Curug Pemandian Tuan, Spot Hulang Healing Tersembunyi Di Subang

|

Curug Pemandian Tuan berada dekat dengan Curug Sadim, Capolaga, dan beberapa curug yang lainnya. Lokasinya sangat tersembunyi dan harus melalui jalanan yang lumayan ekstrem.

Meski begitu Curug Pemandian Tuan memiliki landscape alam yang indah, dan bikin adem. Curug atau air terjun ini juga dapat pula digunakan untuk ngecamp ataupun melakukan kegiatan yang bertema alam lainnya.

curug pemandian tuan
curug pemandian tuan. google maps. sumber: Indra Junior

simak: curug cibingbin subang

Kabupaten Subang dapat dibilang sebagai surganya curug tersembunyi, saking banyaknya curug yang lokasinya jauh dari jalan raya utama dan masih sangat alami.

Berikut deskripsi dari Curug Pemandian Tuan Subang, sebagai bahan referensi wisata di akhir pekan untuk para pejuang curug.

Lokasi dan Alamat Curug Pemandian Tuan

Lokasi Curug Pemandian Tuan berada di kawasan Perkebunan Teh Nusantara VII Ciater. Alamatnya berada di Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

trekking menuju curug
trekking menuju curug. google maps. sumber: Rico Ricardo Lumban Gaol

simak: curug masigit

Rute Menuju Curug Pemandian Tuan

Rute menuju Curug Pemandian Tuan jika berangkat dari Alun-Alun Subang ialah dengan menuju Jl. Letnan Jenderal S. Parman hingga tiba di Jalan Cagak.

Kemudian teruskan hingga ke Curugrendeng, tetaplah berada di Jl. Palasari Dua ke arah Cicadas. Lalu belok kiri untuk menuju kawasan Perkebunan Teh Nusantara VII Ciater.

Akan ada jalan bercabang, dimana yang satunya merupakan jalan menuju Curug Sadim. Ambil jalan yang di sebelah kanan, teruskan perjalanan dengan melewati area perkebunan teh.

Jalurnya sangat esktrem, maka sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua agar dapat menyimpan kendaraan di kawasan Curug Pemandian Tuan.

Dari lokasi parkiran tinggal menyusuri jalan menurun yang sudah tertata rapih. Kiri kanannya terdiri dari berbagai jenis tanaman dan pepohonan yang bikin adem. Jarak dari lokasi parkir tak begitu jauh, bahkan suaranya sudah terdengar dengan jelas.

Jam Buka Curug Pemandian Tuan

Jam operasional Curug Pemandian Tuan buka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

jalur yang harus dilalui
jalur yang harus dilalui. google maps. sumber: Arlinda Djuanda

simak: curug sadim

Harga Tiket Masuk Curug Pemandian Tuan

Tiket masuk Curug Pemandian Tuan dengan membayar sebesar Rp. 10.000,- per orang.

Fasilitas Curug Pemandian Tuan

Fasilitas yang ada di sekitar Curug Pemandian Tuan diantaranya:

  • Toilet,
  • Mushola,
  • Camping ground,
  • Gardu pandang,
lokasi parkir motor
lokasi parkir motor. google maps. sumber: Rico Ricardo Lumban Gaol

simak: curug mandala panaruban

Daya Tarik Curug Pemandian Tuan

Nama curug yang satu ini memang cukup aneh jika dibandingkan dengan beberapa curug lainnya, konon katanya nama yang disematkan berasal dari wangsit seseorang yang kesurupan.

Yang mengatakan bahwa curug atau air terjun ini merupakan tempat pemandian menir Belanda sekitar tahun 30an. Dulunya curug ini bernama Curug Sanghyang, kemudian diganti menjadi Curug Pemandian Tuan.

Dan inilah daya tarik yang dimiliki Curug Pemandian Tuan Subang, Jawa Barat:

1. Aliran Air Yang Bersih

bermain segarnya air
bermain segarnya air. google maps. sumber: Rico Ricardo Lumban Gaol

simak: curug ciangin

Curug Pemandian Tuan memiliki aliran air yang cukup deras, dan sangat bersih. Meski tidak begitu tinggi curug ini mampu menghempaskan angin dan cipratan airnya secara lembut.

Pepohonan yang tumbuh dengan subur di sekitar air terjun mampu menghasilkan energi baik untuk setiap pengunjung yang datang, tempat hulang-healing yang sangat sempurna.

Jauh dari keramaian, jauh dari kebisingan kota, jauh dari udara yang tidak sehat. Yang ada hanyalah kita, curug, air bersih, dan alam yang sejuk.

Kamu juga dapat bermain segarnya air di kolam alami di sekitar curug, ataupun di aliran airnya. Saking jernihnya air bebatuan didasar kolam dapat terlihat dengan jelas.

2. Camping Ground

camping ground
camping ground. google maps. sumber: Rico Ricardo Lumban Gaol

simak: curug koleangkak

Camping ground Pemandian Tuan berada di bagian atas, dekat dengan area parkir motor. Berupa lapangan rumput yang sangat luas, sehingga dapat menampung beberapa tenda.

Bermalam bersama alam sambil menyaksikan view yang sangat indah merupakan pengalaman menarik dan pastinya memorable banget.

Di sekitar camping ground juga terdapat sebuah gardu pandang, yang dapat dimanfaatkan untuk menikmati indahnya alam ataupun hunting beberapa foto kece.

Penutup

Curug Pemandian Tuan memiliki potensi wisata yang dapat menjaring wisatawan untuk terus berdatangan, seperti tetangganya Curug Sadim.

Dengan pengelolaan yang tepat, misalnya saja dengan memperbaiki akses jalan menuju Curug Pemandian Tuan. Tak menutup kemungkinan curug yang satu ini mampu menjadi primadona.