera lain yang membantu.

Jadi lebih baik tidak usah membawa apa pun agar terhindar dari kera nakal ini. Tidak hanya kera saja, suara burung pun kadang akan terdengar berkicau dan membentuk sebuah melodi nan apik. Jadi jangan sampai terlewatkan untuk menikmati kawasan ini ya.

Curug Nangka Fresh
Image via: www.instagram.com/mrizkip69

Cerita Mistis di Curug Nangka

Keindahan Curug Nangka memang menghadirkan sebuah cerita mistis tersendiri. Oleh karena itu, sebelum memasuki curug nangka sobat native akan diperingatkan untuk tidak aneh-aneh di kawasan ini karena bisa-bisa penunggu Curug Nangka tidak terima lalu menghantui sobat native sepanjang oerjalanan.

Nah, ada mitos menarik yang hadir mengiringi kawasan ini. Apabila sobat native tidak jatuh selama perjalanan menuju ke curug, berarti itu pertanda baik bahwa sobat native adalah pecinta alam sejati yang akan selalu melestarikan alam. Nah, bagi yang terjatuh atau bahkan sampai kena air, jangan khawatir karena bukan berarti sobat tidak baik. Hanya mungkin kurang beruntung saja.

Baca Juga :  Danau Tamblingan, Keindahan alam dan Spiritual Yang Harmonis

Misteri selanjutnya adalah keberadaan batu karang yang dialiri dengan air dan mirip dengan anjing bulldog. Konon cerita menurut kuncen curug, batu karang ini adalah tumang yang tidak lain tidak bukan adalah ayah dari legenda sangkuriang yang sangat terkenal di tanah Sunda.

Curug Nangka Forest
Image via: www.instagram.com/hardi_maru

Tips Berkunjung

Sudah tahu bagaimana keseruan kawasan ini bukan? Saatnya sobat native membaca beberapa tips yang akan membuat perjalanan sobat native aman, nyaman dan menyenangkan, karena banyak yang bilang mengunjungi kawasan ini sangat sulit dan berat. Sebenarnya tidak, hanya saja mereka belum tahu tips yang baik.

Baiklah dari pada berlama-lama marilah kita mulai dari angka satu. Pertama, sobat native harus benar-benar dalam kondisi fit dan siap untuk melakukan trekking. Menuju ke curug sama saja naik gunung dan memerlukan fisik yang kuat. Bagi yang merasa tidak kuat alangkah baiknnya untuk tidak melakukan perjalanan. Bagi mereka yang mempunyai penyakit asma dan jantung, akan sangat berbahaya bila anda melakukan pendakian dalam keadaan kurang baik dan fit.

Kedua, jangan lupa untuk membawa baju ganti. Berjalan cukup jauh pasti akan menguras keringat dan pasti akan membuat baju sobat native basah. Selain itu, di tempat ini juga ada sungai yang mengalir sehingga membawa baju ganti akan lebih baik dan membuat sobat native merasa nyaman.

Terakhir, lihatlah cuaca pada hari itu. Bila kurang mendukung dengan mendung yang sangat gelap dan berpotensi hujan. Lebih baik mengurungkan niat untuk pergi ke curug. Dan jangan lupa membawa obat-obatan pribadi, karena tempat ini kurang ramah untuk warung-warung yang menyediakan obat-obatan yang dibutuhkan.

Baca Juga :  Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang Garut
Curug Nangka Sign
Image via: www.instagram.com/ri_munyil

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat lokasi Curug Nangka berada di Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Menuju ke curug ini disarankan menggunakan transportasi umum. Jika, sobat native berasal dari luar Bogor. Sobat Native bisa naik KRL menuju ke arah Bogor. Setelah sampai di stasiun, lanjutkan perjalanan menuju ke Bogor Trade Mall yang berada tepat di depan stasiun dengan menggunakan jembatan penyeberangan.

Lanjutkan perjalanan menggunakan angkot nomor 03 menuju Ciapus. Jarak tempuh dari Bogor Trade Mall menuju ke Ciapus adalah 30 – 45 menit, dengan jarak tempuh kurang lebih 10 km dengan harga yang harus dibayar adalah 10 ribu rupiah. Turun di pertigaan Ciapus.

Selanjutnya, sobat native bisa menggunakan angkutan BFC berwarna Biru menuju ke Curug Nangka. Turun di pertigaan depan The Highland Park Resort. Nah, setelah itu sobat native bisa kembali menggunakan angkot berwarna hijau menuju ke Curug Nangka dengan tarif 15 ribu rupiah.

Curug Kaung
Image via: www.instagram.com/ervan_billydiansyah

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati kawasan ini sobat native akan dikenakan biaya di loket pertama sebesar 7.500 rupiah dan di loket kedua sebesar 12.500 rupiah. Sehingga total yang harus dibayar adalah 20,000. Harga yang murah untuk pesona yang akan dinikmati di kawasan ini. Apabila ditambah dengan biaya transportasi maka sobat native setidaknya mengeluarkan uang sebesar 50 ribu rupiah.

Curug Nangka adalah kawasan yang sangat indah, pesonanya mampu membius setiap sobat native yang datang ke tempat ini. Memang semua yang indah itu harus ditempuh dengan sesuatu yang berat. Jadi, jangan pantang menyerah untuk bisa mencapai kawasan ini karena Curug Nangka akan selalu menunggu kedatanganmu.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.