Curug Orok, Kesejukan Udara Air Terjun di Garut

Kabupaten Garut merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat, yang mempunyai udara yang sejuk dan dingin. Hal tersebut dikarenakan Garut dikelilingi oleh beberapa Gunung, diantaranya Gunung Papandayan, Gunung Cikuray dan Gunung Guntur.

Salah Satu Sudut Kota di Garut
Salah Satu Sudut Kota di Garut. Sumber: www.youtube.com

Maka tak heran jika Charlie Chaplin menyebut Garut sebagai “Swiss Van Java”. Karena udaranya yang sejuk dan dingin.

Banyak sekali keindahan alam yang dapat kamu nikmati jika berkunjung ke Kabupaten Garut. Yang akan saya bahas kali ini ialah mengenai sebuah air terjun yang terletak di Kecamatan Cikajang, yang bernama Curug Orok.

Keindahan Curug Orok
Keindahan Curug Orok. Sumber: pagguci.com

Penasaran dengan kegiatan apa yang dapat kamu lakukan di Curug Orok? Check this out!

Ragam Wisata di Curug Orok

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan di area Curug Orok, diantaranya :

1. Menikmati Keindahan Alam Curug Orok

Curug Orok memiliki tiga aliran air terjun, satu air terjun menjulang tinggi sekitar 45 meter sedangkan sisanya kecil dan mengeluarkan air dari balik bebatuan. Area wisata ini sudah ditemukan sejak zaman kependudukan Belanda di Indonesia, dan mulai dibuka untuk umum sejak tanggal 21 April tahun 1996 silam.

Sudah cukup lama memang Curug Orok beroperasi, maka tak heran jika menjadikannya sebagai salah satu curug yang terkenal di Kabupaten Garut. Saat ini Curug Orok dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara yang merupakan bagian dari PT. Perkebunan Papandayan.

Curug Orok dikelilingi oleh pepohonan yang masih rindang, dan terkadang kita bisa melihat monyet-monyet liar bergelantungan di dahan pohon. Udaranya sangat sejuk dan segar, mungkin untuk sebagian orang udaranya terasa dingin.

Menikmati Keindahan Curug Orok
Menikmati Keindahan Curug Orok. Sumber: tempatwisata.co

Karena memang Curug Orok berada di ketinggian 250 meter di atas permukaan laut disamping itu juga terletak di daerah perbukitan karena berada di kaki Gunung Papandayan.

Keindahan alamnya sudah kamu rasakan saat memasuki area Curug Orok, yang dikelilingi oleh perkebunan teh yang hijau dan juga dihiasi dengan banyaknya pohon pinus yang berjajar rapih.

2. Bermain Air

Selain menikmati keindahan alam Curug Orok, kamu juga bisa merasakan sejuknya air yang diturunkan dengan bermain air di sekitar kolam Curug Orok. Kedalaman kolam sekitar Curug Orok berbeda-beda, ada yang hanya setinggi betis sampai setinggi dada orang dewasa.

Harap awasi anak-anak saat bermain air di sekitar kolam Curug Orok ini. Kamu juga dapat menyusuri sungai yang mengalir di sekitar area Curug Orok.

3. Berenang

Kegiatan berenang di Curug Orok dapat dilakukan di dua lokasi, yakni di sekitar kolam Curug Orok dan di Kolam Cihuripan yang berada tidak jauh dari lokasi Curug Orok.

Kolam Cihuripan tujuan awal pembuatannya adalah untuk menampung air yang berasal dari mata air alami yang mengalir diantara bebatuan besar.

Bebatuan besar tersebut berada di sekeliling kolam yang dibiarkan begitu saja, sehingga memberikan kesan alami. Dari bebatuan tersebut mengalir mata air yang disebut sebagai Cai Kahuripan atau Air Kehidupan.

Kolam Cihuripan
Kolam Cihuripan. Sumber: travelspromo.com

Sehingga kolam pemandian ini diberi nama Kolam Cihuripan. Kolam ini memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, dan sudah diteliti oleh pihak yang berkompeten di bidangnya.

Karena mengandung mineral yang tinggi, menjadikan kolam ini berkhasiat untuk menyehatkan kulit dan menghilangkan penyakit kulit.

4. Piknik

Setelah puas bermain air dan berenang, kamu dapat menyantap makanan yang kamu bawa dari rumah bersama keluarga di area kolam ataupun di gazebo yang sudah disediakan. Namun ingat tetap jaga kebersihan dengan tidak meninggalkan sampah di sekitar Curug Orok.

5. Camping

Pengelola Curug Orok menyediakan tempat untuk kamu yang ingin berkemah, menikmati keindahan alam dengan bermalam di luar ruangan. Jika kamu ingin melakukan kegiatan camping di area Curug Orok, pastikan kamu memakai pakaian hangat. Karena udara semakin malam akan semakin menusuk tulang.

6. Spot Foto

Apalagi yang akan kita lakukan jika berkunjung ke daerah wisata, yup tentu saja berfoto ria. Jangan lewatkan untuk berselfie di area Curug Orok, yang menyimpan keindahan alam yang masih asri.

Berfoto Dengan Latar Curug Orok
Berfoto Dengan Latar Curug Orok. Sumber: jejakpiknik.com

Sejarah Yang Berkembang di Curug Orok

Curug Orok terdiri dari dua kata, yakni Curug dan Orok. Curug berarti air terjun, sedangkan Orok berarti bayi. Alasan diberi nama Curug Orok adalah dikarenakan pada zaman dahulu ada seorang wanita muda yang membuang bayinya dari atas Curug.

Namun, ada kisah lain yang berkembang bahwa cerita tersebut merupakan rekayasa buatan pihak Belanda supaya tidak ada warga yang mendekati area Curug Orok. Dikarenakan area tersebut digunakan sebagai gudang tempat penyimpanan senjata Belanda.

Entah mana yang sebenarnya terjadi, sejarah selalu memberikan kita informasi yang menjadi sebuah teka-teki yang harus kita gali lebih dalam. Satu hal yang pasti, bahwa Curug Orok merupakan anugrah pemberian Tuhan untuk warga Garut.

Lokasi Dan Alamat Curug Orok

Lokasi dan alamat Curug Orok berada di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Kode Pos 44171

Dari Jalan Raya Cikajang lokasi Curug Orok sejauh kurang lebih 700 meter. Jalan yang akan kamu lalui masih berupa tanah dan berbatu.

Petunjuk Jalan Menuju Curug Orok
Petunjuk Jalan Menuju Curug Orok. Sumber: www.hoteldiindonesia.net

Rute Menuju Curug Orok

Rute menuju Curug Orok dapat ditempuh dengan menggunakan moda transportasi sebagai berikut :

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi kamu arahkan kendaraanmu ke arah selatan dari Garut Kota, setelah itu kamu akan melewati Bayongbong kemudian Cisurupan setelah di pertigaan Papanggungan belok kanan menuju arah Cikandang. Lanjutkan perjalananmu sampai menemukan papan petunjuk menuju Curug Orok.

Jika kamu akan menggunakan kendaraan umum, kamu bisa neik elf jurusan Bungbulang-Garut dari Terminal Garut atau Lampu Merah Maktal lalu turun di depan jalan raya menuju Curug Orok.

Jika kamu mau naik moda transportasi lain misalnya Angkot, kamu bisa naik angkot jurusan Garut-Cikajang. Lalu turun di pertigaan Cibuluh, setelah itu lanjutkan perjalanan dengan menaiki ojeg menuju lokasi Curug Orok.

Tiket Masuk Curug Orok

Tiket masuk menuju lokasi Curug Orok, yakni kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 15.000,- saja untuk per orangnya, dan itu sudah termasuk tiket parkir.

Jam Operasional Curug Orok

Jam operasional Curug Orok dibuka mulai hari Senin sampai dengan hari Minggu dari Pukul 08.00 WIB sampai dengan Pukul 20.00 WIB.

Fasilitas Yang Tersedia di Curug Orok

Fasilitas yang tersedia di Curug Orok sudah lengkap, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi. Fasilitas yang ada seperti :

  • Tempat Parkir yang luas bisa menampung mobil dan motor dalam jumlah banyak
  • Kamar Mandi umum
  • Gazebo
  • Mushola
  • Camping Ground
  • Penginapan
  • Kolam Renang Alami

Penginapan

Untuk kamu yang ingin menikmati keindahan alam Curug Orok lebih lama, tersedia penginapan yang berjajar disekitar area parkir. Penginapan tersebut bernuansakan rumah kayu, khas rumah-rumah pedesaan.

Penginapan Di Area Curug Orok
Penginapan Di Area Curug Orok. Sumber: twitter.com

Kuliner Khas Garut

Jika kamu berkunjung ke Garut, jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh khas Garut berupa :

  • Dodol Garut
  • Kerajinan dari kulit seperti tas, sepatu, dompet serta jaket kulit
  • Burayot
  • Dorokdok dan Kerupuk Kulit

Tips Wisata

Ada beberapa tips yang akan saya bagikan untuk kamu yang akan mengunjungi Curug Orok Garut ini, yaitu:

  • Bawalah baju ganti, jika kamu ingin bermain air.
  • Pastikan kondisi cuaca cerah, tidak sedang mendung apalagi hujan.
  • Meskipun terdapat warung-warung makanan di sekitar Curug Orok, namun kamu masih diperbolehkan untuk membawa makanan dari rumah. Dan menyantapnya di pinggir kolam bersama keluarga atau teman.
  • Berhati-hatilah saat menuruni jalan setapak menuju Curug Orok.
  • Jika kamu tidak kuat dengan udara dingin sebaiknya membawa baju hangat.
  • Selalu awasi dan jaga anak-anak saat bermain air.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keindahan lokasi Curug Orok.

Penutup

Keindahan alam Garut sudah tidak diragukan lagi. Kabupaten Garut dipagari oleh Gunung yang menjulang, maka tak heran jika memiliki udara yang sejuk dan dingin sehingga disebut sebagai Swiss Van Java.

Keindahan alam Curug Orok yang sudah ada sejak puluhan tahun itu, seharusnya kita jaga dan rawat bersama. Jangan hanya karena keegoisan dan keserakahan kita, membuat keindahan Curug Orok mulai memudar.

Tuhan sudah menganugerahkan kita keindahan alam yang luar biasa melalui Curug Orok, mari kita jaga bersama keindahannya. Supaya kita dapat terus merasakannya sampai kapan pun. Jika kita menjaga alam, alam pun akan menjaga kita. Siapkan foto terbaikmu saat di Curug Orok, ya!

Baca juga:

Leave a Comment